10 Ide Bisnis saat Pandemi yang Bisa Anda Coba

Artikel ini terakhir di perbaharui October 6, 2021 by Rinaldi Syahran
10 Ide Bisnis saat Pandemi yang Bisa Anda Coba
Sumber Foto: @kai_cyw via freepick

Di saat pandemi ini, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan bisnis mereka. Dimulai dari ekonomi perusahaan yang berkurang sampai terjadinya pemecatan massal, maupun perseorangan yang tidak bisa membuat dagangannya laris manis.

Banyak bisnis yang bisa dibilang gagal dalam pengembangannya di saat pandemi ini. Dari usaha perseorangan maupun sebuah perusahaan. Dikarenakan perekonomian yang terus menurun di saat pandemi, serta himbauan untuk terus melakukan kegiatan di dalam rumah yang mengakibatkan setiap aspek kehidupan menjadi terhambat.

Akan tetapi, bukan berarti pandemi ini akan menurunkan performa perkembangan bisnis saat ini. Pasalnya, ada beberapa ide bisnis yang bisa diterapkan saat pandemi yang terbukti sukses dalam menghadirkan keuntungan. Ini dia pembahasan singkat dan padatnya dari GIC!

Bisnis Apa Saja yang Bisa Diterapkan Saat Pandemi?

Kita tetap dituntut untuk harus lebih kreatif lagi dalam mengembangkan bisnis di era baru atau New Normal ini. Beruntungnya kita, kita hidup di zaman digitalisasi. Yang artinya semua bisa dikerjakan secara online dengan bantuan internet.

Perlu diketahui bagi kalian yang ingin menambah penghasilan melalui kemampuan yang kalian punya, ide-ide dibawah ini akan meningkatkan kreatifitas yang bisa kamu gunakan sebagai pengembangan hobi maupun pekerjaan sampinganmu. Lebihnya lagi, kita telah membantu keadaan bersama untuk selalu di rumah dan tetap sehat dengan menerapkan bisnis ketika di rumah.

Bisnis Kuliner

Tentu saja bisnis ini akan menjadi pilihan yang sangat bagus di saat pandemi ini. Bagaimana tidak? orang-orang pastinya akan lebih menyukai untuk order makanan dan minuman secara online daripada harus keluar rumah yang mengeluarkan tenaga.

Ditambah lagi saat PSBB yang menghimbau untuk selalu melakukan kegiatan di rumah. Contoh bisnis kuliner ini bisa berupa apa saja, mulai dari makanan ringan sampai makanan yang berat untuk mengisi perut, begitu juga untuk minuman.

Ditambah lagi jika makanan dan minuman merupakan jenis yang sehat, orang-orang akan lebih tertarik untuk membeli dikarenakan kesehatan adalah hal yang paling penting pada saat ini. Makanan atau minuman yang sehat dan bergizi ini juga termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran.

Untuk makanan yang diolah bisa berupa sup sayur, bubur sayur, daging yang diolah, atau makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya. Untuk minuman bisa berupa susu, jus buah atau sayur, teh hijau, dan yang lainnya. Namun sebelum membeli semua makanan tersebut, hendaknya kita juga mengetahui keadaan tubuh kita jika terdapat sebuah alergi maupun reaksi berlebih yang lainnya. Perlu diingat untuk tetap menjaga kesehatan di era pandemi saat ini.

Jasa Online

Siapa bilang pekerjaan berupa jasa hanya bisa dikerjakan secara Offline? Pekerjaan ini juga bisa dikerjakan untuk mengisi hari-harimu yang senggang dengan cara daring atau Online. Meskipun tidak semuanya dikerjakan secara online, kamu bisa memulainya dari pemasaran sebuah jasa pada media sosial maupun platform lainnya.

Meskipun tanpa modal awal, pekerjaan ini bisa berjalan jika kamu memasarkannya dengan baik. Jasa merupakan pekerjaan yang memerlukan sebuah tenaga dan pikiran. Jasa online ini akan sangat diperlukan orang-orang pada saat pandemi ini dikarenakan banyak kegiatan yang mengharuskan untuk tetap di rumah.

Bisnis ini akan sangat cocok bagi kamu yang memang belum memiliki modal untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. Kamu bisa memilih untuk memulai dari bisnis jasa admin freelance maupun full time, membuka online shop dengan sistem Pre Order, desain grafis, membuka jasa kursus ataupun tutor online, pembuatan website, jasa pembuatan konten, jasa ketik, jasa pengiriman barang, dan bisnis jasa lainnya.

Belum lagi sekarang sedang maraknya sistem kerja remote yang bisa dikerjakan dari rumah. Hal ini juga bisa termasuk sebagai bisnis dalam saat pandemi. Kamu hanya perlu mengolah keahlian maupun hobimu sebagai salah satu penghasil perekonomian.

Budidaya Tanaman Maupun Ikan Hias

Budidaya juga menjadi tren bisnis saat pandemi ini. Bahkan, banyak pebisnis menghasilkan penjualan yang meroket hasil dari budidaya ini. Dikarenakan modal yang relatif kecil, perawatan yang mudah dilakukan, nilai jual yang stabil, serta yang lebih penting adalah dapat membunuh waktu bosanmu.

Meskipun banyak tanaman dan ikan hias yang terbilang mahal, namun tanaman maupun ikan hias yang murah juga tidak kalah saing dalam bidang penjualan. Bisnis ini juga bisa sekaligus sebagai penyalur hobi bagi kamu yang menyukai tanaman maupun ikan hias.

Jenis-jenis tanaman yang bisa dibudidayakan juga beragam. Seperti tanaman Monstera atau Janda Bolong yang lagi hits di kalangan remaja maupun ibu-ibu, tanaman Aglaonema yang biasa disebut Sri Rejeki, tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua, atau tanaman – tanaman hias lainnya.

Untuk ikan hias, biasanya yang akan dibudidayakan adalah ikan-ikan hias kecil yang cantik. Seperti ikan Guppy, ikan Cupang, ikan Badut, ikan Molly, dan ikan – ikan hias lainnya. Namun dalam hal budidaya, tidak menutup kemungkinan bagi kalian yang ingin membudidayakan ikan atau tanaman selain yang berjenis hias.

Misalnya budidaya ikan lele, ikan kerapu, ikan nila, gurame, atau ikan lainnya yang dapat dikonsumsi. Sedangkan untuk tanaman, kamu bisa memulainya dari sayur – sayuran, cabai, tomat, buah – buahan, tanaman pekarangan, dan tanaman – tanaman lainnya.

Ritel Online

Bisnis ritel merupakan bisnis yang bisa dibilang paling terpuruk dalam era pandemi. Bagaimana tidak? Banyak pebisnis ritel yang lebih memilih untuk menutup gerai mereka daripada harus terlilit hutang untuk memenuhi pasokan gerai.

Belum lagi konsumer yang sudah jarang untuk melakukan pembelian secara langsung ke toko, sehingga barang – barang yang dijual bisa rusak maupun kedaluwarsa. Maka yang bisa dilakukan oleh pe-retail adalah menutup tokonya atau membuat kesempatan ini sebagai titik balik usaha mereka.

Yaitu dengan cara membuka tokonya secara online. Kamu tidak harus memiliki produk-produk itu sendiri, karena kamu bisa menjadi seorang reseller ataupun dropship dari toko atau pabrik langsung. Tidak sedikit juga platform yang bisa digunakan untuk melakukan penjualan-penjualan online ini. Mulai dari media sosial sampai situs online shop yang berada di seluruh dunia. Jenis barang ritel yang dapat dijual online pun beragam.

Mulai dari barang toko kelontong, minimarket, produk sembako, makanan dan minuman, sayur dan buah-buahan, pakaian, atau barang-barang kebutuhan sehari-hari lainnya. Terdapat juga jenis ritel lain, yaitu ritel penyewaan barang.

Seperti penyewaan alat acara besar, penyewaan sepeda, penyewaan tempat tinggal, maupun yang lainnya yang dapat disewa dalam daerah yang sama. Meskipun kegiatan-kegiatan tersebut sebelumnya dilakukan secara offline, namun di saat pandemi ini semuanya bisa dilakukan secara online pada saat pengkonfirmasian dengan sang pemilik.

Bisnis Jasa Laundry

Bisnis ini juga tidak kalah saing dengan bisnis online saat ini. Laundry merupakan bisnis yang tidak akan jauh-jauh dari pemakai jasanya, maka dari itu bisnis ini bisa dijalankan di saat pandemi karena masih dalam lingkup ruang yang dekat, yaitu daerah yang sama.

Selain itu, jasa laundry juga akan sangat membantu perekonomian masyarakat sekitar serta bisa dibilang membuka lapangan kerja yang baru pagi perorangan. Ditambah lagi, pada saat pandemi  orang-orang akan lebih memperhatikan kebersihan diri serta lingkungannya.

Maka mereka akan lebih mempercayakan kebersihan pakaian tersebut terhadap suatu jasa laundry yang terpercaya. Bahkan, di Negara kita juga sudah banyak jasa laundry yang menerapkan sistem online di era digital ini jauh sebelum saat pandemi datang.

Untuk itu, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuka jasa laundry di saat pandemi ini juga harus diterapkan, seperti melakukan pembersihan menyeluruh pada alat pencucian atau mesin cuci, pembayaran yang bisa dilakukan secara online, juga kebersihan pakaian yang lebih menyeluruh dan lebih diperhatikan, serta bisa juga diterapkan jasa antar pada setiap tempat laundry. Dengan menerapkan protokol kesehatan, orang-orang tidak perlu lagi mengkhawatirkan suatu kebersihan tempat laundry dan tetap akan memakai jasa laundry dalam keseharian mereka.

Menjadi Youtuber

Sudah tidak asing lagi bagi kita pada era digital ini untuk menjadi seorang Youtuber. Bahkan, untuk menjadi youtuber ini tidak diperlukan modal sama sekali. Banyak dari masyarakat umum yang membuat hal ini sebagai pekerjaan sampingan, seperti seorang guru yang mengupload video materi pelajaran mereka pada Youtube, sampai anak-anak yang membuat media Youtube sebagai sarana untuk mengikuti sebuah perlombaan.

Kamu bisa menggunakan smartphone untuk melakukan pekerjaan ini. Selain smartphone, hal terpenting yang harus dimiliki sebagai modal untuk menjadi Youtuber adalah pemikiran kreatif serta konten yang mempunyai nilai jual.

Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikanmu sebagai seorang Youtuber yang terkenal, namun hal ini akan sangat membantu untuk menambah skill yang mengasah kreatifitas serta mengisi waktu luangmu.

Ide-ide yang bisa kamu terapkan untuk mencoba menjadi seorang Youtube Content Creator bisa dimulai dari membuat video tutorial, membuat video stop motion, reaksi atau pembahasan persoalan yang sedang hits, konten belajar, video lucu, maupun ide-ide lainnya.

Bisnis Penjualan Hand Sanitizer dan Masker

Himbauan-himbauan masyarakat untuk selalu membawa hand sanitizer dan memakai masker setiap saat membuat para pebisnis mulai mendistribusikan dua jenis barang tersebut dengan maraknya. Bisnis yang tidak akan terlewati dalam saat pandemi ini bisa disebut penjualan barang dalam bidang medis yang termasuk hand sanitizer dan juga masker. Kedua benda ini sangat dicari untuk pencegahan dari wabah virus COVID-19 dengan tujuan untuk mengutamakan hidup sehat dan selalu bersih dalam setiap saat.

Banyak orang yang memproduksi hand sanitizer sendiri dengan cara mencampurkan alkohol serta pewangi dan juga daun lidah buaya sesuai takaran ilmiah yang telah dianjurkan untuk dijual ke masyarakat umum. Atau kamu juga bisa memproduksi sendiri masker dari kain. Ditambah lagi, masyarakat yang menghimbau untuk menggunakan masker double maupun triple.

Bisnis ini akan sangat membantu perekonomian karena sedang banyak dicari. Banyak juga para pedagang sampai distributor yang memilih untuk menjual masker maupun hand sanitizer dari pabrik. Selain terdapat beberapa merek, hand sanitizer dan masker juga memiliki berbagai macam jenis.

Kamu bisa memilih untuk mendistribusikan semuanya. Namun perlu diingat untuk tetap mematuhi standar anjuran pemerintah dan tidak sembarang menjual barang yang dapat membahayakan kesehatan orang lain maupun diri sendiri.

Mentor Bimbingan Belajar

Selain bimbel Online, bimbel Offline juga akan sangat diperlukan dalam saat ini. Dikarenakan sekolah yang memulai sistem belajar di rumah, anak-anak menjadi kurang memperhatikan pelajaran serta proses menerima materi pun akan terbatas jika semuanya dimulai dari smartphone. Mereka tetap memerlukan suatu pembelajaran yang mengutamakan tatap muka.

Beberapa mentor akan mengambil sedikit murid dengan waktu pembelajaran yang berbeda-beda. Misalnya kamu dapat memulai dengan 3-4 murid pada pagi hari, kemudian dengan jumlah yang sama pada siang, sore, dan malam hari. Atau bisa juga dilakukan dengan sebaliknya, para guru atau mentor yang datang ke rumah murid untuk bisa melakukan proses pembelajaran secara tatap muka.

Dengan adanya mentor bimbingan belajar ini, anak-anak tidak akan melupakan pembelajaran mereka dikarenakan bosan serta lebih bersemangat dengan cara bertemu teman meskipun tidak sebanyak pada saat melakukan pembelajaran offline. Selain itu, anak-anak akan mengerti koreksi dari kesalahan tugas mereka jika memiliki seorang mentor secara langsung.

Interaksi secara langsung sangat diperlukan anak-anak dalam pembelajaran mereka. Terlebih lagi, dengan adanya bimbingan belajar ini anak-anak akan lebih fokus terhadap pelajaran dan tugas mereka dikarenakan pemikiran mentor serta murid yang lebih terfokus dengan adanya jumlah murid yang lebih sedikit.

Mentor Kebugaran

Orang-orang pastinya akan membutuhkan tubuh yang sehat untuk menghadapi saat-saat pandemi ini dikarenakan kegiatan yang mengharuskan menatap komputer lebih lama, juga kegiatan yang menuntut untuk sedikit gerak atau terbatas dan tidak leluasa sehingga kita membutuhkan aktivitas fisik yang lebih.

Apalagi di saat pandemi ini, seluruh masyarakat harus tetap menjaga kondisi kesehatan mereka. Selain olahraga ringan seperti, skipping, lari, ataupun indoor walking, tetap saja tubuh kita membutuhkan olahraga lainnya untuk bagian tubuh yang lain yang tidak terdapat dalam olahraga ringan.

Untuk itu, banyak orang yang akan menggunakan jasa mentor kebugaran dalam kesehariannya. Bukan hanya menonton dalam sebuah Youtube, orang-orang juga menginginkan mentor yang bertemu secara langsung.

Tujuannya sudah pasti, untuk tidak memiliki kesalahan dalam setiap pergerakan. Selain Offline, mentor kebugaran Online juga bisa diterapkan dengan cara memakai jasa seseorang yang mengiklankan pembelajaran olahraga ini. Beberapa olahraga yang biasa mentor kebugaran iklankan adalah olahraga seputar yoga, aerobik, fitness, dan juga olahraga lainnya.

Trading Forex (Mata Uang)

Bukan hanya bisnis berbentuk barang dan jasa, bisnis trading forex juga bisa kamu terapkan setiap saat di saat digital ini. Apalagi hal ini sangat mendukung perekonomian di saat pandemi. Trading forex merupakan jual beli dalam hal mata uang antar negara.

Lebih lengkapnya kamu dapat mempelajarinya secara gratis melalui berbagai platform yang ada, salah satunya dari Youtube GIC Indonesia. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan profit kapan pun. Trading forex ini bisa kamu mulai menggunakan modal yang relatif kecil dengan menggunakan smartphone atau komputer kalian.

Ditambah lagi, jual beli mata uang ini tidak memiliki dampak negatif dari adanya saat pandemi ini, sehingga perdagangan ini akan sangat membantu untuk penghasilan sampingan. Selain trading forex, kamu juga bisa melakukan trading-trading dalam hal lain. Misalnya gold, oil, maupun crypto. Namun, harus tetap diperhatikan untuk menjaga kesadaran diri dengan tidak mengorbankan hal yang lebih besar dari trading itu sendiri.

Selain beberapa ide bisnis saat pandemi di atas, masih banyak lagi yang bisa kamu terapkan dalam era New Normal ini. Kamu hanya perlu mengasah berbagai hobi serta kreativitasmu dalam mengumpulkan uang untuk penghasilan sampingan. 

Demikian pembahasan mengenai ide bisnis saat pandemi yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar bisnis dan keuangan seperti “Cara Buka Rekening BCA Online” dan “Analisa Saham”, Anda bisa mencarinya di Jurnal GIC. Jangan lupa perdalam pengetahuan forex Anda via Ebook Scalping, dan Forex Academy dari GIC.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.