RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

Artikel ini terakhir di perbaharui July 5, 2022 by Wachda Mihmii
RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

RSI Bullish Divergence seringkali ditemui oleh para trader ketika bertrading. Berikut akan GIC bahas mengenai apa ciri-cirinya, syarat, contoh, bagaimana cara membacanya, dan apa saja keuntungannya. Untuk lebih lanjutnya, kalian bisa membaca artikel berikut ini. Selain itu kalian juga bisa membaca artikel lainnya seperti Double Bottom Pattern: Ciri-Ciri, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh.

Apa Itu RSI Hidden Bullish Divergence

Hidden Bullish Divergence terjadi ketika nilai aset membuat serangkaian posisi terendah yang lebih tinggi dan pada saat yang sama, indikator membuat serangkaian posisi terendah yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa tren naik masih kuat dan koreksi nilai hanyalah aksi ambil untung alih-alih munculnya aksi jual yang kuat. Dalam hal ini, pedagang harus berusaha untuk membeli dan membeli aset.

Sedangkan untuk indikatornya bisa menggunakan Relative Strength Index (RSI). Ada satu garis pada indikator RSI, yang mengukur level overbought dan oversold. Dengan RSI bertindak sebagai indikator berwawasan ke depan, pedagang dapat dengan mudah melihat perbedaan dalam aksi harga aset kripto.

Pola divergensi dapat diidentifikasi oleh trader ketika kisaran atas atau bawah RSI dipisahkan dari aksi harga. Untuk pedagang, ini menyiratkan bahwa mereka mungkin memiliki awal yang baik untuk memasuki pasar aset kripto.

  • RSI Hidden Divergence adalah prediktor yang sangat kuat dari kelanjutan tren atau perubahan tren.
  • Ada jumlah divergensi gila yang terjadi di semua kerangka waktu. Temukan satu, tunggu harga untuk mengujinya, cari harga entri ulang yang Anda inginkan, konfirmasikan dengan alat lain di kotak alat teknis Anda dan kemudian berdagang.
  • RSI Hidden Divergence bullish hanya terjadi pada tren naik dan tren akan terus naik. Sedangkan Bearish hidden rsi Divergence hanya terjadi pada downtrend dan tren akan berlanjut ke bawah.
  • Untuk swing trading, tidak perlu membawa posisi untuk jangka waktu yang lebih lama. Biasanya perdagangan ayunan harus antara 15 sampai 20 persen dan kemudian Anda dapat memesan keuntungan Anda.
  • Jangan mengambil risiko lebih dari 1% dari modal Anda sampai Anda menguasai strategi ini.

Ciri-Ciri Pola RSI Hidden Bullish Divergence

Untuk mulai mencari divergensi, pertama-tama Anda harus melihat apakah aksi harga telah mencapai titik tertinggi yang lebih tinggi atau titik terendah yang lebih rendah. Akan sangat membantu untuk menggambar garis pada grafik harga Anda untuk melihat apakah ini telah terjadi. Misalnya, pada grafik harga di bawah ini, kita dapat melihat bahwa harga telah mencapai titik terendah yang lebih rendah.

RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

Setelah Anda menghubungkan dua bagian bawah dengan sebuah garis, Anda dapat menggunakan indikator pilihan Anda untuk melihat apakah aksi harga berbeda dari alat analisis teknis Anda. Satu-satunya bagian dari indikator teknis Anda yang benar-benar perlu Anda fokuskan di sini adalah bagian atas dan bawah, sama seperti grafik harga Anda – jadi akan sangat membantu untuk menggambar garis tren pada indikator Anda juga.

RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

Dari grafik di atas, kita dapat melihat bahwa indikator teknis – dalam hal ini stochastic oscillator – belum mencapai lower low. Ini berarti ada divergensi bullish, karena momentum ke bawah melemah dan bisa segera berbalik ke atas.

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda akhirnya melewatkan divergensi, dan harga telah berubah arah, Anda tidak perlu terburu-buru mengambil posisi. Faktanya, akan sangat bagus untuk melihat jangka waktu yang lebih lama dan mengumpulkan data tentang bagaimana pasar berperilaku setelah divergensi sebelum Anda memasuki suatu posisi.

Syarat RSI Hidden Bullish Divergence

Berikut adalah beberapa poin untuk mengenali pola divergensi bullish pada grafik aset kripto.

  1. Memiliki grafik dengan hanya dua variabel untuk bersaing merupakan komponen penting dalam mengenali divergensi. Dimungkinkan untuk mendeteksi dengan menggunakan indikator seperti Relative Strength Index (RSI).
  1. Berikan perhatian khusus ketika RSI menunjukkan pembalikan tren, seperti bergerak dari tren turun ke tren naik.
  1. Divergensi, seperti harga tertinggi pasar yang mengikuti puncak pasar, harus ada dalam radar Anda setelah Anda menentukan area yang benar pada grafik.
  1. Mengenali tindakan harga yang berbeda yang mungkin menyebabkan divergensi penting bagi para pedagang.

Contoh RSI Hidden Bullish Divergence

Mari kita pahami konsep swing trading ini dengan contoh yang ditunjukkan di bawah ini menggunakan Bullish Hidden RSi Divergence:

Kita harus mencatat bahwa dalam strategi ini kita membeli dalam kelemahan sementara dalam uptrend kuat yang sedang berlangsung.

Dari grafik harian Nestle di bawah ini, kita dapat melihat bahwa ada uptrend yang kuat. Dari titik ab, harga terus membuat posisi terendah lebih tinggi dan RSI telah membuat titik terendah lebih rendah. Di sini kita dapat melihat RSI Hidden Divergence yang bullish. Di titik B kita bisa membeli saham ini dengan mengkonfirmasi volumenya.

Dari titik cd lagi harga membuat posisi terendah lebih tinggi tetapi Relative Strength Index membuat posisi terendah lebih rendah. Sekali lagi kita bisa melihat di sini Hidden Divergence yang bullish. Kita dapat melihat bahwa pada titik d, ada tekanan beli dengan mengkonfirmasi volume dan kita dapat membeli lebih banyak. Dengan ini, kita bisa mendapatkan konfirmasi bahwa uptrend akan berlanjut.

TAPI HATI-HATI!

Jika harga bergerak naik, bukankah itu berarti Bullish?

Bukankah momentum seharusnya mengkonfirmasi bahwa ada kekuatan pada sisi atas? Kita bisa melihat bahwa momentum jelas tidak sesuai dengan pergerakan harga.

Tetapi kita juga harus memperhatikan bahwa kelemahan juga terjadi dalam tren ini karena RSI terus membuat posisi terendah lebih rendah. Saat berdagang dengan tren, seseorang harus tetap berhati-hati saat tren akan berbalik karena ada kelemahan dalam momentum. Setelah RSI secara konsisten membentuk posisi terendah yang lebih rendah, harga juga akan mulai membentuk posisi terendah yang lebih rendah.

Yang perlu diingat ketika Anda melakukan swing trading, cukup swing trade. Anda tidak harus membawa posisi ini untuk jangka waktu yang lebih lama. Biasanya perdagangan ayunan harus antara 15 sampai 20 persen dan kemudian Anda dapat memesan keuntungan Anda.

RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

Dari grafik diatas dapat kita simpulkan bahwa :

  • Tren: Ada struktur tren harga yang jelas, tertinggi yang lebih tinggi dan posisi terendah yang lebih tinggi.
  • Time Frame: Grafik harian untuk perdagangan ayunan.
  • Tanda: RSI Hidden Bullish Divergence hanyalah sebuah tanda untuk mengambil posisi long.
  • Pemicu: Mulailah membeli saat penurunan hingga penangguhan terendah sebelumnya. Ini menyajikan rasio Risk-Reward yang lebih baik.
  • Stop Loss: Harga terendah terbaru.
  • Risiko: Jangan mengambil risiko lebih dari 1% sampai Anda menguasai strategi ini.

Cara Membaca RSI Hidden Bullish Divergence

Sebelum memperdagangkan Hidden Divergence, berikut adalah beberapa aturan yang harus diikuti:

Aturan 1: Carilah “Empat Skenario Harga”

Agar Hidden Divergence ada, tren harga harus membentuk salah satu dari berikut ini:

  • Rendah lebih tinggi dari rendah sebelumnya
  • Tinggi yang lebih rendah dari harga tertinggi sebelumnya
  • Atasan Ganda
  • Bawah Ganda

Salah satu dari empat skenario ini harus terjadi dalam aksi harga sebelum masuk akal untuk memeriksa sinyal indikator. Dua skenario pertama cukup jelas dan ditunjukkan sebelumnya dalam Hidden Divergence bearish dan bullish. Double top dan double bottom adalah pola yang terbentuk karena pergerakan nilai suatu aset. Singkatnya, pola double top membentuk huruf “M” sedangkan double bottom membentuk huruf “W.” Puncak dan palung grafik harga tidak perlu mencapai titik yang sama agar pola double top dan double bottom muncul.

RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

Pola double top dan double bottom. (Sumber: BabyPips)

Aturan 2: Hanya Hubungkan Terendah untuk Hidden Bullish Divergence

Untuk divergensi bullish, hubungkan posisi terendah pada aksi harga dan juga posisi terendah pada indikator. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, posisi terendah pada grafik harga harus sejajar secara vertikal dengan posisi terendah pada indikator.

RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

Untuk Hidden Bullish Divergence, sejajarkan secara vertikal posisi terendah yang lebih tinggi yang terhubung pada grafik harga dengan posisi terendah yang lebih rendah yang terhubung pada indikator. (Sumber: Phemex, TradingView)

Aturan 3: Hanya Hubungkan Tertinggi untuk Hidden Divergence Bearish

Untuk divergensi bearish, hubungkan harga tertinggi pada grafik harga dan lakukan hal yang sama pada harga tertinggi pada indikator. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, harga tertinggi pada grafik harga harus sejajar secara vertikal dengan harga tertinggi pada indikator.

RSI Bullish Divergence: Ciri, Contoh, Syarat, dan Cara Membaca

Untuk Hidden Divergence bearish, sejajarkan posisi terendah yang lebih rendah secara vertikal pada grafik harga dengan tertinggi yang lebih tinggi yang terhubung pada indikator. (Sumber: TradingView)

Aturan 4: Gradien Garis Mengindikasikan Kekuatan Divergensi

Seperti disebutkan dalam Aturan 1, divergensi hanya bisa ada jika ada kemiringan naik atau turun pada tren harga atau pada indikator. Semakin curam kemiringannya, semakin tinggi kemungkinan pembalikan harga atau peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Aturan 5: Jangan Menggandakan Divergensi

Tren tidak bertahan selamanya, dan pintar untuk memperdagangkan divergensi segera setelah terlihat. Jika divergensi terlihat, tetapi harga telah berbalik dan berada cukup jauh dari ayunan tinggi/rendah baru-baru ini, maka bersabarlah. Yang terbaik adalah menunggu divergensi berikutnya.

Keuntungan Trading Menggunakan RSI Hidden Bullish Divergence

Berikut terdapat keuntungan dari trading menggunakan RSI sendiri. Keuntungan tersebut adalah:

  • Mudah dimengerti.
  • Sesekali mereka memberikan sinyal bagus yang memperingatkan perubahan kekuatan tren.
  • Bekerja di pasar dan kerangka waktu apa pun.

Setelah mengetahui mengenai RSI bullish divergence, maka kalian bisa mempelajari mengenai pola-pola lainnya yang berkaitan dengan RSI bullish divergence ini. Selain itu, kalian juga bisa melakukan registrasi agar bisa trading dengan modal minimal 150.000 rupiah!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami