The Fed: Sejarah, Tugas, Wewenang, Struktur, dan Pengaruhnya

Artikel ini terakhir di perbaharui September 23, 2022 by Wachda Mihmii
The Fed: Sejarah, Tugas, Wewenang, Struktur, dan Pengaruhnya
sekilas-tentang-the-fed

The Fed Adalah lembaga ekonomi paling kuat di Amerika Serikat, mungkin di dunia. Tanggung jawab intinya termasuk menetapkan suku bunga, mengelola jumlah uang beredar, dan mengatur pasar keuangan. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, Anda bisa mempelajari mengenai trivia berikut ini. Kunjungi juga website resmi GIC untuk informasi produk GIC lainnya!

Apa itu The Fed?

Sistem perbankan sentral AS—Federal Reserve, atau The Fed—adalah lembaga ekonomi paling kuat di Amerika Serikat, mungkin di dunia. Tanggung jawab intinya termasuk menetapkan suku bunga, mengelola jumlah uang beredar, dan mengatur pasar keuangan. Ini juga bertindak sebagai lender of last resort selama periode krisis ekonomi, seperti yang ditunjukkan selama krisis keuangan 2008 dan pandemi COVID-19. Ketika ekonomi AS pulih, kekhawatiran tentang inflasi yang tinggi telah memfokuskan kembali perhatian pada bank sentral. 

Mengingat besarnya kekuatannya, The Fed tidak asing dengan kontroversi. Beberapa ekonom berpendapat bahwa kebijakan agresifnya berisiko terhadap inflasi dan gelembung aset, sementara yang lain merasa dukungan Fed untuk pasar keuangan lebih menguntungkan bisnis besar daripada pekerja. Bank sentral juga merupakan salah satu badan pemerintah AS yang paling independen secara politik, yang telah lama menyebabkan ketegangan dengan anggota parlemen dan presiden, termasuk Presiden Donald Trump.

Sejarah dan Perkembangan The Federal

Sebelum Federal Reserve didirikan, negara itu dilanda krisis keuangan. Kadang-kadang, krisis ini menyebabkan “kepanikan” di mana orang berlomba-lomba ke bank untuk menarik simpanan mereka. Kegagalan satu bank seringkali menimbulkan efek domino, di mana nasabah bank lain bergegas menarik dana dari bank mereka sendiri meskipun bank tersebut tidak dalam bahaya gagal. Bank membutuhkan sumber cadangan darurat untuk mencegah kepanikan dan akibatnya membuat mereka gulung tikar.

Apa yang menyebabkan pembentukan Federal Reserve? Kepanikan yang sangat parah pada tahun 1907 mengakibatkan bank runs yang mendatangkan malapetaka pada sistem perbankan yang rapuh dan akhirnya memimpin Kongres pada tahun 1913 untuk menulis Undang-Undang Federal Reserve. Federal Reserve System awalnya dibuat untuk mengatasi kepanikan perbankan ini. Sekarang ia dibebani dengan beberapa tanggung jawab yang lebih luas, termasuk membina sistem perbankan yang sehat dan ekonomi yang sehat.

Mengenal FOMC (Federal Open Market Committee) : Jadwal Pertemuan dan Pengaruh pada Forex

Apa Tugas The Fed?

Federal Reserve System bekerja untuk mempromosikan operasi yang efektif dari ekonomi AS dan, lebih umum, untuk melayani kepentingan publik. Tugas khusus The Fed telah berubah seiring waktu karena perbankan dan ekonomi telah berevolusi.

Wewenang The Fed

Berikut terdapat beberapa wewenang dari The Fed. Wewenang tersebut adalah:

Pengembangan Masyarakat

Federal Reserve memajukan pengawasan, reinvestasi komunitas, dan penelitian untuk meningkatkan pemahaman tentang dampak kebijakan dan praktik layanan keuangan terhadap konsumen dan komunitas.

Kebijakan moneter

Federal Reserve menetapkan kebijakan moneter AS untuk mempromosikan lapangan kerja maksimum dan harga yang stabil dalam ekonomi AS.

Stabilitas Sistem Keuangan

Federal Reserve memantau risiko sistem keuangan dan terlibat di dalam dan luar negeri untuk membantu memastikan sistem mendukung ekonomi yang sehat bagi rumah tangga, komunitas, dan bisnis AS.

Sistem Pembayaran

Federal Reserve bekerja untuk mempromosikan sistem yang aman, efisien, dan dapat diakses untuk transaksi dolar AS.

Pengawasan dan Regulasi

Federal Reserve mempromosikan keamanan dan kesehatan lembaga keuangan individu dan memantau dampaknya terhadap sistem keuangan secara keseluruhan.

Struktur The Fed

Bank sentral Federal Reserve adalah badan keuangan berlapis-lapis, yang memperoleh otoritas dan semangatnya dari Undang-Undang Federal Reserve tahun 1913. Meskipun merupakan badan eksekutif, badan keuangan sebagian besar independen dari kendali Presiden atau Kongres dan digambarkan sebagai menjadi “independen dalam pemerintahan.” Empat sumbu kekuatan utama Federal Reserve meliputi:

  • Dewan Gubernur
  • Komite Pasar Terbuka Federal
  • Dua belas bank Federal Reserve regional, dan
  • Bank anggota lainnya

Apa yang Membuat The Fed Memiliki Power yang Kuat?

Federal Reserve yang perkasa. Ini lebih kuat daripada pasar perumahan yang menggelembung, mampu menghentikan inflasi dalam satu ikatan. Dan, jika tergelincir, jika menggunakan kekuatan supernya secara tidak bijaksana, jika terlalu jauh, itu bisa mendorong ekonomi ke dalam resesi hanya dengan sentuhan jari kelingkingnya.

Itulah salah satu cara memandang bank sentral negara. Di bawah ketua Federal Reserve yang akan keluar Alan Greenspan, itu telah menjadi jalan utama. The Fed dipandang sebagai penengah semua hal ekonomi, ibu kota Moneyland, dengan Greenspan sebagai penguasa dan penduduk jenius yang sulit dipahami.

Dengan kursi ketua di bank sentral diperkirakan akan diserahkan kepada Ben Bernanke pada bulan Januari, saatnya untuk pemeriksaan realitas. Seberapa kuatkah The Fed?

The Fed memiliki dua misi, kata Quincy Krosby, kepala strategi investasi di The Hartford, perusahaan asuransi yang berbasis di Connecticut. Mandat utamanya adalah stabilitas harga, menjaga inflasi. Tuntutan sekundernya adalah memelihara lingkungan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, yang diartikan sebagai pekerjaan yang berkelanjutan.

Untuk mencapai misinya, The Fed memiliki dua alat utama: Mengatur jumlah uang beredar dan menaikkan atau menurunkan suku bunga jangka pendek. Lebih banyak uang ditambah suku bunga yang lebih rendah adalah alat dari Fed yang “akomodatif”, sebuah Fed yang mencoba memicu pertumbuhan ekonomi. Jika Fed menurunkan jumlah uang beredar negara dan menaikkan suku bunga, itu akan menjadi pengetatan, mencoba memperlambat ekonomi dan mencegah inflasi.

Setelah 12 kali kenaikan suku bunga berturut-turut, suku bunga dana federal jangka pendek berada pada 4 persen, tertinggi empat tahun, dan Wall Street mengawasi The Fed dengan penuh perhatian yang diberikan orang tua kepada anak kecil yang sedang bermain di dekat jalan.

Secara singkatnya, power the Fed adalah:

  • Wall Street semakin memperhatikan bahwa Fed terus memperluas mandat pengendalian harga dan lapangan kerja penuh.
  • Selama setahun terakhir, bank sentral telah melakukan pengendalian iklim dan memastikan bahwa pertumbuhan lapangan kerja tersebar merata di masyarakat.
  • Agenda baru ini sangat mencerminkan nilai-nilai yang dianut oleh mantan ketua Fed dan Menteri Keuangan saat ini Janet Yellen.
  • “Sejak 2008, mereka telah menyerah di banyak bidang, saya bahkan tidak mengenali institusi itu lagi. Bank tempat saya bekerja sudah tidak ada lagi,” kata veteran Fed Christopher Whalen.
  • Pejabat Fed menekankan independensi mereka dan bersikeras bahwa mereka tidak dibimbing oleh tekanan politik.

Pengaruh The Fed terhadap Perekonomian Dunia

Ketika Federal Reserve melakukan kebijakan moneter, itu mempengaruhi lapangan kerja dan inflasi terutama melalui penggunaan alat kebijakannya untuk mempengaruhi ketersediaan dan biaya kredit dalam perekonomian.

Alat utama yang digunakan Federal Reserve untuk menjalankan kebijakan moneter adalah tingkat dana federal—tingkat yang dibayarkan bank untuk pinjaman semalam di pasar dana federal. Perubahan tingkat dana federal mempengaruhi tingkat bunga lain yang pada gilirannya mempengaruhi biaya pinjaman untuk rumah tangga dan bisnis serta kondisi keuangan yang lebih luas.

Misalnya, ketika suku bunga turun, pinjaman menjadi lebih murah, sehingga rumah tangga lebih bersedia untuk membeli barang dan jasa, dan bisnis berada dalam posisi yang lebih baik untuk membeli barang untuk mengembangkan bisnis mereka, seperti properti dan peralatan. Bisnis juga dapat mempekerjakan lebih banyak pekerja, mempengaruhi pekerjaan. Dan permintaan yang lebih kuat untuk barang dan jasa dapat mendorong upah dan biaya lainnya lebih tinggi, mempengaruhi inflasi.

Selama penurunan ekonomi, The Fed dapat menurunkan suku bunga dana federal ke batas bawah mendekati nol. Pada saat seperti itu, jika dukungan tambahan diinginkan, The Fed dapat menggunakan alat lain untuk mempengaruhi kondisi keuangan dalam mendukung tujuannya.

Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi inflasi dan lapangan kerja. Dan sementara keterkaitan dari kebijakan moneter dengan inflasi dan lapangan kerja tidak langsung atau langsung, kebijakan moneter merupakan faktor penting.

sekilas-tentang-the-fed

Apa yang Terjadi Jika Suku Bunga The Fed Naik?

Ketika Fed menaikkan tingkat target dana federal, tujuannya adalah untuk meningkatkan biaya kredit di seluruh perekonomian. Suku bunga yang lebih tinggi membuat pinjaman lebih mahal untuk bisnis dan konsumen, dan semua orang akhirnya menghabiskan lebih banyak untuk pembayaran bunga.

Mereka yang tidak mampu atau tidak ingin membayar pembayaran yang lebih tinggi menunda proyek yang melibatkan pembiayaan. Ini secara bersamaan mendorong orang untuk menabung untuk mendapatkan pembayaran bunga yang lebih tinggi. Hal ini mengurangi jumlah uang beredar yang cenderung menurunkan inflasi dan memoderasi aktivitas ekonomi—alias mendinginkan perekonomian.

Mari kita lihat bagaimana hal ini berlaku untuk kenaikan 1% dalam tingkat dana fed fund dan bagaimana hal itu dapat berdampak pada biaya seumur hidup dari pinjaman hipotek rumah.

Ajaklah keluarga berbelanja untuk mendapatkan hipotek suku bunga tetap selama 30 tahun senilai $300.000. Jika bank menawari mereka tingkat bunga 3,5%, total biaya hipotek seumur hidup akan menjadi sekitar $485.000, dengan hampir $185.000 dari jumlah tersebut merupakan biaya bunga. Pembayaran bulanan akan mencapai sekitar $1.340.

Katakanlah Fed telah menaikkan suku bunga sebesar 1% sebelum keluarga mendapat pinjaman, dan tingkat bunga yang ditawarkan oleh bank untuk pinjaman hipotek rumah $300.000 naik menjadi 4,5%. Selama masa pinjaman 30 tahun, keluarga akan membayar total lebih dari $547.000, dengan biaya bunga terhitung $247.000 dari jumlah itu. Pembayaran hipotek bulanan mereka akan menjadi sekitar $1.520.

Menanggapi peningkatan ini, keluarga dalam contoh ini mungkin menunda pembelian rumah, atau memilih rumah yang memerlukan hipotek lebih kecil, untuk meminimalkan jumlah pembayaran bulanan mereka.

Contoh (yang sangat) disederhanakan ini menunjukkan bagaimana Fed mengurangi jumlah uang dalam perekonomian ketika menaikkan suku bunga. Selain hipotek, kenaikan suku bunga berdampak pada pasar saham dan obligasi, kartu kredit, pinjaman pribadi, pinjaman pelajar, pinjaman mobil, dan pinjaman bisnis.

Kesimpulan

Nah, Federal Reserve pada dasarnya mengendalikan semua uang yang beredar dalam perekonomian kita, menambah atau mengurangi jumlah mata uang yang mengalir pada waktu tertentu. Jika Anda pernah mengalami kesulitan mencari pekerjaan di masa depan, tanyakan pada diri sendiri: “Apakah The Fed menambahkan cukup uang untuk perekonomian sehingga perusahaan mampu mempekerjakan saya?”

The Fed juga dapat menstabilkan harga di dalam negeri dan memoderasi suku bunga jangka panjang. Dengan kata lain, “Fed” memiliki banyak kekuatan dalam hal mempengaruhi ekonomi. 

Nikmati Keuntungan Menggiurkan lewat Platform Trading P2P Lending Modal Rakyat

Dengan mengetahui the Fed yang tugasnya mengendalikan semua uang yang beredar pada perekonomian, the Fed juga bisa mempengaruhi kestabilan harga pada suku bunga maupun currency. Begitu juga dengan trading, the Fed akan mempengaruhi instrumen dari harga trading itu sendiri. Namun Anda tidak perlu khawatir, naik turunnya angka trading tetap harus disertai dengan trading plan yang baik agar psikologi trading Anda tidak terpengaruh. Untuk mempelajari trading plan yang baik pun, Anda bisa mempelajarinya melalui GIC Academy.

Jika Anda ingin mulai segera melakukan trading, registrasikan diri Anda melalui website resmi GIC untuk bisa bertrading mulai dari 150.000 Rupiah!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami