Analisa Harian EURUSD: 16 September 2021 – Euro Menguat

Artikel ini terakhir di perbaharui September 27, 2021 by Rinaldi Syahran
Analisa Harian EURUSD: 16 September 2021 – Euro Menguat
Sumber Foto : GIC dari Freepik

Analisa Harian EURUSD kali ini dari GIC akan membahas pergerakan mata uang Euro pada perdagangan Rabu kemarin secara umum bergerak menguat terhadap mata uang Dollar AS. Penguatan mata uang tunggal zona Eropa ini di dukung oleh adanya pelemahan mata uang Dollar AS dan adanya sentiment positif akan rilis data ekonomi Industrial Production zona Eropa. Pergerakan mata uang Euro pada perdagangan Rabu kemarin tidak terlalu aktif dengan volume yang tidak terlalu besar.

EURUSD

Analisa EURUSD 16 September 2021
Sumber Foto: Fausta via GIC

Penguatan Euro ini di perkirakan akan berusaha berlanjut pada perdagangan market hari ini, jika mata uang Dollar AS masih berada dalam range pelemahannya. Data industrial production di rilis jauh diatas prediksi dan periode sebelumnya, data tersebut sebesar 1,5 % sedangkan prediksi hanya 0,6 % dan data periode sebelumnya sebesar – 0,1 %.

Penguatan Euro juga di bantu dengan adanya pelemahan mata uang Greenback, dimana pelemahan Dollar AS ini karena adanya penurunan kembali yield obligasi pemerintah Amerika untuk tenor jangka panjang. Naik dan turunnya imbal hasil obligasi pemerintah AS telah menjadi sorotan para pelaku pasar sejak memasuki tahun 2020 lalu.

Pada awal perdagangan di Senin kemarin, yiels obligasi AS sempat naik dan menyentuh level tertinggi hariannya, namun dalam pekan ini saja sudah terjadi sedikitnya 2 kali penurunan yield tersebut. Untuk saat ini segala hal yang berkaitan dengan data ekonomi, yield obligasi serta perilaku para pelaku pasar akan mempengaruhi kondisi mata uang Dollar AS.

Focus para pelaku pasar hari ini tertuju pada agenda ketua Bank Sentral Eropa “Lagarde” yang akan di mulai pada pukul 19:00 WIB malam nanti. Di perkirakan Lagarde masih akan tetap mempertahankan kebijakan yang ada saat ini, begitupun dengan tingkat suku bunga berjalan yang ada di level 0,00 % akan tetap di pertahankan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Analisa tekhnikal hari ini : jika pergerakan EURUSD mampu menembus Resistance 1 di level 1,18315 maka besar peluangnya akan melanjutkan pergerakan menuju Resistance 2 di level 1,18478, namun jika tidak sanggup melanjutkan penguatan nya, maka pergerakan EURUSD akan kembali menuju Pivot Poin di level 1,18150 bahkan jika kondisi Dollar AS kembali berada dalam jalur penguatannya, maka besar sekali peluang pergerakan Euro akan menuju Support 1 di level 1,17987 dan apabila level Support 1 tersebut dapat di lalui maka arah pergerakan selanjutnya akan menuju Support 2 di level 1,17822.

Untuk Analisa Fundamental malam nanti pada pukul 19:00 WIB akan rilis data high impact ECB Gov. Lagarde Speak lalu dilanjutkan dengan rilis data Amerika yaitu Core Retail Sales dan Retail Sales yang akan di rilis pada pukul 19:30 WIB. Di prediksi data Retail Sales AS ini akan membebani mata uang Dollar AS.

Demikian analisa harian EURUSD hari ini, tetap perhatikan Money Management dan Risk Management dengan baik untuk melindungi dana Anda. Jangan lupa ikuti event Kami seperti Jumat Barokah dan juga partnership “affiliate” GIC untuk mendapatkan uang tambahan selain dari trading. Baca juga artikel-artikel kami lainnya yang ada di Jurnal GIC, seperti “Wakil Pialang Berjangka“. Yuk bergabung bersama komunitas GIC!

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.