Komoditi: Cara Kerja, Jenis, dan Sistem Perdagangannya

Artikel ini terakhir di perbaharui August 8, 2022 by Wachda Mihmii
Komoditi: Cara Kerja, Jenis, dan Sistem Perdagangannya

Komoditi adalah jenis produk yang biasanya diperdagangkan secara luas seperti bahan pertanian, logam, maupun energi. Untuk lebih lengkapnya mengenai komoditi ini, Anda bisa membaca artikel di bawah ini. Sementara sebelum itu, follow juga Instagram GIC untuk info seputar komoditi!

Penjelasan Komoditi Adalah?

Komoditi adalah jenis produk yang tersedia secara luas yang tidak berbeda nyata dari satu unit ke unit lainnya.

Dalam kategori Komoditi, satu item atau unit dapat diganti dengan yang lain dengan hasil yang serupa. Contoh Komoditi, dalam pengertian tradisional, termasuk gula, gandum, karet, bahan bakar minyak, sapi, emas, aluminium dan wol – di antara sejumlah besar produk lainnya. Produk lain, seperti angin dan tenaga surya dan penyeimbang gas rumah kaca dianggap sebagai Komoditi baru, yang pasarnya sedang berkembang tetapi belum matang.

Menurut definisi, produk Komoditi tidak memiliki nilai jual yang unik. Dalam konteks TI, istilah ini biasanya membedakan produk konsumen biasa dari produk khusus atau produk berkinerja tinggi. Komoditi, dalam konteks ini, adalah produk kelas bawah tetapi fungsional tanpa ciri khas. Komputer Komoditi , misalnya, adalah PC standar yang tersedia secara luas untuk dibeli. 

Seiring dengan matangnya teknologi dan pasar untuk produk tertentu, produk tersebut kemungkinan besar akan dianggap sebagai Komoditi, setidaknya dalam implementasinya yang lebih mendasar. Menurut beberapa analis pasar, meningkatnya keberadaan smartphone dan konsistensi fitur dari satu merek ke merek lain berarti bahwa produk tersebut menjadi Komoditi.

Perdagangan Berjangka Komoditi Adalah?

Perdagangan Berjangka Komoditi adalah perjanjian untuk membeli atau menjual sejumlah Komoditi tertentu pada harga tertentu pada tanggal tertentu di masa depan. Komoditi termasuk logam, minyak, biji-bijian dan produk hewani, serta instrumen keuangan dan mata uang. Dengan pengecualian terbatas, perdagangan kontrak berjangka harus dilakukan di lantai bursa Komoditi.

Commodity Futures Trading Commission (CFTC) adalah lembaga pemerintah federal yang mengatur pasar perdagangan berjangka Komoditi, opsi Komoditi, dan swap. Siapapun yang memperdagangkan berjangka dengan publik atau memberikan nasihat tentang perdagangan berjangka harus terdaftar di National Futures Association (NFA), regulator independen bagi siapa saja yang memperdagangkan berjangka dengan publik.

Memahami Makna Komoditi, Jenis, dan Juga Sistem Perdagangannya

Setelah mengetahui mengenai penjelasan komoditi serta perdagangan berjangka komoditi, selanjutnya kita akan memahami mengenai komoditi, jenis, serta sistem perdagangannya.

Cara Kerja Perdagangan Komoditi Adalah?

Investor membeli dan menjual Komoditi melalui kontrak berjangka di bursa, atau kontrak forward over-the-counter. Ini secara efektif berarti bahwa harga disepakati beberapa bulan sebelumnya, dan pertukaran ini menstandarkan kuantitas dan kualitas minimum Komoditi. Misalnya, London Commodity Exchange mungkin menetapkan bahwa 5.000 gantang terdiri dari satu kontrak gandum. Itu juga akan menyatakan kadar gandum mana yang dapat digunakan untuk memenuhi kontrak. Semua gandum yang memenuhi tingkat dan kriteria tersebut akan dijual dengan harga yang sama, di mana pun ia ditanam, dan sedikit variasi dalam kualitasnya.

Di pasar Komoditi fisik, akan ada pertukaran barang yang sebenarnya. Produsen sereal sarapan mungkin juga membeli kontrak berjangka untuk jagung dengan tanggal pengiriman beberapa bulan ke depan. Dengan cara ini, membeli di bawah kontrak berjangka akan melindungi pembeli jika harga pasar jagung di masa depan lebih tinggi dari harga yang disepakati. Kepastian bahwa transaksi akan terjadi memungkinkan kedua belah pihak untuk merencanakan dan menganggarkan dengan percaya diri.

Namun, sebagian besar pedagang Komoditi tidak mengambil kepemilikan fisik atas barang tersebut. Spekulan atau pedagang Komoditi mengambil posisi keuangan (panjang atau pendek) pada Komoditi. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan platform perdagangan online . Komoditi juga dapat diperdagangkan sebagai taruhan spread (khusus Inggris dan Irlandia) atau contract for difference (CFD).

3 Jenis Produk Komoditi Adalah?

Pasar Komoditi adalah pasar di mana barang-barang Komoditi diperdagangkan. Pasar Komoditi dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara, seperti barang yang dijual atau unit moneter yang digunakan untuk mengukur harga.

1. Pertanian

Komoditi pertanian seperti kopi, jagung – sumber makanan penting bagi ternak dan manusia, gula, kedelai – yang minyaknya digunakan untuk membuat kerupuk, roti, kue, dan cookies, dan gandum – salah satu tanaman pangan terpenting di Indonesia. Dunia.

2. Energi

Komoditi energi termasuk minyak mentah yang digunakan dalam kegiatan transportasi dan produksi plastik, gas alam yang digunakan untuk pembangkit listrik, dan bensin, yang menggerakkan truk dan mobil ringan.

3. Logam

Logam termasuk emas, digunakan dalam pembuatan perhiasan; perak, juga digunakan untuk perhiasan dan banyak kegunaan industri lainnya; dan tembaga, bentuk kabel listrik yang paling banyak digunakan.

sekilas-tentang-komoditi

Sistem Perdagangan Komoditi

Sistem perdagangan komoditi sendiri biasanya didasarkan pada:

  • Program komputer yang memberi sinyal kapan harus membeli dan menjual Komoditi berjangka dan kontrak opsi
  • Sinyal didasarkan pada rumus matematika dan biasanya merupakan analisis teknis dari data perdagangan, seperti volume dan harga perdagangan
  • Sinyal tidak didasarkan pada analisis fundamental faktor ekonomi, seperti penawaran dan permintaan
  • Analisis teknis mencoba memprediksi pergerakan harga di masa depan berdasarkan harga historis, hubungan harga, dan tren harga

Komoditi apa yang paling diminati?

Beberapa Komoditi yang paling populer termasuk minyak mentah, gas alam, emas dan perak. Komoditi lain yang biasa diperdagangkan termasuk minyak pemanas, gula, jagung, kopi, gandum dan kedelai. Kopi Arabika dan Robusta juga populer di pasar Komoditi lunak, jadi pelajari cara berdagang kopi​. Komoditi yang paling aktif diperdagangkan akan berbeda tergantung pada bagaimana kinerja pasar. Misalnya, pasar minyak yang sangat fluktuatif dapat menarik lebih banyak spekulan harga. Ini meningkatkan volume dan minat terbuka:

  • Volume berkaitan dengan jumlah total kontrak yang diperdagangkan.
  • Open interest adalah jumlah total open posisi long dan short di pasar.

Jadi, apa Komoditi yang paling berharga? Komoditi dengan volume tinggi seringkali yang paling populer untuk diperdagangkan. Pasar Komoditi volume rendah dapat rentan terhadap volatilitas yang lebih tinggi atau bahkan perubahan harga yang liar. Topik ‘Komoditi paling berharga’ tergantung pada banyak faktor: stabilitas politik, sosial dan ekonomi suatu wilayah dan faktor eksternal seperti kondisi cuaca dan bencana alam yang dapat merusak produksi Komoditi pertanian, misalnya.

Nilai Komoditi Adalah

‘Nilai Komoditi’ mewakili nilai intrinsik aset tertentu dalam pasarnya, yang tercermin dari harganya. Ini dapat berubah tergantung pada perubahan dan pembaruan pasar. Perdagangan berita melibatkan mengikuti dan menanggapi perubahan sosial, politik, dan ekonomi saat ini, yang dapat bermanfaat bagi pedagang jangka pendek dan jangka panjang.

Misalnya, jika sebuah laporan diterbitkan yang menyatakan bahwa permintaan emas telah mencapai titik terendah sepuluh tahun, banyak pedagang akan mencari untuk menjual emas karena khawatir nilainya akan menurun. Kenaikan tiba-tiba dalam jumlah orang yang menjual emas dapat berdampak pada perdagangan Anda, karena akan mendorong harga emas lebih rendah dan nilai emas akan meningkat. Harga emas juga dapat mempengaruhi harga tembaga, perak atau logam mulia lainnya. Baca tentang cara berinvestasi emas​​ untuk memahami strategi, indikator, dan metode analisis teknis terbaik untuk pasar Komoditi.

Buletin berita berdampak tinggi dapat berdampak pada pasar Komoditi dan nilai Komoditi tertentu. Dengan memahami bagaimana memanfaatkan peristiwa ini, Anda mungkin dapat meningkatkan profitabilitas Anda.

Tren Harga Komoditi

Sebagian besar pedagang Komoditi memasukkan analisis teknis ke dalam rencana perdagangan mereka. Analisis teknis melibatkan pemanfaatan data pergerakan harga sebelumnya untuk memperkirakan pergerakan harga di masa depan. Pedagang ini baru memulai akan mendapat manfaat dari mempelajari cara membaca grafik perdagangan. Pemahaman dasar tentang grafik dapat membantu Anda mengantisipasi pergerakan pasar potensial. Titik awalnya adalah dengan melihat grafik harga pasar yang Anda minati untuk diperdagangkan.

Perdagangan tren adalah salah satu aturan emas perdagangan. Misalnya, analisis teknis dasar menunjukkan bahwa waktu yang ideal untuk membeli Komoditi yang sedang tren naik adalah saat menembus ke level tertinggi baru. Namun, analisis teknis tidak menjamin hasil tentu saja.

Banyak pedagang Komoditi mempertimbangkan rilis berita dan peristiwa ekonomi untuk membangun strategi perdagangan yang digerakkan oleh peristiwa. Mereka akan terus memantau dan menganalisis faktor-faktor yang kemungkinan akan mempengaruhi pasar Komoditi yang relevan, berharap mendapat manfaat dari setiap perubahan pergerakan harga.

Setelah mengetahui mengenai komoditi, cara kerja, jenis, sistem, beserta hal lainnya, Anda bisa mulai trading komoditi ini dengan jenis-jenis yang telah dijelaskan di atas. Jika Anda ingin trading Gold/emas, GIC juga menyediakan komoditi logam tersebut bagi para trader. Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa trading di GIC adalah dengan melakukan registrasi bersama kami terlebih dahulu dan nikmati segala keuntungan trading di GIC!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami