Analisa Harian Emas : 09 Februari 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 4, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 09 Februari 2021
Sumber Foto : GIC via Freepik

Analisa harian emas 09 februari 2021 hari ini membahas harga Emas melonjak naik pada perdagangan sesi Amerika Senin kemarin, kenaikan ini di sebabkan oleh adanya kabar setelah media CNBC memberitakan bahwa anggota DPR Amerika dari partai Demokrat diperkirakan akan mengumumkan paket stimulus tambahan selain paket stimulus dana bantuan Covid-19 sebesar US $ 1.9 Triliun yang sudah rencanakan oleh presiden terpilih Joe Biden. Dengan adanya rencana bahwa paket stimulus besar di AS ini akan mendorong minat investor terhadap Emas sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi.

Anggota DPR Amerika Serikat dari partai Demokrat dikabarkan akan menginformasikan stimulus tambahan yang berupa tunjangan anak selama setahun dengan kriteria besaran stimulusnya adalah sebesar US $3600/anak (usia <6 tahun), dan US $3000/anak (usia <18 tahun). Rencana stimulus ini akan ditambahkan dalam kredit pajak anak di Amerika. Kekhawatiran timbul apabila program stimulus untuk anak ini dijalankan berbarengan dengan program stimulus fiskal dana bantuan Covid-19. Hal ini menimbulkan aksi jual Dollar AS yang di lakukan oleh pelaku pasar, ditambah lagi setelah rilis lapangan pekerjaan (Non-Farm Payroll) pada Jumat pekan lalu ternyata dirilis lebih rendah dari prediksi.

Disisi lain Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen menegaskan beliau mendukung sekali mengenai  paket stimulus fiskal dalam jumlah besar yang sedang di rencanakan oleh pemerintah. Yellen mengatakan bahwa para tenaga kerja yang mendapatkan penghasilan sekitar US $60,000/tahun seharusya akan menerima cek bantuan seperti yang tertulis dalam proposal rencana bantuan stimulus paket dana bantuan Covid-19 tersebut. Yellen juga menambahkan jika kongres menyetujui rencana stimulus dengan jumlah US $1.9 Triliun, maka negara AS akan dapat kembali memaksimalkan jumlah ketenagakerjaannya (full employment) pada tahun depan. Namun sebaliknya jika tidak disetujui, maka masalah yang timbul adalah jumlah pengangguran yang terus meningkat dan akan berlangsung hingga bertahun-tahun.

Prediksi Analisa Harian Forex

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan kenaikkannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah BUY di level 1845,00., dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

chart XUL analisa harian 09-02-2021

PreferensiBULLISH
Target Profit 11850,00
Target Profit 21855,00
Stop Loss 11842,00
Stop Loss 21840,00

Demikianlah analisa harian emas 09 februari 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.