Analisa Harian Emas: 24 September 2021 – Gold Meredup

Artikel ini terakhir di perbaharui September 30, 2021 by Yahya Kus Handoyo
Analisa Harian Emas: 24 September 2021 – Gold Meredup
Sumber Foto : GIC via Freepik

Analisa harian emas 24 September 2021 kali ini dari GIC kembali membahas harga Emas meredup dalam perdagangan market selama dua hari berturut – turut, hal ini di sebabkan oleh hasil keputusan FOMC dan semalam tekanan Emas terjadi karena naiknya nilai imbal hasil obligasi (yield) untuk tenor 10 tahun. Yield obligasi naik ke level 1,4 % merupakan level tertinggi sejak Juli lalu.

Pada sesi Asia perdagangan Emas bergerak dengan range terbatas, dengan level tertinggi di US $ 1776,49/ troy ounce, dan merupakan level tertinggi hariannya. Memasuki market sesi Eropa pergerakan Emas lebih aktif dan sempat anjlok ke leve terendah di US $ 1763,89/troy ounce.

Analisa Harian Gold 24 September 2021
Sumber Foto: Fausta via GIC

Pada perdagangan market sesi Amerika justru penurunan Emas semakin tak terbendung, meskipun rilis data pengangguran Mingguan AS negative. Anjlok nya harga Emas pada sesi AS ini mencapai level terendah di US $ 1737/troy ounce, merupakan level terendah Mingguan. Level terendah minggu lalu di 1741,97 bisa di tembus dan di prediksi sinyal penurunan Emas masih akan terus berlanjut pada perdagangan market hari ini.

Kondisi mata uang Dollar AS masih dalam level penguatannya terhadap beberapa mata uang utama lainnya. Penguatan Dollar AS ini di dukung oleh pernyataan ketua Bank Sentral AS “Jerome Powell” yang berencana akan menaikan suku bunga lebih cepat dari prediksi sebelumnya. Selain itu menguatnya Dollar AS ini juga di dukung oleh naiknya yield obligasi dengan tenor 10 tahun.

Pergerakan Emas di prediksi akan mencoba untuk recovery pada perdagangan market di akhir pekan ini, namun masih dalam pergerakan yang amat terbatas. Meski terjadi pelemahan mata uang Dollar AS sempat terjadi setelah adanya wacana akan menunda proses tapering hingga awal tahun 2022 nanti.
Permasalahan Evergrande sedikit mereda, setelah beberapa petinggi Evergrande memastikan akan menjalankan kewajibannya kepada semua debitur meski dengan jangka waktu lumayan lama.

Fokus para pelaku pasar hari ini tertuju pada pernyataan ketua Bank Sentral AS yang di agendakan pada nanti malam pada pukul 21:00 WIB. Powell di perkirakan akan memberikan pandangannya mengenai kondisi ekonomi Amerika saat ini ditambah lagi akan kembali menegaskan akan hasil pertemuannya di FOMC kemarin. Selain itu juga besar kemungkinan beliau akan menegaskan akan adanya rencana mengurangi stimulus AS mulai tahun depan.

Untuk analisa fundamental atau rilis data high impact hari ini akan adanya Fed Chair Powell Speaks pada pukul 21:00 WIB.

Itulah analisa harian emas 24 september 2021. Tetap perhatikan Money Management dan Risk Management dengan baik untuk melindungi dana Anda. Nikmati juga artikel analisa lainnya di Jurnal GIC. Dapatkan juga bonus – bonus dari GIC seperti Jumat Barokah dan Anda juga bisa mendapatkan buku panduan berupa Ebook Scalping.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.