Analisa Market Mingguan : 15 Maret – 19 Maret 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui April 30, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Market Mingguan : 15 Maret – 19 Maret 2021

Mata uang Greenback sempat bergerak melemah terhadap beberapa mata uang utama lainnya pada sesi Asia hari ini. Bias pergerakan Dolar AS karena secara resmi dan sudah secara sah di setujui serta di tanda tangani oleh komite pemerintah Amerika. Focus para pelaku pasar di pekan ini antara lain adalah pertemuan FOMC yang di rencanakan akan di adakan pada Kamis 18 Maret 2021 dini hari mulai pukul 01:00 WIB.

Ketua Bank Central Australia (RBA) “Phillip Lowe” pada sambutannya pagi ini di konferensi online Melbourne Business School, kembali menegaskan bahwa bank central akan menjaga stimulus moneter guna menjaga pemulihan tingkat ekonomi Australia. Hal ini dikatakan oleh beliau karena hingga saat ini ekonomi Australia belum stabil, terutama roda ekonomi sektor investasi dari negara lain.

Untuk pergerakan Emas pada Jum’at pekan kemarin, bergerak naik ke level 1727an/troy ounce. Sebelum di tutup naik pergerakan Emas sempat menurun dan menyentuh level psikologis di 1700, namun akhirnya kembali rebound. Rebound nya Emas ini didukung oleh adanya aksi pembelian fisik yang di lakukan oleh pelaku pasar. Tindakan para pelaku pasar ini mengacuhkan penguatan Dolar AS dan naiknya tingkat imbal hasil obligasi AS. Penguatan Dolar AS ini di dorong adanya rilis data ekonomi yaitu PPI dan Prelim UOM Consumer Sentiment AS yang positive.

Namun pergerakan Emas Senin 15 Maret 2021 awal pekan ini, Emas di perkirakan akan melanjutkan penurunannya. Hal ini imbas masih menguatnya Dolar AS dan adanya aksi profit taking sesaat yang dilakukan oleh para pelaku pasar. Namun pergerakan Emas sempat naik pada sesi Asia hari ini, karena di dukung oleh turunnya permintaan pasar akan mata uang Dolar AS, setelah secara resmi disahkannya Undang-Undang stimulus fiskal paket dana bantuan Covid-19 AS dan untuk mendorong pemulihan ekonomi sebesar US $1.9 Triliun pada pekan lalu.

Harga Minyak bergerak stabil dan berada di level harga tertingginya dalam pembukaan dan perdagangan market di Senin awal pekan ini. Informasi terkini mengabarkan bahwa Arab Saudi sudah melakukan pemangkasan pengiriman Minyak global pada April nanti sebesar 15%. Tindakan Arab Saudi ini di ambil setelah sidang anggota OPEC+ sudah sepakat untuk melanjutkan pembatasan produksi yang sebelumnya sudah dijalankan hingga April nanti. Kenaikan harga Minyak pada perdagangan sesi Asia hari ini juga di dukung oleh positive nya data fundamental China.

Untuk Euro versus Dolar AS di perkirakan Euro masih akan bergerak melemah. Pelemahan Euro ini imbas adanya penguatan mata uang Dolar AS. Pelemahan ini mengabaikan bagusnya rilis data ekonomi. Data ekonomi Euro yang dirilis antara lain adalah data produksi industri zona Euro dirilis lebih tinggi dari prediksi.

Poundsterling mengaku kalah dengan Dolar AS dalam perdagangan Jum’at di akhir pekan lalu. Pelemahan Poundsterling ini karena keperkasaan Dolar AS, selain itu rilis data ekonomi Inggris di rilis kurang menggembirakan. Data Inggris yang di rilis adalah data produksi industri dan manufaktur Inggris. Pada perdagangan market hari ini di perkirakan Poundsterling versus Dolar AS masih akan melemah.

1. Data Penting (High Impact)

1.1 RBA Gov. Lowe Speaks (AUD)

Senin, 06:15 WIB. Sebagai kepala bank sentral Australia, yang mengontrol suku bunga jangka pendek, dia memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap nilai mata uang negara daripada orang lain. Pedagang mengamati keterlibatan publiknya karena sering digunakan untuk memberikan petunjuk halus tentang kebijakan moneter di masa depan.

1.2 Core Retail Sales & Retail Sales (USD)

Selasa, 19:30 WIB.
Pengertian dari Core Retail Sales adalah : data yang mencatat perubahan nilai total penjualan di tingkat ritel, tidak termasuk mobil. Padahal penjualan mobil menyumbang sekitar 20% dari Penjualan Ritel, tetapi cenderung sangat tidak stabil dan mendistorsi tren yang mendasarinya. Oleh karena itu, data inti/core dianggap sebagai pengukur yang lebih baik untuk tren pengeluaran. Sedangkan data Retail Sales adalah: merupakan data yang mencatat perubahan nilai total semua penjualan pada tingkat ritel. Ini merupakan data awal menyeluruh untuk data belanja konsumen yang penting. Data ini juga tolak ukur penting mengenai tingkat belanja konsumen, yang menyumbang sebagian besar aktivitas ekonomi suatu negara secara keseluruhan.

1.3 CPI (CAD)

Kamis, 19:30 WIB. Data ini menghitung mengenai perubahan harga barang dan jasa di tingkat konsumen. Harga rata-rata berbagai barang dan jasa ini diambil sampelnya dan kemudian dibandingkan dengan pengambilan sampel pada periode sebelumnya. Harga konsumen merupakan mayoritas dari keseluruhan data untuk menghitung tingkat inflasi suatu negara. Inflasi sangat penting untuk menilai mata uang suatu negara melemah atau menguat, karena jika harga naik maka bank sentral akan mennaikkan tingkat suku bunga yang bertujuan untuk mengendalikan tingkat inflasi. Jika data ini dirilis, maka akan berdampak besar terhadap pergerakan market.

1.4 FOMC Economic Projections, FOMC Statement & Federal Fund Rate (USD)

Kamis, 01:00 WIB.
Federal Open Market Committee (FOMC) FOMC Economic Projection adalah alat utama yang digunakan Fed untuk memberikan informasi proyeksi/prediksi/harapan ekonomi dan moneter Bank Central kepada para pelaku pasar. Laporan ini mencakup proyeksi FOMC untuk inflasi dan pertumbuhan ekonomi selama 2 tahun ke depan dan yang lebih penting, rincian perkiraan suku bunga masing-masing anggota FOMC.
FOMC Statement (Federal Open Market Committee) merupakan pertemuan dari kepala bank central negara bagian Amerika Serikat yang di kepalai oleh The Fed. Mereka bersidang akan menyepakati mengenai kebijakan yang akan di ambil. Dalam 1 tahun mereka akan mengadakan pertemuan sebanyak 8 kali dan ini adalah catatan rinci dari pertemuan terbaru FOMC, setelah mereka bersidang biasanya akan voting tentang penetapan suku bunga.
Federal Fund Rate adalah keputusan bank central suatu negara untuk mempertahankan, menaikkan ataupun menurunkan tingkat suku bunga. Suku bunga jangka pendek adalah faktor terpenting dalam menentukan nilai mata uang suatu negara. Pelaku pasar pasti akan mencermati mengenai rilis data ini. Setelah data ini di rilis biasanya akan diikuti oleh pernyataan dan menginformasikan ke pada media massa yang akan di ikuti juga dengan tanya jawab, dimana sesi tanya jawab ini yang akan menggerakkan market secara volatile.

1.5 FOMC Press Conference (USD)

Kamis, 01:30 WIB. Data ini mengenai konferensi pers yang memiliki 2 bagian – pertama pernyataan yang telah disiapkan dibacakan, kemudian konferensi terbuka untuk pertanyaan pers. Pertanyaan tersebut sering kali mengarah pada jawaban tanpa naskah yang menciptakan volatilitas pasar yang besar. Ini adalah salah satu metode utama yang digunakan Dewan Komisaris untuk memberikan informasi kepada investor mengenai kebijakan moneter. Ini mencakup secara rinci faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan suku bunga terbaru, seperti prospek ekonomi dan inflasi secara keseluruhan. Yang terpenting, ini memberikan petunjuk tentang kebijakan moneter yang akan di ambil di masa depan.

1.6 GDP (NZD)

Kamis, 04:45 WIB. Data ini merupakan data yang mengukur tingkat pendapatan dan daya beli suatu negara, dan data yang mencatat tingkat perubahan tahunan dalam nilai yang disesuaikan dengan inflasi dari semua barang dan jasa yang diproduksi oleh negara.

1.7 Employment Change & Unemployment Rate (AUD)

Kamis, 07:30 WIB.
Employment Change merupakan hal penting dimana penciptaan lapangan kerja merupakan indikator utama penting dari belanja konsumen, yang merupakan mayoritas dari keseluruhan aktivitas ekonomi. Data ini adalah data ekonomi penting yang dirilis tak lama setelah bulan berakhir. Kombinasi antara kepentingan dan kejelasan menghasilkan dampak pasar yang besar dan kuat.
Unemployment Rate merupakan persentase (%) dari total usia kerja yang menganggur dan aktif mencari pekerjaan selama sebulan sebelumnya. Meskipun secara umum dipandang sebagai indikator yang kurang solid, namun jumlah pengangguran merupakan sinyal penting dari kesehatan ekonomi secara keseluruhan karena belanja konsumen sangat berkorelasi dengan kondisi pasar tenaga kerja.

1.8 MPC Official Bank Rate Votes, Monetary Policy Summary & Official Bank Rate (GBP)

Kamis, 19:00 WIB.
MPC Official Bank Rate Votes merupakan hasil rapat MPC BOE berisi pemungutan suara tingkat suku bunga untuk setiap anggota MPC selama pertemuan terakhir. Rincian suara memberikan wawasan tentang anggota mana yang mengubah pendirian mereka tentang suku bunga dan seberapa dekat komite untuk memberlakukan perubahan suku bunga di masa depan.
Monetary Policy Summary data ini salah satu alat utama yang digunakan MPC untuk berkomunikasi dengan investor tentang kebijakan moneter. Ini berisi hasil pemungutan suara mereka tentang suku bunga dan langkah-langkah kebijakan lainnya, bersama dengan komentar tentang kondisi ekonomi yang mempengaruhi suara mereka. Yang terpenting, ini membahas prospek ekonomi dan menawarkan petunjuk tentang hasil pemungutan suara di masa depan.
Official Bank Rate adalah Keputusan suku bunga biasanya ditentukan harga di pasar, sehingga cenderung dibayangi oleh Ringkasan Kebijakan Moneter yang difokuskan pada masa depan. Suku bunga jangka pendek adalah faktor terpenting dalam penilaian mata uang – pedagang melihat sebagian besar indikator lain hanya untuk memprediksi bagaimana suku bunga akan berubah di masa depan. Anggota MPC memberikan suara di mana menetapkan tarif. Suara individu diterbitkan 2 minggu kemudian dalam Risalah Rapat MPC.

2. Tinjauan Teknikal

2.1 EUR/USD

chart EURUSD analisa harian 10-02-2021

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1,20829 (High)
Range Pergerakan1,17968 (Low)

2.2 USDCHF

chart USDCHF analisa harian 26-01-2021

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan0,93746 (High)
Range Pergerakan0,91816 (Low)

2.3 GBPUSD

Chart GBPUSD analisa harian 08-02-2021

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan1,40559 (High)
Range Pergerakan1,37562 (Low)

2.4 USDJPY

Prediksi Harian</h2

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan110,285 (High)
Range Pergerakan108,264 (Low)

2.5 Emas

chart XUL analisa harian 09-02-2021

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1785,00 (High)
Range Pergerakan1675,00 (Low)

2.6 AUDUSD

Chart AUDUSD analisa harian 02-02-2021

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan0,78720 (High)
Range Pergerakan0,75505 (Low)

2.7 Minyak

chart OIL analisa harian 15-02-2021

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan68,38 (High)
Range Pergerakan62,70 (Low)

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.