Bias Emas Mulai Meredup, Ini Penyebabnya

Artikel ini terakhir di perbaharui May 25, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Bias Emas Mulai Meredup, Ini Penyebabnya

Penurunan emas yang sangat tajam kemarin, kejatuhan emas ini di sebabkan oleh:

  • Strongnya Dollar AS
  • Pelaku pasar/investor berbondong-bondong membeli Greenback untuk safe haven
  • Keadaan geo politik di AS masih belum stabil pasca belum sepakatnya mengenai stimulus dan memanasnya
  • persaingan para kandidat calon Presiden AS.
  • Masih berlanjutnya ketegangan di laut China Selatan antara AS dengan China

Berikut ini adalah data ekonomi yang akan di rilis Kamis 24 September 2020:

  1. Kamis pagi pukul 6:50 WIB BOJ akan melakukan rapat mengenai kebijakan moneternya, bila dalam laporan tersebut BOJ memberikan pandangan yang lebih dovish maka USDJPY berpeluang naik, alias yen melemah.
  2. USDJPY berpotensi kembali melanjutkan kenaikan bila dalam laporan indeks harga konsumen Jepang untuk bulan September di laporkan alami penurunan oleh BOJ.
  3. Selanjutnya fokus trader akan tertuju pada pengumuman suku bunga Swiss National Bank (SNB) pada pukul 14:30 WIB, bila SNB secara mengejutkan memangkas suku bunganya maka USDCHF berpotensi bergerak naik.
  4. Pukul 15:00 WIB lembaga ifo Institute akan melaporkan iklim bisnis Jerman saat ini dan mengukur ekspektasi untuk enam bulan ke depan. Bila data ini dilaporkan lebih tinggi dari perkiraan maka EURUSD berpeluang menguat.
  5. Selanjutnya Confederation of British Industry akan merilis data survei volume penjualan perusahaan ritel dan grosir Inggris untuk bulan September, bila data ini dirilis melebihi angka aktual maka GBPUSD berpotensi menguat.
  6. Harga emas di prediksi akan bergerak lebih aktif karena akan dirilis data klaim pengangguran pukul 19:30 WIB dan data penjulan rumah baru di AS periode Agustus pukul 21:00 WIB, bila kedua data dilaporkan alami kenaikan dari perkiraan maka harga emas berpotensi menguat.
  7. Ketua The Fed Jerome Powell kembali akan memberikan pidato pada pukul 21:00 WIB, bila dalam pernyataannya, Powell memberikan pernyataan yang hawkis maka harga emas berpotensi melemah.

Daily Pick

24 sept graphik Emas Mulai Meredup

Prediksi hari ini ada di pair GOLD, di perkirakan akan menurun dan OP yg disarankan adalah SELL di level 1855 dengan target profit 5-10 point dan stop loss di 3-5 point. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Desi Novitasari
Knowledge is like a garden, if not cultivated, it cannot be harvested.