Memahami Tentang Revaluasi Aset Tetap

Revaluasi aset tetap adalah kegiatan yang menggambarkan nilai sebenarnya dari barang modal yang dimili pada suatu bisnis. Baca lebih lanjut tentang revaluasi aset tetap dibawah ini !

Apa Itu Revaluasi Aset tetap

Revaluasi aset tetap adalah tindakan yang mungkin diperlukan untuk secara akurat menggambarkan nilai sebenarnya dari barang modal yang dimiliki bisnis. Ini harus dibedakan dari penyusutan yang direncanakan, di mana penurunan nilai aset yang tercatat terkait dengan usianya.

Aset tetap dimiliki oleh suatu perusahaan untuk tujuan memproduksi barang atau memberikan jasa, sebagai lawan dimiliki untuk dijual kembali untuk kegiatan usaha normal. Contoh, mesin , bangunan , paten , atau lisensi dapat menjadi aset tetap bisnis.

Tujuan revaluasi adalah untuk memasukkan nilai pasar wajar aset tetap ke dalam pembukuan. Ini mungkin berguna untuk memutuskan apakah akan berinvestasi di bisnis lain. Jika sebuah perusahaan ingin menjual salah satu asetnya, aset tersebut dinilai kembali sebagai persiapan untuk negosiasi penjualan.

Revaluasi digunakan untuk menyesuaikan nilai buku aset tetap dengan nilai pasar saat ini. Ini adalah opsi di bawah Standar Pelaporan Keuangan Internasional, tetapi tidak diperbolehkan berdasarkan Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum. 

Setelah bisnis melakukan revaluasi aset, maka aset tersebut ditulis pada nilai wajarnya, memangkas akumulasi penyusutan dan juga pada akumulasi kerugian penurunan dari suatu nilai. Sebuah organisasi tidak dapat secara selektif menerapkan revaluasi untuk aset tetap individu. Sebaliknya, ini diterapkan ke seluruh kelas aset.

Revaluasi Aset maksudnya adalah sebuah perubahan dengan nilai pasar aset, meningkat atau menurun. Pada umumnya, evaluasi akan dilakukan pada suatu aset setiap kali terdapat perbedaan diantara suatu nilai pasar aset pada waktu sekarang dan besaran nilainya pada neraca perusahaan.

revaluasi aset tetap

Apa Manfaat Dari Revaluasi Aset?

Semua hal pasti memiliki manfaat, termasuk pada revaluasi aset ini, ada berbagai manfaat yang didapatkan jika menjalankan revaluasi aset, manfaat tersebut adalah :

Menampilkan Posisi Sebuah Kekayaan yang Bersifat Wajar

Maksud utama dari melakukan revaluasi aset yaitu untuk menyerahkan nilai sesungguhnya dari aset dari perusahaan. Dengan begitu, nilai dari aset tercatat di dalam sebuah laporan keuangan akan mewakili jumlah dari nilai wajar.

Revaluasi aset pun akan menjadi sangat vital bagi perusahaan atau organisasi yang sedang  melaksanakan Initial Public Offering (IPO) karena dengan itu perusahaan dapat menggunakannya untuk mengatur jumlah nilai dari aset dengan sebuah harga yang condong lebih realistis.

Mengontrol Suatu Modal

Revaluasi aset akan tetap bermanfaat untuk dapat mengurangi rasio utang terhadap ekuitas perusahaan. Jadi, jika sebuah perusahaan yang ingin melakukan hutang dari bank, maka bank dengan mudah dapat meminjamkan hutang.

Hal ini karena faktor dari jumlah nilai modal sebuah perusahaan mendapatkan peningkatan, maka dari itu rasio kecukupan modal juga akan meningkat. Dengan begitu bank akan meminjamkan kepada perusahaan dan juga pelanggan lainnya.

Revaluasi aset sangat berguna di dalam memanage modal dari perusahaan. Maka dari itu bank akan dapat benefits dari perusahaan. 

Menarik Investor

Fungsi lain dari melakukan revaluasi aset adalah peningkatan performa keuangan suatu perusahaan. Jadi, hal ini dapat digunakan untuk memikat para investor. Anda dapat memulai dengan cara mencetuskan obligasi atau menawarkan saham/stock perusahaan.

Dengan melaksanakan perhitungan berlandaskan debt to assets ratio perusahaan dan debt to equity ratio, para kreditur tentu menurunkan kepercayaannya tururt ikut menanamkan modalnya pada perusahaan.

Mengurangi Kewajiban Pajak

Dengan perkembangan yang terjadi, tingkat nilai sebuah aset perusahaan yang awalnya rendah maka tentu akan terus meningkat. Sementara nilai aset tersebut meningkat, jadi akan mempengaruhi anggaran penyusutan perusahaan. Karena anggaran penyusutan akan meningkat dan juga akan berdampak pada laporan keuangan. Dengan demikian, laba yang dihasilkan akan berkurang sehingga beban kewajiban perpajakan yang berlaku pada tahun tersebut juga akan berkurang.

Membantu Perusahaan yang Merencanakan Penggabungan

Selain itu revaluasi aset akan menyokong perusahaan perusahaan yang hendak melakukan merger dengan company lainnya. Pasalnya, perusahaan yang akan melakukan merger tentunya harus menilai kembali setiap aset tetapnya. Dengan demikian, nilai sebenarnya dari aset akan diketahui.

Revaluasi Aset: Metode, Manfaat, Aturan, dan Keuntungan

Tujuan 

Salah satu alasan utama untuk melakukan revaluasi secara berkala adalah untuk menentukan nilai pasar wajar aset. Selain itu, di bawah ini adalah alasan dilakukannya revaluasi aset tetap:

  • Menampilkan nilai yang benar dan adil kepada para pemangku kepentingan;
  • Untuk negosiasi nilai yang benar dan wajar sebelum melakukan merger dan akuisisi;
  • Pengembalian sebenarnya atas modal yang digunakan oleh organisasi dalam bisnis;
  • Penyediaan dana yang diperlukan dalam bisnis untuk penggantian aset lama pada akhir masa manfaatnya. Ini diperlukan untuk mengisi mereka dengan aset baru.
  • Untuk mencapai nilai wajar untuk melakukan transaksi jual dan sewa-balik suatu aset;
  • Penjualan suatu aset atau sekelompok aset;
  • Kepatuhan terhadap peraturan juga mengamanatkan revaluasi aset dari waktu ke waktu.

 

Metode 

Terdapat beberapa metode dari revaluasi aset yang perlu diketahui, yaitu : 

Metode Indeksasi

Di bawah metode indeksasi, indeks diterapkan pada biaya aset untuk sampai pada biaya saat ini. Indeks ini diterbitkan oleh otoritas XXXX untuk melakukan revaluasi aset.

Harga Pasar Saat Ini

Revaluasi Bangunan : Penilai real estat melakukan penilaian bangunan dari waktu ke waktu.

Revaluasi tanah : Pialang, penilai berlisensi, dan lembaga penilai melakukan penilaian tanah berdasarkan perkiraan harga yang tersedia di pasar.

Properti, Pabrik, dan Mesin : Estimasi properti, pabrik, dan mesin dilakukan berdasarkan rincian biaya yang diambil dari Pemasok. Kadang-kadang rincian ini mungkin tidak tersedia karena penutupan perusahaan Pemasok, mesin usang, perubahan persyaratan pasar, dll. Dalam hal ini, penilaian dilakukan berdasarkan nilai aset baru yang serupa dibandingkan dengan aset tersebut. sisa masa manfaat yang diberikan pada keseluruhan masa manfaat aset.

Revaluasi selektif : Dalam metode ini, hanya aset tertentu dalam kelas aset atau sekelompok aset di lokasi tertentu yang dinilai kembali. Namun, karena praktik ini, hanya kelas aset atau aset tertentu di lokasi tertentu yang direvaluasi, yang menyebabkan beberapa aset ditampilkan pada jumlah yang direvaluasi dan saldo pada biaya historis. Oleh karena itu metode ini tidak dianjurkan dalam bisnis biasa.

Harga Minyak Tetap Tinggi pada Tahun yang Akan Datang

Keuntungan Revaluasi Aset 

Bila anda melakukan revaluasi aset maka inilah keuntungan-keuntungannya : 

  • Jika suatu aset dilakukan revaluasi pada sisi bagian atas, maka hal ini akan mengambangkan laba tunai Entitas (Laba Bersih ditambah Penyusutan).
  • mendapatkan kesepakatan/negosiasi biaya yang wajar untuk aset entitas sebelum merger dengan atau mengalihkan oleh perusahaan lain.
  • Pada saldo kredit cadangan revaluasi dapat dipakai untuk mngganti aset tetap pada waktu akhir masa fungsinya.
  • Membantu untuk rasio leverage (Pinjaman Aman ke Ibukota) berkurang.
  • Keuntungan pajak : Ini meningkatkan nilai aset; maka jumlah pengurangan akan meningkat, sehingga terjadi penyusutan pajak penghasilan.

Kekurangan Revaluasi Aset 

  • Perusahaan tidak bisa merevaluasi aset tetap secara rutin setiap tahunnya atau harga aset tetap mungkin tidak akan menurun. Pada situasi seperti itu, penyusutan tidak bisa dilimpahkan oleh perusahaan.
  • Total penyusutan yang dilimpahkan pada revaluasi aset tetap tidak memperlihatkan pola yang tertata/teratur.
  • Perusahaan mengeluarkan banyak harga untuk revaluasi aset tetap karena pekerjaan ini memerlukan dukungan atau bantuan dari ahli teknis, dan peningkatan harga mewujudkan keuntungan yang lebih sedikit.

Itu semua penjelasan tentang rekonsiliasi bank, anda dapat membaca juga artikel GIC lainnya untuk mendapatkan ilmu lebih, seperti Ghozali Everyday Support GIC Verse hanya di Jurnal GIC. Pastikan, unduh GIC Mobile Apps di Google Play Store juga Apple App Store.

Jangan lupa untuk registrasi trading di GIC untuk mencoba mulai memiliki aset digital.

GIC

suharyani
"Writing is easy. All you do is stare at a blank sheet of paper until drops of blood form on your forehead.” – Gene Fowler. Ani is a content and copywriter who really loves her job and very interested in the digital marketing field especially Social Media and SEO.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami