Lengkap! Cara Daftar m-Banking BCA hingga Keuntungannya

Artikel ini terakhir di perbaharui November 25, 2021 by Rinaldi Syahran
Lengkap! Cara Daftar m-Banking BCA hingga Keuntungannya

Cara daftar m-banking BCA ini sangatlah banyak. Kalian bisa melakukannya dengan berbagai macam cara dan berbagai macam pilihan yang bisa dipilih. Jika kalian merupakan pengguna setia transaksi online, maka m-banking merupakan suatu keharusan yang harus kalian miliki untuk saat ini. Ditambah lagi di era digital ini segala transaksi sudah menggunakan m-banking.

Jika kalian pengguna BCA, dan ingin memulai segala transaksi menggunakan m-banking, maka kalian harus mengetahui segala cara hal yang harus dilakukan serta persyaratan apa saja yang diperlukan ketika ingin memakai m-banking ini. Untuk itu, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara daftar m-banking BCA yang bisa kalian ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Apa Itu Layanan M-Banking BCA?

Berdasarkan pada laman resmi BCA, terdapat keterangan bahwa m-BCA merupakan suatu layanan produk perbankan yang tersedia dari PT Bank Central Asia Tbk yang memiliki keunggulan untuk dapat diakses secara langsung oleh para penggunanya melalui smartphone. Untuk pengaksesan m-banking BCA tentunya dengan menggunakan menu yang tersedia di bagian Subscriber Identification Module (SIM) Card, yaitu dengan menggunakan media sms atau juga bisa dengan menggunakan akses pada menu BCA Mobile yang memerlukan jaringan internet.

Layanan m-banking BCA ini bisa kalian gunakan untuk berbagai macam transaksi seperti melakukan pembayaran listrik, sekolah, transfer uang kepada teman atau saudara, layanan virtual account billing, top up e-wallet, pembelian, dan lainnya.

Keuntungan M-Banking BCA

Sebelum membahas bagaimana cara daftar m-banking BCA, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui apa saja keuntungan yang bisa didapat jika menggunakan fasilitas m-banking BCA ini. Keuntungan tersebut adalah:

Bisa Cashless Tanpa Kartu di ATM

Transaksi tanpa menggunakan kartu atm ini merupakan salah satu keunggulan dari m-banking itu sendiri. Transaksi ini menjadi transaksi yang sangat populer yang juga dapat kalian lakukan dengan melalui penggunaan m-banking BCA. Sebagai contoh ketika kalian ingin berbelanja, maka kalian bisa berbelanja online dengan membayarnya secara online melalui m-banking BCA tanpa perlu melakukan transaksi melalui mesin atm.

Praktis, Tanpa Perlu ke ATM

Dengan menggunakan m-banking BCA, kalian dapat melakukan berbagai macam transaksi hanya dengan menggunakan smartphone milik kalian tanpa perlu mengunjungi mesin ATM. Hal ini akan menguntungkan kalian terutama jika kalian sedang mempunyai keperluan yang mendadak atau bahkan bertransaksi tengah malam, maka m-banking BCA merupakan solusi terbaik karena penggunaannya yang sangat praktis dan efisien.

Tampilan User Friendly

Bagi kalian yang masih kurang mengerti mengenai m-banking ini, kalian tidak perlu merasa khawatir karena tampilan antarmuka yang dimiliki oleh m-banking ini sangat user friendly. Artinya, kalian bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah tanpa perlu berpikir terlalu panjang dalam pengoperasiannya. Ditambah lagi, beberapa perintah beserta gambar yang jelas sehingga bisa kalian ikuti sesuai dengan kebutuhan yang akan kalian lakukan.

Update Terhadap Info Promo BCA

Jika kalian ingin mendapatkan informasi yang paling update mengenai layanan maupun promo yang tersedia di akun bank BCA kalian, maka menggunakan m-banking BCA merupakan pilihan yang tepat. Dengan menggunakan m-banking BCA, kalian akan terus mendapatkan informasi terupdate mengenai informasi promo dari BCA secara berkala.

Fitur Layanan Lengkap

Selain praktis dalam penggunaan m-banking BCA ini, kalian juga tidak perlu khawatir mengenai layanan yang tersedia. Sebab, m-banking BCA telah memiliki fitur yang sangat lengkap. Mulai dari info akun, transaksi, pembayaran, top up, pembelian, sampai dengan fitur terpadu lainnya.

Aman dari Bahaya Kartu Tertelan

Salah satu kekhawatiran umum yang terjadi diantara para nasabah adalah tertelannya kartu ATM pada mesin ATM. Dikarenakan hal ini kerap sekali terjadi pada para nasabah dan akan sangat menimbulkan kerugian. Dengan adanya m-banking BCA ini, kalian tidak perlu melakukan transaksi manual ke mesin ATM. Hal ini dapat meminimalisir peluang tertelannya kartu ATM milik kalian.

Mudah untuk Cek Saldo Kartu Flazz

Di era digital ini, tren e-money atau uang digital sangat masif di seluruh dunia ini, tidak terkecuali di negara Indonesia. Sehingga, BCA memiliki salah satu produk yang mengikuti tren ini adalah Kartu Flazz. Dengan menggunakan m-banking, kalian tidak perlu ribet dan bersusah payah untuk mengecek saldo kartu Flazz, karena semua sudah bisa dilakukan dengan genggaman tangan kalian.

Setor Tunai Hanya dengan Smartphone

Keuntungan transaksi menggunakan m-banking BCA lainnya yang dapat kalian rasakan adalah efisiensi. Ketika kalian ingin melakukan setoran tunai, maka kalian dapat melakukannya hanya dengan menggunakan smartphone milik kalian. Ditambah lagi, bukan hanya setor tunai yang bisa kalian lakukan menggunakan m-banking ini, melainkan berbagai macam fasilitas lain yang bisa kalian nikmati dan gunakan seperti pembelian, pembayaran, top up e-wallet, transfer, dan lainnya.

Cara Registrasi M-Banking BCA

Setelah mengetahui apa saja keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan m-banking BCA ini, kali ini kita akan membahas cara registrasi m-banking BCA. Cara registrasi m-banking BCA ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

Daftar Langsung di ATM

Untuk dapat melakukan registrasi m-banking BCA, salah satu cara daftar m-banking BCA yang dapat kalian lakukan adalah dengan langsung registrasi di ATM. Terdapat cara mudah untuk daftar m-banking BCA melalui ATM sebagai berikut:

  1. Datang ke ATM BCA terdekat, masukkan kartu ATM kalian ke mesin ATM. Lalu pilih transaksi lainnya.
  2. Pilih menu daftar m-banking, lalu pilih “mobile banking”.
  3. Akan muncul klausa di layar, kalian bisa membacanya dengan seksama. Setelah itu kalian bisa menyetujui segala ketentuan yang ada dengan mengklik tombol “Ya”.
  4. Setelah itu, kalian bisa melakukan penginputan nomor HP yang ingin didaftarkan untuk akun m-banking tersebut, lalu klik “BENAR”.
  5. Ikuti instruksi sampai selesai, lalu kalian bisa mendownload aplikasi BCA Mobile untuk melakukan verifikasi pendaftaran akun m-banking BCA.

Mendatangi Kantor Cabang Terdekat

Alternatif cari cara daftar m-banking BCA atau registrasi m-banking BCA lainnya ini dapat kalian lakukan dengan cara mendatangi langsung kantor BCA cabang terdekat dengan tempat tinggal kalian. Melalui cara ini juga dapat sekaligus mengaktivasi finansial BCA Mobile. Kantor BCA kini sudah dapat ditemukan dengan mudah, karena di Indonesia sudah terdapat sejumlah 139 kantor cabang utama, 873 kantor cabang pembantu, serta terdapat 244 kantor kas. Berikut cara daftar m-banking BCA secara langsung di kantor cabang terdekat.

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah kalian bisa mendatangi CSO di cabang BCA terdekat.
  2. Jangan lupa untuk membawa buku tahapan, kartu ATM BCA, KTP asli, dan juga nomor handphone untuk m-BCA.
  3. Selanjutnya, CSO akan mengaktifkan fitur finansial m-BCA.
  4. Jika sudah selesai, kalian dapat langsung menggunakan fasilitas m-banking BCA untuk berbagai keperluan.

Aktivasi M-Banking BCA

Setelah kalian mengetahui cara daftar m-banking BCA dan melakukan pendaftaran, hal selanjutnya yang penting untuk kalian lakukan adalah dengan melakukan aktivasi akun m-banking BCA. Aktivasi ini diperlukan agar akun kalian dapat terverifikasi dengan baik dan dapat digunakan secara optimal.

Cara Daftar Internet Banking BCA

Terdapat cara yang bisa kalian lakukan untuk mendaftar internet banking BCA. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian pilih untuk mengaktivasi akun m-banking BCA.

Aktivasi Internet Banking BCA Lewat Web

Aktivasi internet banking BCA lewat web ini bisa kalian lakukan melalui web resmi milik BCA itu sendiri. Dengan cara membuka website resmi BCA di www.bca.co.id. Kalian bisa memilih menu KlikBCA dan kemudian log in. Selanjutnya masukkan USER ID yang tercantum di dalam struk yang didapat pada saat registrasi lalu input PIN yang kalian gunakan saat mendaftar. Pada kolom persetujuan, klik “setuju/agree”. Selanjutnya, kalian bisa masukkan alamat email yang aktif. Kalian dapat mengecek ke halaman utama internet banking BCA untuk dapat melihat status aktivasi.

Aktivasi Internet Banking BCA Lewat HP

Aktivasi internet banking BCA lewat HP dengan cara mendownload aplikasi BCA Mobile lalu membukanya dengan memilih menu “m-BCA”. Selanjutnya, kalian bisa membaca syarat dan ketentuan yang terdapat di layar hp kalian dengan seksama, lalu klik pilihan “accept”. Selanjutnya kalian dapat memasukkan nomor kartu ATM sebanyak 16 angka. Lalu kalian bisa kirim dengan membuat kode akses BCA Mobile tersebut. Namun, jika finansial BCA Mobile milik kalian belum aktif, maka kalian harus mengaktivasinya terlebih dahulu pada kantor cabang BCA terdekat.

Cara Daftar m-Banking BCA Tanpa Ke ATM

Pada masa pandemi ini, berkegiatan di luar rumah menjadi salah satu hal yang sangat dikhawatirkan. Untuk itu, bagi kalian yang tidak ingin mengambil risiko untuk ke luar rumah, kalian dapat mencari cara daftar m-banking BCA yang lebih aman. Dalam hal ini maka kalian dapat mendaftar dengan cara daftar m-banking BCA tanpa perlu ke ATM. Alternatif lainnya dari cara daftar m-banking BCA yang dapat kalian pilih adalah dengan cara daftar melalui website resmi BCA di www.bca.co.id.

Cara Daftar m-Banking BCA Via Online

Cara daftar m-banking BCA via online juga dapat kalian lakukan dengan menggunakan aplikasi BCA Mobile. Kalian cukup mendaftar secara online melalui aplikasi BCA Mobile yang dapat kalian temukan dan unduh melalui Play Store maupun Apps Store. Pada BCA Mobile nantinya kalian akan dituntut untuk bisa melakukan pendaftaran seperti cara yang telah dijelaskan di atas.

Cara Memindahkan m-Banking BCA ke HP Lain

Selain mengetahui cara daftar m-banking BCA, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara untuk memindahkan m-banking BCA ke hp lain. Bagi kalian yang ingin mengganti device milik kalian, maka cara ini akan sangat diperlukan untuk kalian terapkan. Cara tersebut adalah:

Verifikasi di Aplikasi

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah kalian harus membuka aplikasi BCA Mobile untuk menjalankan aplikasinya. Setelah itu masukkan 16 digit nomor atm milik kalian, selanjutnya kalian bisa melakukan verifikasi dengan sms. Lalu masukkan kode yang telah kalian dapat dan lakukan konfirmasi. Langkah selanjutnya adalah klik OK lalu ikuti petunjuk yang terdapat dalam aplikasi sampai selesai.

Setting Akses Izin Aplikasi BCA Mobile

Jika proses diatas selalu gagal dan mengalami masalah, maka kalian dapat terlebih dahulu memperbaiki setting akses izin aplikasi BCA mobile milik kalian dengan cara memilih menu pengaturan pada smartphone kalian, lalu dalam pengaturan tersebut kalian bisa menemukan manajemen aplikasi. Selanjutnya kalian bisa temukan aplikasi BCA Mobile dan atur settingan akses izin aplikasi BCA mobile milik kalian.

Menu dan Layanan dalam m-BCA

Jika kalian telah mengetahui cara daftar m-banking BCA dan menggunakan m-banking BCA, maka beberapa layanan ini bisa kalian nikmati. Menu-menu pada m-banking BCA mobile merupakan layanan yang bisa ditawarkan oleh BCA sehingga kalian tidak perlu repot-repot mencari informasi kesana kemari mengenai BCA ini. Layanan tersebut adalah:

M-Info

Layanan ini berisi informasi umum mengenai akun bank BCA milik kalian. Informasi yang bisa kalian dapatkan pada layanan m-info adalah informasi saldo, mutasi rekening, info kurs, info suku bunga tabungan/ deposito, info kode bank (yang dapat digunakan untuk transfer ke antar bank) dan info kode perusahaan (yang dapat kalian gunakan untuk transaksi m-payment dan m-commerce).

Selain yang telah disebutkan tadi, kalian juga bisa mendapatkan info rekening deposito, info NAB dan reksa dana, info saldo dan transaksi kartu kredit BCA, serta info RDN/ rekening Dana Nasabah.

M-Admin

Layanan ini akan menyediakan kalian fasilitas aktivasi, ganti pin, memblokir kartu atm, mengontrol kartu kredit, dan keperluan lainnya terkait dengan registrasi dan status akun bank kalian.

M-Transfer

Pada layanan ini kalian dapat melakukan transfer ke sesama rekening BCA, ke bank lain, atau melalui virtual akun. Bisa juga kalian gunakan sebagai pengiriman dana termasuk pada berbagai macam e-wallet seperti sakuku, gopay, shopeepay, ovo, dan lainnya.

Cara Transfer M-Banking BCA

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai cara daftar m-banking BCA, maka kali ini kita akan membahas mengenai cara transfer m-banking BCA. Jika kalian berniat mengirim atau transfer sejumlah uang untuk keperluan kalian atau untuk membayar sesuatu, maka kalian dapat melakukannya melalui m-banking BCA. Namun terdapat beberapa hal di bawah ini yang harus kalian ketahui seperti:

Cara Mendaftarkan Nomor Rekening untuk Transfer

Untuk mendaftarkan nomor rekening untuk keperluan transfer, berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan yaitu:

  1. Memastikan bahwa kalian memiliki koneksi internet yang baik dan pulsa minimal untuk sekali sms. Dikarenakan nantinya akan ada transaksi melalui sms yang akan dikenakan tarif.
  2. Selanjutnya kalian pilih opsi m-transfer.
  3. Lalu pilih jenis transfer apakah sesama dengan BCA ataupun dengan bank lain.
  4. Memasukkan data rekening tujuan dan nama bank tujuan.
  5. Selanjutnya masukkan pin login akun m-BCA milik kalian dan pin atm kalian.
  6. Setelah selesai, akan muncul pesan pop up berupa data rekening transfer tujuan lalu klik OK.
  7. Nantinya aplikasi akan memberikan kalian informasi pendaftaran rekening, lalu OK dan selesai.
Cara Transfer ke Sesama Pengguna BCA

Selanjutnya terdapat cara untuk transfer ke sesama pengguna BCA yang perlu kalian ketahui juga. Cara tersebut adalah:

  1. Masuk ke menu m-BCA.
  2. Klik menu “m-Transfer” kemudian tekan Yes/OK.
  3. Kalian bisa memilih pilihan menu “antar rekening”, lalu pilih mata uang dan jumlah uang yang akan di transfer.
  4. Ketik pin akun BCA kalian, yang nantinya akan muncul keterangan berita yang dapat kalian kosongkan saja. Lalu tekan OK.
Cara Transfer ke Antar Bank

Berikut terdapat juga cara transfer ke antar bank yang bisa kalian ikuti tahapannya. Cara transfer antar bank melalui m-banking BCA yang dapat kalian coba adalah:

  1. Yang pertama kalian bisa masuk ke menu m-BCA.
  2. Selanjutnya kalian bisa klik menu “m-transfer” kemudian tekan YES/ OK.
  3. Lalu klik “antar bank” lalu tekan YES/ OK.
  4. Kemudian kalian bisa memasukkan kode bank tujuan transfer kalian, lalu memasukkan nomor rekening tujuan dan tekan OK/ YES.
  5. Selanjutnya kalian bisa memasukkan jumlah uang yang akan kalian transfer.
  6. Masukkan pin, dan selesai.
Cara Transfer ke BCA Virtual Account

Selanjutnya, terdapat juga cara transfer ke BCA virtual account yang bisa kalian pilih untuk melakukan transaksi. Cara transfer ke BCA virtual account ini sangat mudah, yaitu:

  1. Masuk ke menu m-BCA.
  2. Kemudian kalian bisa memilih menu m-transfer, lanjutkan ke “rekening BCA virtual account”.
  3. Lalu kalian bisa memasukkan nomor virtual akun tujuan dan jumlah uang yang akan kalian transfer.
  4. Setelah selesai, kalian bisa klik OK/ YES.

M-Commerce

Layanan ini biasanya akan digunakan untuk aktivasi pembelian pulsa atau token listrik. Sehingga kalian bisa melakukan pembelian tanpa harus berkunjung ke konter secara offline, yang kali ini bisa kalian lakukan pembayarannya hanya melalui m-banking BCA.

M-Payment

Layanan ini dapat kalian gunakan ketika ingin melakukan tagihan seperti kartu kredit, PAM, PLN, asuransi, pendidikan, dan lain sebagainya. Layanan ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan mulai dari kartu kredit hingga BPJS.

Tips Aman Menggunakan M-Banking BCA

Setelah mengetahui apa itu m-banking BCA, cara daftar, dan cara transfer, maka kali ini terdapat hal yang harus kalian perhatikan ketika menggunakan m-banking BCA ini agar tetap terjaga keamanan data milik kalian sendiri. Hal ini juga penting bagi kalian supaya berhati-hati dalam melakukan transaksi secara aman supaya saldo tidak hilang. Berikut ini tips aman dalam menggunakan m-banking BCA yang bisa kalian lakukan.

Hindari Transaksi yang Mencurigakan

Dikarenakan banyaknya penipuan yang ada di luar sana, maka kalian harus menghindari transaksi yang mencurigakan diluar m-banking tersebut atau transaksi mencurigakan apapun selama menggunakan m-banking BCA. Jangan mudah tergiur juga terhadap segala tawaran yang menggiurkan, yang tidak jelas realisasinya.

Gunakan Gadget Pribadi saat Mengakses

Hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah, pada saat mengakses aplikasi mobile banking BCA atau saat melakukan pendaftaran aplikasi m-banking BCA, usahakan untuk tetap selalu menggunakan gadget pribadi. Selain hal ini penting untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain, gadget pribadi juga bisa digunakan untuk menggunakan data-data tanpa harus berpindah ke device lain.

Jaga Kerahasiaan USER ID dan PIN

Tips yang terakhir dan paling penting adalah kalian harus menjaga kerahasiaan USER ID dan PIN milik kalian sendiri. Pastikan kalian selalu menjaga kerahasiaan user id dan pin tersebut dengan tidak memberitahukannya pada orang lain. Dengan menjaga hal ini, segala uang milik kalian juga akan tetap aman terjaga dari segala penipuan maupun pencurian.

Pertanyaan Umum Seputar M-Banking BCA

Mungkin beberapa bagi kalian masih terdapat hal-hal yang dipertanyakan mengenai m-banking ini, jika kalian masih ragu dan bingung karena kurang paham mengenai cara daftar m-banking BCA, kalian dapat menyimak beberapa pertanyaan umum seperti:

Apa Mobile Banking Dikenakan Biaya?

Penggunaan segala mobile banking pada umumnya ini tidak dikenakan biaya, termasuk juga mobile banking BCA. Namun, jika kalian melakukan transaksi seperti transfer, maka biasanya kalian akan dikenakan sedikit biaya admin. Seperti ketika kalian melakukan transaksi transfer ke bank lain.

Berapa Biaya m-Banking BCA?

Untuk kalian yang masih belum mengetahui cara daftar mobile banking ini, maka biasanya kalian akan menanyakan hal mengenai berapa biaya yang harus dibayar ketika menggunakan m-banking BCA. Kalian tidak perlu khawatir mengenai hal ini dikarenakan biaya pendaftaran m-banking ini adalah gratis. Namun, untuk melakukan transfer, biasanya kalian akan dikenakan biaya admin seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Apa Cek Saldo di M-Banking BCA Terkena Biaya?

Pengecekan saldo pada m-banking ini tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Maka kalian bisa melakukan pengecekan kapanpun kalian mau tanpa perlu khawatir akan biaya yang akan dikenakan dalam melakukan pengecekan saldo milik kalian tersebut. Berbeda dengan pengecekan manual yang biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 500 – Rp 1.670.

Setelah mengetahui segala hal mengenai cara daftar m-banking BCA ini, kalian juga bisa mencari informasi lainnya mengenai bank BCA ini. Atau jika masih terdapat pertanyaan seputar mobile banking BCA ini, kalian bisa menanyakan secara langsung hal tersebut pada customer service dari BCA ini.

Demikian pembahasan dari GICTrade mengenai penjelasan Cara Daftar M-Banking BCA. Kalian juga bisa mencari tahu informasi trivia yang lain seputar tabungan, investasi, dan keuangan yang lainnya, seperti Crowdfunding: Pengertian, Cara Kerja, & Manfaat hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga kamu memperdalam ilmu forex di GICTrade, via ebook scalping, dan juga NFP live trading. Dan jangan lupa untuk download GIC Mobile Apps di Google Play Store maupun Apps Store.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.