Cara Membuat NFT Beserta Cara Minting NFT

Artikel ini terakhir di perbaharui July 22, 2022 by Wachda Mihmii
Cara Membuat NFT Beserta Cara Minting NFT

Cara Membuat NFT bisa dilakukan dengan mengikuti cara-cara pada artikel berikut ini. Selain membahas mengenai cara membuat NFT, kali ini kita akan membahas mengenai pertanyaan terkait seputar cara membuat NFT sendiri. Sebelum lanjut, ada baiknya Anda membaca artikel mengenai NFT itu sendiri pada Non Fungible Token, Tren Baru Transaksi Aset Digital. Dan juga Anda bisa melakukan follow Instagram kami untuk info seputar NFT.

Apa Itu NFT?

Token Non-Fungible (atau disingkat NFT) adalah item digital unik yang dikeluarkan pada blockchain seperti Ethereum atau Solana. Dalam banyak hal, mereka memiliki kualitas yang mirip dengan item di dunia nyata.

Pikirkan tentang barang-barang fisik seperti pelatih edisi terbatas, kartu bisbol koleksi, atau edisi terbatas yang dijatuhkan oleh merek pakaian seperti Supreme. Atau lebih dari itu, album bertanda tangan asli atau bahkan akta properti.

Semua hal ini mewakili sesuatu yang unik dan entah bagaimana orisinalitasnya dikonfirmasi, dalam hal ini, oleh hukum setempat atau tanda tangan merek dagang. Token yang tidak dapat dipertukarkan, bagaimanapun, didukung oleh teknologi blockchain – yang membuat nilai dan keasliannya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Pertanyaan Seputar Langkah Membuat NFT

Berikut terdapat pertanyaan-pertanyaan seputar langkah dalam membuat NFT. Pertanyaan tersebut adalah:

Langkah-langkah Membuat NFT?

1. Pilih barang Anda

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Jika Anda belum melakukannya, Anda harus menentukan aset digital unik apa yang ingin Anda ubah menjadi NFT. Ini bisa berupa lukisan khusus, gambar, musik, koleksi video game, meme, GIF, atau bahkan tweet. NFT adalah barang digital unik dengan pemilik tunggal. Kelangkaan itu memberikan nilai NFT. 

Pastikan Anda memiliki hak kekayaan intelektual atas barang yang ingin Anda ubah menjadi NFT. Membuat NFT untuk aset digital yang tidak Anda miliki dapat membawa Anda ke masalah hukum.

2. Pilih blockchain Anda

Setelah Anda memilih aset digital unik Anda, saatnya untuk memulai proses minting menjadi NFT. Itu dimulai dengan menentukan  teknologi blockchain  yang ingin Anda gunakan untuk NFT Anda. Yang paling populer di antara seniman dan pencipta NFT adalah  Ethereum  ( CRYPTO:ETH ). Pilihan populer lainnya termasuk Tezos, Polkadot, Cosmos, dan Binance Smart Chain.

3. Siapkan dompet digital Anda

Jika Anda belum memiliki  dompet digital, Anda harus menyiapkannya untuk membuat NFT karena Anda memerlukan beberapa  mata uang kripto untuk mendanai investasi awal Anda. Dompet akan memberi Anda akses ke aset digital Anda. Dompet NFT teratas termasuk Metamask, Math Wallet, AlphaWallet, Trust Wallet, dan Coinbase Wallet.

Setelah Anda mengatur dompet digital Anda, Anda pasti ingin membeli beberapa cryptocurrency. Sebagian besar platform NFT menerima Ether, cryptocurrency dari platform blockchain Ethereum. Jika Anda sudah memiliki beberapa cryptocurrency di tempat lain, Anda ingin menghubungkannya ke dompet digital Anda sehingga Anda dapat menggunakannya untuk membuat dan menjual NFT.

4. Pilih pasar NFT Anda

Setelah Anda memiliki dompet digital dan beberapa cryptocurrency, saatnya untuk mulai membuat (dan, semoga, menjual) NFT Anda. Untuk itu, Anda harus memilih pasar NFT. Beberapa pasar NFT teratas termasuk OpenSea, Axie Marketplace, Larva Labs/CryptoPunks, NBA Top Shot Marketplace, Rarible, SuperRare, Foundation, Nifty Gateway, Mintable, dan ThetaDrop.

Anda harus meneliti setiap pasar NFT untuk menemukan platform yang cocok untuk NFT Anda. Misalnya, Axie Marketplace adalah toko online untuk game NFT teratas Axie Infinity. Sementara itu, NBA Top Shot adalah pasar yang berfokus pada bola basket. Penting juga untuk dicatat bahwa beberapa pasar memerlukan cryptocurrency mereka sendiri. Rarible, misalnya, membutuhkan  Rarible  (CRYPTO:RARI ). 

OpenSea biasanya merupakan tempat yang baik untuk memulai. Ini memungkinkan Anda untuk minting NFT Anda sendiri, dan merupakan pemimpin dalam penjualan NFT. Pasar NFT menjual NFT senilai $3,4 miliar pada Agustus 2021 saja. 

Setelah memilih pasar NFT Anda, Anda harus menghubungkannya ke dompet digital Anda. Itu akan memungkinkan Anda membayar biaya yang diperlukan untuk minting NFT Anda dan menahan hasil penjualan apa pun.

5. Unggah file Anda

Anda sekarang akhirnya siap untuk minting NFT Anda. Pasar NFT pilihan Anda harus memiliki panduan langkah demi langkah untuk mengunggah file digital Anda ke platform mereka. Proses itu akan memungkinkan Anda untuk mengubah file digital Anda (PNG, GIF, MP3, atau jenis file lainnya) menjadi NFT yang dapat dipasarkan.

6. Atur proses penjualan

Tahap terakhir dalam proses pencetakan NFT adalah memutuskan bagaimana Anda ingin memonetisasi NFT Anda. Bergantung pada platformnya, Anda dapat:

  • Jual dengan harga tetap : Dengan menetapkan harga tetap, Anda mengizinkan orang pertama yang bersedia memenuhi harga tersebut untuk  membeli NFT Anda
  • Tetapkan lelang berwaktu : Lelang berwaktu akan memberi mereka yang tertarik dengan NFT Anda batas waktu untuk mengajukan tawaran akhir mereka.
  • Mulai lelang tak terbatas : Lelang tak terbatas tidak menetapkan batas waktu. Sebaliknya, Anda memiliki kendali untuk mengakhiri lelang kapan pun Anda mau.

Anda harus menentukan harga minimum (jika Anda menyiapkan lelang), menetapkan royalti untuk terus menguangkan NFT Anda jika dijual kembali di pasar sekunder, dan berapa lama untuk mengadakan lelang (jika waktunya). Ingatlah biaya saat menetapkan harga minimum karena Anda dapat kehilangan uang pada penjualan NFT jika Anda menetapkan harga terlalu rendah.

Sayangnya, biaya untuk minting dan menjual NFT bisa mahal dan membingungkan. Bergantung pada platform dan harga, Anda dapat membayar biaya pendaftaran, biaya pencetakan NFT, komisi penjualan, dan biaya transaksi untuk mentransfer uang dari dompet pembeli ke dompet Anda. Biaya juga dapat berfluktuasi karena volatilitas dalam harga cryptocurrency. Karena itu, penting untuk mencermati biaya yang harus Anda bayarkan untuk membuat dan menjual NFT Anda untuk memastikannya berharga.

Buat NFT Pake Aplikasi Apa?

Berikut terdapat Pembuat NFT terbaik untuk Android berdasarkan jumlah unduhan, ulasan, peringkat, kegunaan, hasil yang diinginkan, dan banyak lagi. Berikut adalah daftarnya.

  1. GoArt – An NFT Creator
  2. NFT Creator: NFT Art Maker
  3. 8bit Painter
  4. NFT Maker: Crypto Art & Metaverse
  5. NFT Maker – Create NFT Art

Bagaimana Jualan NFT?

Untuk mulai menjual NFT, pertama-tama Anda harus “minting” salah satu aset digital Anda sebagai NFT, atau token yang tidak dapat dipertukarkan , sejenis sertifikat digital yang dibuat di jaringan blockchain — biasanya Ethereum ( CRYPTO:ETH ) — yang menjamin kepemilikan atas karya Anda. Anda dapat minting kreasi digital apa pun sebagai NFT, mulai dari seni hingga tulisan dan musik hingga video game. Sangat mudah untuk mengubah file menjadi NFT juga, dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Ingatlah bahwa harga jual akhir karya Anda akan bergantung pada faktor subjektif seperti kreativitas, kualitas, dan reputasi Anda di antara calon pelanggan.

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan penjualan.

1. Pilih pasar dan buat NFT

Langkah pertama adalah memilih pasar NFT yang tepat. Pikirkan pasar ini sebagai Amazon ( NASDAQ:AMZN ) dari dunia NFT, gudang online karya digital yang dapat dibeli atau dijual. Ada lusinan pasar, dan banyak di antaranya berspesialisasi dalam jenis aset digital tertentu. OpenSea saat ini menawarkan pasar NFT terbesar dan paling beragam. 

Setelah Anda memilih pasar yang ingin Anda gunakan, tautkan dompet cryptocurrency yang didanai , pilih opsi “Mint an NFT”, dan unggah file digital Anda. Proses setiap pasar akan sedikit berbeda, tetapi sebagian besar memungkinkan Anda membuat NFT hanya dengan beberapa klik. Perhatikan juga bahwa jika Anda tertarik untuk secara pasif memonetisasi pekerjaan Anda dari waktu ke waktu melalui royalti (persentase dari setiap penjualan NFT Anda berikutnya di pasar sekunder, dibayarkan kepada Anda), Anda biasanya akan menetapkan jumlah royalti itu selama proses pencetakan.

2. Cantumkan NFT Anda untuk dijual

Setelah Anda membuat NFT, Anda akan diberikan opsi untuk mencantumkannya untuk dijual di pasar. Perhatikan bahwa meskipun Anda dapat mentransfer dan menjual NFT Anda di pasar lain, mungkin dikenakan biaya tambahan.

Klik tombol “Jual”, dan ikuti petunjuknya. Di sini Anda dapat memberikan beberapa detail tentang transaksi seperti harga atau batas waktu lelang dan mata uang kripto yang dapat digunakan pembeli NFT untuk membayar Anda. Pasar akan menghitung “biaya gas” apa pun pada saat ini, yang merupakan biaya jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi. Biaya gas ini bervariasi tergantung pada seberapa sibuk jaringan blockchain saat ini. Pasar itu sendiri juga akan mencantumkan biayanya untuk menangani penjualan, biasanya persentase dari harga jual NFT akhir.

3. Kelola daftar Anda

Setelah Anda menyelesaikan daftar, NFT Anda tersedia untuk dibeli di pasar. Sekarang Anda perlu mempromosikan penjualan kepada pelanggan potensial melalui situs web atau media sosial Anda. Anda juga dapat mengelola cantuman NFT, namun ingat bahwa membuat perubahan atau menghapus cantuman dapat dikenakan biaya lain, dan biaya bensin yang telah Anda bayarkan tidak dapat dikembalikan.  

Apakah Bisa Membuat NFT di HP?

Ya. Anda dapat membaut NFT melalui Smartphone yang Anda punya melalui berbagai macam aplikasi yang ada. Atau Anda juga bisa membuatnya melalui aplikasi yang telah disebutkan di atas.

Apakah NFT Halal?

Mufti Faraz Adam telah dengan tepat membahas aspek kepatuhan Syariah dari topik ini secara rinci. Pada prinsipnya, NFT adalah halal. Mereka dapat dianggap sesuai Syariah jika mereka tidak mewakili salah satu dari berikut ini.

  1. sesuatu yang haram untuk dilihat dalam Syariah
  2. wakil atau zat atau objek yang melanggar hukum
  3. sesuatu yang suci dalam Syariah yang dilarang untuk digambarkan seperti Allah, para Nabi (saw), dll.
  4. mengejek atau menjelek-jelekkan orang lain
  5. anggota badan dan area yang diperintahkan Syariah untuk ditutup dan disembunyikan.

Sejauh memutuskan apakah NFT yang diketahui saat ini halal atau tidak akan terdiri dari beberapa pertanyaan mendasar; yang pertama, apakah NFT mewakili bentuk yang dapat diterima dalam Syariah?

Penasihat Syariah Ahmed membantu menjelaskan ‘halal-ness’ NFT.

Saat meninjau NFT, para sarjana umumnya akan mempertimbangkan prinsip-prinsip berikut:

  • Maliyyah – sesuatu yang cenderung dimiliki oleh orang-orang yang berakal dan dapat diambil kembali saat dibutuhkan.
  • Taqawwum – sesuatu yang memiliki kegunaan dan manfaat yang halal.
  • Manfa’ah Maqsudah – Dalam pembahasan jasa, ahli hukum Islam menetapkan bahwa kegunaan sesuatu harus sedemikian rupa sehingga masuk akal dan umum dicari orang. Seharusnya tidak menjadi sesuatu yang Syariah keberatan atau orang-orang yang berakal tidak akan mencari utilitas tersebut.
  • Israf (Pemborosan) dan pemborosan Tabdhir .
  • Potensi pelanggaran Syariah yang lebih luas.
  • Bagaimana berinvestasi dalam aset tersebut berdampak pada sisa kekayaan seseorang untuk memenuhi tugas dan kewajiban Islamnya khususnya untuk mempertahankan diri dan keluarganya.

Tentu saja, beberapa orang berpendapat bahwa membeli NFT adalah membeli sesuatu tanpa utilitas, dengan satu-satunya tujuan untuk menyombongkannya sebagai komoditas langka. Lagi pula, motif pembeli biasanya tidak diketahui siapa pun kecuali pembeli dan membeli NFT (tanpa utilitas) dengan tujuan mempertahankan nilainya atau melihatnya menghargai seiring waktu sama dengan membeli sebatang emas sebagai bentuk investasi.

Singkatnya, jika karakteristik proyek NFT tidak menyampaikan atau mempromosikan sesuatu yang dianggap haram oleh Syariah (seperti, pornografi, obat-obatan terlarang, kekejaman terhadap hewan, apa pun yang mempromosikan kebencian terhadap Islam, dll.), maka NFT diperbolehkan. untuk membuat, menggunakan, dan memperoleh penghasilan dari. Allah SWT lebih tahu!

Kenapa Harga NFT Mahal?

Hal pertama yang pertama, NFT tidak dapat dipertukarkan, yang berarti bahwa kepemilikan barang hanya ada pada orang tersebut. Mereka memverifikasi keaslian aset yang tidak dapat dipertukarkan, yang menjadikan aset ini unik dan unik. Misalnya, berinvestasi dalam karya seni Picasso. Mungkin ada banyak salinan karya seninya tetapi hanya satu karya asli. Itulah yang membuat lukisan asli menjadi berharga dan tak tergantikan.

NFT berbeda dari mata uang kripto dalam hal Anda dapat menukar mata uang kripto untuk membeli produk berharga, jadi mereka sepadan dengan cara itu. NFT tidak, dan itulah sebabnya mereka adalah alat investasi yang sangat besar.

Faktor lain yang membuat NFT menjadi investasi yang berharga adalah utilitas, riwayat kepemilikan, nilai dasar, persepsi pembeli, premi likuiditas, dan nilai masa depan.

Apakah NFT Bisa Diuangkan?

Jadi Anda menjual NFT Anda; sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengubah kripto yang Anda peroleh menjadi uang tunai. 

