Sleeping Inverstor Adalah : Definisi, Kelebihan dan Kekurangan

Sleeping Investor adalah aktivitas berinvestasi pada perusahaan dengan tanpa terlibat dalam operasi sehari-hari. Sleeping investor dapat disebut juga silent partner. Baca lebih lanjut tentang sleeping investor pada artikel dibawah ini !

Cara Membaca Bullish Saham dan Bagaimana Ciri-Cirinya

sleeping investor

Apa Itu Sleeping Investor

Sleeping Investor adalah nama lain dari Sleeping Partner atau Silent Partner – Berinvestasi di perusahaan tanpa terlibat dalam operasi sehari-hari. Mereka menginvestasikan uang mereka dalam bisnis anda, tetapi mereka tidak menghadiri rapat atau membuat keputusan. Mereka tidak mengawasi keuangan atau meninjau strategi. Mereka menyerahkan pekerjaan sehari-hari kepada mitra aktif dalam bisnis Anda, dan mereka percaya bahwa Anda akan mengelola bisnis dengan baik.

Sleeping investor adalah investor di perusahaan yang tidak melibatkan diri dalam operasi atau keputusan sehari-hari perusahaan. Sebaliknya, sleeping investor membatasi keterlibatan mereka dengan perusahaan terutama dengan memberikan dukungan keuangan. Juga dikenal sebagai mitra terbatas, sleeping partner memiliki sedikit tanggung jawab dalam membentuk kemitraan dengan bisnis, karena mereka memiliki tanggung jawab hukum yang lebih kecil mengenai perusahaan.

Agar sleeping partner berhasil, silent partner harus memiliki keyakinan yang kuat terhadap kemampuan pemilik bisnis dalam menjalankan perusahaan. Ini karena mitra diam jarang berkontribusi pada operasi sehari-hari perusahaan. Terkadang, mitra diam bertindak sebagai penasihat dan memberikan panduan bagi pemilik bisnis, tetapi mereka tidak membuat keputusan apa pun untuk atau tentang perusahaan. Untuk alasan ini, para profesional perlu menghormati dan mempercayai satu sama lain sebelum memasuki perjanjian kemitraan diam-diam.

Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula Secara Offline dan Online

Elemen Dasar Dari Sleeping Investor

Sleeping partner adalah pengaturan pembiayaan yang unik bagi investor dan organisasi. Dasar pengaturan ini adalah sebagai berikut:

  • Operasi: Operasi ditangani oleh mitra umum. Perusahaan jenis ini biasanya lebih mudah didirikan dan memiliki biaya administrasi yang lebih rendah daripada perusahaan publik. Karena mitra umum memegang kendali penuh, mereka harus memberi tahu mitra yang diam.
  • Akuntansi: Jenis kemitraan ini tidak memerlukan pelaporan publik atas laporan keuangan. Perjanjian kemitraan terbatas sepenuhnya menguraikan waktu dan tingkat kepastian pengungkapan keuangannya.
  • Hukum: Dalam hal hutang dan kewajiban, mereka hanya bertanggung jawab atas jumlah total yang mereka investasikan di perusahaan.
  • Perpajakan: Sementara mitra diam membayar tarif pajak pribadi mereka atas penghasilan kena pajak seperti pemangku kepentingan lainnya, pengurangan biaya mereka lebih terbatas.

Investor Adalah? Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Karakteristik

Kelebihan Dan Kekurangan Sleeping Investor

Ada banyak manfaat menjadi  sleeping partner di sebuah perusahaan termasuk:

  • Ketika bisnis untung, Anda untung:  sebagai mitra diam Anda akan menerima penghasilan pasif dari uang yang telah Anda investasikan dalam bisnis yang sedang berkembang. Faktor yang bergantung adalah berapa banyak yang Anda investasikan untuk memulai, dan kesepakatan yang Anda miliki dengan mitra umum. Misalnya investasi Anda dalam bisnis mungkin sama dengan mitra yang lebih aktif tetapi Anda mungkin melihat lebih sedikit pengembalian dari keuntungan.
  • Tidak ada tanggung jawab manajemen:  Bisnis membutuhkan banyak waktu, terutama di awal, saat mitra diam kemungkinan besar akan melakukan investasi. Sebagai mitra tidur, Anda tidak bertanggung jawab atas jalannya dan pertumbuhan bisnis, membuat keputusan penting, atau perekrutan dan pemecatan karyawan.”
  • Anda tidak harus melakukan investasi berdasarkan keahlian Anda sendiri:  Tidak seperti mitra umum yang harus memiliki pengetahuan mendalam tentang bidang yang mereka jalankan, Anda dapat melakukan investasi meskipun Anda mungkin hanya tahu sedikit tentang industri yang sebenarnya. Mitra diam tidak terlibat aktif dalam menjalankan bisnis tetapi mitra umum.

Dibalik itu terdapat kekurangan dari sleeping investor  :

  • Sleeping investor akan membuat Anda kehilangan nasihat dan pengetahuan dari investor yang jauh lebih berpengalaman. 

Silent partner biasanya “diam” karena mereka mungkin tidak memiliki pengalaman bisnis untuk duduk dalam rapat dan menyarankan perubahan yang efektif.

Mitra bisnis atau investor normal ingin memiliki suara karena mereka merasa dapat membantu Anda menjadi lebih menguntungkan. Bagaimanapun, kontribusi mereka dipertaruhkan. Pasangan yang diam tidak akan menawarkan banyak saran atau panduan tentang cara menghasilkan lebih banyak uang.

  • Sleeping investor dapat berubah menjadi masam.

Hal ini berlaku untuk setiap kemitraan bisnis atau hubungan investor, tetapi kemitraan diam-diam sangat rentan. Mengapa? Jika perusahaan Anda mengalami kesulitan, mitra diam akan menyalahkan Anda hanya karena mereka tidak memiliki suara dalam operasi harian bisnis Anda.

Sebaliknya, mitra bisnis tradisional sebagian akan disalahkan atas kegagalan bisnis dan akan jauh lebih kolaboratif dalam proses remediasi atau pemulihan. Pasangan yang diam mungkin mencaci maki Anda atau, lebih buruk lagi, menarik diri dari kemitraan pada tanda pertama kesulitan.

10 Ide Bisnis saat Pandemi yang Bisa Anda Coba

Karakteristik Sleeping Investor

Silent Partner sering memiliki banyak fitur untuk menguntungkan kedua belah pihak yang menandatangani perjanjian. Berikut daftar beberapa karakteristik tersebut:

Perjanjian operasi

Meskipun sebagian besar silent partner tidak berkontribusi pada pengelolaan operasi sehari-hari, beberapa perjanjian menentukan kapan pemilik bisnis berkonsultasi dengan mitra diam. Umumnya, sleeping investor hanya bertindak sebagai penasihat. Tergantung pada hubungan mereka dengan pemilik bisnis, sleeping investor dapat menawarkan saran untuk setiap aspek bisnis. Pemilik bisnis juga menghubungi sleeping partner tentang perubahan manajemen besar, karena ini akan langsung melibatkan silent partner. Misalnya, jika pemilik bisnis ingin mengalihkan kepemilikannya ke profesional lain, mereka memerlukan persetujuan silent partner.

Akuntansi dan tanggung jawab hukum

Sleeping investor memiliki tanggung jawab akuntansi dan hukum yang terbatas. Para profesional ini dapat merahasiakan kemitraan mereka dari publik. Sleeping partner juga menikmati tanggung jawab hukum terbatas. Ini berarti mereka bebas dari hukuman apapun, termasuk pemberitahuan biro kredit, jika perusahaan mengabaikan tanggung jawab hukumnya.

Perpajakan

Sleeping partner mendokumentasikan setiap pendapatan atau kompensasi yang mereka terima dari perjanjian mereka dengan perusahaan sebagai penghasilan kena pajak. Sementara mereka bertanggung jawab atas pajak individu mereka, silent partner jarang melibatkan diri dengan pajak perusahaan. Karena keterlibatan mereka yang terbatas dengan operasi harian perusahaan, silent partner tidak dapat mengklaim pengurangan pajak sebanyak pemilik perusahaan.

Bagaimana Cara Kerja Sleeping Investor?

Sleeping investor dibawa untuk menyumbangkan dana ke bisnis Anda tanpa terlibat dalam operasi sehari-hari atau keputusan besar. Karena jenis kemitraan ini sangat berharga bagi kedua belah pihak, penting untuk memilih investor yang dipercaya oleh tim Anda dan yang memercayai Anda.

Berikut cara kerja silent partner:

  • Mitra diam mendekati Anda (atau Anda mendekati mereka) untuk memulai kemitraan.
  • Anda berdua menandatangani perjanjian, sebaiknya tertulis, merinci tingkat investasi.
  • Silent partner memberikan kontribusi mereka. Sebagai imbalannya, mereka mengamankan ekuitas atau kepemilikan sebagian dari bisnis Anda (tercermin dalam persentase, misalnya 20% dari bisnis Anda).
  • Silent partner mundur dan memungkinkan Anda menjalankan bisnis.
  • Setelah bisnis Anda menghasilkan untung, silent partner menerima 20% dari laba bersih. Keuntungan adalah apa yang tersisa setelah Anda mengurangi pengeluaran bisnis dari total pendapatan penjualan Anda .

Menemukan sleeping investor adalah langkah pertama. Selanjutnya, buat perjanjian kemitraan yang membuat kedua belah pihak merasa nyaman. Ini tidak dapat dinegosiasikan, karena dokumen ini dengan jelas mendefinisikan peran, tanggung jawab, dan harapan untuk bisnis Anda dan silent partner.

Setelah Anda menyelesaikan legalitas hubungan Anda, bagaimana Anda dan silent partner bekerja sama (atau tidak bekerja sama) terserah Anda. Biasanya, silent partner hanya melakukan investasi dan mundur, membiarkan Anda dan tim Anda mengelola semua operasi dan keputusan.

Berapa Bayaran Pasangan Diam?

Sleeping investor dibayar tergantung pada kontribusi dan ekuitas mereka dalam bisnis Anda. Katakanlah silent partner Anda menginvestasikan $50.000, dan bisnis Anda bernilai $500.000. Itu berarti mereka memiliki 10% kepemilikan bisnis, dan mereka akan menerima 10% dari keuntungan.

Apakah ini dibayarkan secara bulanan, triwulanan, atau tahunan terserah Anda. Persyaratan pembayaran idealnya akan digambarkan dalam perjanjian kemitraan Anda.

Meskipun mungkin terdengar seperti situasi yang tidak boleh kalah, penting untuk sepenuhnya memahami jenis hubungan ini sebelum menyelam ke dalamnya terlebih dahulu. Mari kita bahas pro dan kontra.

Pentingnya Sleeping Investor

Sleeping investor sering kali membantu bisnis baru terbentuk dengan berinvestasi di perusahaan rintisan. Hal ini memungkinkan para profesional bisnis untuk menjalankan rencana mereka untuk sebuah perusahaan tanpa harus mencari bantuan modal dari bank atau banyak investor. Kemitraan diam memungkinkan pemilik perusahaan memiliki kemandirian dalam keputusan bisnis mereka, sementara mitra diam dapat memfokuskan upaya mereka di tempat lain.

Trading Dengan Broker Terpercaya 

Apakah anda mencari broker terpercaya dengan biaya administrasi rendah? Kami punya jawaban yang Anda cari. Download aplikasi GICTrade Mobile Apps di Google Play Store juga Apple App Store. Platform P2P yang mempertemukan broker terpercaya dengan para trader. Anda juga dapat langsung registrasi untuk dapat mulai trading di GICTrade.

reg

suharyani
"Writing is easy. All you do is stare at a blank sheet of paper until drops of blood form on your forehead.” – Gene Fowler. Ani is a content and copywriter who really loves her job and very interested in the digital marketing field especially Social Media and SEO.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami