Intangible Asset adalah : Pengertian, Tujuan dan Cara Menghitung

Intangible Asset adalah sebuah aset yang tidak memiliki wujud secara fisik. Bila kita terjemahkan menjadi bahasa indonesia Intangible Asset disebut sebagai aset tidak berwujud. Anda dapat membaca artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak tentang Intangible Asset.

Sebelum itu anda dapat menyaksikan video edukasi trading hanya di youtube GIC dan dapatkan informasi kelas trading gratis di Instagram GIC

apa itu intangible asset adalah

Apa Itu Intangible Asset?

Intangible Asset adalah aset yang tidak memiliki wujud fisik. Organisasi yang telah menginvestasikan sejumlah besar untuk membangun merek mungkin menemukan bahwa nilai Intangible Asset mereka jauh melebihi nilai aset fisik mereka. Sebuah organisasi biasanya juga memiliki sejumlah besar aset berwujud, seperti bangunan, tanah, dan mesin.

Tujuan Intangible Asset dalam Bisnis

Intangible Asset meningkatkan nilai jangka panjang usaha kecil dibandingkan dengan aset berwujud (fisik) seperti peralatan atau perangkat keras komputer yang digunakan untuk menghitung nilai bisnis saat ini .

Intangible Asset memiliki nilai berkat satu-satunya hak hukum atau intelektual yang mereka nikmati. Intangible Asset juga meningkatkan nilai aset lainnya.

  • Misalnya, Coca Cola mungkin memiliki persediaan yang sangat banyak. Tetapi nilai inventaris itu sangat meningkat dengan aset tidak berwujud seperti pengenalan merek dan reputasi yang baik.

Aset tidak berwujud tidak dapat digunakan sebagai jaminan (“jaminan”) untuk mendapatkan pinjaman, tidak seperti aset berwujud yang dapat disita pemberi pinjaman jika pinjaman tidak dibayar kembali.

Tetapi jika sumber daya berwujud perusahaan dihancurkan maka aset tidak berwujudnya dapat membantu membangunnya kembali.

  • Misalnya, perangkat keras komputer seorang copywriter dihancurkan oleh banjir di apartemennya. Dia adalah seorang penulis yang sangat baik dengan reputasi yang baik . Ketika kliennya mendengar tentang banjir, mereka mencoba membuat proyek baru untuknya atau merujuk teman-teman mereka kepadanya sehingga dia mampu membeli perangkat keras baru.

Beberapa perusahaan memiliki aset tidak berwujud yang nilainya jauh lebih tinggi daripada aset berwujud mereka. 

  • Misalnya, Coca-Cola mungkin memiliki mesin, real estat, dan inventaris yang bernilai tinggi. Tetapi nilai aset tak berwujudnya, seperti reputasi dan merek dagangnya (seperti logo dan kemasannya), adalah satu-satunya dan sangat berharga.

 

Karakteristik Intangible Asset

Aset tidak berwujud memiliki karakteristik tersendiri, anda dapat melihat karakteristik tersebut dibawah ini : 

Intangible Asset Memiliki Sifat Tidak Berwujud

Tidak berwujud berarti bahwa suatu aset tidak berbentuk fisik dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh pabrik, mesin, atau gerai ritel. Definisi tersebut mencakup aset itu sendiri daripada ekspresi aset. Misalnya, sebuah bisnis dapat memegang sertifikat paten yang diberikan oleh otoritas terkait. Dalam hal ini yang dimaksud dengan aset bukanlah sertifikat itu sendiri, meskipun itu adalah bukti yang sah, melainkan kekayaan intelektual, artinya paten adalah aset yang tidak berwujud.

Intangible Asset Memiliki Karakteristik Bisa Diidentifikasi

Intangible Asset harus dapat diidentifikasi. Ada dua komponen utama untuk dapat diidentifikasi. Yang pertama adalah bahwa aset tersebut berasal dari hak hukum atau kontraktual, seperti perjanjian yang ada untuk memasok pelanggan tertentu. Yang kedua adalah bahwa aset dapat dipisahkan dari aset dan dapat dijual atau dialihkan dengan haknya sendiri.

Intangible Asset Memiliki Karakteristik Di Bawah Kendali Bisnis

Seperti halnya semua aset, aset tidak berwujud harus berada di bawah kendali bisnis, artinya memiliki kemampuan untuk memperoleh keuntungan dari penggunaan aset, misalnya dengan memiliki hak untuk membuat produk yang dilindungi oleh merek dagang. Harus ada harapan yang masuk akal bahwa keuntungan ini akan berlanjut di masa depan.

Cara Menghitung Intangible Asset Adalah

Untuk menemukan nilai keuangan aset tidak berwujud bisnis kecil Anda, gunakan rumus berikut, menurut Kamus Bisnis :

Nilai Pasar Bisnis – Nilai Aktiva Berwujud Bersih = Nilai Aktiva Tidak Berwujud

Catatan : rumus di atas hanya memberikan angka perkiraan. Nilai pasar adalah perkiraan harga tertinggi yang akan dibayar pembeli (dan Anda, pemilik, akan menerimanya) untuk perusahaan Anda.

Jenis Perusahaan Dengan Intangible Asset Adalah

Beberapa industri memiliki perusahaan dengan proporsi aset tidak berwujud yang tinggi. Mereka termasuk yang berikut :

Teknologi : Perusahaan teknologi, khususnya di bidang perusahaan komputer, hak cipta, paten, karyawan penting, dan penelitian dan pengembangan, adalah aset tak berwujud utama. Apple Inc. (AAPL) biasanya memiliki aset tidak berwujud.

Hiburan : Perusahaan hiburan dan media memiliki aset tak berwujud seperti hak penerbitan dan personel bakat penting. Aset tak berwujud dalam industri musik, misalnya, melibatkan hak cipta atas semua lagu artis musik. Musisi dan penyanyi juga dapat memiliki pengenalan merek yang terkait dengan mereka. Perusahaan produksi musik mungkin memiliki hak atas lagu-lagu tersebut, yang berarti bahwa setiap kali sebuah lagu diputar atau dijual, pendapatan diperoleh. Meskipun aset ini tidak memiliki properti fisik, aset tersebut memberikan keuntungan finansial di masa depan bagi perusahaan musik dan artis musik.

Konsumen : Perusahaan produk dan jasa konsumen memiliki aset tak berwujud seperti paten formula dan resep, bersama dengan pengenalan nama merek, yang merupakan aset tak berwujud penting di pasar yang sangat kompetitif. Coca-Cola Company  adalah contoh aset tak berwujud dengan nilai nama merek yang sangat dikenal yang hampir tak ternilai dan merupakan pendorong penting dalam kesuksesan dan pendapatan Coca-Cola Company.

Perawatan Kesehatan : Industri perawatan kesehatan cenderung memiliki proporsi aset tidak berwujud yang tinggi, termasuk nama merek, karyawan yang berharga, dan penelitian dan pengembangan obat-obatan dan metode perawatan.

Mobil : Industri mobil juga sangat bergantung pada aset tak berwujud, terutama teknologi dan nama merek yang dipatenkan. Misalnya, nama merek seperti “Ferrari” bernilai miliaran.

 

Contoh Aset Intangible Asset

Merek terkenal di seluruh dunia seperti Nike adalah ilustrasi yang bagus untuk ini. Sepatu dan toko Nike adalah aset fisik, tetapi kesadaran merek yang diperoleh melalui perjanjian pemasaran dengan atlet adalah aset tak berwujud. Tanpa pendapatan yang dihasilkan oleh hubungan ini, perusahaan tidak akan berhasil.

Jika saingan ingin membeli Nike, jumlah yang akan mereka bayarkan akan jauh melebihi nilai aset berwujud bersih Nike karena paparan internasional merek tersebut. Bagi pembeli, uang tambahan yang dibayarkan atas aset berikutnya menjadi goodwill, aset tidak berwujud.

Itu semua pembahasan tentang Intangible Asset. Anda dapat Baca juga artikel GIC lainnya, seperti penjelasan Kursus Trading, hanya di Jurnal GIC. Pastikan, unduh dan tidak lupa lakukan registrasi untuk dapat bertrading bersama dengan GIC !

GIC

suharyani
"Writing is easy. All you do is stare at a blank sheet of paper until drops of blood form on your forehead.” – Gene Fowler. Ani is a content and copywriter who really loves her job and very interested in the digital marketing field especially Social Media and SEO.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami