Cara Beli Saham Luar Negeri Untuk Pemula dan Keuntungannya

Artikel ini terakhir di perbaharui July 19, 2022 by Wachda Mihmii
Cara Beli Saham Luar Negeri Untuk Pemula dan Keuntungannya

Cara beli saham luar negeri ini bisa dilalui melalui beberapa langkah. Cara yang diterapkan juga akan terlisensi dan aman. Perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Facebook, Google, Amazon, dan lainnya memiliki nilai saham yang sangat besar.

Pastinya akan memiliki keuntungan yang sangat besar juga. Bagi kalian yang ingin memiliki saham-saham tersebut, kalian bisa mengikuti langkah yang akan kita bahas kali ini. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara beli saham luar negeri ini, kalian bisa memahaminya melalui artikel di bawah ini. Selain itu, follow juga Instagram GIC untuk berita seputar GIC.

Cara Beli Saham Luar Negeri

Terdapat cara-cara yang harus kalian terapkan ketika ingin membeli saham luar negeri tersebut. Cara-cara ini bisa kalian terapkan melalui aplikasi smartphone maupun broker mana saja. Yang pastinya, ketahui terlebih dahulu lisensi dari aplikasi maupun broker tersebut. Cara beli saham luar negeri tersebut adalah:

Membeli saham internasional ternyata sangat mudah. Anda bahkan mungkin dapat melakukannya melalui akun pialang yang ada. Berikut caranya:

  • Beli saham individu langsung di bursa internasional. Namun, untuk melakukan ini, akun pialang Anda harus memberi Anda akses ke bursa ini—dan tidak semua pialang melakukannya. Jika milik Anda, Anda cukup membeli saham menggunakan dolar AS, seperti halnya investasi lainnya. Jika milik Anda tidak, maka Anda harus…
  • Akses saham internasional melalui American Depository Receipts (ADRs). ADR adalah sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga keuangan yang berbasis di AS yang mewakili bagian dari saham perusahaan asing. Mereka diperdagangkan seperti saham domestik di bursa yang berbasis di AS, artinya Anda tidak memerlukan akun pialang khusus untuk mengaksesnya.
  • Investasikan secara internasional melalui ETF dan/atau reksa dana. Anda dapat menggunakan alat penyaringan di broker online Anda untuk meneliti dan mengidentifikasi berbagai ETF dan reksa dana yang terdiri dari kepemilikan internasional. Ini adalah alat paling mudah bagi investor pemula untuk menambahkan eksposur internasional ke portofolio mereka karena tidak melibatkan pemilihan saham, umumnya memiliki biaya rendah dan mudah diperdagangkan setiap hari melalui akun investasi normal.

Saham Luar Negeri Top yang Dapat Dibeli

Terdapat beberapa saham luar negeri yang paling banyak diminati oleh para investor dan bisa kalian miliki. Daftar saham luar negeri tersebut adalah:

1. JD.com

China menyumbang sekitar setengah dari pengeluaran e-commerce global, dan pasar ritel online-nya terlihat siap untuk pertumbuhan jangka panjang yang substansial. JD.com ( NASDAQ:JD ) adalah pengecer online terbesar kedua di China, setelah Alibaba ( NYSE:BABA ), penjual bisnis-ke-konsumen terbesar di negara itu. Ini juga merupakan bisnis yang cukup berbeda dari pesaing, berkat fokusnya pada produk berkualitas tinggi dan infrastruktur pemenuhan yang tak tertandingi.

2. CD Projekt

Berbasis di Polandia, CD Projekt ( OTC:OTGL.Y ) telah memantapkan dirinya sebagai pemain kuat di industri video-game. Perusahaan ini terkenal dengan properti termasuk The Witcher dan Cyberpunk 2077 , tetapi juga mengoperasikan pasar online dan platform berbagi untuk mendistribusikan game secara digital. Permintaan hiburan interaktif masih siap untuk pertumbuhan besar dalam jangka panjang, dan CD Projekt memiliki peluang menarik karena merilis ekspansi konten untuk judul yang ada, meluncurkan properti baru, dan memanfaatkan tren yang muncul termasuk augmented reality dan metaverse.

3. StoneCo

Perusahaan pemrosesan pembayaran yang berbasis di Brasil, StoneCo ( NASDAQ:STNE ) mendapat manfaat dari peralihan dari uang fisik ke pembayaran digital — atau, seperti yang kadang-kadang disebut, “ perang terhadap uang tunai .” Populasi Brasil sekitar 215 juta memberi StoneCo basis besar pengguna potensial, dan perusahaan memiliki kesempatan untuk memperluas layanannya di tempat lain di Amerika Latin dan Amerika Selatan seiring pertumbuhan pasar pembayaran digital.

4. Shoprite Holdings

Afrika berada di jalur yang tepat untuk menyumbang lebih dari setengah pertumbuhan populasi global hingga tahun 2050, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan status Shoprite Holdings ‘( OTC:SRGH.Y ) sebagai rantai toko bahan makanan terbesar di benua itu memposisikannya untuk mendapatkan keuntungan dari hambatan ekonomi dan demografis. . Perusahaan ini berkantor pusat di Afrika Selatan dan mengoperasikan sekitar 2.900 lokasi di 15 negara.

5. HDFC Bank

Pemberi pinjaman sektor swasta terbesar India, HDFC Bank ( NYSE:HDB), berada dalam posisi yang menguntungkan untuk mendapatkan keuntungan karena ekonomi negara terus berkembang. Perusahaan ini memiliki lebih dari 5.700 cabang di lebih dari 2.900 kota besar dan kecil. HDFC juga merupakan pemain di ruang pembayaran digital dan tampaknya siap untuk mengambil keuntungan dari perang uang tunai.

Sekuritas untuk Beli Saham Luar Negeri

Cara beli saham luar negeri tidak bisa melalui sekuritas Indonesia. Kalian harus membelinya melewati sekuritas internasional. Terdapat empat perusahaan sekuritas yang biasa digunakan untuk membeli saham luar negeri yang cukup popular di kalangan investor, sekuritas tersebut adalah:

Reksa dana

Seseorang dapat berinvestasi di pasar internasional dengan berinvestasi dalam skema MF internasional dalam bentuk dana dana atau ETF yang berinvestasi di dana internasional yang memiliki eksposur ke pasar internasional. Ukuran tiket untuk berinvestasi di MF sangat rendah dan tidak memerlukan akun perdagangan luar negeri.

Ikatan pialang Indonesia dengan pialang internasional

Banyak rumah pialang Indonesia memiliki ikatan dengan pialang internasional sehubungan dengan investasi luar negeri. Periksa dengan broker yang ada apakah mereka menawarkan layanan tersebut.

Pialang

Internasional Beberapa perusahaan pialang internasional mengizinkan orang India untuk membuka rekening dengan mereka dan berinvestasi dalam sekuritas asing. Perusahaan-perusahaan ini juga memberikan dukungan penelitian dan analitik mereka kepada klien mereka untuk membantu mereka membuat keputusan investasi.

Platform

Online Banyak platform online menawarkan peluang untuk investasi di sekuritas asing dengan menggunakan portofolio atau tema yang direkomendasikan.

Keuntungan Beli Saham Luar Negeri

Bukan hanya pada pasar dalam negeri, pasar luar negeri juga mempunyai keuntungan yang besar jika kalian menginvestasikan uang kalian pada saham perusahaan luar negeri tersebut. Terdapat keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika ingin membeli saham luar negeri. Kentungan-keuntungan tersebut adalah:

1. Diversifikasi

Secara umum, ketika kita berbicara tentang diversifikasi, kita biasanya merujuk pada investasi di berbagai industri dan MCAP yang berbeda. Tetapi dengan berinvestasi di pasar luar negeri, kita dapat menerima manfaat diversifikasi yang sama meskipun perusahaan yang kita masukkan dalam portofolio kita sudah ada di industri yang sama atau MCAP. Tujuan utama diversifikasi adalah untuk melindungi portofolio. Dengan berinvestasi di luar negeri, portofolio terlindungi dari risiko domestik yang mungkin mempengaruhi pasar domestik secara keseluruhan.

2. Tingkat rebound pasar 

Kami sebelumnya menyebutkan bahwa investor India lebih suka berinvestasi di sekuritas India karena mereka memberikan tingkat pertumbuhan yang lebih baik. Pasar di seluruh dunia terkadang mengalami krisis pada saat yang bersamaan. Jarang seperti ini seharusnya ini sudah terjadi dua kali setelah tahun 2000. Dengan mengesampingkan tingkat pertumbuhan mari kita coba dan perhatikan kinerja pasar pasca krisis tersebut.

Resesi tahun 2008 melihat ekonomi stagnan di seluruh dunia. Meskipun pertama kali dipicu oleh masalah di AS, ekonomi India juga mengalami kehancuran. Pasar India mengalami penurunan sebesar 55% dibandingkan dengan ketinggian yang dicapai pada akhir tahun 2007. Dapat dilihat bahwa periode Desember 2007 hingga Desember 2013 pasar India hanya naik 4,3% setelah rebound. Mari kita bandingkan ini dengan pasar AS. Selama resesi, pasar AS turun sekitar 50%. Namun selama periode yang sama dari Desember 2007 hingga Desember 2013, pasar AS memberikan pengembalian hampir 50% setelah rebound ke level sebelumnya.

Mari kita ambil contoh kedua di mana kita telah melihat pasar di seluruh dunia berkontraksi. Ini karena pandemi yang masih kita alami. Jika kita perhatikan pasar AS sejak puncaknya di bulan Februari, kita dapat melihat bahwa pasar turun 30% pada bulan Maret tetapi telah rebound dan menyentuh ketinggian baru untuk mendapatkan pengembalian 15%. Pasar India, di sisi lain, mengalami penurunan lebih dari 35% dan masih belum mencapai level sebelumnya.

3. Exposure

Keuntungan tambahan lain dari berinvestasi di pasar luar negeri adalah eksposur yang akan diterima investor dalam hal sekuritas yang tersedia baginya. Mari kita memutar kembali waktu ke awal 2000-an dan mengamati opsi yang tersedia bagi investor India dalam hal sekuritas berbasis teknologi. Mereka terbatas pada TCS, Infosys, dan Wipro.

Di sisi lain, pasar luar negeri menyediakan orang-orang seperti Apple. Microsoft, Google. Kadang-kadang bahkan yurisdiksi hukum melarang perusahaan tertentu untuk beroperasi di suatu negara. Investor, bagaimanapun, memiliki pilihan untuk hanya berinvestasi di luar negeri.

Setelah mengetahui mengenai cara beli saham luar negeri, pastikan juga sebelum membeli saham pada sebuah broker maupun aplikasi investasi, untuk melihat lisensi dari broker dan aplikasi tersebut. Apakah sudah memiliki izin resmi atau belum.

Demikian pembahasan dari GICTrade mengenai penjelasan “Cara Membeli Saham Luar Negeri Untuk Pemula”. Kalian juga bisa mencari tahu informasi yang lain seputar komoditas, forex, dan keuangan yang lainnya, seperti “Skema Ponzi, Penipuan Berkedok Investasi Untung Tinggi” hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga Anda meregistrasikan diri untuk bisa melakukan trading gold, forex, crypto, maupun NFT di GIC.

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami