Analisa Harian GBPUSD: 6 Agustus 2021-Pounds Naik Jelang Data NFP

Artikel ini terakhir di perbaharui September 27, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian GBPUSD: 6 Agustus 2021-Pounds Naik Jelang Data NFP
  • Bank of England mempertahankan kebijakan moneternya dan tidak berubah
  • GBP/USD netral tapi cenderung ke bullish, seller menunggu di sekitar 1.4000

Pasangan GBPUSD saat ini kembali ke level 1.3900, saat artikel analisa harian GBPUSD ditulis oleh tim GIC, pasangan mata uang ini diperdagangkan di harga 1.3920. Pengumuman keputusan Bank of England mengenai kebijakan moneter sedikit menggerakkan pound. Seperti yang telah diperkirakan, bank sentral Inggris membiarkan suku bunga acuan tidak berubah tetap di angka 0.1%. Para pembuat kebijakan telah memperkirakan inflasi bisa naik menjadi 4% pada kuartal akhir tahun ini, namun masih belum menjadi bukti sepenuhnya, masih sementara. Hal ini mengindikasikan bahwa akan ada beberapa kebijakan pengetatan moneter yang diperlukan selama beberapa tahun ke depan.

Pair GBPUSD sendiri terus bergerak naik turun setelah adanya pengumuman dari BOE. Inggris tidak akan mempublikasikan data ekonomi makro pada hari Jum’at. Negara ini juga melaporkan sekitar kejadian 30.00 kasus virus Covid-19 varian Delta, meskipun tidak ada tekanan pada sistem kesehatan dan jumlah kematian yang terus berkurang.

Bagaimana Analisa Harian GBPUSD 

Secara umum, meskipun GBPUSD memantul ke atas, namun bias harian pergerakan GBPUSD terlihat berada dalam kondisi sideways dan jika diperhatikan harga sedang melakukan fase koreksi ke sekitar area kritis. Jika pergerakan GBPUSD tertahan di sekitar area kritis pada kisaran 1.39203-1.39022 maka tunggu kemunculan bentuk pola candlestick bullish yang valid dengan memperhatikan juga indikator ADX berada di atas level 25 karena ada potensi harga GBPUSD kembali bergerak bullish ke atas menuju level 1.29708.

Sebaliknya waspadai jika harga GBPUSD terus bergerak ke bawah dan menembus level 1.39022 maka ada potensi harga akan berbalik arah dengan bergerak bearish ke bawah menuju level berikutnya pada kisaran 1.38729.

Itulah analisa harian GBPUSD hari ini, Anda juga bisa membaca artikel dan analisa lainnya di Jurnal GIC seperti cara belajar forex untuk pemula. Ikut juga event GIC yang dapat membantu Anda dalam melakukan trading seperti NFP Live Trading. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati video yang dapat membantu Anda juga di video Premium Content.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.