Anda harus mengirim kripto dari dompet Anda ke akun Anda di bursa mata uang kripto yang Anda gunakan (seperti Coinbase, Binance, Crypto.com, Kraken, dll.). Jika Anda menggunakan dompet MetaMask, cukup klik tombol “Kirim” dan salin dan tempel alamat akun kripto Anda. 

Ini akan memakan waktu beberapa menit untuk menerima uang di akun crypto Anda. Setelah Anda menerima uangnya, Anda dapat menjualnya di bursa kripto yang Anda gunakan untuk mengubahnya menjadi fiat. Setelah Anda menjual crypto Anda, Anda akan menerima uang dalam bentuk fiat, dan kemudian Anda dapat mengirimkannya ke kartu bank biasa Anda. 

Cara Membuat NFT di Opensea

Membuat NFT di OpenSea itu mudah! Panduan ini menjelaskan cara mengatur NFT pertama Anda.

Pada OpenSea, klik tab Create di pojok kanan atas.

Cara Membuat NFT Beserta Cara Minting NFT

Anda akan dibawa ke halaman pembuatan item NFT, di mana Anda dapat mengunggah file NFT Anda, memberi nama, dan menambahkan deskripsi.

Cara Membuat NFT Beserta Cara Minting NFT

Setelah menyelesaikan bidang tersebut, Anda akan dapat menyesuaikan NFT Anda lebih lanjut. Ini termasuk menambahkannya ke koleksi yang ada, atau menambahkan properti, level, dan statistik. Anda juga dapat menambahkan konten yang tidak dapat dibuka.

Cara Membuat NFT Beserta Cara Minting NFT

Blockchain default adalah Ethereum, tetapi Anda dapat memilih untuk minting NFT Anda di blockchain yang berbeda. Untuk informasi lebih lanjut tentang blockchain mana yang didukung OpenSea, Anda dapat membaca panduan bantuan kami.

Setelah Anda selesai menyesuaikan NFT Anda, klik Buat . Selamat, Anda baru saja membuat NFT pertama Anda! Sekarang pelajari cara menjual NFT pertama Anda

PENTING: Cara Minting Aset Digital Jadi NFT

1. Hubungkan dompet Anda

Untuk memulai, pertama-tama Anda harus membuka dompet kripto dan kemudian menghubungkannya ke pasar NFT. Di OpenSea, klik ikon dompet atau tombol “Buat” di sudut kanan atas untuk memulai. Pasar lain akan menggunakan permintaan serupa untuk menghubungkan dompet Anda dan membuat profil.

Tergantung pada dompet yang Anda gunakan, seperti Dompet MetaMask atau Dompet Coinbase ( NASDAQ:COIN ), dan perangkat tempat Anda bekerja (desktop atau seluler), Anda akan diminta untuk menghubungkan dompet Anda menggunakan kode QR pemindai di ponsel cerdas Anda atau unduh dompet Anda ke komputer Anda.

Setelah dompet kripto Anda terhubung dan profil pasar Anda dibuat, saatnya untuk melengkapi profil Anda. Beri tahu dunia NFT tentang diri Anda, masukkan tautan ke situs web atau halaman media sosial Anda, dan tentukan kripto mana yang akan Anda terima sebagai pembayaran ketika seseorang membeli NFT Anda.

2. Buat item pertama Anda

Dari halaman beranda pasar, klik tombol “Buat” di sudut kanan atas. Dari sana Anda akan diminta untuk mengunggah file digital dan memberi nama NFT Anda. Bidang opsional menyertakan deskripsi untuk pekerjaan Anda, tautan eksternal ke info lebih lanjut (seperti situs web Anda), dan blockchain mana yang menjadi dasar NFT (seperti blockchain Ethereum atau protokol berbasis Ethereum Polygon ( CRYPTO:MATIC ) jika Anda di OpenSea). 

Ini juga tempat Anda dapat mengatur berapa banyak Anda akan dibayar dalam royalti jika NFT Anda dijual lagi nanti. Lima persen hingga 10% dari harga penjualan sekunder dianggap sebagai pembayaran royalti standar.

Klik “Selesai,” dan NFT pertama Anda sekarang telah minting!

3. Pastikan dompet Anda didanai

Menjual NFT (mencatat bahwa transaksi telah terjadi antara dua pihak di blockchain) membutuhkan jaringan untuk melakukan beberapa komputasi. Transaksi itu akan membutuhkan sejumlah uang, yang dikenal sebagai “biaya gas”. Awasi biaya transaksi yang diperlukan, karena beberapa bisa lebih tinggi dari yang Anda harapkan.

Untuk menyelesaikan penjualan pertama Anda, pastikan Anda telah membeli beberapa Ethereum (atau kripto lain yang Anda rencanakan untuk digunakan) pada aplikasi perdagangan kripto dan menyimpannya ke dompet Anda. Bergantung pada pasar, Anda kemudian dapat mentransfer kripto dari dompet Anda ke akun pasar NFT Anda. Beberapa pasar, seperti OpenSea, memungkinkan Anda untuk membeli kripto langsung dari profil pasar Anda dengan menyiapkan metode pembayaran seperti kartu kredit.

Jika Anda tidak yakin berapa banyak crypto yang perlu Anda beli, itu akan dihitung secara otomatis untuk Anda di langkah berikutnya.

4. Cantumkan NFT Anda untuk dijual

Setelah Anda minting NFT Anda, Anda siap untuk menjualnya di pasar terbuka. Klik tombol “Jual” di sudut kanan atas dalam halaman deskripsi NFT Anda.

Sekarang saatnya menentukan detail penjualan Anda. Pilih jenis penjualan — harga tetap berdasarkan cryptocurrency pilihan Anda atau lelang berjangka waktu. (Di OpenSea, Anda menetapkan pembayaran royalti untuk monetisasi pasif berkelanjutan dari pekerjaan Anda dari waktu ke waktu di langkah kedua, tetapi pasar lain mungkin menjadikannya pilihan pada tahap ini.) Pasar juga akan mengungkapkan biaya terkait untuk penjualan. Di OpenSea, biaya layanan (harga untuk penanganan listing) adalah 2,5% dari harga jual NFT.

Selanjutnya, klik “Selesaikan daftar”. Pasar akan menghitung biaya gas berdasarkan tingkat aktivitas jaringan cryptocurrency pada saat mendaftar dan meminta pembayaran dari dompet crypto Anda. Bagi saya, itu sekitar $180, tetapi biayanya akan bervariasi dari menit ke menit. Setelah biaya gas dibayar dan Anda menyetujui persyaratan akhir, NFT Anda akan terdaftar dan tersedia untuk dibeli di pasar.

5. Kelola bisnis NFT Anda

Setelah NFT Anda dibuat dan terdaftar untuk dijual, saatnya untuk mulai terlibat dengan pelanggan potensial Anda. Anda juga dapat membuat lebih banyak NFT dan menjadikannya bagian dari koleksi, yang mungkin menarik perhatian kolektor seni atau spekulan. NFT yang dibuat di satu pasar juga dapat ditransfer dan dijual di pasar yang berbeda, meskipun biaya mungkin diperlukan.

Seperti aktivitas online lainnya, berinteraksi dengan pengguna dan kolektor di pasar NFT membangun hubungan baik, yang dapat membantu membangun bisnis NFT baru Anda. Pantau aktivitas kreasi Anda, cari umpan balik, dan terus ciptakan lebih banyak karya untuk dibeli kolektor digital.

Setelah mengetahui mengenai cara membuat NFT beserta bagaimana cara melakukan minting NFT, maka Anda sudah bisa memulai untuk membuat NFT sendiri dan mencoba untuk menjualnya pada marketplace. Selain itu, pastikan untuk melakukan registrasi di GIC untuk bisa melakukan pembelian NFT pada GIC Verse!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami