Yuk Ketahui Cara Menyiapkan Tabungan Dana Darurat!

Artikel ini terakhir di perbaharui July 15, 2022 by Wachda Mihmii
Yuk Ketahui Cara Menyiapkan Tabungan Dana Darurat!

Masa depan tidak pernah bisa diprediksi. Pastinya nanti akan terdapat pengeluaran yang tidak terduga pada setiap individu. Entah untuk biaya keperluan sekolah, pengobatan, maupun kejadian lainnya. Untuk itu, terdapat yang namanya dana darurat yang bisa kalian siapkan untuk keperluan mendadak tersebut. Kali ini, kita akan membahas apa yang dinamakan dengan dana darurat ini.

Dana darurat merupakan suatu tabungan cadangan yang dikumpulkan untuk keadaan darurat dan mendesak di masa depan. Dana darurat ini bisa kalian sisihkan dari biaya bulanan milik kalian. Untuk lebih lengkapnya mengenai emergency fund ini, kalian bisa memahaminya melalui artikel di bawah ini. Sebelum itu, jangan lupa ikuti akun Instagram GIC untuk rangkuman singkat dari artikel kami!

Penjelasan Dana Darurat

Dana darurat adalah uang di rekening bank yang disisihkan untuk pengeluaran yang tidak direncanakan , seperti tagihan medis atau perbaikan mobil atau rumah. Emergency Fund juga dapat membantu Anda mengatasi kehilangan pendapatan, akibat kehilangan pekerjaan atau sakit yang berkepanjangan. Menggunakan dana yang dialokasikan untuk tagihan tak terduga dapat mengurangi kebutuhan dan biaya yang terkait dengan kartu kredit berbunga tinggi atau pinjaman pribadi untuk membayarnya.

Dana darurat sendiri biasanya merupakan tabungan atau rekening bank terpisah yang digunakan untuk menutupi atau mengimbangi pengeluaran dari situasi yang tidak terduga. Seharusnya tidak dianggap sebagai telur sarang atau dihitung sebagai bagian dari rencana tabungan jangka panjang untuk biaya kuliah, mobil baru, atau liburan. Sebaliknya, dana ini berfungsi sebagai jaring pengaman, hanya untuk disadap ketika terjadi keadaan darurat.

Cara Menghitung Dana Darurat

Dana darurat harus mencakup pengeluaran selama tiga hingga enam bulan, tetapi menghemat jumlah itu membutuhkan waktu. Untuk membantu Anda memulai, mulailah dengan tujuan kecil, seperti menghemat $5 per hari. Kemudian bekerja dengan cara Anda hingga cadangan untuk menutupi biaya beberapa bulan.

Tujuan tabungan Anda akan tergantung pada pendapatan dan pengeluaran Anda. Fokus pada memiliki cukup uang untuk menutupi pengeluaran, bukan mengganti seluruh pendapatan Anda.

Pencari nafkah tunggal, pemilik bisnis, atau mereka yang memiliki pendapatan variabel harus menargetkan pengeluaran selama sembilan hingga 12 bulan dalam Emergency Fund.

Jumlah yang tepat untuk Anda tergantung pada keadaan keuangan Anda, tetapi aturan praktis yang baik adalah memiliki cukup uang untuk menutupi biaya hidup selama tiga sampai enam bulan. (Anda mungkin membutuhkan lebih banyak jika Anda bekerja lepas atau bekerja musiman, misalnya, atau jika pekerjaan Anda sulit untuk diganti.) Jika Anda kehilangan pekerjaan, Anda dapat menggunakan uang itu untuk membayar kebutuhan sementara Anda mencari pekerjaan baru, atau dana tersebut dapat melengkapi tunjangan pengangguran Anda. Mulailah dari yang kecil, kata Weston, tetapi mulailah.

Memiliki bahkan $500 disimpan dapat membuat Anda keluar dari banyak goresan keuangan. Singkirkan sesuatu sekarang, dan bangun dana Anda dari waktu ke waktu.

Sementara ukuran Emergency Fund Anda akan bervariasi tergantung pada gaya hidup Anda, biaya bulanan, pendapatan, dan tanggungan Anda, aturan praktisnya adalah menyisihkan setidaknya tiga sampai enam bulan pengeluaran. Jumlah ini mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi idenya adalah menyisihkan sedikit uang setiap minggu atau dua minggu untuk mencapai tujuan itu. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menyesuaikan jumlah berdasarkan kewajiban tagihan Anda, kebutuhan keluarga, stabilitas pekerjaan, atau faktor lainnya.

Fungsi Dana Darurat

Apa yang bisa ditambahkan dana darurat ke dalam hidup Anda? Kedamaian pikiran dan keamanan.

Tidak peduli berapa gaji Anda, semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki tabungan untuk memenuhi pengeluaran tak terduga tanpa perlu pergolakan dalam hidup dan keuangan mereka. Inilah satu-satunya alasan mengapa perlu menyiapkan alat keuangan ini.

Dari sudut pandang praktis, Emergency Fund yang memadai dapat menghentikan Anda berutang dan, yang lebih penting, melakukannya dengan tingkat bunga yang tinggi. Bayangkan mobil Anda mogok dan Anda tidak memiliki Emergency Fund atau tabungan apa pun. Bagaimana Anda akan membayar untuk perbaikan? Dengan membiayainya, berarti Anda akan membayar lebih untuk itu dan memberi diri Anda kewajiban pembayaran baru setiap bulan.

Anda tidak perlu menunda rencana tabungan Anda setiap kali sesuatu yang tidak terduga muncul dan kemudian mulai lagi dari awal. Bahkan jika Anda telah mengotomatiskan sistem tabungan Anda, seperti yang dijelaskan di bawah ini, itu tidak akan merepotkan.

Mulai dari mana?   Ketika datang untuk membangun Emergency Fund Anda, dua pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda adalah berapa banyak yang Anda butuhkan dan bagaimana mengumpulkan uang itu.

Dana darurat memiliki fungsi utama untuk menenangkan pikiran Anda dalam menghadapi krisis, berbeda dengan ketika Anda tidak memiliki investasi apa pun untuk membantu mengurangi dampak darurat yang tiba-tiba. Artinya, rencana darurat dapat berfungsi sebagai agen pengurangan stres. Tidak memiliki Emergency Fund berarti Anda biasanya akan membutuhkan bantuan atau pinjaman eksternal setiap kali Anda mengalami kesulitan keuangan.

Fungsi lain dari memiliki dana tabungan darurat meliputi:

  1. Perlindungan tujuan investasi lainnya: Dengan dana darurat yang disiapkan, tidak perlu lagi mencari likuidasi investasi lain yang ditargetkan untuk tujuan tertentu yang sedang Anda bangun. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di Kode Kedalaman dan bagaimana pengaruhnya terhadap perjalanan investasi Anda. Anda juga dapat mengakses Emergency Fund Anda kapan saja ada keadaan darurat yang membutuhkan dana.
  2. Disiplin keuangan: Menyimpan uang untuk lindung nilai terhadap risiko hidup dapat membantu membangun disiplin keuangan Anda dan membantu mengurangi pengeluaran sembrono secara drastis.
  3. Beban keuangan rendah: Dengan dana darurat, Anda dapat menghindari pinjaman dan menempatkan diri Anda dalam kesulitan lebih lanjut ketika ada krisis.

Tips Menabung Dana Darurat

Terdapat tips yang bisa kalian terapkan jika ingin menabung dana darurat tersebut. Memiliki Emergency Fund membantu Anda melewati hari-hari hujan dan memberi Anda ketenangan pikiran mengetahui bahwa Anda dapat mengatasi badai apa pun yang datang. Berikut adalah langkah-langkah untuk membangun dana darurat Anda.

Buat anggaran

Seperti apa pun, mulailah dengan membuat anggaran. Ini membantu Anda mengelola uang Anda dengan lebih baik dan menemukan tempat yang dapat Anda hemat. Mulailah dengan mencatat pendapatan bulanan Anda dan semua pengeluaran bulanan Anda. Buatlah sedetail mungkin. Kemudian, kategorikan pengeluaran Anda sesuai kebutuhan dan keinginan. Tetapkan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan per kategori dan setelah Anda memutuskan nomornya, kunci itu. Berkomitmenlah dan lihat semuanya setiap bulan.

Tetapkan tujuan tabungan bulanan

Ini adalah jumlah uang yang ingin Anda usahakan setiap bulan dan berkomitmen untuk ditambahkan ke dana darurat Anda. Jika Anda adalah keluarga berpenghasilan tunggal atau jika penghasilan Anda saat ini cukup, mungkin sulit untuk mengambil sebagian dari gaji Anda setiap bulan dan menguncinya. Inilah sebabnya mengapa penganggaran adalah kuncinya. Jumlah besar setiap bulan bisa sulit tetapi jumlah yang lebih kecil mungkin. Teruslah bekerja dan konsisten. Anda akan sampai di sana sebelum Anda menyadarinya.

Menyesuaikan anggaran

Banyak yang bisa berubah dalam waktu beberapa bulan. Anda bisa mendapatkan promosi yang didambakan, mengambil pekerjaan lepas, menemukan Anda menghabiskan kurang dari apa yang Anda anggarankan, dll. Buatlah titik untuk meninjau anggaran Anda sesering mungkin dan melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak bekerja untuk Anda. Jika ada cara bagi Anda untuk menabung lebih banyak sehingga Anda dapat mencapai tujuan dana darurat Anda lebih cepat, lakukanlah!

Setelah mengetahui mengenai dana darurat ini, serta fungsi dan tipsnya, kalian tetap bisa mencari tahu mengenai dana ini pada media lainnya. Pastikan juga untuk memulai menabung untuk dana darurat ini agar dapat terjaminnya masa depan kalian yang lebih baik.

Demikian pembahasan dari GICTrade mengenai penjelasan “Yuk Ketahui Cara Menyiapkan Tabungan Dana Darurat!”. Kalian juga bisa mencari tahu informasi yang lain seputar investasi, tabungan, dan keuangan yang lainnya, seperti “Investasi Pemula Modal Kecil yang Harus Kalian Coba!” hanya di Jurnal GIC. Registrasi sekarang juga untuk bisa trading di GIC dan mendapatkan informasi lainnya dari GIC!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami