Investasi Dollar: Cara hingga Keuntungan untuk Pemula

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2021 by Rinaldi Syahran
Investasi Dollar: Cara hingga Keuntungan untuk Pemula
Sumber Foto: thannaree via freepick

Saat ini investasi telah menjadi pilihan yang banyak diminati oleh para pelaku pasar ekonomi. Selain sebagai tabungan untuk masa depan, investasi juga akan memberikan keuntungan bagi nasabah dalam waktu yang relatif singkat. Kalian bisa menggunakan investasi sebagai opsi untuk salah satu penghasil income kalian. Secara ekonomi dalam hal berinvestasi, pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipergunakan sekarang. Sesuatu tersebut dibeli untuk disimpan sebagai harta yang akan mengalami perubahan nilai nantinya. Bentuk investasi dibagi menjadi dua yaitu, Investasi Aktiva Riil yang merupakan bentuk investasi yang terlihat seperti properti, tanah, dan lainnya. Sedangkan Investasi Aktiva Finansial merupakan bentuk investasi sebagai bentuk sekuritas seperti deposito dan juga saham. Selain contoh tersebut, terdapat investasi-investasi lainnya yang dapat kalian lakukan seperti emas, minyak, dan forex terutama dalam mata uang dollar.

Investasi dollar bisa dimanfaatkan untuk melindungi nilai aset yang kalian miliki dengan tujuan agar tidak terkena efek nilai tukar mata uang atau perubahan nilai tukar. Selain itu, investasi dollar akan memiliki nilai yang kuat terhadap nilai mata uang lainnya. Dikarenakan hal tersebut, investasi dollar banyak digemari oleh masyarakat umum. Namun, investasi ini tidak selalu berujung menghasilkan keuntungan, sehingga diperlukan wawasan untuk meminimalisir resiko kerugian yang ada. Bagi kalian yang ingin melakukan investasi dollar ini, kalian bisa mengikuti cara yang dijabarkan di bawah ini.

Apa itu Investasi Dollar

Sebelum mengetahui bagaimana cara berinvestasi, ada baiknya kita mengetahui apa itu dollar. Dollar adalah nilai mata uang negara Amerika Serikat yang biasa digambarkan dengan $. Untuk saat ini, dollar selalu menjadi nilai tukar uang tertinggi yang ada di dunia. Para pelaku ekonomi juga menggunakan dollar sebagai nilai tukar antar negara. Bahkan keadaan ekonomi dan juga bisnis juga dipengaruhi oleh mata uang dollar tersebut.

Sedangkan investasi dollar merupakan bentuk menanamkan modal atau dana yang dipunya pada suatu perusahaan atau badan maupun platform dengan jangka waktu yang panjang dengan maksud mengembangkan uang guna untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Bagi kalian yang pemula dalam hal investasi, tidak perlu khawatir untuk memulai hal ini, kalian bisa belajar investasi dollar dari mana saja dan kapan saja.

Cara Investasi Dollar

Setelah mengetahui apa itu investasi dollar, selanjutnya kita dapat mempelajari bagaimana cara melakukan investasi dollar. Bagi kalian yang kurang memahami bagaimana cara untuk melakukan investasi, kalian bisa mengikuti cara-cara yang akan dijabarkan di bawah. Investasi dollar bukan hanya soal menanamkan modal terbesar sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, namun dibalik itu pastinya terdapat cara maupun strategi yang bisa dilakukan agar mendapat keuntungan tinggi tersebut. Dan strategi itu bisa kalian pelajari pada artikel ini.

1. Pahami Istilah Kurs Beli dan Kurs Jual

Kurs merupakan jumlah satu mata uang yang bisa ditukar dengan jenis mata uang lain atau harga mata uang terhadap mata uang negara lain. Sehingga bisa diartikan bahwa kurs beli merupakan keadaan dimana bank maupun pedagang valas menjual valuta asing. Kejadian ini seperti ketika kita ingin menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang dollar. Sedangkan untuk kurs jual merupakan keadaan sebaliknya dari kurs beli yaitu, dimana bank ataupun pedagang valas membeli valuta asing. Seperti disaat kita yang ingin menukarkan nilai mata uang dollar dengan mata uang rupiah.

Kurs beli dan juga jual bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat inflasi yaitu kenaikan harga barang dan juga penurunan nilai mata uang lokal, setelah itu terdapat juga faktor kebijakan pemerintah yang akan berpengaruh pada nilai tukar mata uang asing, lalu terdapat perbedaan tingkat suku bunga yang juga berpengaruh bagi nilai kurs, kemudian aktivitas neraca pembayaran yang bila aktif akan meningkatkan nilai mata uang domestik dengan meningkatnya jumlah debitur asing,dan yang terakhir adalah ekspektasi itu sendiri seperti pasar valuta asing yang akan memberi reaksi cukup agresif pada setiap berita ataupun isu akan berefek di kemudian hari.

2. Pastikan untuk Membeli di Tempat yang Resmi

Dikarenakan telah terjadi banyak hal yang tidak diinginkan ketika melakukan jual beli dollar sehingga banyak yang mendapat risiko tinggi maupun tidak adanya jaminan yang berlaku, serta maraknya investasi dollar gadungan yang berujung penipuan. Maka yang harus kalian pastikan adalah untuk melakukan transaksi investasi dollar pada tempat yang resmi maupun sudah mendapat izin dari pemerintah agar tidak terjadinya penipuan maupun hal yang tidak diinginkan lainnya.

3. Bandingkan Nilai Jual Secara Berkala

Investasi bukanlah hal yang bisa dibilang main-main dalam suatu perekonomian. Meskipun kita memulainya dalam jumlah yang sedang maupun sedikit, tetap saja hal ini akan berpengaruh terhadap investasi uangmu. Untuk itu hal yang perlu dilakukan adalah selalu teliti terhadap keadaan dan peluang pasar. Agar bisa menjual dollar secara tepat di pasar ekonomi adalah dengan cara membandingkan nilai jual secara berkala. Dengan ini nantinya kalian bisa menjual dollar-dollarmu pada saat harga rupiah terhadap dollar naik atau menunggu naik ketika harga dollar sedang turun. Ingat untuk selalu melakukan hal ini agar kalian juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

4. Disiplin Investasi Dollar dengan Membeli Secara Rutin

Bagi kalian yang berpikir bahwa investasi akan selalu mendapatkan keuntungan, maka jawaban tersebut akan kurang tepat. Investasi tidak melulu soal profit, namun kalian harus mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan kesempatan profit tersebut. Dan investasi dollar yang baik adalah dengan cara membeli mata uang dollar untuk ditabung secara rutin. Hal ini penting jika kalian ingin menabung dollar dalam jangka waktu yang panjang. Dengan adanya ini kalian telah menggunakan strategi yang disebut Dollar Cost Averaging (DCA) yang akan membuat dollar semakin merata dan tidak terpatok pada satu harga, sehingga pada saat nilai dollar tiba-tiba melemah terhadap rupiah, keuntungan yang kalian miliki masih mencapai rata-rata.

5. Jual Saat Kurs Beli di Atas Kurs Jual pada Waktu Beli

Menentukan target jual yang kalian ingin merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan dalam hal investasi dollar. Maka agar investasi dollar kalian menguntungkan, kalian bisa menentukan di target berapa kalian ingin menjual dollar tersebut. Hal yang perlu kalian pastikan adalah dengan menjual mata uang dollarmu pada saat kurs beli berada di atas kurs jual pada saat kalian membeli dollar.

6. Alihkan dari Tabungan Dollar ke Deposito Dollar

Dikarenakan banyak orang yang memikirkan bunga sebagai tolak ukur keuntungan jenis penanaman modal seperti investasi, maka kebanyakan orang akan mengalihkan tabungannya ke deposito dollar. Padahal bunga bukanlah patokan dari nilai keuntungan yang bisa didapat. Sehingga hal tersebut membuat banyak dari bank di Indonesia yang menyediakan produk deposito dengan mata uang dollar. Bahkan terdapat juga bunga deposito yang lebih besar daripada bunga tabungan dollar. Lebihnya lagi, ketika nilai dollar menguat terhadap mata uang rupiah dengan deposito yang telah dimiliki berumur lebih dari tiga bulan.

Cara Investasi Dollar Online

Setelah mempelajari bagaimana cara melakukan investasi dollar, maka yang perlu dipelajari selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan investasi dollar secara online. Kita perlu melakukan berbagai riset tentang perusahaan mana saja yang telah memiliki surat izin resmi OJK pada setiap aplikasinya. Untuk secara online, aplikasi yang menjalankan hal tentang jasa keuangan atau investasi juga banyak, terdapat aplikasi Bibit, Tanam Duit, Ajaib, maupun aplikasi jasa keuangan lainnya.

Setelah menentukan aplikasi apa yang akan kalian gunakan, kalian bisa membuat akun pada aplikasi tersebut dengan mengikuti segala ketentuan yang ada seperti mengisi data diri dan lainnya. Setelah selesai mengisi data diri dan membuat akun, kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang ada dan jangan lupa untuk menjelajahi setiap fitur yang ada pada aplikasi tersebut.

Cara Investasi Dollar di Bank

Selain investasi secara online, investasi dollar juga dapat dilakukan di pihak bank. Cara yang bisa kalian lakukan adalah mendatangi bank yang telah kalian pilih untuk melakukan investasi, kemudian membicarakan kepada petugas bank bahwa kalian ingin melakukan investasi. Sehingga nantinya petugas bank akan memberi tahu dengan cara memandu bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akan melakukan investasi dollar. Untuk bank yang bisa kalian pilih dalam hal investasi dollar, kalian bisa memilih dari bank-bank besar, baik dari BUMN maupun swasta. Seperti BRI Dollar dan investasi dollar di BCA

Keuntungan Investasi Dollar

Kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari membuat kita membutuhkan lebih lagi pendapatan yang kita dapatkan. Dikarenakan kebutuhan yang meningkat ini, kalian bisa menambahnya dengan cara investasi. Investasi merupakan cara yang tepat sebagai income tambahan dengan tenaga yang rendah. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kalian dapat ketika melakukan investasi dollar, yaitu:

1. Cocok Digunakan sebagai Instrumen Investasi Jangka Pendek

Investasi dollar bisa kita gunakan sebagai sarana investasi berjangka pendek. Kalian juga harus tahu bahwa investasi mata uang negara lain atau valuta asing akan berisiko terhadap Fluktuasi. Namun bagi dollar, fluktuasi ini tidak terlalu terlihat yang dapat menjadikannya cocok untuk melakukan investasi dengan jangka waktu yang pendek.

2. Daya Beli Cenderung Stabil

Dikarenakan memiliki nilai yang paling kuat terhadap nilai mata uang lainnya, menjadikan dollar mempunyai nilai beli yang cenderung stabil. Selain itu, para pelaku pasar ekonomi selalu menggunakan mata uang sebagai bertransaksi antarnegara. Sehingga dollar tetap cenderung stabil.

Namun dikarenakan hal ini juga, nilai mata uang rupiah menjadi turun. Rupiah menjadi semakin lemah dengan adanya para pelaku ekonomi yang terus menukarkan dollar pada saat keadaan rupiah melemah.

3. Investasi Bunga bisa Mendapat Bunga dari Bank

Dalam hal menabung dalam bank, pastinya kita akan mendapat bunga nantinya. Sama seperti menabung rupiah, menabung dollar juga memungkinkan kalian untuk mendapat bunga tabungan. Meskipun tidak semua akan mendapatkan bunga, tapi bunga ini bisa memberimu keuntungan dalam berinvestasi.

4. Keuntungan dari Selisih Kurs

Kalian bisa mendapatkan keuntungan ketika jumlah nilai kurs beli kalian berbeda dengan nilai kurs jual. Kalian bisa menjualnya ketika nilai kurs jual naik. Perlu diketahui juga bahwa jika kalian memiliki dollar yang semakin banyak, maka semakin banyak juga selisih kurs yang akan kalian dapatkan.

Tips Minim Resiko Investasi Dollar

Bagi para pemula, biasanya mereka akan mencari cara bagaimana agar dapat berinvestasi dengan resiko yang minim. Tips ini dapat kalian temukan dari berbagai macam sumber. Mulai dari buku sampai internet. Bahkan kalian bisa mendapatkannya dari para ahli. Tips-tips tersebut yang harus kalian terapkan pada saat akan berinvestasi. Tips di bawah ini juga akan berguna bagi kalian meskipun investasi dollar merupakan hal yang baru bagi kalian karena hal ini juga bisa diterapkan oleh para pemula.

1. Amati Pergerakan Mata Uang Sebelum Menjual

Sebelum melakukan investasi dollar, sebaiknya kalian mengetahui bagaimana pergerakan mata uang itu sebelum dijual. Setiap bank maupun money changer akan memiliki kurs jual beli dollar yang berbeda-beda. Karena itu kalian harus membandingkan setiap kurs dari beberapa bank maupun money changer yang berbeda.

2. Beli Dollar Secara Rutin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dengan membeli dollar secara rutin kalian telah menggunakan strategi Dollar Cost Averaging dengan arti membuat dollar semakin merata dan tidak terpatok pada satu harga. Hal ini akan berguna pada saat nilai dollar yang tiba-tiba melemah terhadap rupiah. Sehingga kalian akan mendapat keuntungan dengan nilai yang masih berada di rata-rata.

3. Simulasikan Keuntungan yang Ingin Kalian Dapatkan

Berapa banyak keuntungan yang ingin kalian dapatkan? Untuk bisa membayangkan hal tersebut, coba lakukan penggambaran dengan melakukan simulasi pada uang yang kalian miliki. Misalnya, jika kalian ingin mendapatkan keuntungan sebesar sekian persen, maka yang harus kalian lakukan adalah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual dollar sehingga mendapat keuntungan tersebut.

4. Jangan Menyimpan Dollar Terlalu Lama

Hal yang paling penting dalam berinvestasi adalah jangan menyimpan dollar terlalu lama hanya untuk menunggu waktu yang tepat ketika nilai kurs jual naik. Apalagi jika dollar kalian gunakan sebagai opsi investasi jangka pendek, maka tidak tepat jika menyimpannya terlalu lama. Akan lebih baik untuk tidak menyimpan dollar selama lebih dari satu tahun. Cara ini juga akan memaksimalkan keuntungan yang akan kalian dapatkan.

Cara-cara tersebut yang kalian gunakan ketika ingin melakukan investasi dollar. Baik secara offline maupun online. Untuk itu, kalian bisa mengikuti cara serta tipsnya secara seksama. Dengan begitu kesempatan untuk mendapat keuntungan juga lebih banyak. Perlu diketahui juga, meskipun keuntungan yang didapat dalam hal investasi sangat besar, bukan berarti kita bisa menghabiskan uang pada hal tersebut dengan mengesampingkan kebutuhan lainnya. Jangan terburu-buru dalam menggunakan uang serta pikirlah secara matang ketika hendak berinvestasi.

Demikian pembahasan dari GIC Indonesia mengenai investasi dollar ini. Jangan lupa untuk tetap mencari tahu informasi terkait dengan bank, forex, dan keuangan yang lain, seperti “Belajar Saham untuk Pemula, Mulailah dari Nol!“, hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga kamu memperdalam ilmu forex di GIC Indonesia, via ebook scalping, dan juga NFP live trading.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.