12 P2P Lending Terbaik 2021, Terbukti Aman!

Artikel ini terakhir di perbaharui October 22, 2021 by Rinaldi Syahran
12 P2P Lending Terbaik 2021, Terbukti Aman!
Sumber Foto: tiko33 via freepick

Mendapatkan pinjaman bukanlah hal yang mudah di jaman sekarang ini. Suku bunga yang tinggi, syarat yang banyak, dan minimal pinjaman yang besar juga membuat banyak orang tidak sanggup untuk mengajukan pinjaman. Tapi kini sudah banyak website yang bisa memberikan layanan pinjaman dengan basis peer to peer.

Dengan ini kamu akan bisa lebih mudah mendapatkan pinjaman, dengan bunga yang lebih kecil dan syarat yang lebih mudah. Bukan hanya peminjam yang akan mendapatkan keuntungan tetapi pemberi pinjaman juga akan mendapatkan keuntungan daripada pinjaman tradisional. Berikut adalah P2P lending terbaik yang akan membantu kamu untuk mendapatkan pinjaman dana dengan mudah.

KoinWorks

Koinworks merupakan aplikasi super finansial yang bisa menjadi solusi dari kebutuhan finansial pribadi dan bisnis kamu. Aplikasi ini memiliki tujuan untuk mewujudkan semua impian financial penggunanya di masa depan hanya dengan menggunakan satu dasbor saja.

Terdapat banyak layanan finansial di dalam aplikasi ini, seperti investasi pendanaan dan pinjaman modal usaha UMKM yang menggunakan peer to peer lending. Produk dalam aplikasi ini dibuat oleh dua perusahaan sekaligus yaitu PT Sejahtera Lunaria Annua dan PT Lunaria Annua Teknologi.

Aplikasi ini juga sudah dicatat menjadi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital dalam Klaster Agregator di Otoritas Jasa Keuangan yang nomor surat pencatatannya adalah No. S-87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020. Aplikasi ini juga memiliki Tanda Daftar Penyelenggara Penyelenggara Sistem Elektronik No. 00257/DJAI.PSE/02/2020 dan sudah menjadi anggota Asosiasi Fintech Indonesia dengan nomor registrasi 0322/REG/AFT/SU.

Sebagai aplikasi super financial, aplikasi ini memiliki banyak layanan supaya bisa menghubungkan pihak yang ingin melakukan kegiatan finansial dalam bentuk apapun. Contoh kegiatannya bisa dalam layanan pinjam meminjam uang dengan basis teknologi informasi atau kegiatan financial lainnya. Aplikasi ini tidak memberikan saran atau rekomendasi pendanaan mengenai pilihan apapun di dalam aplikasi ini.

Akseleran

Akseleran merupakan platform peer to peer lending yang berada di Indonesia supaya bisa menghubungkan UKM yang sedang membutuhkan pinjaman dalam rangka mengembangkan usaha mereka.
Platform ini mengumpulkan orang-orang yang bisa memberikan pinjaman dana kepada UKM yang membutuhkan. Terdapat akses permodalan untuk pelaku usaha dengan suku bunga yang cukup kompetitif dan fleksibel dalam hal tenor pinjaman, model pembayaran, dan juga penyertaan agunan.

Ada juga alternatif peluang pemberian pinjaman kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan imbalan hasil yang menarik dan juga sepadan dengan risiko yang mereka ambil. Akseleran didirikan oleh orang-orang yang sudah profesional di dalam bidang finansial dan teknologi.

Visi mereka adalah ‘Keuangan Inklusif menjadi Realitas’. Harapannya adalah mereka bisa mendorong perkembangan UKM di Indonesia yang akan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha dan juga pemberi pinjaman yang mendukung mereka.

Modalku

Modalku merupakan platform pendanaan digital untuk UMKM yang menggunakan basis teknologi finansial di Indonesia. P2P lending terbaik ini menghubungkan UMKM yang memiliki potensi dan juga pemberi pinjaman supaya bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia serta membangun dunia finansial yang lebih inklusif.

Modalku selalu menerapkan nilai-nilai seperti test, measure, act, yang merupakan nilai mereka untuk selalu memiliki rasa ingin tahu serta memperbarui diri lewat inovasi dan juga eksperimen. Lalu juga ada serve with obsession, di mana Modalku akan terobsesi terhadap pelanggan sehingga hubungan jangka panjang keduanya akan menguntungkan.

Selanjutnya adalah enable teamwork, disable politics, yang merupakan nilai kebersamaan dari website Modalku, di mana mereka hanya akan sukses jika mereka membangun kebersamaan. Grow relentlessly adalah usaha Modalku untuk bisa mencapai potensi terbaik di dalam dirimu.

Terakhir ada focus on impact, di mana modalku akan menciptakan dampak yang memiliki aksi yang nyata dan juga hasil yang jelas. Ada dua perusahaan yang menjadi pemegang saham di website ini yaitu Funding Asia Group dan Modalku Indonesia Makmur.

Funding Asia Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang other holding companies. Perusahaan ini berfokus pada proses perencanaan, pengukuran, pemantauan, pengendalian, serta optimalisasi anak perusahaan atau afiliasinya. Sedangkan PT Modalku Indonesia Makmur adalah perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa dan perdagangan di Indonesia.

Amartha

Amartha merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 2010 dengan bidang usaha mikro finance. Misi mereka adalah menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemberi modal secara online.
Perusahaan ini berawal dari banyaknya pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha karena sedikitnya jaminan, fluktuasi pendapatan, dan juga tidak ada sejarah kredit.

Untungnya karena kini sudah ada teknologi yang tepat dan juga semangat gotong royong, perusahaan ini percaya kalau mereka bisa menjadi penerima pinjaman yang baik.

Berinvestasi dalam usaha mikro juga terbukti memberikan dampak sosial yang baik. Perusahaan ini percaya kalau akses mendapatkan modal menjadi lebih mudah, maka usaha mikro bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat bawah, membangun ekonomi yang lebih tahan, dan juga mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Board of Advisors

Berikut ini adalah nama-nama yang menjabat dalam board of advisors Amartha.

Rudiantara

Rudiantara merupakan pemimpin di Indonesia yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam memimpin banyak perusahaan sampai saat ini. Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia pada periode 2014-2019.

Eddi Danusaputro

Eddi Danusaputro merupakan CEO dari Mandiri Capital Indonesia. Ia yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di lembaga keuangan pada banyak negara. Alasan ia bergabung dengan Amartha karena ia memiliki visi dan misi yang sama dalam mensejahterakan UMKM perempuan di pedesaan.

Djamal Attamimi

Djamal Attamimi merupakan pendiri dan CEO dari Lynx Indonesia Partners. Sejak tahun 2017 ia sudah menjadi pendukung setia dari website ini. Apalagi saat perusahaan bertransformasi menjadi fintech P2P.

Euis Amalia

Euis Amalia adalah tokoh perempuan dan ekonomi syariah yang juga menjadi guru besar bidang ekonomi Islam UIN Syarif Hidayatullah. Selain menjadi penulis buku dan dan guru besar; ia aktif di bidang pemberdayaan ekonomi perempuan dan banyak melakukan riset tentang keuangan mikro Indonesia.

Sean Yang

Sean Yang merupakan orang yang sudah profesional di bidang teknologi dan lembaga keuangan dari tahun 2014. Ia merupakan manajer investasi di SBI Investment. Dengan P2P lending terbaik ini, ia membantu mendorong inovasi teknologi supaya proses digitalisasi UMKM bisa menjadi lebih cepat.

Janice Sa

Janice Sa adalah Manajer investasi pada Z Venture Capital. Ia memiliki pengalaman di bidang industri teknologi selama lebih dari 10 tahun serta memiliki spesialisasi dalam pengembangan bisnis dan pemasaran.

Leadership

Berikut ini merupakan nama-nama yang menjabat sebagai leadership di Amartha.

Andi Taufan Garuda Putra

Andi Taufan Garuda Putra merupakan seorang lulusan dari Sekolah Manajemen Bisnis ITB. Ia membangun P2P lending terbaik ini pada tahun 2010 supaya bisa menjadi lembaga microfinance dan berubah menjadi perusahaan teknologi keuangan di tahun 2016.

Aria Widyanto

Ia percaya kalau pemberdayaan ekonomi perempuan bisa dibantu dengan teknologi yang baik. Kemampuannya di bidang perbankan dan keinginannya untuk memberdayakan perempuan, membuatnya memiliki tanggung jawab di bidang strategi manajemen risiko dan sustainability di website ini.

Hadi Wenas

Hadi Wenas adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam membangun dan memimpin perusahaan sejak tahun 2012. Ia memimpin tim komersial di aplikasi ini, untuk menciptakan inovasi bisnis yang berguna bagi kesejahteraan perempuan di desa.

Budhi Siswoadji

Budhi sudah berada di dalam bidang microfinance dan perbankan selama lebih dari 25 tahun. Ia memiliki pengalaman dalam ahli soal sistem pembiayaan dan pemberdayaan segmen mikro di Indonesia.

Ramdhan Anggakaradibrata

Ramdhan memiliki pengalaman di bidang akuntansi dan keuangan selama lebih dari 15 tahun. Pada website ini, ia memiliki tanggung jawab untuk mengatur dan memastikan kalau keuangan perusahaan itu bekerja dengan baik supaya pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang dan berkelanjutan bisa ditopang.

Gandeng Tangan

Gandeng Tangan memulai perjalanannya pada tahun 2015. Tujuan P2P lending terbaik ini adalah untuk memberikan fasilitas kebutuhan finansial usaha mikro dalam rangka mendapatkan pinjaman modal secara lebih mudah dan juga cepat dengan menggunakan platform dengan basis peer to peer lending.

Dengan menggunakan teknologi informasi yang maju, P2P lending terbaik ini berusaha melayani masyarakat yang belum mendapatkan layanan, menghubungkan pengusaha mikro dengan masyarakat yang ingin mendapatkan kebebasan finansial, dan juga memberikan masyarakat dampak sosial yang baik.

Dengan keinginan yang kuat, P2P lending terbaik ini percaya kalau setiap orang punya kesempatan untuk mendapatkan akses kepada modal dan juga mewujudkan impian mereka supaya bisa mendapatkan kebebasan finansial. Jezzie merupakan pendiri dan juga CEO dari Gandeng Tangan.

Ia memiliki pengalaman bisnis dan manajemen selama lebih 7 tahun. Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai analis kredit dan finansial serta analisis peneliti modal di perusahaan ternama dengan kinerja yang sangat baik. Ia juga merupakan sarjana dari Institut Teknologi Bandung dengan gelar MBA di Inggris.

Ada Berapa lisensi official yang ia miliki, contohnya seperti Investment Manager Representative dan Chartered Financial Analyst. Darul adalah co founder dari Gandeng Tangan. Ia telah bekerja selama lebih dari 7 tahun di bidang komuniti lokal.

Ia juga pernah bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia di program Indonesia Terang. Darul berada di dalam program Pengajar Muda yang diadakan oleh Gerakan Indonesia Mengajar batch IV. ia mengajar di pulau Rote, NTT.

Ia meraih gelar masternya di UI. dwi D. Wiyadi merupakan Head of IT Department di Gandeng Tangan. Ia bekerja di bidang ini selama lebih dari 14 tahun. Ia juga punya pengalaman di perusahaan nasional dan juga multinasional yang memiliki berbagai industri seperti IT, konsultan, marketplace, dan perusahaan teknologi finansial.

Ia mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Komputer di Universitas Bina Nusantara. Meski kini situasi sedang sulit, Gandeng Tangan bisa membantu 656 usaha mikro di Indonesia yang membutuhkan pembiayaan modal. Mereka dipercaya untuk mendapat pendanaan dari Bahana Artha Bentura dengan jumlah yang tidak disebutkan, sama juga dengan mendapat afiliasinya sampai ke seluruh Indonesia.

Investree

Investree adalah perusahaan di Indonesia yang berada di industri finansial. Misi sederhana mereka adalah mempertemukan orang yang membutuhkan pendanaan dengan orang yang bisa memberikan dana.

Mereka akan membuat lender merasa diuntungkan, dan juga pinjaman borrower akan menjadi lebih terjangkau dan pastinya mudah diakses. Mereka melakukan hal ini karena melihat potensi pasar Indonesia yang mumpuni tapi akses ke pembiayaannya kurang.

Penduduknya yang banyak berada di usia produktif dan memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan membuat Indonesia menjadi tempat yang pas untuk menjalankan usaha. Sayangnya, dukungan finansial belum bisa berjalan dengan baik karena adanya disintermediasi keuangan.

Banyak individu dan pelaku usaha di Indonesia yang kesulitan mendapat akses keuangan, terutama di segi informasi dan regulasi. Melihat hal ini, Investree membuat layanan finansial yang cerdas supaya bisa menghubungkan lender dan borrower dalam melakukan aktivitas pinjam meminjam.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah akses bagi keduanya. P2P lending terbaik ini juga memberikan imbalan yang menarik untuk lender dengan bunga yang kompetitif untuk borrower. Investree berusaha menanamkan dan membuat prinsip kerja yang kuat dengan nilai integritas, inovasi, dan profesionalisme di bawah bendera sharing economy – sistem sosial ekonomi yang menjadi sumber daya pribadi untuk kesempatan berbagi.

Dengan memberikan dan melakukan pinjaman di P2P lending terbaik ini, kamu bisa membantu mendapat tujuan finansial juga memberdayakan ekonomi masyarakat Indonesia. Karena misinya yang terbuka, aman, dan mudah, semua hal di website ini tidak ada yang disembunyikan, bahkan sampai keuntungan perusahaan.

P2P lending terbaik ini membebankan borrower dengan bunga yang rendah dan transparan jadi bunga yang diperoleh bisa kompetitif. Bukan hanya itu, P2P lending terbaik ini juga tidak akan membebankan biaya apapun ke lender yang memberikan pinjaman.

Untuk biaya borrower akan diberikan dari tingkat perbedaan yang rendah dari jumlah yang dibayarkan oleh borrower dan jumlah keuntungan lender, yang disebut dengan origination fee. Biaya ini termasuk tingkat bunga yang didapat borrower jadi tidak ada pungutan lainnya.

Dari riset Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia yang dilakukan oleh Lembaga Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia di tahun 2019, sebanyak 56% wirausaha mendapat peningkatan omset usaha, 44% wirausaha berhasil menyerap lebih banyak tenaga kerja, 54% wirausaha merasakan pendapatannya naik setelah mendapat pembiayaan dari skema syariah Investree, dan 59% wirausaha naik kredibilitasnya dalam mendapat pembiayaan dari perbankan setelah banyak meminjam dari Investree.

Danamas

Danamas merupakan merek perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2000 dengan nama PT Komunindo Arga Digital. Supaya memudahkan konsumen mereka mengganti nama mereka menjadi PT Pasar Dana Pinjaman di bawah naungan Sinarmas Financial Service.

Mereka berusaha untuk memberikan solusi kepada pelaku usaha, terutama usaha mikro supaya bisa meningkatkan usaha mereka. Kebanyakan dari mereka selalu tertahan oleh alasan klasik yaitu kekurangan modal.

Hal ini tentunya bisa dimengerti karena banyak orang yang masih sulit untuk mengakses dana dari lembaga keuangan karena syarat untuk mendapatkan kredit memang cukup sulit. Pemegang saham di Danamas adalah PT. SINAR MAS MULTIARTHA Tbk sebesar 66,66% dan Itochu Corporation Japan sebesar 33,34%.

Merk ini dikelola oleh profesional yang memiliki latar belakang industri keuangan atau perbankan. Mereka memiliki visi untuk memberdayakan usaha-usaha yang produktif dan misi untuk memudahkan pelaku usaha kecil dalam memperoleh pembiayaan, membantu merealisasikan pembiayaan dengan cepat, dan membuka kesempatan untuk pelaku usaha kecil supaya bisa meningkatkan potensi usahanya.

Danamas memiliki komisaris utama bernama Indra Widjaja yang lahir pada tahun 1952. Ia mendapatkan sarjana administrasi bisnis dan industri dari Universitas Nanyang di tahun 1974. Ia menjadi komisaris di PT Sinarmas sejak tahun 1982 dan menjadi komisaris utama sejak tahun 2001 sampai kini.

Sejak tahun untuk pula, ia juga pernah menempati beberapa jabatan strategis. Di tahun 2003, ia juga pernah menjadi direktur utama di PT Asuransi Sinar Mas. Dia menjadi komisaris di Sinarmas sejak tahun 1984 dan menjadi komisaris utama sejak tahun 2007.

Beliau pernah menjabat di PT Bank Internasional Indonesia sebagai wakil presiden direktur dan menjadi presiden direkturnya dari tahun 1989 sampai 1999. Ia juga menjadi direktur di PT Bimoli dan PT Witikco pada tahun 1974 sampai 1982.

Klik ACC

Klik ACC merupakan platform pinjaman yang menggunakan teknologi peer to peer lending. Lending jenis ini adalah kegiatan meminjamkan uang kepada orang yang tidak memiliki hubungan tanpa menggunakan perantara tradisional seperti bank atau lembaga lainnya.

Ada 60% orang Indonesia yang belum mendapat akses finansial yang mereka butuhkan. UMKM ini sulit berkembang karena tidak bisa mendapat kredit usaha, bank juga memiliki suku bunga yang rendah tapi prosesnya lama dan minimum pinjamannya tinggi.

Suku bunga pemberi pinjaman lain bisa sampai 60%. KlikACC mengajak mitra di berbagai sektor usaha untuk membangun akses keuangan pelaku UMKM. adanya informasi dari mitra membantu KlikACC untuk melakukan seleksi dan analisa informasi Calon Peminjam supaya bisa menentukan periode pinjaman dan bunga yang lebih kompetitif.

Keputusan juga akan dihasilkan dengan lebih cepat dengan ini. Peminjam akan mengajukan pinjaman di jaringan mitra tertentu. Nanti KlikACC akan melakukan kolaborasi dengan mitra supaya peritel dan pendana bisa bertemu. Pendana bisa membangun portofolio pendanaan yang terdiversifikasi.

Pengurus utama dari KlikACC adalah Peter Djatmiko (Chief Executive Officer), Djoemingin Budiono (Deputy Chief Executive Officer), dan Bong Elysabet (Chief Operation Officer). PT Aman Cermat Cepat merupakan penyelenggara layanan pinjaman dengan teknologi informasi yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan dengan Surat izin usaha dengan Nomor KEP-87/D.05/2019 pada tanggal 30 September 2019.

Kegiatan usahanya diawasi dan diregulasi oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Mekar

PT Mekar Investama Sampoerna didirikan supaya bisa meningkatkan akses finansial ke pelaku UMKM yang ada di Indonesia. Hal ini akan berdampak kepada sosial dan ekonomi yang lebih positif. Mereka melakukan hal ini dengan cara menghubungkan pemberi pinjaman dengan usaha kecil yang membutuhkan modal.

Mereka juga memiliki mitra dengan institusi finansial non bank yang yang banyak beroperasi di daerah-daerah Indonesia. Mereka menggunakan teknologi supaya akses keuangan bisa diberikan secara lebih mudah kepada masyarakat Indonesia dalam rangka memberikan dana ke pelaku usaha kecil.

Dalam mencapai misinya, mereka mengajak orang yang memiliki dana lebih untuk memberikan pinjaman usaha kepada pelaku bisnis yang mengalami kekurangan modal. Mereka berusaha untuk menjangkau semua wilayah Indonesia dengan kerjasama dengan beberapa koperasi, bank perkreditan rakyat, dan lembaga keuangan lain yang mencapai lebih dari 300 kantor cabang di Indonesia.

Lembaga-lembaga ini nantinya akan mencari, menyeleksi, dan memberikan pendanaan kepada pelaku bisnis. Perusahaan ini nantinya juga akan menyeleksi peminjam risiko minimum supaya bisa diberikan pinjaman. Hal ini membuat lembaga yang menjadi mitra dari Mekar memiliki modal yang lebih banyak untuk digunakan, jadi mereka bisa memberikan dana ke lebih banyak usaha.

UangTeman

Ada banyak kebutuhan dana tunai yang dimiliki masyarakat Indonesia dalam rangka memenuhi kebutuhan mendesak seperti membayar biaya tambahan anak sekolah. Ada juga fakta yang menyatakan kalau kebutuhan dana tunai yang kecil belum bisa dipenuhi oleh lembaga pinjaman yang ada.
Presiden dari UangTeman adalah Muhammad Aidil bin Zulkifli.

Sebelum berada di bisnis ini, ia adalah pengacara dengan kualifikasi praktisi hukum di Singapura. Pada perusahaan ini, Aidil memiliki tanggung jawab dalam semua perkembangan UangTeman, termasuk inovasi produk dan pemasaran.

Lalu ada Chandra Tjan yang merupakan Komisaris Utama UangTeman dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan pada tanggal 19 Oktober 2016. Denis Ergana Gaos adalah Komisaris UangTeman dari RUPS tanggal 19 Oktober 2016. Ia mendapat gelar bisnis di Monash University dii tahun 2007 dan ikut Financial Risk Management.

Ada juga Steve Ting Tuan Toon yang menjadi Komisaris Uang Teman dari RUPS 19 Oktober 2016. Ia mendapat gelar Teknik dari National University of Singapore. Total akumulasi pendanaan sejak berdirinya UangTeman adalah sebesar Rp 628,7 M. jumlah unik akumulasi penerima pinjamannya sebanyak 82.001. Jumlah unik penerima pinjaman aktif ada sebesar 6.472, dan total OS-nya sebesar 12.562.100.000.

KreditPintar

PT Kredit Pintar Indonesia merupakan perusahaan finansial teknologi yang memiliki visi untuk bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia lewat akses pinjaman jangka pendek yang mudah. Dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence, mereka ingin bekerjasama dengan masyarakat ini supaya bisa meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Wisely Reinharda Wijaya merupakan direktur presiden dari Kredit Pintar. Ia mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Beihang. Ia memulai Kredit Pintar Indonesia karena memiliki rasa tertarik terhadap perkembangan finansial teknologi. Wiselly dianggap memiliki kompetensi yang untuk menduduki jabatannya. Ia juga dianggap bagi pandangan yang bisa memajukan perekonomian Indonesia dengan menjadikan P2P lending terbaik ini sebagai solusi keuangan inklusif.

Darjoto Setyawan adalah komisaris utama dari Kredit Pintar Indonesia. Ia memiliki pengalaman bekerja di perusahan ternama Indonesia seperti Bentoel Group, Semengresik, Eagle High, dan Nusantara Infrastructure. Dengan kemampuan dan pengalamannya, ia dianggap bisa membuat P2P lending terbaik ini menjadi perusahaan yang bisa membantu perekonomian Indonesia.

Dan ada Peter John Chambers yang menjadi komisaris PT Kredit Pintar Indonesia. Beliau memiliki pengalaman di dunia keuangan selama 20 tahun. Ia juga pernah menempati berbagai posisi penting di perusahaan ternama Indonesia seperti Cooper and Lybrand, Excelcomindo Pratama, dan Rajawali Corpora. Beliau juga pernah menjadi Ketua Komite Audit XL dan sekarang ia menjadi Komisaris XL. ia adalah anggota dari Axiata Risk dan Ketua Komite Axiata Cyber Security.

TaniFund

Tanifund merupakan anak perusahaan dari Tanihub. P2P lending terbaik ini akan menghubungkan petani dari berbagai daerah di Indonesia dengan pelaku bisnis. Hal ini dilakukan karena banyak petani di Indonesia yang memiliki kesulitan dalam masalah pembiayaan.

Tanifund diluncurkan supaya bisa membantu memberikan pembiayaan kepada petani yang ada di Indonesia. Diharapkan dengan adanya bantuan ini, petani di Indonesia bisa mengembangkan usahanya dan bisa meningkatkan perekonomian di daerah pedesaan.

Dibalik Tanifund ada banyak orang-orang memiliki pengalaman di bidang pertanian. Tim mereka memiliki misi yang sama, yaitu membuat petani Indonesia menjadi sejahtera. Mereka memiliki advisor yaitu J.W. Saputro, Ph.D. dan Dr. Rahmat Waluyanto, M.B.A.

Pada susunan direksi ada Ivan Arie Setiawan yang merupakan direktur dari Tanifund. Sebelum menjadi direktur, ia adalah seseorang yang yang karir di bidang finansial dan industri ritel selama lebih dari 15 tahun. Ia dipercaya untuk mengambil tanggung jawab terhadap perkembangan dari Tanifund supaya sektor finansial pertanian di Indonesia bisa menjadi lebih maju.

Lalu ada komisaris nya yang bernama Pamitra Wineka. Pamitra adalah sarjana pendidikan matematika dari Institut Teknologi Bandung dan Master Ekonomi dari Illinois University. Ia bisa menjabat menjadi komisaris karena ia dianggap memiliki kompetensi dan pemahaman industri yang sangat hebat, apalagi pengalaman kerjanya di mana ia pernah bekerja di bank dunia dan institusi keuangan lainnya.

Pemegang saham dari Tanifund ada Pamitra Wineka dan PT Tanihub Indonesia. Tanihub memiliki mitra petani yang sangat gigih dan ulet dalam menjalankan usaha. Mereka bertanam dengan skala yang besar sejak bergabung dengan Tanifund. Mereka juga bisa membantu mengurangi jumlah pengangguran di pedesaan nya dengan cara mempekerjakan mereka di pertanian. Contohnya seperti Endang Gunawan, Zuhrul Anam, Saepulloh dan Rahmat Suherman.

Itulah perusahaan-perusahaan yang bisa membantu dalam mempermudah kegiatan pinjam meminjam. Tentunya daripada pinjaman seperti pada umumnya, pinjaman pada P2P lending terbaik ini akan menjadi lebih mudah dan juga lebih menguntungkan karena bunganya dan jumlah minimal pinjamannya yang lebih sedikit. Semoga dapat membantu kamu apabila kamu sedang kesulitan untuk mendapatkan pinjaman.

Demikianlah informasi mengenai perusahaan-perusahaan P2P Lending dari GIC Indonesia. Baca juga informasi dan artikel mengenai bank, keuangan dan forex seperti “Cara Belajar Forex” di Jurnal GIC. Dapatkan juga bonus-bonus dari GIC dengan mengikuti jumat barokah dan 100% Deposit Bonus.

Rinaldi Syahran
Experienced in SEO since 2009. Especially for content. Starting as a professional in the world of content since 2013. Has worked on game content, education, finance, politics, travel, football, manchester united, automotive, film, music, start-ups, business, entrepreneurship, health, entertainment, to viral news. Three years++ of experience in managing people, doing link building, and technical SEO. Specialties: Technical SEO | SEO Analysis (On-Page) | Off-Page | Content Strategy | Article Writing. Software Experience: Google Keywords Planner | Google Analytics | Google Search Console | Semrush | Alexa | Ubersuggest | WordPress | Blogspot | Keywordtool.io | Ahrefs.