PFP NFT: Pengertian, Contoh, Beserta dengan Manfaatnya

Artikel ini terakhir di perbaharui July 29, 2022 by Wachda Mihmii
PFP NFT: Pengertian, Contoh, Beserta dengan Manfaatnya

PFP NFT menjadi hal yang sangat populer di kalangan investor NFT. Lalu, apa yang dimaksud dengan PFP NFT sendiri? Kali ini kita akan mempelajari mengenai PFP NFT tersebut. Simak lebih lengkapnya melalui artikel di ba wah ini. Sebelum itu, follow akun Instagram GIC untuk bisa terus mendapatkan informasi seputar NFT di Indonesia sampai Internasional. Baca juga artikel seputar NFT seperti 4 Cara Membeli NFT yang Bisa Dilakukan dengan Mudah.

Apa itu PFP NFT?

Karena token non-fungible (NFT) telah beralih dari koleksi digital khusus ke aset digital arus utama yang sangat dicari, tren baru telah muncul: gambar profil NFT. Sering disebut hanya sebagai ‘ PFP ‘ — singkatan yang merujuk pada gambar profil media sosial — NFT dari berbagai koleksi adalah avatar pilihan di banyak sudut Twitter, Discord , dan GitHub.

Pengguna media sosial memilih gambar profil NFT (PFP) karena berbagai alasan, paling sering untuk menandakan afiliasi mereka dengan komunitas NFT tertentu, seperti Bored Ape Yacht Club (BAYC). Yang lain menampilkan NFT mereka di profil mereka sebagai galeri untuk memamerkan koleksi mahal. Apa pun alasannya, satu hal tampaknya pasti — dengan selebriti seperti Jay-Z dan Snoop Dogg mengadopsi gambar profil NFT, dan perusahaan seperti Visa menghabiskan ratusan ribu dolar AS untuk memperolehnya, tren telah mencapai adopsi arus utama.

Contoh PFP NFT yang Populer di Dunia

Berikut terdapat beberapa contoh dari PFP NFT yang sedang populer di Dunia. Beberapa contoh tersebut adalah:

Apa itu CryptoPunks

CryptoPunks akan dianggap sebagai PFP NFT OG. Proyek ini adalah kumpulan dari 10.000 NFT Punk berpiksel.

Anehnya, selama peluncuran proyek, pengembangnya Larva Labs, tidak yakin tentang kegunaan avatar ini, dan avatar ini gratis untuk dicetak, kecuali gas fees.

Setelah diluncurkan, pemiliknya menemukan penggunaannya sebagai gambar profil di berbagai platform. Akibatnya, penggemar NFT mengubahnya menjadi tren media sosial terpanas dengan mendapatkan avatar punk paling langka dan menggunakannya sebagai gambar profil Discord dan Twitter.

NFT punk dari proyek CryptoPunks berbeda satu sama lain karena tingkat kelangkaannya. Oleh karena itu, para kolektor sekarang membayar lebih untuk NFT yang paling langka. Pertumbuhan dan popularitasnya menginspirasi banyak artis dan pembuat konten untuk membuat NFT PFP.

Apa itu Bored Ape Yacht Club

Proyek Bored Ape Yacht Club (BAYC) memiliki koleksi 10.000 kartun generatif kera bosan. Saat ini dianggap sebagai salah satu proyek NFT paling berharga, ia mengumpulkan popularitas besar-besaran di antara komunitas NFT segera setelah diluncurkan pada April 2021 oleh Yuga Labs.

NFT ini berisi 170 ciri yang dihasilkan komputer yang berbeda untuk pakaian, latar belakang, bulu, mata, mulut, topi, anting-anting, dan sebagainya, membuat masing-masing NFT ini berbeda dari yang lain. Proyek PFP BAYC adalah kombinasi dari ekosistem yang muncul dan blok bangunan CryptoPunks.

Karena pengembangan metaverse dan peluncuran token ApeCoin, masa depan proyek ini terlihat cerah. Token ini akan berfungsi sebagai token tata kelola di metaverse-nya bernama Otherside.

Apa Itu Meebits

Game online seperti Fortnite dan Roblox membuat karakter berbasis seni piksel populer secara global. Dengan demikian, seniman NFT berfokus pada tema seni piksel untuk menarik komunitas luas yang menyukai karya seni tersebut. Salah satu yang paling sukses adalah proyek NFT PFP Meebits.

Proyek ini memiliki koleksi 9.000 aset NFT dalam format piksel. Secara khusus, ini adalah seni voxel, sejenis karya seni piksel dalam 3D. Larva Labs menyiapkan proyek pada platform blockchain Ethereum dengan token ERC-721 untuk konsensus kontrak pintar.

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah membeli dan menjual NFT di pasar NFT berbasis Ethereum seperti OpenSea. Juga, Larva Labs mendesain karakter pada proyek CryptoPunks mereka. Oleh karena itu, Meebit terkadang terlihat seperti CryptoPunks, tetapi dalam 3D.

Apa Itu Novatar

Novatar  adalah proyek avatar NFT yang diluncurkan pada 2022. Ini memperkenalkan PFP yang menua – NFT bayi berubah menjadi dewasa 30 hari setelah Reveal. Koleksinya berisi 25.000 NFT karakter futuristik untuk dituakan dan digunakan sebagai avatar di Twitter, Facebook, dan Instagram.

Proyek ini tidak berhenti berkembang dan membuat langkah-langkah untuk memperluas ke NovaCity virtual. Pemilik Novatar sekarang dapat mengakses komunitas virtual eksklusif dengan berbagai aktivitas dan  alur cerita buku komik yang  didedikasikan untuk Dunia Novatars.

Konsep futuristik memainkan peran utama dalam sebuah proyek, jadi jika Anda ingin mengidentifikasi diri Anda secara online dengan PFP virtual, Novatars adalah pasangan Anda. Avatar bayi memiliki banyak ciri visual sebelum menua, tetapi mereka juga mendapatkan fitur yang mewakili semua ras, minoritas seksual, dan jenis kelamin setelah mereka menua.

Novatars memiliki sistem gen unik yang membuat setiap avatar NFT unik. Gen secara acak dikaitkan dengan NFT bayi selama pencetakan. Mint akan segera dimulai, dan siapa pun yang membeli 2 Novatar akan mendapatkan gratis satu.”

Apa Itu Cool Cats

Cool Cats NFT adalah pilihan sempurna bagi pecinta kucing yang ingin memiliki avatar kucing keren dan menggunakannya di media sosial. Proyek Cool Cats hadir dengan koleksi 9.999 PFP NFT yang dihasilkan secara acak. Sementara Colin Egan adalah ilustrator dari NFT ini, tim tersebut terdiri dari tiga orang lagi yang bekerja pada pengembangan dan blockchain.

Dikembangkan di blockchain Ethereum, proyek yang terinspirasi CryptoPunks menawarkan berbagai sifat unik. Hasilnya, Anda dapat membuat lebih dari 300.000 kemungkinan variasi unik dari PFP (gambar profil) kucing yang menggemaskan dengan menyesuaikan wajah, topi, kacamata, pakaian, tubuh, dan aksesori mereka.

Anda akan menemukan empat jenis NFT dalam hal kelangkaan: Cool, Wild, Classy, ​​dan Exotic. Peta jalan proyek Cool Cats NFT mengatakan itu akan berubah menjadi metaverse game yang lengkap. Di sana, kucing akan menjalani hidup dan berdagang menggunakan token cryptocurrency asli dari proyek ini bernama $MILK.

Apa itu GIC Verse

Nah, bagi Anda yang belum mengenal GIC Verse, GIC Verse merupakan produk NFT dari GIC yang memiliki 3 Special Hero Verse yaitu Legendary, Rare, dan Epic. Ketiga hero verse tersebut memiliki kelebihannya masing-masing pada setiap koleksinya. Anda bisa mendapatkan ketiga special hero verse tersebut dengan cara melakukan pembelian NFT di aplikasi GICTrade melalui menu GIC Verse dan melakukan gatcha setelah membeli NFT. Dengan Anda membeli NFT di GIC Verse, Anda secara otomatis akan menjadi Market Maker di GIC. Pastikan juga Anda membeli NFT GIC Verse pada pembelian pertama agar mendapatkan harga Early Bird yang lebih terjangkau!

Manfaat PFP NFT Bagi Komunitas 

Sementara proyek PFP NFT yang populer telah membuat berita di seluruh ruang crypto, penting untuk mengetahui keuntungan yang mereka berikan kepada pengguna. Apakah Anda akan membeli gambar digital untuk memamerkan pengetahuan Anda tentang NFT di media sosial? Lebih penting lagi, apakah Anda akan membeli gambar itu seharga $100.000? Di sinilah Anda perlu mencari perbedaan antara PFP dan NFT biasa.

Salah satu perbedaan utama antara NFT biasa dan PFP adalah mekanisme drop. Umumnya, pengembang menjatuhkan sekitar ribuan PFP dengan memanfaatkan algoritme untuk memastikan transfer bersamaan melalui kumpulan data yang dibatasi. Akibatnya, pemilik PFP dapat menjadi anggota komunitas istimewa di samping berbagi reputasi memiliki NFT PFP. 

Peran NFT dalam PFP telah memperkenalkan kemungkinan prospek baru dalam inovasi pembangunan merek. Merek dapat memanfaatkan PFP untuk menawarkan pengalaman virtual kepada pelanggan di samping memastikan pengembangan komunitas yang komprehensif. PFP juga dapat memandu kekuatan masyarakat dalam menemukan aliran pendapatan baru, sehingga memperkuat ekonomi NFT di masa depan. Banyak merek terkenal telah terjun ke dunia PFP NFT untuk memanfaatkan sifat mereka. Pada saat yang sama, token non-fungible PFP juga mendorong peluang baru untuk peningkatan dalam adopsi mainstream crypto.

Setelah mengetahui apa itu PFP NFT beserta dengan contoh dan manfaatnya bagi komunitas sendiri, maka Anda bisa mulai mencoba PFP NFT ini sendiri. Selain itu, pastikan untuk meregistrasikan diri agar bisa melakukan trading di GIC ataupun melakukan pembelian GIC Verse!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami