Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Artikel ini terakhir di perbaharui July 6, 2022 by Wachda Mihmii
Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Bullish harami adalah pola pembalikan yang akan muncul pada bagian bawah tren turun. Bullsih harami memiliki kebalikan yaitu bearish harami. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, kalian bisa membaca artikel berikut. Selain itu, pastikan untuk membaca artikel lainnya yaitu Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya.

Apa Itu Bullish Harami

Harami menyiratkan hamil dalam bahasa Jepang dan Pola Harami terlihat seperti wanita hamil, dengan candle pertama adalah candle panjang, bearish atau bullish yang besar. candle kedua, di sisi lain, seperti perut pot kecil di samping candle pertama. Pola ini menyerupai wanita hamil.

Pola Bullish Harami terjadi setelah tren turun, tren jangka panjang, atau reli teknis. Kebalikan dari Bullish Harami adalah Bearish Harami dan ditemukan di puncak tren naik.

candle Harami memiliki bar bagian dalam dengan kisaran kecil.

Ketika seorang investor melihat candle harami biasanya mengarah pada ekspansi volatilitas ke arah tren.

Bullish Harami adalah pola dua garis di mana tubuh black candle dari baris pertama menelan tubuh candle putih dari baris kedua .

Baris pertama dapat berupa candle dasar apa pun dengan tubuh hitam, yang muncul sebagai long line, yaitu: Black Candle , Long Black Candle, Black Marubozu, Opening Black Marubozu, Closing Black Marubozu, Spinning Candle, bahkan dengan benda hitam, tidak dapat muncul di baris pertama.

Baris kedua bisa berupa candle dasar putih apa saja, muncul baik sebagai garis panjang atau pendek. Itu bahkan bisa berupa candle doji, kecuali Four Price Doji.

Pola muncul dalam tren turun dan memperkirakan pembalikannya. Pola Bullish Harami membutuhkan konfirmasi pada candle berikutnya. Morris menciptakan pola Three Inside Up sebagai konfirmasi dari Bullish Harami. Pola tersebut dapat dikonfirmasi dengan menembus zona resistance terdekat atau garis tren.

Jika kemunculan pola berikut candle ditutup di bawah harga pembukaan garis kedua (yaitu candle putih), kemungkinan tren turun akan berlanjut. Sebaliknya, ketika candle yang mengikuti pola ditutup di atas garis kedua, ada kemungkinan downtrend akan dihentikan.

Yang harus berhati-hati ketika baris pertama Bullish Harami memiliki tubuh hitam panjang karena dapat membentuk zona resistensi yang kuat.

Konteks pasar di mana Bullish Harami sedang dikembangkan lebih penting daripada panjang tubuh atau bayangan candle.

Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Pola Bullish Harami dikonfirmasi oleh White Candle yang terletak di atas trendline. Candle Putih adalah bagian dari pola bullish Turn Up.

Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Gambar tersebut menunjukkan bahwa “masalah” terbesar dari pola harami adalah candle pertama mereka. Pada grafik, kita dapat melihat bahwa pasar tidak dapat menang dengan black candle menjadi garis pertama dari pola Bullish Harami .

Cara Membaca Bullish Harami

Masuknya perdagangan Harami yang bullish terlihat sebaliknya. Dalam hal ini, kita memiliki candle bearish yang lebih panjang selama tren bearish dan candle bullish kedua yang lebih kecil dan sepenuhnya ditelan oleh candle sebelumnya. Konfirmasi akan datang jika kita mendapatkan candle bullish ketiga yang ditutup di atas penutupan candle bullish sebelumnya.

Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Berikut adalah pertimbangan dan skenario umum untuk trading candlestick harami bullish.

 Entri Perdagangan: Pembentukan harami bullish selama tren turun dianggap sebagai tanda pembalikan, yaitu – harga pasar diperkirakan akan turun dalam waktu dekat. Jadi trader mencoba untuk mengambil posisi long pada atau di sekitar harga rendah dari candle bullish harami (the baby candle). Namun, karena banyak pedagang suka menunggu candle konfirmasi terbentuk, harga beli mungkin lebih tinggi karena tren telah mendorong harga naik. Itulah tradeoff yang harus disiapkan.

 Batas Stop-loss:Stop-loss bervariasi dari satu trader ke trader lainnya berdasarkan preferensi perdagangan masing-masing, tetapi biasanya saat melakukan long, mereka menetapkan stop-loss pada 2-3 unit di bawah harga rendah dari baby candle harami bullish. Orang lain yang masuk dengan harga lebih tinggi harus menyesuaikan stop-loss secara proporsional.

 Tingkat keuntungan: Saat melakukan perdagangan aktif pada interval pendek, pedagang harus mengikuti rasio risiko-hadiah untuk menentukan tingkat keuntungan yang mungkin dari perdagangan pola harami bullish mereka. Misalnya, jika batas stop-loss ditetapkan pada $1 (kerugian maksimum yang bersedia dilakukan seseorang untuk melakukan perdagangan) dan rasio risiko-hadiah yang diikuti adalah 1/2, maka seseorang harus mengambil keuntungan saat mencapai $2. Jika rasio risiko-hadiah yang diikuti adalah 1/3, maka seseorang harus membidik keuntungan ketika harga mencapai level yang menghasilkan $3 untuk setiap $1 stop-loss yang ditetapkan.

 Kondisi Pasar : Saham-saham yang lebih volatil dengan nilai beta yang tinggi seringkali cenderung memiliki formasi bullish harami yang tinggi. Oleh karena itu, pemilihan saham/ETF/indeks yang sesuai adalah penting saat melakukan perdagangan berbasis harami bullish. Seiring dengan persyaratan formasi harami bullish yang disebutkan di atas, pedagang harus memastikan bahwa kisaran harga, band, atau batas garis tren yang mereka pilih ditembus dengan pergerakan besar candle bearish kedua (dan selanjutnya). Ini memastikan tingkat keberhasilan profitabilitas yang lebih tinggi. Meskipun kita harus mencatat bahwa perdagangan pada analisis teknis seperti pola candlestick memiliki tingkat keberhasilan yang terbatas, jadi disarankan untuk mengikuti stop-loss yang ketat, perdagangan yang disiplin, dan manajemen modal yang efisien.

Ciri-Ciri Pola Bullish Harami

Berikut terdapat ciri-ciri dari munculnya pola bullish harami. Ciri-ciri tersebut adalah:

  • Cari tren turun yang ada.
  • Anda mungkin mendapatkan sinyal tentang tren yang melambat atau berbalik arah, tunggu saja- itu akan menjadi candle yang bergerak dalam persilangan, atau formasi pola bullish yang konstan, atau tren turun.
  • Sekarang, pastikan body candle kecil berwarna hijau tidak lebih dari 25% dari candle sebelumnya di chart. Jika saham menganga atau tinggi, maka candle hijau akan naik di tengah jalan dari candle atau bar sebelumnya.
  • Perlu diingat, jika menyangkut grafik forex, maka candle akan muncul berdampingan, tidak terlalu tinggi atau rendah.
  • Candle bullish yang sebenarnya akan terlihat tertutup dalam panjang candle sebelumnya di grafik.
  • Anda juga dapat mengambil bantuan dan dukungan dari indikator dan level.

Contoh Bullish Harami

Nah, berikut ini beberapa pertimbangan umum mengenai trading dengan pola Bullish harami. Mari kita lihat mereka satu per satu.

Kondisi Pasar

Saham volatil yang memiliki nilai beta tinggi membentuk pola bullish secara umum. Anda sebagai investor harus memilih saham atau indeks yang paling sesuai. Margin harga yang dipilih harus tinggi dan harus menembus candle bearish kedua.

Hanya langkah seperti itu yang akan menghasilkan keuntungan. Namun, ada batasan dengan metode perdagangan seperti itu; oleh karena itu, Anda dapat memilih metode stop-loss.

Batas Stop-Loss

Sekarang metode berbeda dari setiap pedagang ke pedagang yang juga tergantung pada preferensi perdagangan mereka. Namun, jika Anda akan membeli, Anda dapat mengatur proporsi stop-loss pada 3 unit di bawah harga terendah candle.

Jika Anda memasuki harga tinggi, maka Anda juga harus siap dengan risikonya. Untuk pemula, disarankan untuk tetap rendah.

Entri Perdagangan

Sekarang, Anda tahu bahwa tren turun biasanya mengambil pembalikan, dan harga akan jatuh di masa depan. Oleh karena itu, Anda dapat mengambil harga rendah untuk posisi long, seperti biasa.

Jika tidak, Anda juga bisa menunggu sedikit lebih lama dan kemudian mengambil harga tinggi, karena keuntungan akan segera muncul. Anda harus merencanakan secara strategis dan dengan banyak kesabaran!

Selama bagian pertama tahun 2021, Bitcoin mengalami penurunan. Ada periode penurunan singkat, yang hanya menyediakan zona konsolidasi untuk meluncurkan reli berikutnya. 

Satu zona konsolidasi berakhir dengan pola Harami bullish. Mari kita periksa pengaturan ini lebih dekat. 

Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Pada Januari 2021, Bitcoin mulai mengkonsolidasikan kenaikannya baru-baru ini dan trennya lebih rendah dalam koreksi. Tren turun adalah langkah pertama dalam menciptakan lingkungan yang siap untuk Harami yang bullish (1).

21 Januari, hari penurunan terbesar untuk Bitcoin, menunjukkan bahwa para pedagang mungkin akan menyerah dan titik terendah akan segera terbentuk. candle merah besar ini menjadi yang pertama dari dua candle dalam pola Harami (2).

Benar saja, hari berikutnya melihat Bitcoin sedikit menekan lebih rendah, tetapi mengakhiri hari dengan harga yang lebih tinggi. Tubuh candle kedua ini ditelan oleh tubuh candle pertama (3). Ini membantu menyiapkan peluang perdagangan bullish.

Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Pengaturan perdagangan sangat mudah. Entri panjang akan terjadi tepat di atas tinggi candle kedua. Dalam hal ini, entri panjang akan terjadi di dekat $33.800 (3).

Stop loss harus diatur tepat di bawah titik terendah Harami. Dalam hal ini, ada ayunan rendah baru-baru ini tepat di bawah zona harga yang sama ini. Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk mengatur stop loss tepat di bawah semua titik rendah tersebut di dekat $27.480 (4).

Kemudian, kami menghitung jarak antara titik masuk dan stop loss. Dalam hal ini, perbedaannya adalah $6.320. Kami ingin menggandakan jarak itu dan menjadi $12.640.

Tambahkan jumlah baru yang digandakan ke harga masuk untuk menghitung tingkat take profit. $33.800 + $12.640 menghasilkan tingkat take profit sebesar $46.440 (5). Ini memastikan rasio risiko-terhadap-hadiah 1:2.

Bullish Harami: Cara Membaca, Ciri, Contoh, dan Keuntungan

Setelah beberapa candle, entri perdagangan panjang ke Bitcoin dipicu. Kemudian, trader menunggu target atau stop loss tercapai. Harga mendekati tetapi tidak pernah mencapai level stop loss, dan akhirnya reli untuk mencapai target.

Keuntungan Menggunakan Bullish Harami

Keuntungan dari bullish harami adalah sebagai berikut:

  • Mudah dikenali oleh trader pemula. 
  • Bullish harami menunjukkan level entri yang menarik saat pola muncul di awal potensi tren naik. 
  • Bullish harami dapat menawarkan rasio risiko terhadap imbalan yang sangat menarik dibandingkan dengan pola Bullish Engulfing.
  • Pola grafik yang efektif bila digunakan dalam kombinasi dengan indikator teknis lainnya seperti level support dan resistance MACD dan Fibonacci

Setelah mengetahui mengenai bullish harami, maka nantinya kalian bisa mengidentifikasi bullish harami ini ketika muncul pada grafik trading. Selain itu, registrasikan dirimu dengan menjadi trader di GIC mulai dari 150.000 rupiah!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami