Harga Saham: Pengertian, Cara Analisa, dan Daftar Harga

Artikel ini terakhir di perbaharui October 25, 2021 by Rinaldi Syahran
Harga Saham: Pengertian, Cara Analisa, dan Daftar Harga
Sumber Foto: ackqoleonart via freepick

Sebelum membeli sesuatu, pastinya kita akan mempertimbangkan segala hal mengenai barang yang akan kita beli nantinya. Mulai dari kualitas, kuantitas, sampai harga barang tersebut. Pada perusahaan, terdapat juga yang namanya saham. Saham ini juga dibeli berdasarkan pertimbangan di atas. Kali ini kita akan membahas apa itu harga saham.

Harga saham ini selalu menjadi pertimbangan bagi setiap pembeli atau yang biasa disebut dengan investor. Para investor akan selalu mempertimbangkan apakah harus membeli saham tersebut atau tidak tergantung dari citra perusahaan dan juga harga yang bisa terbilang tinggi itu. Tentu saja semua hal tersebut diimbangi dengan apa saja keuntungan yang akan mereka dapat ketika membeli saham tersebut. Untuk selengkapnya mengenai apa itu harga saham, kalian bisa membaca artikel di bawah ini.

Pengertian Harga Saham

Sebelum itu, ada baiknya kita membahas apa itu saham terlebih dahulu. Saham merupakan tanda penyertaan modal dari seseorang maupun badan usaha, yang memiliki klaim atas pendapatan perusahaan dengan penyertaan modal terdaftar. Sedangkan apa itu harga saham, adalah harga yang ditetapkan oleh suatu perusahaan terhadap badan usaha maupun perseorangan yang ingin memiliki hak atas kepemilikan saham dari perusahaan tersebut.

Terdapat suatu cara yang bisa kalian lakukan ketika ingin mengetahui berapa harga saham dari suatu perusahaan tersebut. Kalian bisa mengikuti cara-cara di bawah ini jika ingin mengetahui maupun menambah informasi seputar harga saham.

Cara Melihat Harga Saham Hari Ini

Saat ini, berbagai macam cara bisa dilakukan untuk melihat harga saham dari berbagai macam sumber. Namun, hal yang sangat perlu diperhatikan sebelum itu adalah memastikan bahwa sumber tersebut merupakan sumber yang bisa dipercaya akan isi yang mereka sampaikan. Untuk harga saham ini, kalian bisa mengetahui harga tersebut melalui website dari Bursa Efek Indonesia yang merupakan pasar modal yang ada di Indonesia. Sedangkan bagi kalian yang ingin mengetahui harga saham hari ini selain dari website tersebut, kalian bisa melihatnya melalui Yahoo Finance dan juga aplikasi RTI Business.

Selain itu, cara melihat harga ini juga bisa kalian ketahui jika memiliki seorang mentor atau seseorang yang ahli dalam bidang ini. Dikarenakan orang tersebut pastinya akan selalu memantau mengenai saham sehingga bisa menginformasikan hal tersebut pada kalian. Dilain sisi, kalian juga bisa diajarkan bagaimana baiknya dalam melakukan sebuah investasi agar bisa mendapatkan sebuah profit dari investasi tersebut.

Setelah mengetahui berapa harga dari saham yang ingin kalian jadikan sebagai investasi, kalian bisa melakukan trading pada perusahaan tersebut. Saat ini, telah banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas trading bagi kalian yang ingin berinvestasi. Tentu saja terdapat hal yang harus kalian pertimbangkan dalam memilih aplikasi yang akan kalian gunakan sebagai trading. Aplikasi tersebut harus memiliki izin resmi yang telah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sehingga aplikasi tersebut bisa dibilang aman dari sebuah penipuan.

Cara Melihat Harga Saham di IDX

Seperti yang telah disebutkan di atas, kalian bisa melihat harga-harga tersebut dari Bursa Efek Indonesia yang bisa kalian lihat melalui IDX laporan keuangan. Namun, informasi ini tidak bisa kalian lihat berdasarkan informasi harga harian. Dikarenakan menurut peraturan BEI itu sendiri, bahwa perusahaan akan menerbitkan laporan keuangan per kuartal atau setiap tiga bulan sekali. Untuk harganya, nantinya bisa dilihat dari data laporan keuangan yang rilis pada kuartal ke empat. Dikarenakan hal ini juga, para investor harus melihat harga pembukuan, nilai tertinggi dan terendah, juga data penutupan akhir tahun agar bisa mendapatkan data saham dan juga bisa menentukan saham mana yang tepat untuk kalian investasikan.

Untuk langkah-langkah cara mengetahui harga saham melalui IDX, kalian bisa mengikuti cara di bawah ini.

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunjungi laman idx.co.id
  2. Selanjutnya kalian bisa memilih ‘Data Pasar’ di bagian kolom yang terletak pada bagian atas. Lalu pada sub bagian memilih ‘Ringkasan Perdagangan’ selanjutnya ‘Ringkasan Saham’
  3. Lalu tentukan tanggal saat ingin memeriksa harga saham dan juga filter jenis pencarian yang diinginkan seperti kode saham, nama perusahaan, nilai, dan lainnya.
  4. Langkah terakhir adalah dengan mengklik tombol cari. Detail harga saham yang kalian inginkan berdasarkan filter yang kalian pilih, akan muncul dari seluruh badan usaha yang terdaftar pada IDX.

Perlu diperhatikan bahwa harga-harga saham di IDX ini tidak menunjukkan harga secara real time melainkan sesuai dengan yang telah dijelaskan di atas, yaitu per tiga bulan sekali.

Cara Menganalisa Harga Saham

Dalam menganalisis harga pada suatu saham, pastinya kalian harus mengetahui apakah harga tersebut naik ataupun turun. Ditambah lagi, kalian harus mengetahui tentang perubahan harga saham tersebut dari waktu ke waktu. Apakah perusahaan yang kalian incar mengalami pertumbuhan yang baik atau bahkan menurun setiap harinya. Untuk analisis ini, kalian juga bisa melakukannya pada website yang telah kalian ketahui sebelumnya seperti IDX maupun mesin pencarian seperti Google yang akan langsung muncul pada halaman pertama.

Terdapat dua cara untuk menganalisa suatu saham yaitu secara fundamental dan juga teknikal. Keduanya mempunyai peran masing-masing mengenai saham yang akan kalian pilih sebagai investasi. Untuk analisa fundamental dilakukan agar kita dapat mengetahui sifat dasar serta karakteristik operasional dari perusahaan itu sendiri seperti Price to Earning Ratio. Sedangkan untuk analisa teknikal dilakukan untuk menganalisa saham berdasarkan data yang berhubungan dengan riwayat harga pada pasar saham seperti prediksi untuk membeli atau menjual saham yang dilakukan dengan cara melihat grafik historis pergerakan dari saham tersebut.

Sebagai hal yang harus diketahui dalam melakukan analisa, terdapat keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika melakukan analisa fundamental yaitu dapat memberikan potensi keuntungan jangka panjang yang cukup besar, mengetahui saham yang baik dan prospek jangka panjang, serta pendekatan yang berorientasi bisnis. Sedangkan untuk analisa teknikal, kalian akan mendapatkan keuntungan yang bisa memberikan gambaran pola perilaku pasar, sinyal beli dan jual dengan indikasi potensi bullish dan juga bearish, serta memberikan kemudahan dalam observasi risiko dan volatilitas pada pasar.

Perlu diketahui, menganalisis saham ini akan ditampilkan per perusahaan. Jadi jika kalian ingin melakukan compare maka hal yang bisa kalian lakukan adalah melakukan cara yang sama pada perusahaan yang berbeda. Cara di bawah ini bisa kalian lakukan saat ingin menganalisis harga per lembar dari saham perusahaan yang kalian inginkan. yaitu:

  1. Mengunjungi website IDX
  2. Selanjutnya pilih perusahaan di kolom yang terletak pada bagian atas
  3. Pada sub-bagian, jangan lupa untuk memilih profil perusahaan yang telah tercatat.
  4. Langkah selanjutnya, kalian bisa melakukan pencarian berdasarkan saham dengan mengetikkan kode nama badan usaha yang kalian inginkan kemudian klik ‘Cari’
  5. Pada bagian bawah, kalian bisa mengklik nama perusahaan dan pilih informasi perdagangan.

Dengan menganalisa saham ini, kalian bisa melihat perkembangan saham yang sedang kalian incar atau saham yang akan kalian jual dengan nilai yang tidak akan merugikan kalian sendiri sebagai investor.

Daftar Saham Perusahaan yang Terdaftar di BEI

Perusahaan-perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia sangatlah banyak. Selain kalian bisa melihatnya pada website BEI sendiri, kalian juga bisa melihatnya pada website lainnya. Berikut beberapa daftar harga dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI yang untuk selengkapnya, kalian bisa melihat pada website resmi itu sendiri.

  1. Astra Agro Lestari Tbk (AALI) dengan harga 10.025
  2. Mahaka Media Tbk ( ABBA) dengan harga 406
  3. Asuransi Bina Dana Arta Tbk (ABDA) dengan harga 6.950
  4. ABM Investama Tbk (ABMM) dengan harga 1.535
  5. Acset Indonusa Tbk (ACST) dengan harga 272
  6. Polychem Indonesia Tbk (ADMG) dengan harga 234
  7. Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO) dengan harga 2.020
  8. Tri Banyan Tirta Tbk (ALTO) dengan harga 300
  9. AKR Corporindo Tbk (AKRA) dengan harga 4.660
  10. Alkindo Naratama Tbk (ALDO) dengan harga 720

Harga-harga tersebut merupakan harga saham per lembarnya dalam mata uang rupiah. Selain perusahan di atas, masih terdapat banyak lagi perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia yang bisa kalian lihat secara langsung melalui website resmi IDX maupun website lainnya. Perlu diketahui juga bahwa harga-harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dengan catatan bisa menjadi lebih mahal maupun lebih murah lagi.

10 Saham Termahal di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa daftar harga saham perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia, kali ini kita akan mencari tahu tentang perusahaan-perusahaan dengan harga saham termahal yang ada di Indonesia. Deretan harga saham tertinggi ini bisa dipastikan berada di level Rp 10.000 ke atas per lembar sahamnya. Berikut daftar harga saham paling mahal yang ada di Bursa Efek Indonesia.

  1. PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dengan harga 41.275
  2. PT Bank Central Asia (BBCA) dengan harga 36.675
  3. PT Merck Sharp Dohme Pharma Tbk (SCPI) dengan harga 29.000
  4. PT Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI) dengan harga 24.925
  5. PT United Tractor (UNTR) dengan harga 23.700
  6. PT Bayan Resources Tbk (BYAN) dengan harga 25.500
  7. Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) dengan harga 27.800
  8. PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) dengan harga 23.800
  9. Bank Jago Tbk (ARTO) dengan harga 14.900
  10. DCI Indonesia Tbk (DCII) dengan harga 47.550

Harga-harga tersebut merupakan harga per lembar sahamnya dengan nilai mata uang rupiah.

10 Saham Termurah di Indonesia

Setelah mengetahui berapa harga saham termahal yang sedang dijual di Bursa Efek Indonesia, saat ini kita akan mencari tahu tentang perusahaan dengan harga saham terendah menurut Bursa Efek Indonesia. Jika daftar harga saham termahal adalah 10.000 keatas, maka harga saham terendah dibawah angka tersebut. Daftar perusahaan dengan harga termurah di Indonesia adalah:

  1. PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) dengan harga 124
  2. PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) dengan harga 492
  3. PT Weha Transportasi Utama Tbk (WEHA) dengan harga 222
  4. PT Saratoga Investama Tbk (SRTG) dengan harga 2.410
  5. PT Sumber Energi Andalan Tbk (ITMA) dengan harga 565
  6. PT Bumi Citra Permai Tbk (BCIP) dengan harga 61
  7. PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW) dengan harga 91
  8. PT Prima Alloy Steel Tbk (PRAS) dengan harga 236
  9. PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dengan harga 74
  10. PT Tembaga Mulia Semanan (TBMS) dengan harga 1.640

Harga tersebut berdasarkan harga per lembar dari saham dengan nilai mata uang rupiah. Perlu diketahui juga, bahwa harga-harga di atas berdasarkan data pada tanggal 22 Oktober 2021. Data-data tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari segala faktor yang ada.

Harga Saham Terbaru di Indonesia 2021

Pada data sebelumnya, harga-harga per lembar sahamnya merupakan harga terbaru dari masing-masing perusahaan tersebut. Kali ini kita juga akan membahas harga saham dari perusahaan lain yang mungkin juga akan berguna bagi kalian yang ingin berinvestasi pada perusahaan tersebut. Perusahaan-perusahaan ini sedang mengalami kenaikan harga per lembarnya. Berikut daftar perusahaan beserta harga saham per lembarnya.

  1. Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) dengan harga 9.075
  2. AKR Corporindo Tbk (AKRA) dengan harga 4.660
  3. Pacific Strategic Financial Tbk (APIC) dengan harga 950
  4. Bank Ina Perdana Tbk (BINA) dengan harga 3.890
  5. Bank Permata Tbk (BNLI) dengan harga 1.775
  6. Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) dengan harga 2.160
  7. Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS) dengan harga 3.910
  8. Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) dengan harga 2.400
  9. Fast Food Indonesia Tbk (FAST) dengan harga 1.050
  10. XL Axiata Tbk (EXCL) dengan harga 3.110

Perlu diingat bahwa setiap harga saham pada tiap perusahaan akan mengalami perubahan. Untuk itu tetap lakukan pengecekan secara berkala ketika hendak menjual ataupun membeli saham per lembarnya. Bagi kalian yang ingin mencari perusahaan lain selain dari daftar di atas, juga bisa kalian lihat pada website resmi dari Bursa Efek Indonesia. Selain itu, kalian juga bisa lihat melalui website lain seperti yang telah dijelaskan di atas. Tetap berhati-hati juga dalam melakukan trading saham. Pastikan untuk memakai aplikasi yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan atau OJK agar terjaminnya dari investasi yang kalian lakukan.

Demikian pembahasan dari GICTrade mengenai penjelasan “Harga Saham”. Tetap cari tahu informasi tentang bank, forex, dan keuangan yang lainnya, seperti “12 P2P Lending Terbaik 2021, Terbukti Aman!“, hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga kamu memperdalam ilmu forex di GICTrade, via ebook scalping, dan juga NFP live trading.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.