10 Aplikasi Investasi Terbaik di Indonesia dan Terpercaya OJK

Artikel ini terakhir di perbaharui October 22, 2021 by Rinaldi Syahran
10 Aplikasi Investasi Terbaik di Indonesia dan Terpercaya OJK
Sumber Foto: thannaree via freepick

Kegiatan investasi kini banyak digandrungi oleh orang-orang di seluruh dunia. Sayangnya kegiatan investasi ini cukup membuat banyak orang kebingungan karena beberapa istilahnya dan juga beberapa prosesnya yang terbilang ribet. Untungnya, sekarang sudah banyak aplikasi terbaik untuk membantu kamu melakukan investasi dengan mudah.

Aplikasi investasi yang sudah ada sekarang ini bukan hanya memberikan keuntungan dalam hal kemudahan, tetapi juga mereka terbilang lebih aman karena sudah memiliki izin dari OJK. Proses registrasi yang dulunya memakan banyak waktu, tidak akan kamu rasakan saat menggunakan aplikasi ini. Berikut adalah beberapa aplikasi investasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menemani kegiatan investasi kamu.

Pluang

Pluang merupakan aplikasi investasi terbaik yang berhubungan dengan kripto, emas, indeks saham, dan reksa dana yang dikelola oleh PT PG Berjangka. Disini kamu bisa mendapatkan investasi emas, aset digital seperti Bitcoin juga Ethereum, indeks saham global, serta reksa dana yang bisa dimulai dari Rp 10,000.

Dalam satu aplikasi investasi terbaik ini, kamu bisa membeli emas, indeks berjangka S&P 500, juga set kripto. Pluang ini sudah berlisensi BAPPEBTI dan telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). bahkan aplikasi ini juga sudah bekerja sama dengan Gojek (GoInvestasi), Bukalapak (BukaEmas), dan DANA (DanaEmas).

Beberapa hal yang membuat Pluang menjadi aplikasi yang lebih baik dari yang lainnya adalah investasi di dalam aplikasi terbaik ini terbilang lebih praktis. Menggunakan aplikasi investasi terbaik ini hanya membutuhkan waktu 2 menit untuk melakukan registrasi.

Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam metode pembayaran seperti transfer bank, LinkAja, Go-pay dan Jenius. Kamu juga bisa melakukan diversifikasi aset lewat aplikasi ini. Investasi menggunakan aplikasi peluang juga lebih aman karena sudah diawasi oleh BAPPEBTI.

Produk reksadana dari aplikasi investasi terbaik ini juga sudah diberi izin usaha oleh OJK. Semua transaksi yang kamu lakukan dalam aplikasi ini akan dilakukan secara transparan. Kamu tidak perlu membayar biaya tambahan karena harga jual atau beli aset yang berada di dalam aplikasi itu sesuai dengan apa yang harus kamu bayar.

Untuk melakukan pendaftaran kamu hanya perlu untuk mendaftarkan nomor telepon dan juga nomor KTP. Aplikasi ini membuat semua orang memiliki kesempatan untuk melakukan investasi secara online. Apabila kamu investor crypto kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan aplikasi ini karena terdapat berbagai macam variasi token crypto yang bisa melayani kebutuhan investasi kamu.

Beberapa token crypto yang saat ini sudah tersedia adalah Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Ripple, AAVE, Basic Attention Token, Cardano, Binance, Chainlink, Compound, Dogecoin, Kusama, Polkadot, Polygon, Stellar, Sushiswap, Swipe, Tron, Uniswap, Yearn Finance, Algorand, dan Solana.

Investasi crypto di dalam aplikasi ini akan dilakukan secara mudah dalam tiga kali ketuk saja dan juga tanpa biaya transaksi tambahan. Jual beli aset kripto yang kamu lakukan akan terjamin keamanannya dan sudah ada ada fitur asuransi yang mencapai 100 juta dolar dari perusahaan Lloyd.Kamu bisa memulai melakukan investasi emas dengan harga mulai dari Rp10.000 dan spread transaksi yang rendah yaitu sebesar 1,75% serta tidak ada biaya admin sama sekali.

Kamu bisa melakukan pencicilan emas dengan bunga 0% dan cetak emas fisik. Kamu bisa melakukan pembelian emas Antam di aplikasi ini mulai dari transaksi paling kecilnya yaitu 0,01 gram sampai 850 gram per harinya. Aplikasi investasi terbaik ini memberikan akses ke perusahaan Amerika paling top dengan investasi saham global.

Berinvestasi pada micro e-mini S&P 500 index futures & Nasdaq Micro E-Mini Futures on Chicago Mercantile Exchange akan memberikan kamu aset langsung ke perusahaan Amerika paling besar seperti Google, Facebook, Amazon, dan banyak lagi.

Kamu juga akan bisa mendapatkan imbalan sebesar 15% per tahun dalam jangka waktu 12 tahun terakhir. Kamu bisa mendiversifikasikan aset pada 2 produk reksadana unggulan yang dikelola oleh UOB Asset Management. Aplikasi investasi terbaik ini membuat kamu tidak perlu membuka aplikasi untuk melakukan investasi secara rutin.

TanamDuit

Aplikasi TanamDuit akan membantu kamu untuk mengelola keuangan kamu secara lebih aman, praktis, mudah, dan lengkap. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa menyiapkan masa depan kamu dengan memilih berbagai produk investasi yang tersedia di aplikasi investasi terbaik ini.

Produk investasi yang tersedia ada reksadana, surat berharga negara, asuransi, bahkan sampai emas. Kamu bisa melakukan login dengan aman dan juga tidak ribet karena ada fitur sidik jari. Investasi kamu akan tetap aman karena aplikasi investasi terbaik ini memiliki lisensi sebagai Agen Penjual Reksadana dari OJK dan juga menjadi mitra distribusi resmi untuk Surat Berharga Negara dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pastinya semua produk yang kamu pilih memiliki kerjasama dengan partner yang terpercaya. Karena produk investasi yang cukup banyak di dalam aplikasi ini, kamu bisa mengelola keuangan secara lebih mudah tanpa pindah pindah aplikasi.

Kamu juga bisa melakukan pengalihan produk dari reksadana satu ke reksa dana lainnya tanpa biaya sehingga investasi kamu akan menjadi lebih efektif dan praktis. Apabila kamu memiliki acara spesial seperti ulang tahun, pernikahan, arisan, atau berbagai kegiatan lainnya kamu bisa membuat kartu emas dengan desain buatan kamu sendiri untuk acara tersebut.

Kamu tidak perlu khawatir jika kamu adalah pemula karena investasi di aplikasi ini bisa dimulai dengan nominal yang kecil. Untuk membayarnya juga tidak sulit karena terdapat banyak pilihan metode pembayaran yang bisa kamu gunakan seperti Gopay, LinkAja, DANA, ShopeePay, OVO, BCA OneKlik, JakOne Mobile, Virtual Account maupun Bank Transfer (hanya untuk reksadana).

Kamu juga bisa memantau portofolio investasi kamu dengan lebih mudah karena terdapat single point of view portfolio. Aplikasi investasi terbaik ini membantu kamu untuk melihat performa 3 produk reksadana dan membandingkannya.

Klaim untuk produk asuransi juga bisa langsung kamu lakukan di dalam aplikasi investasi terbaik ini. Kalau untuk produk emas kamu bisa menjual dan membelinya lewat aplikasi juga. Jangan khawatir kalau kamu belum mengerti tentang aplikasi ini karena terdapat tutorial transaksi dan konten edukasi yang akan membantu kamu memahami aplikasi ini dengan lebih baik lagi.

Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi investasi saham terbaik yang bisa kamu gunakan untuk berdiskusi, menganalisa, dan trading saham. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk memudahkan proses investasi di bursa saham Indonesia, jadi kamu bisa melakukan investasi saham kapanpun dan dimanapun.

Di sini kamu bisa belajar cara bermain saham dengan menggunakan simulasi trading saham online. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengerti lebih jauh mengenai investasi saham dengan adanya demo trading saham yang pergerakannya sesuai dengan data saham Indonesia yang asli.

Terdapat investor dan trader di dalam komunitas aplikasi ini yang bisa membantu kamu untuk menganalisa info saham yang kamu miliki. Jumlahnya juga tidak sedikit karena mencapai lebih dari 100.000 investor dan trader yang siap membagikan kepada kamu. Bukan hanya itu kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi saham mana yang bisa kamu ambil dengan gratis.

Aktivitas trading kamu akan lebih terdukung dengan adanya charting saham. Ada juga Foreign Flow, Bandarmology, Darvas Box, Ichimoku Cloud, MACD, RSI dan ada banyak lagi. Analisa saham yang kamu lakukan juga bisa lebih intensif dengan adanya private chat.

Kamu juga diberikan data fundamental saham yang lengkap dimulai dari PE Ratio, Price to Book Value, Debt to Equity, ROE, sampai Dividend Yield. Buktikan kemampuan analisis kamu dengan memprediksi saham dengan akurat.

Kamu bisa membuat list tontonan sendiri yang berisi perusahaan-perusahaan yang ingin kamu perhatikan lebih mendalam harganya dan nantinya apabila saham yang kamu ikuti sesuai dengan apa yang kamu inginkan, nantinya akan ada buat yang memberikan sinyal kepada kamu.

Kamu juga bisa memantau transaksi insider perusahaan yang sedang kamu incar. Untuk menambah informasi kamu, terdapat kumpulan berita saham yang berasal dari sumber yang terpercaya. Kamu bisa mendapatkan beberapa data saham Indonesia seperti Saham IDX, Saham BEI, Saham Syariah, Saham Blue Chip, Saham BUMN, dan Data IHSG. Aplikasi ini cocok untuk investor maupun trader.

OVO

Dengan OVO, kamu bisa memulai investasi hanya dengan Rp10.000 saja. Fitur investasi di aplikasi OVO ini merupakan kolaborasi OVO dengan Bareksa. Investasi reksa dana di aplikasi terbaik ini cocok untuk pemula yang baru saja memulai investasi karena risikonya cukup rendah. Bukan hanya itu, kalian juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak 4% sampai 6% per tahunnya.

Berbeda dengan tabungan biasa yang hanya mendapatkan keuntungan sebesar 2% per tahunnya. Kamu juga perlu ingat kalau potensi keuntungan dari reksadana ini sudah keuntungan bersih. Hasil investasi yang kamu lakukan jika kamu gunakan untuk kebutuhan di masa depan atau kepentingan lainnya seperti membeli gadget baru atau melakukan liburan.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk melakukan investasi jangka panjang supaya nantinya keuntungan yang kamu dapatkan akan menjadi lebih besar.

Bibit

Dengan aplikasi Bibit, kamu bisa melakukan investasi secara optimal yang sesuai dengan profil kamu hanya dengan satu klik saja.Teknologi di dalam aplikasi terbaik ini sudah dibuat untuk bisa menyesuaikan investasi kabel sesuai dengan umur, penghasilan, level resiko, dan tujuan hidup kamu.

Tentunya untuk menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu membayar biaya tambahan. Selain itu, untuk pemilihan reksadana kamu juga akan dibantu supaya kamu bisa langsung memulai investasi kamu dengan tenang.

Karena aplikasi terbaik ini menjunjung investasi bisa dilakukan oleh kalangan mana saja, maka kamu bisa memulai investasi dengan nilai yang kecil atau sesuai dengan yang kamu inginkan. Semakin cepat kamu memulai investasi ini membuat kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

Reksadana yang kamu miliki tentunya bisa dicairkan kapan saja berbeda dengan deposito. Kamu juga tidak perlu khawatir karena aplikasi ini tidak akan menyimpan dana kamu, melainkan akan mentransfernya langsung ke bank dan langsung dikelola oleh perusahaan yang memiliki lisensi OJK. Hal ini membuat dana yang kamu miliki ini hanya bisa dicairkan oleh kamu sendiri.

Bareksa

Bareksa merupakan pioner aplikasi investasi reksadana yang paling lengkap dan paling bisa dipercaya. Apalagi aplikasi investasi terbaik ini memiliki robot pemberi saran yang memiliki lisensi pertama di Indonesia. Untuk melakukan registrasi pada aplikasi ini kamu tidak membutuhkan dokumen fisik dan bisa melakukannya hanya dalam hitungan menit saja.

Meski pendaftarannya terbilang mudah, kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena aplikasi ini sudah memiliki lisensi dari OJK. Adanya robot yang membantu kamu akan membuat kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal daripada saat tidak menggunakannya.

Kamu diberikan kebebasan untuk memilih produk investasi mana yang kamu inginkan dan jika kamu kebingungan untuk memilih produk mana yang cocok dengan kamu, kamu bisa melakukan simulasi terlebih dahulu terhadap produk yang sudah kamu pilih.

Tentunya untuk kalian yang beragama muslim terdapat produk investasi syariah yang akan cocok untuk kamu. Pembayarannya juga terbilang mudah karena bisa menggunakan virtual account dan transfer bank.

Koinworks

Koinworks merupakan aplikasi yang akan membantu para pemilik UMKM untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan permodalan usaha mereka. Pada aplikasi ini kamu bisa mengajukan pinjaman sebanyak maksimal 2 miliar rupiah dengan biaya originasi yang rendah mulai dari 0,75% saja dari jumlah pinjaman yang kamu ajukan.

Apabila profil keuangan usaha kamu terlihat sehat, maka pencairan pinjaman ini akan menjadi lebih mudah dan juga cepat. Di aplikasi ini kamu juga bisa melakukan investasi emas supaya bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Tentunya aplikasi ini sudah diawasi oleh OJK, jadi keamanan investasi kamu akan terjaga. Apabila kamu melakukan investasi pada aplikasi ini, kamu berkesempatan untuk mendapatkan bunga pendanaan yang cukup tinggi.

Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi investasi yang bisa langsung kamu gunakan hanya dengan registrasi 5 menit saja.Registrasi yang kamu lakukan pada aplikasi ini tidak membutuhkan agen dan proses verifikasi yang panjang. Ajaib alert akan membantu kamu untuk tetap sadar akan pergerakan saham secara real time.

Kamu akan tahu saat kapan yang tepat untuk membeli atau menjual saham yang kamu pilih. Ada juga fitur kompetitif ranking yang akan menunjukkan kekuatan fundamental perusahaan apabila dibandingkan dengan perusahaan sejenisnya.

News highlights akan membantu kamu untuk mencari dan merangkum saham yang sedang menjadi sorotan media. Kamu bisa memilih lebih dari 150 dana dari 25 manajer investasi terbaik di Indonesia, di mana kamu bisa memilihnya dengan cermat setelah mengecek pengembalian historis dan kinerja manajer investasi. Tentunya saat kamu menjual atau membeli reksadana, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun.

IPOT

Indo Premier Online Technology merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk semua kebutuhan investasi kamu. Aplikasi ini adalah ekosistem online trading yang memiliki fitur lengkap supaya bisa mendukung aktivitas dan keputusan investasi kamu.

Terdapat ratusan produk investasi yang tersedia hanya di aplikasi ini saja. Tentunya aplikasi ini sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2014, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Kamu hanya butuh satu jari, satu aplikasi, dan satu rekening untuk menikmati semua kemudahan aplikasi ini.

Dengan aplikasi ini Kamu tidak akan kehilangan momen pembelian atau penjualan karena sistem trading ada di sini adalah otomatis. Aplikasi ini bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun supaya semua orang bisa melakukan investasi dengan mudah.

LandX

Apabila kamu memiliki masalah modal yang belum cukup untuk melakukan bisnis atau pembelian properti, kesulitan dalam mengelola modal, atau ingin memiliki bisnis tetapi tidak ingin mengurus perizinan, operasional, marketing, dan kegiatan lainnya, maka kamu bisa menggunakan aplikasi LandX.

Dengan aplikasi ini kamu bisa memiliki bisnis yang akan diseleksi secara ketat oleh tim profesional. Tentunya karena ada investor yang bergandengan tangan untuk memberikan modal, kamu tidak perlu mendanai bisnis kamu sendiri.

Bukan hanya akan mendapatkan akses investasi ke bisnis dan properti yang ada di Indonesia, tetapi kamu juga berkesempatan untuk menerima penghasilan dari bisnis dan properti yang kamu miliki tanpa harus mengurus printilan yang ribet. Semua bisnis dan properti yang ada di aplikasi ini dikelola secara terbuka dan transparan, jadi kamu bisa percaya akan keamanannya.

Itulah aplikasi investasi terbaik yang telah di rangkum oleh tim GIC sehingga bisa kamu gunakan untuk membantu kamu melakukan investasi demi mendapatkan keuntungan jangka panjang maupun jangka pendek. Beberapa aplikasi di atas memiliki fitur dan keuntungan yang berbeda-beda sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan investasi kamu supaya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Dapatkan juga informasi mengenai keuangan, bank dan forex di Jurnal GIC seperti informasi cara “belajar saham untuk pemula“. latih juga skill trading Anda dengan membaca ebook scalping dan mengikuti NFP live trading.

Rinaldi Syahran
Experienced in SEO since 2009. Especially for content. Starting as a professional in the world of content since 2013. Has worked on game content, education, finance, politics, travel, football, manchester united, automotive, film, music, start-ups, business, entrepreneurship, health, entertainment, to viral news. Three years++ of experience in managing people, doing link building, and technical SEO. Specialties: Technical SEO | SEO Analysis (On-Page) | Off-Page | Content Strategy | Article Writing. Software Experience: Google Keywords Planner | Google Analytics | Google Search Console | Semrush | Alexa | Ubersuggest | WordPress | Blogspot | Keywordtool.io | Ahrefs.