Crowdfunding: Pengertian, Cara Kerja, & Manfaat

Artikel ini terakhir di perbaharui November 25, 2021 by Rinaldi Syahran
Crowdfunding: Pengertian, Cara Kerja, & Manfaat
Sumber Foto: samlakodad via freepock

Mengembangkan bisnis sesuai dengan minat yang dimiliki merupakan sesuatu yang diinginkan oleh setiap orang. Namun, tidak semua orang mempunyai modal untuk mengembangkan bisnis yang mereka inginkan tersebut. Untuk itu, terdapat suatu program yang bernama crowdfunding. Kali ini, kita akan membahas mengenai crowdfunding itu sendiri.

Crowdfunding menjadi pilihan yang kini kian banyak diminati. Dari memodali bisnis kecil, sampai memodali perilisan film yang bermiliar-miliar. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM pemula. Untuk lebih lengkapnya mengenai crowdfunding itu sendiri, kalian bisa mempelajarinya melalui artikel di bawah ini.

Pengertian Crowdfunding

Crowdfunding merupakan teknik penggalangan dana dengan melibatkan banyak orang. Teknik crowdfunding ini mulai diterapkan di tengah dunia investasi properti. Selama ini kita hanya tahu investasi yang bersifat perorangan. Namun tidak dengan crowdfunding, sumber dana yang terkumpul berasal dari beberapa orang. Dalam arti lain, pinjaman dana dan atau modal investasi terpenuhi dengan cara patungan bersama investor lainnya.

Lebih mudahnya, crowdfunding merupakan sebuah bentuk pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya, dimana pendanaan tersebut terkumpul dari beberapa orang. Pendekatan ini memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online menggunakan sebuah platform atau media sosial crowdfunding sebagai alat untuk menjangkaunya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hal ini juga merupakan salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM pemula.

Cara Kerja Crowdfunding

Crowdfunding memiliki sebuah pilar yaitu adanya website atau situs untuk di akses dan tentunya pemilik modal. Usaha atau bisnis yang dimiliki nantinya akan didaftarkan ke dalam sebuah website dan nantinya akan ditampilkan agar para pemberi dana dapat menanamkan dananya sekaligus membantu pengembangan usaha yang kalian miliki. Agar terkumpul biasanya proses tersebut akan memakan waktu beberapa hari, apabila dana yang sudah ditargetkan terkumpul maka dana tersebut dapat dicairkan ke rekening pemilik usahanya. Namun, untuk lebih mengoptimalkannya kalian dapat melakukan 3 hal di bawah ini:

  1. Membuat proposal usaha agar lebih menarik. Agar orang tertarik menanamkan dananya kepada proposal yang kalian ajukan, maka kalian dapat menyiapkan proposal usaha yang menarik, interaktif, dan lebih informatif dalam pengajuannya. Hal ini agar informasi yang diberikan dapat diterima dengan baik untuk mereka yang ingin menanamkan dananya pada usaha atau bisnis milikmu. Informasi yang diberikan juga harus lengkap seperti jenis usaha, proses manajemennya, proses pemasarannya hingga tujuan utama dari bisnis yang dijalani. untuk menyajikannya dapat melalui teks, tulisan, gambar, maupun video.
  2. Mendaftarkan ke platform crowdfunding. Apabila proposal yang dibuat sudah baik dan cukup, maka kalian dapat mencari platform crowdfunding yang terpercaya dan memiliki regulasi yang resmi agar segala proses transaksi yang dilakukan lebih aman.
  3. Memantau perkembangan dari proposal yang diajukan. Setelah memilih platform, unggah proposal usaha yang sudah dibuat dan setelah mengunggahnya, kalian harus tetap melakukan pemantauan perkembangan dari proses funding tersebut. Apabila ada pertanyaan yang diajukan pemilik modal terkait usaha maupun bisnis kalian, kalian dapat memberikan jawaban yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini agar para pemilik modal tertarik dan yakin untuk menanamkan modalnya untuk bisnis milik kalian.

Manfaat Crowdfunding

Selain akses kemudahan untuk memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas dan lebih besar, crowdfunding juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat kalian rasakan seperti:

  1. Jangkauan lebih luas. Platform ini mempermudah mereka untuk mencari orang-orang yang tertarik melakukan pengembangan dana di seluruh penjuru daerah, lalu dengan crowdfunding juga dapat mempermudah interaksi serta berbagi kampanye penggalangan dana satu dengan yang lain.
  2. Kesempatan untuk melakukan pengenalan bisnis. Crowdfunding memungkinkan kalian untuk mengenalkan bisnis atau kampanye penggalangan dana yang dilakukan dengan memberikan informasi yang menonjolkan bisnis yang sedang dibangun. Seperti contohnya, daya tarik, penawaran, pasar yang dituju, hingga nilai perusahaan tersebut. Hal tersebut agar para calon pemberi dana ini mengetahui lebih dalam mengenai usaha maupun bisnis tersebut serta langkah perkembangannya.
  3. Melakukan pemasaran. Kalian dapat memulai untuk melakukan pemasaran dari penggalangan dana tersebut melalui berbagai macam channel seperti media sosial, email, hingga strategi pemasaran lainnya. Hal ini berguna agar penggalangan yang kalian lakukan melalui platform tersebut dapat penuh dengan waktu yang lebih cepat.
  4. Validasi konsep. Melakukan pengenalan konsep dari usaha ataupun bisnis kalian adalah hal terbaik yang perlu dilakukan. Karena hal itu, agar calon pemberi dana tertarik menanamkan modalnya pada bisnis kalian, kalian dapat melakukan pendekatan yang lebih matang untuk meyakini mereka dengan mengembangkan bisnis yang dijalani. Karena itu crowdfunding memang memiliki banyak manfaat selain untuk pengembangan usaha bagi yang membutuhkan dana, crowdfunding juga merupakan solusi untuk mereka yang ingin mengembangkan dananya melalui bantuan yang diberikan kepada usaha maupun bisnis yang membutuhkan dana tersebut.

Tujuan dari Crowdfunding

Tujuan diciptakannya ini adalah untuk membantu para pebisnis kecil maupun besar untuk mendapatkan pendanaan mengenai bisnis yang mereka jalankan. Pengumpulan dana ini akan melibatkan banyak orang. Biasanya, crowdfunding juga bisa dilakukan dengan cara melakukan penggalangan dana secara online, serta mengandalkan sebagian besar pada kepercayaan intrinsik orang yang menempatkan hubungan teman, keluarga, dan lainnya.

Jenis Crowdfunding

Setelah mengetahui apa itu crowdfunding itu sendiri, kali ini kita akan memahami apa saja jenis yang termasuk dari crowdfunding itu sendiri. Jenis beserta manfaat yang didapat dari beberapa jenis tersebut adalah:

Equity Crowdfunding (EQF)

Pada dasarnya, jenis dengan acuan aspek equity menawarkan keuntungan yang sama antara visitor dan pemilik program. Jika investasi yang dilakukan melibatkan produk saham, maka laba tersebut dibagi equal antara keduanya. Karena itu, equity crowdfunding adalah salah satu pilihan yang paling tenar.

Donation Crowdfunding (DCF)

Sesuai dengan namanya, jenis ini bersifat sukarela. Kegiatan-kegiatan sosial seperti bantuan bencana alam atau bakti sosial adalah program yang kerap dilakukan menggunakan atau DCF ini seperti pembangunan sekolah, yayasan, dan fasilitas umum lainnya. Berbeda dengan manfaat crowdfunding berdasarkan equity dan reward, modal proyek melalui jenis ini tidak akan ada imbalan atau kompensasi dan keuntungan yang diberikan.

Reward Crowdfunding (RCF)

Reward crowdfunding dilakukan untuk membiayai proyek-proyek berupa produk kreatif seperti pembuatan aplikasi dan games. Berbeda dengan keuntungan yang sama rata dari jenis yang lainnya, manfaat jenis yang satu ini bisa didapat dalam bentuk hadiah barang atau jasa sesuai dengan proyek kreatif yang dikerjakan, dan bukan mendapatkan keuntungan berupa uang. Dalam arti lain, investor akan mendapat timbal balik berupa barang-barang yang menarik dari dana yang mereka keluarkan. Biasanya sebelum melakukan proses reward based crowdfunding pihak penggalang dana akan mengajukan proposal terlebih dahulu.

Investment Crowdfunding (ICF)

Investment crowdfunding adalah cara berinvestasi dengan urun dana dengan jumlah kecil bersama orang-orang lain. Manfaat crowdfunding yang satu ini adalah imbalan saham pada projek atau properti dimana kalian turut menanam modal.

Debt Crowdfunding

Debt based crowdfunding adalah jenis crowdfunding yang dilakukan untuk memberikan pinjaman modal. Para pemilik modal atau donatur akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman. Bentuk dari crowdfunding jenis ini biasanya berupa layanan Peer To Peer Lending (P2P Lending).

Kelebihan Crowdfunding

Terdapat beberapa kelebihan yang dapat kalian dapatkan ketika melakukan crowdfunding. Kelebihan tersebut adalah:

  1. Kelebihan yang pertama adalah proses yang mudah dan singkat. Pada umumnya crowdfunding adalah sistem penggalangan dana yang dilakukan secara dalam jaringan (daring). Sehingga selama kalian terhubung dengan koneksi internet, prosesnya akan selesai dengan mudah dengan waktu yang relatif singkat.
  2. Kelebihan yang kedua adalah legal dan aman. Mayoritas situs atau platform crowdfunding yang bisa kalian temukan di Indonesia sudah beroperasi di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dalam arti lain, segala transaksi pengeluaran dana untuk keperluan crowdfunding bisa dibilang legal dan aman.

Kekurangan Crowdfunding

Kekurangan dari crowdfunding itu sendiri adalah All or Nothing Conclusion. Jika kalian memutuskan untuk berinvestasi dengan teknik yang satu ini, pilihan yang akan dihadapi adalah All or Nothing. Jika aset investasi berjalan lancar, maka kalian akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, jika mengalami masalah kalian juga harus siap untuk kehilangan dana dari investasi milik kalian.

Aplikasi Crowdfunding

Di Indonesia, jenis crowdfunding yang umum dikenal masyarakat adalah donation based. Hal ini merupakan salah satu jenis penggalangan dana yang paling populer. Crowdfunding berbasis donasi biasanya hanya meminta sedikit sumbangan uang dari sejumlah besar orang untuk sebuah proyek. Terdapat aplikasi crowdfunding yang bisa kalian gunakan bagi yang ingin melakukan crowdfunding ini. Berikut adalah beberapa situs yang aman dan terpercaya di Indonesia untuk menggalang dana dengan mudah dan nyaman.

Kolase.com

Kolase.com merupakan situs crowdfunding paling aman yang pertama di Indonesia yang menyajikan beragam pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif, baik itu musisi, pegiat event, penulis buku, maupun kreatif planner lainnya. Kelebihan dari platform ini adalah bisa saling menguntungkan antara kedua belah pihak yaitu campaigner dan juga booster, sebutan bagi pendukung creative planner yang membuat campaign. Adapun beberapa musisi yang telah melakukan campaignnya dan berhasil adalah Tulus, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, dan beberapa musisi Tanah Air lainnya.

Akseleran

Akseleran adalah P2P lending platform di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut. Akseleran menyediakan akses permodalan kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Akseleran juga membuka alternatif peluang pemberian pinjaman kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.

Kitabisa.com

Kitabisa.com merupakan salah satu platform yang sudah banyak dikenal oleh banyak kalangan di Indonesia. Mengutip dari halaman kitabisa.com itu sendiri, website tersebut merupakan situs yang mewadahi orang untuk berdonasi maupun menggalang dana. Kitabisa.com merupakan situs yang menjadi tempat bagi penyalur dana bagi orang-orang yang ingin menggalang dana. Bukan hanya itu, situs ini juga menjadi wadah penyalur dalam pengumpulan dana untuk berbagai macam keperluan lainnya seperti edukasi, bantuan kesehatan, kemanusiaan, dan proyek-proyek lainnya.

Namun, Kitabisa tidak memberikan janji investasi kepada para penyetor dana. Artinya, Kitabisa lebih berfokus kepada pencarian dana amal dan sukarela dengan tujuan kemanusiaan dan pendidikan dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya. Untuk jenis modal usaha ini, situs ini tidak berdiri sendiri dan melakukan kerjasama dengan lembaga crowdfunding lainnya yang bernama HIJAW milik Ivan Nanto yang dibantu dengan anggota dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Hingga saat ini, situs ini berhasil memiliki member lebih dari satu juta orang di seluruh Indonesia ini dan telah menyalurkan dana lebih dari Rp450 miliar dalam bentuk berbagai donasi dan zakat.

Ayopeduli.com

Ayopeduli.com merupakan salah satu situs asal Indonesia yang bertujuan untuk mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi. Di antaranya adalah penggerak sosial, sponsor, maupun donatur. Situs yang satu ini akan mempertemukan masalah sosial dan pemberi solusi (penggerak sosial, sponsor, maupun donatur). Dengan bergabung menjadi Ayopeduli, diharapkan dapat menyelesaikan masalah sosial seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya dengan lebih efektif dan efisien. Situs satu ini hanya memberikan bantuan untuk masalah sosial seperti bantuan bencana dan banjir, bakti sosial, khitanan massal, dan sebagainya. Untuk proses pengumpulan dana ini, kita bisa memberikan dana dengan sistem GoPay dan Bank BRI langsung tertera di website dalam menu donasi.

GandengTangan

Pada tahun 2015, GandengTangan diciptakan untuk memfasilitasi kebutuhan finansial usaha mikro. Gandengtangan hadir untuk mempermudah para pelaku usaha mikro untuk mendapatkan tambahan untuk modal usaha. Dengan adanya teknologi, mereka ingin mewujudkan perubahan bagi masa depan usah mikro di Indonesia. Didasari oleh konektivitas, mereka ingin menghubungkan para pendana untuk memberikan dampak sosial bagi perubahan usaha mikro sebagai bentuk kontribusi yang dihasilkan. Untuk mewujudkan keterhubungan antara pendana dengan usaha mikro, mereka menggagas GT-Trust sebagai mitra mereka untuk mengawasi sistem pendanaan agar aman dan transparan. Sampai saat ini GandengTangan sudah menyalurkan dana lebih dari Rp 5,4 miliar kepada 1.400 lebih pengusaha mikro di seluruh Indonesia. Situs ini telah memiliki lebih dari 11 ribu member yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia.

Setelah mengetahui apa itu crowdfunding, manfaat, jenis, dan hal lainnya, kalian juga bisa melakukan segala jenis crowdfunding melalui berbagai macam platfrom yang tersedia di Indonesia. Selain itu, kalian juga masih bisa mencari informasi lainnya mengenai crowdfunding melalui media lainnya.

Demikian pembahasan dari GICTrade mengenai penjelasan crowdfounding. Kalian juga bisa mencari tahu informasi trivia yang lain seputar trading, kripto, dan keuangan yang lainnya, seperti “Bitcoin: Pengertian, Cara Kerja, hingga Manfaat” hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga kamu memperdalam ilmu forex di GICTrade, via ebook scalping, dan juga NFP live trading. Pastikan, download GIC Mobile Apps di Google Play Store maupun Apps Store, guna memaksimalkan keuntungan dari trading forex.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.