Sekuritas Adalah? Ini Pengertian hingga Jenisnya

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2021 by Rinaldi Syahran
Sekuritas Adalah? Ini Pengertian hingga Jenisnya

Sekuritas pada dunia investasi adalah satu dari elemen penting yang harus ada untuk bisa melakukan kegiatan berinvestasi di pasar modal. Sayangnya, bagi mereka yang baru memulai dan belajar mengenai dunia investasi dan elemen penting di dalamnya, penting adanya untuk mengetahui berbagai informasi yang lengkap dan menyeluruh tentang sekuritas.

Apa itu sekuritas?

Pastinya Anda sering mendengar atau melihat pertanyaan tentang apa itu sekuritas. Sekuritas adalah salah satu hal yang melekat pada istilah investasi dan akan menjadi hal utama yang dimiliki pelaku saham. Secara harfiah, sekuritas adalah sebuah instrumen finansial yang menjadi bukti atas kepemilikan saham yang dimiliki dalam sebuah perusahaan publik.

Bisa dibilang, sekuritas adalah sebuah dokumen penting yang membuktikan bahwa Anda ikut serta dalam investasi sebuah bisnis atau perusahaan tertentu. Pada zaman dahulu, sekuritas hadir dalam bentuk dokumen fisik. Seiring berjalannya waktu, kehadiran dokumen fisik tergantikan dengan dokumen elektronik yang mempermudah pemilik sekuritas memiliki bukti kepemilikan saham.

Membahas mengenai sekuritas, Anda seharusnya juga perlu mengenal lebih lanjut mengenai perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki hak dalam melakukan berbagai kegiatan jual beli saham

Kegiatan usaha perusahaan sekuritas

Dalam berinvestasi, seorang penanam saham atau investor hasil melalui perantara perusahaan efek. Perusahaan efek adalah pihak yang telah dipilih dan mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk bisa melakukan kegiatan usaha. Lembaga inilah yang nantinya bertanggung jawab atas berbagai kegiatan jual beli investasi saham ataupun obligasi di pasar modal.

Ada pun kegiatan usaha perusahaan sekuritas saham ini dibedakan menjadi dua, yaitu Perantara Perdagangan Efek atau yang kerap disebut dengan istilah broker atau dealer dan juga Penjamin Emisi Efek atau underwriter. Apa perbedaan kedua kegiatan perusahan sekuritas yang terdaftar di OJK ini?  

  • Perantara Perdagangan Efek

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, kegiatan usaha perusahaan sekuritas terbaik yang pertama adalah Perantara Perdagangan Efek atau broker atau dealer. Ini adalah sebuah kegiatan di mana perusahaan akan berperan sebagai pihak ketiga atau perantara yang sering disebut dengan istilah dealer atau broker. Pada kegiatan usaha perusahaan sekuritas saham terbaik ini, perusahaan akan melakukan kegiatan jual beli efek berupa surat-surat berharga entah untuk kepentingan atau keuntungan mereka sendiri ataupun untuk pihak lain.

Selain itu, Perantara Perdagangan Efek juga bertanggung jawab untuk melakukan transaksi efek seperti saham dan obligasi pada bursa efek. Bahkan, mereka bisa melakukannya pada Bursa Efek atau melalui transaksi di luar bursa atau yang sering disebut dengan transaksi Over-the-Counter atau OTC.

  • Penjamin Emisi Efek

Selain itu, ada juga kegiatan lain yang disebut sebagai Penjamin Emisi Efek. Sesuai namanya, perusahaan sekuritas terbaik 2021 harus bisa memberikan jaminan dan tanggung jawab penuh untuk membantu dan memfasilitasi para calon emiten atau perusahaan terbuka untuk melaksanakan Penawaran Umum Saham (IPO – Initial Public Offering) dengan membebankan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa Efek yang tidak laku terjual pada pasar modal. 

Daftar perusahaan sekuritas terpercaya di Indonesia

Jika Anda tengah menimbang-nimbang akan membeli efek pada perusahaan sekuritas saham terbaik atau perusahaan sekuritas terdekat, memahami daftar perusahaan sekuritas di bawah ini pastinya akan sangat membantu Anda. Selain itu, perusahaan-perusahaan sekuritas di bawah ini sudah mengantongi lisensi OJK. Apa itu perusahaan sekuritas dengan lisensi OJK? Artinya, mereka sudah mendapat izin resmi dari kegiatan mereka di dalam pasar modal dan sudah dalam pengawasan Pengawas Pasar Modal.

Pada tahun 2021 ini, telah tercatat dan terdaftar adanya 109 perusahaan sekuritas yang beroperasi di Indonesia. Jangan khawatir, Anda hanya akan melihat beberapa perusahaan sekuritas terbaik, terpercaya, dan teraman seperti di bawah ini.

  • Mandiri Sekuritas

Menjadi perusahaan sekuritas terbaik, Mandiri Sekuritas adalah sebuah anak perusahaan dari Bank Mandiri. Perusahaan ini adalah sebuah mitra investasi yang bisa diandalkan ketika Anda mencari penyedia solusi pasar modal yang mempunyai produk yang variatif dan pelayanan yang memuaskan. Tidak heran, perusahaan ini sudah dilabeli dengan predikat broker terbaik di dalam BEI.

  • BCA Sekuritas

Jika Anda mencari perusahaan sekuritas terdekat, perusahaan BCA Sekuritas pastinya juga menjadi salah satu perusahaan yang bisa diandalkan. Dengan menyediakan jasa equity underwriting, debt capital market, riset, equity capital market, dan deretan layanan lainnya.

  • BNI Sekuritas

Untuk ikut berpartisipasi dalam melahirkan anak perusahaan yang bergerak pada bidang sekuritas, BNI Sekuritas juga turut menjadi perusahaan sekuritas terbaik dengan sekuritas syariah dan juga sekuritas konvensional. Apabila kamu memutuskan untuk memilih berinvestasi dengan akun syariah, Anda juga bisa mendapatkan akun konvensional. Sayangnya ketika Anda memilih akun konvensional, Anda tidak bisa memperoleh akun sekuritas syariah.

  • Indo Premier

Indo Premier juga menjadi salah satu perusahaan sekuritas terbaik 2021. Dengan menawarkan modal awal yang ringan, perusahaan ini mempermudah mereka yang baru menjajal dunia investasi tanpa takut harus memberikan modal awal yang besar. Sama dengan BNI sekuritas, perusahaan ini menawarkan pilihan akun syariah dan juga akun konvensional.

Selain itu, Indo Premier memberikan kemudahan dalam bertransaksi yaitu melalui desktop maupun smartphone. Banyak yang memilih berinvestasi di perusahaan ini karena mereka tidak memungut biaya administrasi akun.

  • Trimegah Sekuritas

Pernahkah Anda mendengar salah satu perusahaan sekuritas yang juga sudah mengantongi izin dari OJK bernama Trimegah Sekuritas? Trimegah Sekuritas adalah perusahaan sekuritas lokal namun mempunyai banyak kualitas yang membuatnya bisa mempunyai daya saing dengan perusahaan sekuritas lainnya.

Perusahaan ini menjadi perantara dan menyediakan layanan underwriting surat berharga. Karena sudah beroperasi dari tahun 1990, pastinya Trimegah Sekuritas sudah banyak mendapatkan penghargaan. Beberapa di antaranya adalah Best Listed Company pada tahun 2017 oleh Majalah Investor dan 50 Best of the Best Companies dari Forbes Indonesia.

Jika Anda memang sudah tertarik untuk berinvestasi reksadana di perusahaan sekuritas ini, Anda bisa membuka akun saham Anda dengan melakukan setoran awal sebesar Rp100.000 saja. Selain itu, Anda bisa melakukan pembelian hanya melalui aplikasi.

Banyak juga deretan perusahaan sekuritas lain yang tidak dijelaskan di sini. Kendati demikian, banyak di antara mereka juga yang terpercaya dan memberikan banyak pelayanan terbaik yang bisa  diandalkan. Anda hanya perlu mencari tahu lebih lanjut tentang detail perusahaan. 

Cara Memilih Sekuritas yang Tepat

Memilih sekuritas mungkin bisa dibilang seperti memilih pasangan yang tepat. Anda harus mengenali karakter sekuritas yang Anda inginkan, memahami berbagai keuntungan yang mungkin bisa didapatkan, dan mencegah risiko yang mungkin ada. Untuk bisa memilih sekuritas yang tepat, ada beberapa tips yang bisa Anda pergunakan untuk mempertimbangkan perusahaan sekuritas mana yang menurut Anda paling aman dan kredibel.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih sekuritas yang perlu Anda garis bawahi. Dengan mempraktikkan tips-tips di bawah ini, Anda bisa dengan mudah berinvestasi dan meminimalisasi adanya kerugian di masa depan.

  • Pastikan terdaftar di OJK

Hal pertama yang sangat krusial dalam menentukan perusahaan sekuritas adalah apakah mereka sudah terdaftar secara resmi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Bursa Efek Indonesia (BEI). OJK dianggap sangat terpercaya dalam mengawasi segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang menyediakan jasa keuangan. Bisa dibilang, perusahaan sekuritas yang belum mendapat lisensi dari OJK bukanlah perusahaan yang terpercaya. 

Jadi, banyak orang biasanya akan melihat apakah sebuah perusahaan sekuritas telah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau belum. Karena hal ini sangatlah penting di dalam menentukan keuntungan Anda di masa depan, perusahaan yang terdaftar di bawah OJK menjadi sebuah acuan penting yang tidak boleh dilewatkan.

Namun jangan khawatir karena ratusan perusahaan sekuritas di Indonesia sudah dinilai legal dan aman. Alangkah lebih baik apabila Anda melakukan riset dan membandingkan tiap-tiap perusahaan sekuritas. Jika Anda ingin melihat daftar perusahaan yang Anda inginkan legal atau tidak, Anda bisa mengunjungi website resmi Bursa Efek Indonesia. Terjebak dalam perusahaan sekuritas yang tidak terpercaya, Anda bisa mendapat potensi kerugian besar dalam investasi.

  • Kemudahan transaksi

Untuk mereka yang belum terbiasa dengan kemajuan teknologi tentunya melakukan sistem penjualan dan pembelian saham secara online seringkali menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Hal ini membuat banyak perusahaan sekuritas menawarkan kemudahan bertransaksi. Mencari perusahaan yang memberikan kemudahan bertransaksi menjadi salah satu tips dalam menemukan perusahaan mana yang cocok dengan Anda. Karena berbeda perusahaan memberikan proses transaksi yang berbeda-beda, ada baiknya Anda melakukan riset dari beberapa perusahaan sekuritas.

  • Riset yang diberikan

Jika sebuah perusahaan sekuritas sudah terdaftar di OJK dan sudah menawarkan kemudahan dalam bertransaksi namun Anda masih merasa belum yakin dalam menentukan pilihan, Anda bisa melihat riset yang mereka berikan. Biasanya, perusahaan-perusahaan sekuritas akan menyajikan artikel yang berisi seputar analisis keuangan, kondisi pasar, naik turunnya harga saham, dan informasi keuangan lainnya.

Dari artikel-artikel tersebut, Anda bisa melihat bagaimana mereka memberikan analisis keuangan atau saham. Jika mereka memberikan penjelasan secara mendalam dan terperinci, Anda bisa menarik kesimpulan bahwa mereka benar-benar memahami kebutuhan Anda dan mengetahui dengan jelas apa yang tepat untuk Anda inginkan.

Sebaliknya, jika beberapa perusahaan yang awalnya menarik minat Anda tetapi hanya memberikan artikel ulasan yang tidak menyeluruh dan hanya sedikit menyinggung tentang analisis yang Anda butuhkan, Anda bisa mulai menyortir yang terbaik dari yang paling baik.

  • Fee

Sebelum menetapkan hati dalam memilih perusahaan sekuritas, salah satu hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan adalah fee transaksi. Setiap transaksi yang Anda lakukan biasanya membutuhkan biaya komisi dan nominal untuk setiap perusahaan tidaklah sama. Oleh sebab itu, Anda perlu bersungguh-sungguh dalam menyeleksi perusahaan sekuritas mana yang tepat dan tidak membebani Anda.

Hal lain yang juga perlu Anda cermati adalah batas setoran awal. Tidak semua perusahaan sekuritas menawarkan setoran awal yang ringan. Jadi, Anda perlu lebih mencermati dalam memilih perusahaan sekuritas yang cocok dengan aspek ini sebelum resmi berinvestasi di dalamnya.

  • Customer Service

Satu aspek terakhir yang juga sangat mempengaruhi seseorang dalam memilih dan berinvestasi pada sebuah perusahaan sekuritas adalah customer service atau pelayanan pelanggan. Memiliki seorang customer service yang tanggap, responsif, dan mau membantu nyatanya sangat berpengaruh dalam meyakinkan seseorang menentukan perusahaan sekuritas yang ingin mereka pilih.

Seperti dilansir dari OJK, untuk bisa membuat seseorang yakin dalam berinvestasi diperlukan prosedur KYC (Know Your Customer) yang memadai serta customer service yang komunikatif. Dengan adanya customer service yang tanggap, ketika seseorang yang ingin berinvestasi sedang menghadapi masalah atau kesulitan dalam melakukan proses jual beli saham akan merasa sangat terbantu. Mereka tidak perlu lagi kesulitan dan terus menerus menghubungi customer service.

Oleh sebab itu, customer service menjadi aspek yang juga penting di dalam pemilihan perusahaan sekuritas. Jadi, pastikan apakah sebuah perusahaan mempunyai layanan customer service yang layak atau tidak. 

Jumat-Barokah

Kesimpulan

Kesimpulannya, sekuritas adalah sebuah bukti kepemilikan saham yang bisa Anda peroleh sesaat setelah Anda melakukan pembelian saham. Untuk melakukan proses jual beli yang aman, Anda bisa menuju ke beberapa perusahaan ternama yang pastinya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan hal tersebut, Anda bisa bebas melakukan pembelian saham dengan aman dan nyaman.

Dengan memiliki izin resmi di bawah OJK, perusahaan-perusahaan sekuritas bisa bebas melakukan kegiatan jual beli saham yang ada pada pasar modal. Sebagai perusahaan sekuritas, mereka bisa melakukan dua hal yaitu sebagai perantara perdagangan efek dan juga penjamin emisi efek. Pertama, perantara perdagangan efek memberikan kuasa pada perusahaan sebagai penyalur atau broker. Jadi Anda bisa melakukan kegiatan jual beli saham pada atau di luar BEI melalui perusahaan-perusahaan tersebut.

Kedua, perusahaan juga bisa berperan sebagai penjamin emisi efek. Di sini, perusahaan akan bertanggung jawab sepenuhnya untuk membantu perusahaan terbuka untuk melakukan penawaran umum saham tanpa kewajiban membeli sisa efek yang belum terjual.

Adapun beberapa faktor yang membuat para calon investor pertimbangkan secara matang sebelum menentukan perusahaan sekuritas mana yang akan mereka pilih dalam jangka panjang. Tentu, terdaftar dan terus diawasi di bawah OJK adalah hal yang utama yang bisa dengan mudah menyaring perusahaan mana saja yang berkompeten dan terpercaya dan mana yang tidak.

Selain itu, kemudahan dalam bertransaksi seringkali menjadi penghambat perusahaan sekuritas dalam menjaring para calon investor baru. Karena belum terbiasa dengan kemajuan teknologi yang meroket cepat, banyak orang yang belum bisa sepenuhnya bertransaksi melalui aplikasi digital. Oleh sebab itu, penting adanya untuk mencari perusahaan yang memudahkan pelanggan dalam bertransaksi.

Adanya riset yang ditampilkan oleh perusahaan, fee, dan customer service ternyata juga mempengaruhi banyak orang dalam menentukan perusahaan yang tepat. Maka, kenali lebih jauh perusahaan yang ingin Anda pilih dan jangan sampai Anda salah langkah ya! 

Reza Pratama
Seseorang yang kebetulan memiliki hobi menulis tentang seputar film, game, dan teknologi.