Bitcoin: Pengertian, Cara Kerja, hingga Manfaat

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2021 by Rinaldi Syahran
Bitcoin: Pengertian, Cara Kerja, hingga Manfaat
sumber oleh alidrian via freepick

Dalam era modern ini, terdapat banyak sekali inovasi-inovasi yang berkembang dalam setiap bidang di dunia. Salah satunya dalam hal investasi, terdapat inovasi terbaru yang bernama bitcoin. Bitcoin sendiri menjadi antusias tersendiri bagi para pelaku investasi maupun trading. Selain keuntungan yang ditawarkan, peningkatan penggunanya dari waktu ke waktu juga sangat luar biasa.

Bitcoin adalah sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang biasa digunakan pada transaksi internet atau pasar cryptocurrency. Untuk lebih lengkapnya mengenai bitcoin itu sendiri, kalian bisa memahaminya melalui tulisan di bawah ini.

Apa Itu Bitcoin?

Banyak orang yang hanya memperjualbelikan bitcoin sebagai salah satu kegiatan berinvestasi yang menguntungkan. Hal ini dipengaruhi oleh harga bitcoin itu sendiri yang mencapai ratusan juta rupiah pada tahun 2017 silam. Berbeda dengan uang yang disimpan di rekening bank, bitcoin pada dasarnya disimpan dalam komputer pribadi dengan format file wallet, atau disimpan dalam wallet yang disediakan oleh pihak ketiga. Untuk pengertian bitcoin itu sendiri, bisa kalian pahami sesuai pengertian di bawah ini.

Pengertian Menurut Wikipedia

Bitcoin adalah mata uang elektronik yang digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara atau jasa bank. Bitcoin ini diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Sistem yang digunakan oleh bitcoin itu sendiri adalah sistem peer to peer (P2P). Sistem dari bitcoin ini bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Tidak seperti mata uang lain yang pada umumnya, bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi. Bitcoin juga menggunakan kriptografi untuk menyediakan berbagai fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin hanya dapat digunakan oleh orang yang memang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Sejarah Bitcoin

Pada 18 Agustus 2008, domain Bitcoin.org sudah terdaftar. Domain ini sudah dilindungi oleh WhoisGuard, yang berarti identitas penggunanya bukanlah informasi publik. Kemudian pada 31 Oktober 2008, Satoshi Nakamoto membuat pengumuman di Milis Kriptografi di metzdowd.com.

Lalu pada 03 Januari 2009, Block pertama dari blockchain bitcoin yang diluncurkan dapat diartikan sebagai sebuah pernyataan, sebuah petunjuk, atau hanya sebagai penanda. Para pengguna cryptocurrency yakin bahwa hal ini merupakan sebuah pernyataan khusus dari Satoshi setelah muncul di koran ‘The Times: Chancellor on Brink of Second Bailot for Banks’ pada tanggal yang sama.

Versi pertama dari perangkat lunak Bitcoin diumumkan di milis kriptografi pada 8 Januari 2009. Dan hari berikutnya, blok 1 ditambang, dan penambangan bitcoin sudah mulai berjalan.

Cara Kerja Bitcoin

Terdapat cara kerja yang bisa kalian terapkan ketika menggunakan mata uang kripto ini. Cara kerjanya juga bisa dibagi menjadi tiga yaitu, blockchain, penambangan, dan wallet.

Blockchain bitcoin adalah daftar setiap transaksi salah satu mata uang kripto yang pernah terjadi. Sebelum transaksi masuk ke rantai ini, transaksi tersebut belum dianggap selesai. Sesuai dengan namanya, blockchain terdiri dari sekumpulan block yang berisi transaksi baru dan berhubungan dengan blok sebelumnya yang berisi transaksi lama. Blockchain ini berguna untuk melindungi data transaksi dan uang digital yang dimiliki penambang (miner) dan pemilik. Level keamanannya juga tinggi, sehingga bitcoin blockchain ini sulit untuk ditembus oleh hacker.

Selanjutnya terdapat penambangan. Dalam penambangan ini, terdapat orang-orang yang bertugas menjaga transaksi lama dan memastikan transaksi baru tercatat, serta membuat blok baru. Atas jasa inilah mereka akan menerima bitcoin. Untuk mendapatkan bitcoin tidak harus menjadi trader, namun menjadi miner pun bisa. Hingga kini, penambang yang mendapat keping tertinggi hanya sanggup memperoleh 12.5 unit yang keluar setiap 10 menit sekali. Namun, terdapat puzzle matematika yang harus dipecahkan para penambang agar salah satu mata uang kripto ini dapat keluar.

Yang terakhir terdapat wallet. Wallet bitcoin adalah bagian dari bitcoin yang sering dilihat pengguna. Wallet ini bukanlah temapt tempat untuk menyimpan kepingan salah satu mata uang kripto ini, melainkan wallet merupakan private key atau kunci bagi sang pemilik untuk menambah transaksi ke blockchain di sebuah alamat yang disebut public key atau bisa dibilang pasar bitcoin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu mata uang kripto ini hanya tersimpan dalam catatan transaksi yang disebut sebagai blockchain.

Manfaat Bitcoin

Manfaat dan keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika berinvestasi menggunakan bitcoin yaitu terdapat sifat desentralisasi pada bitcoin yang artinya bisa membuat proses transfer atau tukar menukar bitcoin tidak perlu melewati perantara, seperti bank. Ketika terjadi transfer bitcoin, cukup update di jaringan blockchain dan itu sangat aman.

Setiap pemilik bitcoin akan mendapatkan private-key dan public-key. Ibaratnya jika di ATM, private-key merupakan pin atm, sedangkan public-key merupakan no rekening bank. Kedua key ini digunakan untuk menunjukkan kepemilikan bitcoin dan jika dilakukan transfer menggunakan kombinasi key ini sebagai alamat dan pin. Setiap pengiriman aset kripto juga dapat dilakukan pengecekan dengan melihat block confirmation pada blockchain dan juga support chain-nya.

Kelemahan Bitcoin

Pada setiap transaksi, pastinya terdapat kelemahan yang ditimbulkan dari transaksi itu sendiri. Begitu juga dengan bitcoin. Pada bitcoin ini terdapat beberapa kelemahannya sendiri yaitu:

  1. Pertambangan merusak lingkungan. Penambangan bitcoin mengacu pada proses intensif energi yang diperlukan untuk menghasilkan koin baru dan memastikan jaringan pembayaran aman dan terverifikasi. Listrik yang digunakan saat transaksi divalidasi pada blockchain bitcoin, hal ini tentu saja tidak baik untuk lingkungan. Penambang crypto menggunakan komputer yang dibuat khusus untuk menyelesaikan persamaan matematika kompleks yang secara efektif memungkinkan transaksi koin dilakukan. Para penambang dihargai atas upaya mereka dengan dibayar dalam uang crypto. Namun, seluruh proses yang digunakan untuk membuat bitcoin membutuhkan banyak energi dan dapat mengkonsumsi lebih banyak daya dibandingkan seluruh negara seperti Finlandia dan Swiss.
  2. Yang kedua adalah bitcoin ini tidak terlalu anonim. Ide utama dari bitcoin adalah untuk memberikan nama samaran. Namun ternyata jika kalian sering menggunakan bitcoin, dan terutama jika kalian menggunakan bitcoin untuk mendapatkan barang dan jasa, maka pada akhirnya menjadi mungkin untuk menautkan alamat atau identitas fisik ke identitas digital kalian. Yang menarik, terdapat cryptocurrency lain yang mencoba memperbaiki ini dan menawarkan lebih banyak anonimitas.
  3. Kelemahan selanjutnya adalah bitcoin tidak berfungsi dengan baik sebagai mata uang. Secara teori, bitcoin seharusnya menyediakan media pertukaran anonim dan efisien, akan tetapi hal ini nyatanya tidak berhasil. Sebaliknya, bitcoin dinilai lambat dan tidak praktis sebagai alat pembayaran barang dan jasa, terlebih pasar sangat fluktuatif. Bitcoin rentan terhadap perubahan besar dalam volatilitas, seperti yang terlihat dari penurunan 30% dalam satu hari.
  4. Rentan terhadap penipuan. Sudah banyak tragedi penipuan yang menimpa penggunanya. Dikarenakan bentuknya yang digital, menjadikannya tidak jarang terdapat serangan dari para hacker terhadap dompet bitcoin penggunanya.
  5. Tidak ada pengembalian uang. Kurangnya kebijakan untuk pengembalian uang seperti yang dimiliki semua perusahaan kartu kredit dan metode pembayaran lainnya. Hal ini tentu mengakibatkan pengguna yang kena penipuan saat melakukan transaksi dengan bitcoin, tidak dapat mengajukan pengembalian uang alias refund.

Kelebihan Bitcoin

Jika dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya, bitcoin ini memiliki keunggulannya tersendiri, diantaranya adalah:

  1. Likuiditas lebih besar. Sebagai mata uang kripto dengan margin yang signifikan, bitcoin memiliki likuiditas yang lebih besar dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mempertahankan nilai substansialnya saat mengkonversikan bitcoin ke dalam mata uang flat. Mata uang flat ini merupakan uang yang nilainya berasal dari regulasi atau hukum pemerintah. Hal ini berbeda dengan mata uang kripto lainnya. Sebagian besar dari mata uang itu tidak dapat ditukar langsung dengan mata uang flat Bahkan, ada yang kehilangan nilai substansial saat ditukar.
  2. Banyak yang menerima sebagai metode pembayaran. Terdapat ratusn toko online yang telah menerima bitcoin sebagai metode pembayaran mereka. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengguna bitcoin dalam melakukan transaksi.
  3. Biaya transaksi yang lebih rendah. Biaya transaksi dari bitcoin terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan metode pembayaran digital lainnya seperti kartu kredit atau paypal. Biasanya, biaya transaksi dari bitcoin tidak lebih satu persen dari nilainya. Hal ini berbeda dengan pembayaran digital lainnya yang mengeluarkan biaya 2-3 persen.
  4. Transaksi internasional menjadi lebih mudah. Bitcoin merupakan salah satu mata uang kripto yang populer di dunia. Dengan begitu, penggunanya dapat melakukan transaksi internasional dengan mudah. Bahkan, dengan menggunakan bitcoin tidak diperlukan birokrasi khusus.

Apa Itu Mining Bitcoin?

Penambangan bitcoin atau bitcoin mining adalah salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin itu sendiri. Kita dapat melihat melihat bitcoin sebagai suatu sistem kas global yang besar dengan menyimpan histori mengenai pergerakan uang dari satu orang ke orang lainnya. Dalam hal bitcoin, proses ini bukan dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan, namun oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Komputer ini dikenal sebagai miners atau penambang, yang secara sederhana, mereka adalah komputer yang memproses transaksi.

Dengan bitcoin mining, biaya untuk sistem global ini dibagi ke ribuan komputer, dan mereka menutup biaya dengan bitcoin yang baru ditambang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ini adalah tindakan demokratisasi infrastruktur dalam bidang finansial.

FAQ Mengenai Bitcoin

Bagi pengguna baru, maupun seseorang yang baru menempatkan diri dalam bidang investasi dan trading maupun transaksi online lainnya, pastinya terdapat berbagai macam pertanyaan yang timbul mengenai bitcoin itu sendiri. Kali ini kita akan mempelajari sedikit dari beberapa pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh masyarakat umum mengenai bitcoin itu sendiri.

Apakah Bitcoin Penipuan?

Sebenarnya, bitcoin bukanlah sebuah tindakan penipuan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bitcoin juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk menipu para penggunanya. Sehingga yang perlu kalian lakukan adalah mengetahui bagaimana ciri dari penipuan bitcoin pada transaksi kripto itu sendiri.

  1. Yang harus kalian ketahui adalah kripto beroperasi di jaringan blockchain. Dengan tidak adanya blockchain, maka bitcoin tersebut tidak ada. Kalian harus mengetahui apakah blockchain tersebut ada atau tidak. Karena biasanya para scammers atau penipu akan mengklaim blockchain mereka sedang dalam masa pengembangan atau bahkan akan dirilis. Blockchain yang sah, akah memiliki situs web yang resmi dengan memungkinkan bagi kalian untuk memverifikasi keberadaannya.
  2. Waspadai tips kripto dari siapapun. pemasaran bertingkat, atau MLM, scammers biasanya menggunakan bahasa kripto untuk membujuk orang agar membawa teman, dengan menjanjikan mereka untuk mendapatkan pembayaran bonus dengan merekrut lebih banyak anggota. Namun, proyek kripto tidak menggunakan sistem anggota melainkan memiliki investor. Kalian bisa membuka situs web pelacak harga seperti CoinMarketCap ataupun lainnya untuk mengetahui data real time dan data historis tentang harga koin dan volume perdagangan. Jika token tersebut tidak terdaftar dalam pelacakan, maka hal tersebut merupakan penipuan.
  3. Berinvestasi pada kripto menggunakan bitcoin tidak ada keuntungan yang terjamin secara terus-menerus. Tidak ada yang pasti dalam kripto. Scammer nantinya akan mengklaim telah mengembangkan solusi teknologi yang tinggi, yang dapat menjamin keuntungan. Namun, para investor yang berpengalaman mengklaim bahwa bot tidak akan melakukan hal seperti itu. Tidak ada superkomputer, alat AI, maupun hal lainnya yang dapat menjamin keuntungan secara terus-menerus terhadap kripto ini.

Apakah Bitcoin Termasuk Judi?

Menurut Majelis Ulama Indonesia atau MUI, Bitcoin merupakan bagian dari perkembangan teknologi digital yang ingin membuat alat tukar transaksi bahkan investasi diluar kontrak bank sentral maupun di dunia manapun. Sebagian ulama mengatakan bahwa bitcoin sama dengan uang karena menjadi alat tukar yang diterima oleh masyarakat umum, standar nilai, dan alat saving. Jika bitcoin digunakan sebagai alat tukar, maka hukumnya boleh atau mubah, sedangkan bitcoin sebagai investasi akan lebih dekat pada huku gharar (spekulasi yang merugikan orang lain), namun bitcoin akan berubah menjadi haram jika hanya sebagai alat spekulasi dan bukan untuk investasi.

Apakah Bitcoin Merupakan Money Game?

Setiap money game pasti menjanjikan keuntungan yang menarik bagi para peserta yang mau mendepositkan sejumlah uangnya dalam jangka waktu tertentu. Umumnya money game semacam ini akan berkedok investasi, namun kenyataannya hanyalah sekedar skema ponzi belaka. Dimana bunga yang dibayarkan bukan bersumber dari uang yang disetorkan oleh para peserta baru. Sedangkan cryptocurreny merupakan murni mata uang layaknya dollar dan rupiah.

Apakah Bitcoin Merupakan Emas Digital?

Bitcoin bisa dinilai sebagai emas digital dikarenakan memiliki karakteristik yang sama dengan emas itu sendiri. Dikarenakan jumlah emas langka, begitu juga dengan bitcoin, emas juga stabil dan tidak mengalami degradasi, gampang dikenal, dan susah ditiru. Begitu juga dengan bitcoin yang memiliki karakteristik serupa. Namun, tidak seperti emas, kalian dapat memindahkan bitcoin kemanapun di dunia dalam hitungan menit. Hal inilah yang menyebabkan orang menyebut bitcoin sebagai emas digital, namun emas digital yang lebih baik.

Apakah Bitcoin Termasuk Kripto?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bitcoin termasuk alat pembayaran pada pasar cryptocurrency. Maka tidak heran jika setiap orang berpikir bahwa bitcoin ini termasuk kripto. Apa hubungannya, dan bagaimana cara kerjanya. Bahkan, bitcoin ini menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar seperti, memastikan bahwa bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang yang memilikinya.

Apakah Bitcoin Adalah Ponzi?

Skema ponzi adalah modus investasi ilegal yang memberi keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya. Skema ponzi ini biasanya membujuk investor baru dengan menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan investasi lain dalam jangka pendek dengan tingkat pengembalian yang amat tinggi. Namun, bitcoin bukan merupakan salah satu dari skema ponzi tersebut dikarenakan bitcoin tidak ditawarkan sebagai alat investasi melainkan sebagai alat tukar yang memiliki teknologi inovatif di dalamnya. Bitcoin juga suatu hal yang memiliki produk yang jelas dan memiliki ekosistem luas.

Bagaimana Bitcoin Menurut Islam?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bagi islam, tergantung dari niat para penggunanya. Bitcoin akan bersifat mubah atau boleh jika digunakan sebagai alat tukar bagi yang berkenan untuk menggunakan dan mengakuinya. Bitcoin juga bisa bersifat gharar (spekulasi yang merugikan orang lain) jika digunakan sebagai investasi dikarenakan keadaannya yang tidak memiliki aset pendukung, harga yang tidak terkontrol, dan keberadaan yang belum terjamin resmi. Bitcoin juga bisa bersifat haram jika hanya digunakan sebagai alat spekulasi dan bukan untuk investasi, atau sebagai alat permainan untung rugi buka bisnis yang menghasilkan.

Setelah mengetahui segala hal mengenai bitcoin itu sendiri, kalian juga tetap diharapkan untuk melakukan riset mengenai bitcoin itu sendiri terkait dengan sebagai alat tukar kalian. Kalian bisa mencarinya melalui website resmi mereka dengan tetap selalu up to date pada berita yang ada.

Demikian pembahasan dari GICTrade mengenai penjelasan “Pengertian Bitcoin, Cara Kerja, dan FAQ Mengenai Bitcoin”. Kalian juga bisa mencari tahu informasi yang lain seputar kripto, investasi, dan keuangan yang lainnya, seperti “Risk Management, Tips Manajemen Risiko pada Forex hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga kamu memperdalam ilmu forex di GICTrade, via ebook scalping, dan juga NFP live trading.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.