Gold Naik karena Dolar, Imbal Hasil Treasury Melemah

Artikel ini terakhir di perbaharui October 19, 2021 by Rinaldi Syahran
Gold Naik karena Dolar, Imbal Hasil Treasury Melemah
Sumber Foto: surasak.ch via freepick

Berita menyebutkan bahwa Harga gold naik tipis pada hari Selasa, karena perununan dolar dan imbal hasil obligasi AS memberikan beberapa dukungan untuk logam mulia.

Spot gold naik 0.2% menjadi $1.767,91 per ounce pada 0126 GMT. Emas berjangka AS naik 0.2% menjadi $1.769,60. Dikarenakan gold naik ini, pembelian mata uang dolar menjadi lebih murah yang turun menjadi 0.1% dengan mendekam di dekat posisi terendah kisaran baru-baru ini.

Untuk patokan hasil Treasury 10 tahun AS juga melemah, hal ini dapat mengurangi biaya peluang emas batangan yang tidak menghasilkan. Data pada hari Jumat juga menunjukkan produksi pabrik AS turun dengan drastis selama tujuh bulan pada bulan September. Hal ini dikarenakan, kekurangan semikonduktor global yang berkelanjutan dengan menekan output kendaraan bermotor. Bukti yang lebih lanjut dilihat pada kendala pasokan menghambat pertumbuhan ekonomi.

Bank sentral Australia mengatakan wabah varian Delta COVID -19 ini telah mengganggu pemulihan ekonomi negara tersebut. Sementara itu, pada hari Senin, Bank of Canada melakukan survei reguler terhadap perusahaan dengan hasil mengantisipasi permintaan yang lebih kuat karena COVID-19 ini menjadi lebih memudar. Mereka juga mengatakan kendala pasokan saat ini dapat membatasi penjualan dan memberi tekanan terhadap biaya.

Emas sering dianggap sebagai tameng dari nilai inflasi. Meskipun pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga mendorong imbal hasil obligasi pemerintah menjadi naik, hal ini dapat meningkatkan biaya peluang untuk memgang emas batangan yang tidak kunjung memberikan imbal hasil.

Spot perak naik 0.5% menjadi $23.29 per ounce, sementara platinum naik 0.4% menjadi $1.039,40, dan paladium yang naik 0.3% menjadi $2.020,80.

Nornickel Rusia, produsen paladium terbesar di dunia mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah memulai kontes bagi para ilmuwan untuk menemukan cara baru dengan menggunakan logam yang sedang dilanda kekurangan chip di industri otomotif, sektor konsumen utamanya.

Data/ Event Ahead ini berdasarkan (GMT) 1230 A.S. Housing Starts Number Sept. Sekian berita komoditas harian tentang harga gold yang naik karena Dolar.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.