Analisa Market Mingguan : 15 – 19 Februari 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 4, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Market Mingguan : 15 – 19 Februari 2021

Analisa market mingguan 15 – 19 februari 2021 akan membahas selama sepekan hal-hal yang memengaruhi pasar seperti, kondisi Greenback mengawali awal pekan ini bergerak mendekati posisi terendah dalam 2 Minggu. Hal ini terjadi karena kekhawatiran para pelaku pasar akan keadaan di AS. Mereka pesimis apakah pemulihan dari pandemi di Amerika Serikat akan secepat yang diharapkan. Indeks Dolar AS sudah mencapai puncak penguatannya pada level di 91,6 pada  5 Februari 2021, di tengah harapan bahwa rebound mata uang AS akan dapat melebihi ekonomi negara lainnya. Namun pada kenyataannya justru menurun/melemah pasca rilis data lapangan kerja yang mengecewakan.

Ada perbedaan mengenai kondisi Dolar AS, beberapa pelaku pasar mengharapkannya mata uang AS “menguat” karena kondisi ekonomi AS yang mulai mengungguli ekonomi negara lainnya termasuk Eropa. Disisi lain ada yang memandang bahwa pemulihan ekonomi AS dipandang sebagai pendorong utama yang akan berdampak secara global yang seharusnya akan mengangkat aset berisiko namun dengan “melemahkan” mata uang Dolar AS.

Harga Minyak melonjak dan terjadi “Gap – UP” pada Senin 15 Februari 2021 awal pekan ini di sesi Asia. Lonjakkan harga Minyak ini terjadi karena adanya pertempuran antara koalisi pimpinan Saudi Arabia di Yaman yang mengatakan bahwa pihaknya sudah berhasil menghentikan sebuah pesawat tak berawak yang ternyata bermuatan bahan peledak, pesawat tersebut telah di kendalikan oleh kelompok Houthi yang berpihak pada Iran. Kejadian ini telah meningkatkan kekhawatiran akan ketegangan baru di Timur Tengah.

Selain itu kenaikan harga Minyak ini juga di dorong oleh meningkatnya harapan akan stimulus AS dan pelonggaran lockdown, hal ini di harapkan akan kembali menggerakkan roda perekonomian sehingga akan meningkatkan permintaan bahan bakar. Selain itu juga lonjakan harga Minyak selama beberapa pekan, juga di dukung oleh adanya pasokan yang semakin ketat dari Arab Saudi dan juga disebabkan oleh adanya pengurangan produksi dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen negara lainnya diluar anggota OPEC +.

Untuk EURUSD pada pekan lalu bergerak melemah, karena adanya pembatasan aktivitas di beberapa negara anggota Zona Euro seperti Jerman dan adanya kenaikan yield obligasi pemerintah AS untuk tenor jangka panjang. Namun mengawali pekan ini, di perkirakan mata uang Euro versus Dolar AS akan menguat.

GBPUSD di prediksi akan melanjutkan penguatannya, penguatan Poundsterling ini karena adanya sinyal optimis para investor terhadap langkah vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah Inggris. Selain itu pasca rilis data pertumbuhan GDP kuartal ke-4 Inggris yang di rilis lebih bagus dari prediksi.

Untuk mata uang utama lainnya melawan mata uang Dolar AS, di perkirakan pada perdagangan Senin 15 Februari 2021 yang mengawali pekan ini, akan menguat. Keyakinan yang timbul di market akan segera si setujui nya stimulus AS, paket dana bantuan Covid-19 dengan jumlah yang besar.

1. Data Penting/High Impact Pada Analisa Market Mingguan 15 – 19 Februari 2021

1.1 Core Retail Sales & Retail Sales (USD)

Rabu, 20:30 WIB. Pengertian dari Core Retail Sales adalah : data yang mencatat perubahan nilai total penjualan di tingkat ritel, tidak termasuk mobil. Padahal penjualan mobil menyumbang sekitar 20% dari Penjualan Ritel, tetapi cenderung sangat tidak stabil dan mendistorsi tren yang mendasarinya. Oleh karena itu, data inti/core dianggap sebagai pengukur yang lebih baik untuk tren pengeluaran. Sedangkan data Retail Sales adalah: merupakan data yang mencatat perubahan nilai total semua penjualan pada tingkat ritel. Ini merupakan data awal menyeluruh untuk data belanja konsumen yang penting. Data ini juga tolak ukur penting mengenai tingkat belanja konsumen, yang menyumbang sebagian besar aktivitas ekonomi suatu negara secara keseluruhan.

1.2 FOMC Meeting Minutes (USD)

Rabu, 02:00 WIB. FOMC (Federal Open Market Committee) merupakan pertemuan dari kepala bank central negara bagian Amerika Serikat yang di kepalai oleh The Fed. Mereka bersidang akan menyepakati mengenai kebijakan yang akan di ambil. Dalam 1 tahun mereka akan mengadakan pertemuan sebanyak 8 kali dan ini adalah catatan rinci dari pertemuan terbaru FOMC, setelah mereka bersidang biasanya akan voting tentang penetapan suku bunga.

1.3 Employment Change & Unemployment Rate (AUD)

Kamis, 07:30 WIB. Employment Change merupakan hal penting dimana penciptaan lapangan kerja merupakan indikator utama penting dari belanja konsumen, yang merupakan mayoritas dari keseluruhan aktivitas ekonomi. Data ini adalah data ekonomi penting yang dirilis tak lama setelah bulan berakhir. Kombinasi antara kepentingan dan kejelasan menghasilkan dampak pasar yang besar dan kuat.
Unemployment Rate merupakan persentase (%) dari total usia kerja yang menganggur dan aktif mencari pekerjaan selama sebulan sebelumnya. Meskipun secara umum dipandang sebagai indikator yang kurang solid, namun jumlah pengangguran merupakan sinyal penting dari kesehatan ekonomi secara keseluruhan karena belanja konsumen sangat berkorelasi dengan kondisi pasar tenaga kerja.

1.4 Retail Sales (GBP)

Jum’at, 14:00 WIB. Retail Sales adalah: merupakan data yang mencatat perubahan nilai total semua penjualan pada tingkat ritel. Ini merupakan data awal menyeluruh untuk data belanja konsumen yang penting. Data ini juga tolak ukur penting mengenai tingkat belanja konsumen, yang menyumbang sebagian besar aktivitas ekonomi suatu negara secara keseluruhan.

1.5 French Flash Services PMI & French Flash Manufacturing PMI (EUR)

Jum’at, 15:15 WIB. Data ini mengukur Tingkat indeks difusi berdasarkan manajer pembelian yang disurvei di sektor jasa. Data ini juga sebagai indikator utama kesehatan ekonomi suatu negara. Jika bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan tingkat pembelian manajer akan memberikan pandangan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi suatu perusahaan. Data ini hasil survei terhadap sekitar 750 manajer pembelian yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Jika data di rilis di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah 50,0 menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.

1.6 German Flash Manufacturing PMI & German Flash Services PMI (EUR)

Jum’at, 15:30 WIB. German Flash Manufacturing PMI adalah data dari survei terhadap sekitar 800 manajer pembelian di Jerman yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar. German Flash Services PMI adalah Survei terhadap sekitar 800 manajer pembelian yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Jika rilis di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.

1.7 Flash Services PMI (GBP)

Jum’at, 16:30 WIB. Flash Services PMI adalah Survei terhadap sekitar 800 manajer pembelian yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Jika rilis di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.

2. Tinjauan Teknikal Sesuai Analisa Market Mingguan 15 – 19 Februari 2021

2.1 EUR/USD

chart EURUSD analisa harian 10-02-2021

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan1,22784 (High)
Range Pergerakan1,20120 (Low)

2.2 USDCHF

chart USDCHF analisa harian 26-01-2021

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan0,90308 (High)
Range Pergerakan0,88348 (Low)

2.3 GBPUSD

Chart GBPUSD analisa harian 08-02-2021

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan1,40775 (High)
Range Pergerakan1,37599 (Low)

2.4 USDJPY

Prediksi Harian</h2

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan106,107 (High)
Range Pergerakan104,437 (Low)

2.5 Emas

chart XUL analisa harian 09-02-2021

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1878,00 (High)
Range Pergerakan1788,00 (Low)

2.6 AUDUSD

Chart AUDUSD analisa harian 02-02-2021

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan0,79020 (High)
Range Pergerakan0,76407 (Low)

2.7 Minyak

chart OIL analisa harian 15-02-2021

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan63,42 (High)
Range Pergerakan57,92 (Low)

Demikianlah analisa market mingguan 15 – 19 februari 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.