Robert Kiyosaki: Profil, Biodata, dan Biografi

Artikel ini terakhir di perbaharui December 29, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Robert Kiyosaki: Profil, Biodata, dan Biografi
Sumber Foto: yandex via vio

Mungkin untuk orang-orang pada generasi saat ini banyak yang tidak mengenal penulis, investor, serta motivator terkenal Robert Kiyosaki. Robert ini adalah penulis dari buku yang sudah lama masuk ke dalam daftar New York Best Seller selama bertahun-tahun. Ia juga pernah berkolaborasi dengan mantan presiden Amerika Serikat yaitu Donald Trump.

Meski kini ia adalah seseorang yang sangatlah sukses serta memiliki kebebasan finansial, Ia memulai karirnya dengan jalan yang cukup berbatu. Kebangkrutan demi kebangkrutan ia hadapi tetapi ia tidak pernah berhenti untuk mencoba lebih lanjut supaya ia bisa mendapatkan kesuksesan yang ia rasakan saat ini. Dalam bukunya ia juga berusaha untuk membuat banyak orang bisa menjadi sepertinya.

1. Biodata

Setelah mendengar nama Robert Kiyosaki pada awal tadi kamu pasti penasaran mengenai hal-hal yang terkait dengan penulis buku terkenal ini. Tentunya lewat biodata yang nanti akan kamu baca kamu akan mengetahui ada banyak hal menarik tentang penulis ini yang mungkin tidak dimiliki oleh banyak orang. Berikut adalah biodata dari penulis Robert Kiyosaki.

2. Biografi

Setelah mengetahui tentang biodata dari penulis Robert Kiyosaki, kamu juga perlu mengetahui tentang biografi dari penulis ini. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perjalanan hidup dari penulis ini tidaklah mudah dan banyak hal yang bisa kita petik dari kehidupannya ini. Biografi dari penulis ini cukup menarik untuk kamu simak. Tanpa basa-basi lagi berikut adalah biografi dari penulis Robert Kiyosaki.

2.1. Kehidupan Awal Robert Kiyosaki

Robert Toru Kiyosaki merupakan penulis dan pengusaha dari Amerika yang lahir pada 8 April 1947. Kiyosaki merupakan pendiri dari Rich Global LLC dan Rich Dad Company, yang merupakan perusahaan edukasi keuangan swasta yang memberikan edukasi keuangan dan bisnis personal kepada orang-orang lewat buku dan video.

Pendapatan utama dari perusahaan ini datang dari franchise seminar perusahaan Rich Dad yang dijalankan oleh individu mandiri menggunakan nama brand Kiyosaki sebagai biayanya. Dia juga merupakan kreator dari game papan dan perangkat lunak untuk mengedukasi orang dewasa dan anak-anak mengenai konsep bisnis dan keuangan.

Seminar-seminar Kiyosaki di Amerika Serikat dan Kanada dijalankan dengan bentuk kolaborasi dengan perusahaan bernama Whitney Information Network dan masuk sebagai perusahaan lokal sebagai franchise di negara lain.

Namun ada beberapa orang yang sudah mendatangi seminar miliknya, membawanya ke jalur hukum karena seminar mahalnya ini dirasa tidak memberikan hal spesial apapun di dalamnya. Kiyosaki adalah penulis dari lebih 26 buku, termasuk seri Rich Dad Poor Dad yang merupakan buku yang di publish sendiri untuk keuangan personal dan sudah diterjemahkan ke dalam 51 bahasa serta sudah dijual lebih dari 41 juta kopi di seluruh dunia.

Dia sering mendapatkan kritik mengenai perkataannya yang seakan-akan meminta orang untuk menjadi kaya secara cepat. Kiyosaki sudah menjadi subjek dari laporan dari mereka yang sudah mendatangi seminarnya dan sudah juga menjadi subjek dari 2 dokumenter Investigasi yang dilakukan oleh CBC Kanada dan WTAE USA.

Pada tahun 2012, perusahaan milik Kiyosaki, Rich Global LLC, mengajukan kebangkrutan. Robert Toru Kiyosaki lahir pada tahun 1947 di Hawaii. Ia bersekolah di Hilo High School sampai ia lulus pada tahun 1965. Setelah ia ikut seminar pada tahun 1974, hidupnya berubah. Ia langsung memulai bisnisnya pada tahun 1977 dengan nama Rippers tetapi perusahaan ini akhirnya bangkrut.

Lalu di tahun 1992, ia menerbitkan buku pertamanya dengan nama If You Want to be Rich and Happy Don’t Go to School. Pada buku ini dia mendorong para orangtua untuk tidak mengirim anak-anak mereka ke universitas tetapi memasukkan mereka ke bisnis real estate.

2.1.1. Kutipan Robert Kiyosaki (Quotes)

“Yang menentukan hidup kamu bukanlah hal yang kamu keluarkan dari mulutmu, tetapi apa yang kamu bisikan kepada diri kamu sendiri adalah hal yang memiliki kekuatan terbesar.”

“Di sekolah kita belajar kalau kesalahan itu adalah hal yang buruk dan kita dihukum karena melakukan nya. Tetapi jika kita melihat cara manusia didesain untuk belajar, kita belajar dengan membuat kesalahan. Kita belajar untuk berjalan dengan terjatuh terlebih dahulu. Jika kita tidak pernah jatuh, kita tidak akan pernah bisa jalan.”

“Pemenang tidak akan takut akan kekalahan. Tetapi mereka yang kalah akan takut. Kegagalan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan. Orang-orang yang menghindari kegagalan juga akan menghindari kesuksesan.”

“Kamu akan menjadi miskin jika kamu berhenti berusaha. Hal yang paling penting adalah kamu telah melakukan sesuatu. Kebanyakan orang hanya bicara dan bermimpi untuk menjadi kaya. Kamu telah melakukan sesuatu.”

“Jika kamu adalah tipe orang yang tidak punya keberanian, kamu menyerah setiap ada cobaan. Jika kamu tipe orang yang seperti itu, kamu akan hidup dengan bermain aman saja, melakukan hal yang benar, menyelamatkan diri kamu untuk sesuatu yang bahkan tidak pernah terjadi. Maka kamu akan mati menjadi manusia tua yang membosankan. “

“Emosi adalah hal yang membuat kita menjadi manusia. Membuat kita menjadi asli. Kata emosi berdiri untuk energi pada gerakan. Jadilah lebih jujur mengenai emosi kamu sendiri serta gunakan pikiran dan emosi kamu dengan cara yang membuat kamu untung, bukan melawan diri kamu sendiri.”

2.1.2. Kekayaan Robert Kiyosaki (Net Worth)

Kekayaan bersih yang dimiliki oleh Robert Kiyosaki adalah sebesar 100 juta dolar. Robert Kiyosaki merupakan investor, pengusaha, penulis, motivator, dan komentator keuangan dari Amerika yang memiliki nilai kekayaan bersih sebesar 100 juta dolar.

Ia dikenal oleh banyak orang sebagai penulis dari seri buku yang dikenal dengan nama Rich Dad Poor Dad, di mana ia menjadi salah satu dari nama paling prominen yang diasosiasikan dengan pelatih hidup dan bantuan kepada diri sendiri terutama dalam hal saran keuangan. Kebanyakan dari pendapatan yang ia miliki datang dari seminar yang dijalankan oleh individu berbeda, yang membayar untuk menggunakan brand nama Rich Dad untuk alasan marketing.

2.1.3. Buku Robert Kiyosaki (Books)

  1. Rich Dad, Poor Dad
  2. Cashflow Quadrant: Rich Dad’s Guide to Financial Freedom
  3. Rich Dad’s Guide to Investing: What The Rich Invest in, That the Poor and Middle Class Do Not!
  4. Rich Dad Poor Dad for Teens: The Secrets About Money–That You Don’t Learn in School!
  5. Retire Young Retire Rich: How to Get Rich and Stay Rich
  6. Own Your Own Corporation: Why the Rich Own Their Own Companies and Everyone Else Works for Them (Rich Dad’s Advisors)
  7. Why We Want You to Be Rich: Two Men – One Message
  8. Rich Dad’s Guide to Raising Your Child’s Financial I.Q. (Rich Dad’s Guide to:)
  9. Rich Dad’s Before You Quit Your Job: 10 Real-Life Lessons Every Entrepreneur Should Know About Building a Multimillion-Dollar Business
  10. Rich Kid Smart Kid – Give Your Child A Financial Headstart
  11. The Business of the 21st Century
  12. The Real Book of Real Estate: Real Experts. Real Stories. Real Life.
  13. Fake: Fake Money, Fake Teachers, Fake Assets: How Lies Are Making the Poor and Middle-Class Poorer
  14. Rich Dad’s Who Took My Money?: Why Slow Investors Lose and Fast Money Wins!
  15. Rich Dad’s Prophecy: Why the Biggest Stock Market Crash in History Is Still Coming…and How You Can Prepare Yourself and Profit from It!
  16. Unfair Advantage: The Power of Financial Education
  17. Rich Dad’s Guide to Becoming Rich…Without Cutting Up Your Credit Cards
  18. Midas Touch: Why Some Entrepreneurs Get Rich-And Why Most Don’t
  19. How to Buy and Sell a Business: How You Can Win in the Business Quadrant (Rich Dad’s Advisors)
  20. Rich Dad’s Conspiracy of the Rich: The 8 New Rules of Money
  21. Why a Students Work for C Students and Why B Students Work for the Government: Rich Dad’s Guide to Financial Education for Parents
  22. Rich Dad’s Plan for Financial Success: Rich Dad Poor Dad/Rich Dad’s Cashflow Qua
  23. Second Chance: For Your Money, Your Life and Our World
  24. Rich Dad’s Success Stories: Real Life Success Stories from Real Life People Who Followed the Rich Dad Lessons
  25. If You Want To Be Rich & Happy Don’t Go To School: Ensuring Lifetime Security for Yourself and Your Children
  26. The Business School for People Who Like Helping People
  27. Rich Brother Rich Sister
  28. Workbook: Rich Dad’s Road to Riches: 6 Steps to Becoming a Successful Real Estate Investor
  29. 8 Lessons in Military Leadership for Entrepreneurs
  30. More Important Than Money: An Entrepreneur’s Team
  31. Rich Dad’s Rich Kid, Smart Kid: Giving Your Children a Financial Headstart, Vol. 1 (‘Fu ba ba, fu xiao hai-1’, in traditional Chinese, NOT in English) [Unknown]
  32. Wisdom from Rich Dad, Poor Dad: What the Rich Teach Their Kids About Money–That the Poor and the Middle Class Do Not!
  33. Titan Support Systems Max-RPM Standard Wrist Wraps
  34. The Real Book of Real Estate (Volume 1 of 2): Real experts. Real Stories. Real Life., Volume 1 [Large Print]
  35. Rich Dad’s Rich Kid, Smart Kid: Giving Your Children a Financial Headstart, Vol. 2 (‘Fu ba ba, fu xiao hai-2’, in traditional Chinese, NOT in English) [Unknown]
  36. Rich Dad, Poor Dad: Financial Education Essentials
  37. Lo Mejor De Padre Rico Secretos Para El Exito (Padre Rico/ Rich Dad) (Spanish Edition)
  38. Rich Dad Classics Boxed Set
  39. Cash Flow Lifestyle: 8 Steps to Financial Freedom
  40. Rich Dad’s Rich Kid Smart Kid 2-Pack with Bonus Rich Dad Poor Dad for Teens:
  41. Reinventing the Entrepreneur: Secrets to How Technology Has Changed the World of Business

2.1.4. Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki

Buku ini sudah terjual lebih dari 32 juta kopi dan awalnya di publish sendiri oleh Robert Kiyosaki. Setelah mengumpulkan momentum, buku ini akhirnya diambil oleh penerbit besar dan selalu masuk ke dalam daftar New York Times Bestseller selama lebih dari 6 tahun.

Oprah Winfrey Show juga meningkatkan penjualannya setelah hostnya menyebutkan tentang buku ini. Tanpa keraguan lagi, buku ini membuat karir dari Robert semakin meningkat dan dia mendapatkan kesuksesan keuangan serta ketenaran. Buku ini bercerita tentang dua orang bapak-bapak, di mana yang satunya itu miskin sementara yang lain itu sudah mengumpulkan kekayaannya setelah melakukan investasi dan usaha.

Setelah itu, Robert memberitahu kalau ayah yang kaya ini merupakan karakter fiksi, sementara ayah yang miskin ia dasarkan dari ayahnya sendiri. Buku ini memberikan beberapa pelajaran keuangan, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan real estate dan membangun sebuah bisnis. Buku ini akhirnya sukses secara komersial meski telah dikritik karena banyak alasan. Masalah paling besar dari buku ini adalah tidak adanya dokumentasi dari cerita kesuksesan keuangan yang Kiyosaki bicarakan itu.

Tidak ada yang berhasil untuk membuktikan kalau Kiyosaki benar-benar terhubung dengan kesuksesan keuangan yang ia bicarakan di dalam buku ini. Sebagai tambahan, banyak orang sudah mengkritisi buku ini karena dianggap terlalu ambigu dan membodohi kultur orang Amerika.

Sejak saat itu, Robert Kiyosaki mengklaim kalau bukunya tidak dibuat sebagai pemandu untuk mendapatkan kesuksesan finansial tetapi dibuat sebagai alat motivasi.

2.1.5. Twitter Robert Kiyosaki

Kiyosaki merupakan penulis dari Amerika. Selain itu, dia juga merupakan investor, pengusaha, advokat edukasi finansial, dan penulis dari richdad.com. Penulis ini memiliki akun Twitter dengan nama therealkiyosaki dan alamat Twitter @theRealKiyosaki. Pada akun twitternya ini dia memiliki pengikut sebanyak 1,7 juta. Ia juga memulai perjalanan media sosialnya ini pada bulan April 2009.

2.1.6 Bisnis Robert Kiyosaki (Business)

Cerita kesuksesan dari billioner Robert Kiyosaki dimulai dengan kebangkrutan. Setelah menganalisis kesalahan yang ia buat, Robert menyimpulkan kalau masalah tersebut adalah hal yang banyak dirasakan oleh pengusaha pada umumnya.

Pada saat itu, ia dan istrinya yang bernama Kim memutuskan untuk membagikan rahasia mereka juga pikiran mereka kepada orang-orang. Sebagai hasil dari hal tersebut, pasangan ambisius ini membuka sekolah literasi keuangan pertama mereka yang sudah selama 10 tahun mengajarkan mengenai manajemen bisnis dasar.

Setelah mereka menjual perusahaan tersebut, pasangan ini dapat memastikan kalau hidup mereka itu sudah aman. Hal pertama digantikan oleh perusahaan edukasi internasional Rich Dad’s Organization.

Sebagai bagian dari bisnis ini, pasangan Kiyosaki merilis aktivitas pengajaran yang ditambah dengan beberapa hal dari pekerjaan penulis ini. Kiyosaki menggunakan audio dan video, pelatihan, seminar, serta workshop.
Ciptaan nya yang paling terkenal adalah game papan bisnis, Cash Flow 101, dan Cash Flow 202 yang mengajarkan mengenai strategi investasi. Game ini digunakan pada program edukasi di universitas ekonomi dan juga manajer dari perusahaan besar sangat menyukai permainan ini.

Pencapaian utama pada edukasi yang dilakukan oleh Kiyosaki harus memasukkan konsep dari quadrant arus uang dan interpretasi dari aset dan juga liabilitas, berbeda dengan kebanyakan hal dari akuntansi klasik.

Namun harus diingat kalau Kiyosaki memiliki pengalaman dalam berinvestasi di berbagai area seperti minyak, gas, saham, serta real estate, yang tidak dianggap sebagai lingkaran finansial yang serius. Meski begitu,

Robert masih menjadi pionir dalam menghasilkan uang pada bisnis informasi. Robert sendiri menjadi sangat selektif dalam hal-hal yang berhubungan dengan profit yang didapatkan dari modal substansi dan membiarkan dirinya sendiri untuk tidak bekerja.

Dengan ini, bukan berarti Kiyosaki malas, tapi tidak adanya kebutuhan untuk bekerja lagi. Dalam kata lain, kebebasan finansial itu adalah kemampuan untuk bisa keluar dari pekerjaan kamu jika kamu tidak mau melakukannya lagi.

Namun pengusaha ini tidak meninggalkan jalan edukasi, ia tetap menulis buku yang bahkan salah satu dari bukunya merupakan kolaborasi dengan Donald Trump. Bukunya yang paling terkenal, Rich Dad Poor Dad, sudah menjadi best seller sejak lama di administrasi keuangan.

Awalnya memang sulit untuk dibayangkan kalau tidak ada toko yang mau membeli buku ini, sehingga Kiyosaki berusaha untuk menjualnya di manapun ia bisa. Prototipe dari ayah yang miskin merupakan ayah dari Robert sendiri.

Saat anaknya sedang wajib militer, ayah Kiyosaki berusaha menjadi Lieutenant Governor of Hawaii, tapi kalah dan keluar dari pekerjaannya. Lalu ia membeli restoran franchise tetapi bangkrut.

Namun ayah yang kaya ini merupakan gambaran umum tentang mereka yang sudah mencapai kesuksesan, termasuk Robert Kiyosaki sendiri. Pada buku Who Took My Money? Robert menjelaskan bagaimana dan kenapa penting untuk meningkatkan level edukasi keuangan.

Pada Rich Dad’s Success Story penulis ini memasukkan cerita tentang orang-orang yang mengambil manfaat dari saran dan panduan dia. Ide utama dari buku pengusaha ini bukan hanya untuk menghasilkan uang tapi juga jika kamu gagal, kamu harus mencari kekuatan untuk berdiri dan melanjutkan hidup.

2.1.7 Robert Kiyosaki 4 Kuadran

Robert merupakan orang yang tidak pernah absen untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang supaya bisa mendapatkan kebebasan finansial. Supaya impian kamu untuk mendapatkan kebebasan finansial terwujud, disini kita akan membahas mengenai teori Cashflow Quadrant.

Cashflow Quadrant membagi manusia ke dalam empat tipe dalam mendapatkan penghasilan, yang pertama adalah karyawan, pengusaha, pendiri perusahaan, sampai konglomerat. Kuadran E yang berada di bagian kiri diagram merupakan mereka yang nyaman dengan keadaan mereka dan tidak berani mencari risiko yang besar.

Kuadran S ada di sebelah kiri berikutnya, dimana mereka yang ada di bagian ini lebih berani mengambil risiko tetapi tidak bisa bekerja sendiri. Lalu di Kuadran B yang bisa mempekerjakan dirinya sendiri dan datang untuk mendapatkan keuntungan.

Dan terakhir adalah Kuadran I yang merupakan puncak dari Cashflow Quadrant. I merupakan investor dimana 44% dari mereka menguasai total kekayaan dunia. Mereka adalah orang yang disebut dengan The Richest 1%. Paham akan Cashflow Quadrant sangat penting untuk bisa mencapai kebebasan finansial.

Hal ini dilakukan supaya kita lebih mengerti mengenai penghasilan di dalam hidup kita. Bukan untuk membuat kita iri kepada orang lain tapi malah mengetahui kelebihan serta risiko masing-masing individu. Jika kamu sudah mengetahuinya maka kamu bisa belajar hal-hal yang penting supaya kamu bisa mencapai kebebasan finansial.

2.1.8 Robert Kiyosaki Bitcoin

Robert mengatakan kalau masa depan dari mata uang virtual Bitcoin sangatlah cerah. Meski begitu, ia menyarankan kepada orang-orang untuk tetap hati-hati dan dia sedang menunggu harga turun sebelum ia melakukan investasi lebih banyak lagi.

Meski Bitcoin naik sebanyak 1,69%, sebelumnya Robert memperkirakan kalau harga dari Bitcoin ini bisa jatuh secara signifikan. Dia pernah mengatakan pada bulan Juli kalau gelembung besar dalam sejarah dunia akan semakin besar dan kehancuran terbesar di dalam sejarah dunia akan datang.

Namun, Kiyosaki masih menganggap kalau Bitcoin merupakan investasi yang memberikan keuntungan cukup besar. Bahkan sejak pada bulan Agustus, ia menyarankan kepada orang-orang untuk berinvestasi dengan emas, perak, serta Bitcoin karena ada kemungkinan kalau Amerika Serikat akan bangkrut.

2.1.9 Anak-Anak Kiyosaki (Children)

Meski Robert Kiyosaki sudah memiliki istri sejak waktu yang cukup lama, ia dan istrinya belum memutuskan untuk memiliki anak. Meski kedua pasangan ini masih tidak punya anak, mereka memiliki kehidupan yang cukup menyenangkan dimana mereka bisa mencintai satu sama lain dengan lebih tanpa adanya anak. Kedua pasangan ini kini hidup dalam keadaan memiliki kebebasan finansial.

2.1.10 Kim Kiyosaki

Pada bulan November tahun 1986, Robert menikahi Kim. Pada saat di awal karirnya, Kim bekerja sebagai manajer di perusahaan majalah iklan. Lalu Kim berubah pekerjaan menjadi pengelola pertukaran baju perempuan.

Pada tahun 1989, ia mulai berinvestasi secara besar dengan membeli rumah di Portland dan mulai untuk menyewakannya. Calon pasangan miliuner ini bertemu di Honolulu lewat teman mereka yang bernama Karen.

Pada saat yang bersamaan, Karen sudah berpacaran dengan Robert sejak 8 tahun sebelumnya. Kim menolak untuk berpacaran dengan lelaki ini selama 6 bulan karena tidak yakin kalau teman dekatnya ini tidak memiliki perasaan kepada Kiyosaki.

Pertamanya Kiyosaki memang melihat dari penampilan calon istrinya ini. Kencan pertama mereka dilakukan pada restoran terbaik di Honolulu lalu berubah menjadi jalan malam di pantai dengan sebotol champagne.

Kim lalu mengaku kalau berkat rencananya ini, Robert berhasil memenangkannya. Saat pasangan ini mulai untuk berkomunikasi lebih dekat, baru diketahui kalau Kim adalah wanita yang cerdas. Istrinya ini selalu mendukung Robert dalam hal apa saja, berpartisipasi di perusahaan edukasi suaminya, dan dengan berani menahan masa-masa menyedihkan di dalam hidup mereka.

Menurut Kiyosaki, istrinya ini ternyata merupakan investor yang lebih sukses dan kompeten daripada dirinya sendiri. Kedua pasangan ini kini hidup di Bisbee, Arizona dan mereka sering melakukan liburan. Robert sering membagikan foto dari perjalanan mereka pada akun Instagramnya.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan penulis terkenal dan juga investor sukses Robert Kiyosaki dari tim GICTrade. Dengan membaca artikel ini kamu akan mengetahui tentang awal karirnya perjalanan hidupnya bagaimana ia mencapai kesuksesannya, bagaimana ia bisa bertemu istrinya, dan bagaimana kehidupannya saat ini. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa termotivasi untuk mendapatkan kebebasan finansial kamu sendiri supaya kamu bisa hidup dalam kenyamanan sampai hari tua.

Baca juga artikel mengenai perbankan, komoditas dan forex lainnya di Jurnal GIC seperti “Pasar Modal Adalah? Pengertian, Fungsi, dan Instrumennya“. Dan Jangan ketinggalan juga mendapatkan bonus GICT dengan mengikuti jumat barokah dan 100% Deposit Bonus.

Rinaldi Syahran
Experienced in SEO since 2009. Especially for content. Starting as a professional in the world of content since 2013. Has worked on game content, education, finance, politics, travel, football, automotive, film, music, start-ups, business, entrepreneurship, health, entertainment, to viral news.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami