Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula Secara Offline dan Online

Artikel ini terakhir di perbaharui October 19, 2021 by Rinaldi Syahran
Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula Secara Offline dan Online
Sumber Foto: freepik & makistock via freepik

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk menggapai kesuksesan mereka. Maka dari itu, kata sukses sangat diidam-idamkan oleh setiap orang. Bagi setiap orang yang sedang mengawali sesuatu, pastinya akan ada tahapan awal yang harus dilakukan untuk mencapai kata sukses tersebut. Dalam hal bisnis, akan terdapat juga suatu cara untuk memulai sesuatu.

Cara memulai bisnis untuk pemula ini akan sangat cocok bagi kalian yang ingin mencoba suatu hal yang bersangkutan dengan suatu bisnis. Tahap-tahap apa yang diperlukan, juga bagaimana cara untuk mengembangkan suatu produk. Terdapat juga suatu bisnis yang dilakukan secara offline maupun online. Untuk bisa memulai bisnis kalian, kalian bisa membaca artikel di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula

Bisnis telah menjadi hal yang paling banyak dilakukan oleh setiap orang. Hal ini menjadikan banyak orang juga menjadi tertarik akan hal bisnis ini. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara untuk memulai suatu bisnis tersebut. Sehingga, hal ini menjadikan banyak orang gagal dalam menjalankan bisnis mereka. Kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara memulai bisnis untuk pemula yang harus diterapkan pada setiap bisnismu.

Memastikan Bisnis yang Didirikan

Setiap bisnis pasti akan mempunyai dampak yang berbeda pada ekonomi diri sendiri maupun masyarakat. Disamping itu, juga tentang bagaimana efek dari bisnis itu sendiri ketika sedang berkembang. Untuk itu kalian harus memastikan bisnis apa yang akan kalian pilih untuk dikembangkan. Setiap produk maupun jasa akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka hal ini juga harus menjadi pertimbangan tambahan kalian ketika memulai sebuah bisnis.

Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan melakukan sebuah riset tentang bisnis apa yang sedang berkembang di luar sana. Ada baiknya memulai suatu bisnis dari hal yang kalian suka. Dengan begitu, kalian akan menjalankan bisnis tersebut dengan rasa suka cita dan juga rasa semangat setiap kali memulai hari kalian. Apalagi jika ditambah dengan pembelajaran yang terus-menerus dalam mengembangkan bisnis, maka bisnis tersebut akan berjalan dengan baik.

Menentukan Visi dan Misi Bisnis

Dalam mencapai suatu kesuksesan, tentu saja terdapat suatu tujuan yang harus digapai. Maka dari itu, menentukan visi dan misi bisnis akan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Meskipun bisnis ini baru dilakukan secara pribadi, namun hal itu bukan penghalang untuk bisa menentukan visi misi. Karena dengan hal ini, kalian bisa mengukur sampai mana bisnis kalian sudah berjalan, dan juga kalian telah memiliki target besar yang pasti akan dicapai. Jangan lupa untuk menentukan goal jangka pendek. Dengan adanya ini, bisnis kalian akan berjalan maju meskipun perlahan. Hal ini tidak akan sulit jika kalian melakukannya secara konsisten.

Buat Planning Bisnis

Hal yang paling penting dan harus dilakukan dalam mencapai bisnis yang kalian inginkan adalah membuat planning bisnis. Untuk menggapai tujuan yang besar, tentu saja akan ada banyak hal kecil yang membangun tujuan tersebut. Bisnis plan ini harus kalian susun dengan baik sesuai dengan tujuan yang akan kalian gapai. Berhubungan dengan yang sebelumnya, menentukan goal jangka pendek juga bisa menjadi planning bisnismu. Kalian bisa menentukan goal dalam jangka waktu pendek dan juga panjang untuk melakukan planning ini.

Selain goal berjangka, planning juga tentang bagaimana bisnis itu akan berjalan. Seperti pada tema yang akan kalian usung, teknik bisnis yang akan kalian gunakan, target market kalian, skema produksi yang lainnya, kompetitor, dan yang paling penting barang atau jasa yang akan kalian jual.

Bukan hanya ingin mengembangkan bisnis secara cuma-cuma, pikirkan juga bagaimana bisnis kalian ini bisa berkontribusi dengan masyarakat. Sehingga produk atau jasa yang akan kalian jual bisa menjadi solusi untuk setiap konsumennya. Sebagai contoh, bisnis fashion yang bisa memberi solusi kepada konsumen tentang berbagai gaya yang dimiliki oleh setiap konsumen sesuai dengan kepribadian mereka, atau bisnis makanan yang memberi solusi kepada konsumen tentang selera makan yang seperti apa sesuai dengan keinginan lidah mereka.

Melakukan Survey

Seperti yang telah dibicarakan sebelumnya juga, melakukan survey bisa membantu kalian dalam menentukan bisnis yang akan kalian jalani. Riset pasar ini yang nantinya akan menentukan tentang bagaimana tren dari bisnis tersebut, bagaimana target market dari bisnis yang kalian pilih, dan juga bagaimana pasar ini bisa berjalan sesuai dengan skema produksi yang ada. Tentu saja hal ini akan menjadi pertimbanganmu sesuai dengan modal yang kalian punya.

Perlu diketahui juga dalam melakukan survey pasar ini, kalian bisa menentukan hal berkualitas apa yang bisa kalian jual. Hal yang berkualitas ini nantinya akan berpengaruh terhadap target pasar. Meskipun hal tersebut berkualitas, namun target pasar yang kalian pilih kurang tepat, maka penjualan produk ataupun jasa kalian akan terbilang sia-sia. Maka dari itu melakukan survey target pasar akan sangat penting dilakukan ketika memulai sebuah bisnis. Target pasar bisa dimulai dengan menentukan konsumen dengan umur berapa yang akan memakai produk kalian, pada kelas ekonomi berapa produk kalian akan dijual, dan juga pada ranah apa kalian akan menjual produk tersebut.

Menyiapkan Modal

Menyiapkan modal juga menjadi hal penting dalam memulai bisnis ini. Produk yang akan kalian jual akan berpengaruh terhadap modal yang ada. Sehingga jika modal tersebut dirasa kurang, kalian juga bisa melakukan pencarian dana terlebih dahulu. Perlu dipastikan juga tentang darimana dana atau modal itu berasal. Apakah dana tersebut dari perseorangan atau dilakukan secara berkelompok. Karena jika berkelompok, tentu saja jumlah tersebut harus ditulis dalam sebuah perjanjian agar nantinya tidak terjadi ketidakadilan atau hal yang dapat merugikan salah satu pihak.

Memulai Bisnis

Pada tahap ini, tentu saja kalian telah melakukan setiap tahap yang telah ditentukan di atas. Dengan begitu, pada saat memulai bisnis, semuanya telah ditentukan dari awal. Mulai dari plan, tujuan, modal, dan hal lainnya. Perlu disiapkan juga tentang hal apa yang menurut kalian unik tentang produk yang kalian jual. Atau bagaimana kelebihan dari produk yang akan kalian dagangkan. Dengan adanya ini, konsumen akan lebih tertarik terhadap produk kalian meskipun terdapat banyak orang yang memproduksi hal serupa. Misalnya jika kalian menjual jasa sebagai fotographer, maka agar berbeda dengan fotographer lainnya, kalian bisa melakukan cara yang berkaitan dengan hal kreatif pada studio yang akan kalian gunakan.

Selain itu, dalam memulai sebuah bisnis kalian juga harus menyiapkan mental. Hal ini perlu dilakukan karena menghadapi persaingan dalam hal bisnis juga akan menguras tenaga beserta mental kalian. Banyak pesaing di luar sana yang dengan atau tanpa sengaja akan menjatuhkan bisnis kalian. Dengan adanya hal ini, tentunya diperlukan ilmu untuk melakukan setiap bisnis. Belajar secara terus-menerus akan membantu kalian dalam meminimalisir kegagalan tersebut.

Melakukan Pencatatan Pengeluaran Saat Memulai Bisnis dan Saat Bisnis

Hal yang paling penting ketika telah menjalankan bisnis adalah dengan melakukan pencatatan pengeluaran pada saat memulai bisnis sekaligus pada saat menjalankan bisnis. Ini merupakan hal yang sangat penting dikarenakan catatan pengeluaran akan sangat berguna untuk mengukur sejauh mana bisnis kalian telah mengeluarkan dana. Catatan ini juga akan berguna sebagai tolak ukur apakah kalian telah menghasilkan laba atau belum.

Setelah bisnis kalian berkembang, maka catatan pengeluaran ini akan berguna sebagai pencegahan dalam kebocoran cash flow. Adapun juga hal ini akan membantu kalian dalam menghargai uang yang telah kalian hasilkan dalam menjalanan bisnis.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis online telah menjadi tren akhir-akhir ini. Ditambah lagi pandemi yang belum juga selesai, menjadikan bisnis online menjadi semakin marak di masyarakat umum. Berbagai macam keuntungan juga bisa ditemukan ketika menjalankan bisnis dengan sistem online. Salah satunya adalah, para konsumen yang tidak perlu untuk keluar rumah dengan tetap stay ketika melakukan pemesanan. Selain itu, para konsumen juga bisa menghemat waktu mereka dengan tidak menghabiskan waktu di perjalanan ketika membeli suatu barang maupun lainnya. Cara di bawah ini bisa kalian terapkan bagi kalian yang ingin memulai usaha bisnis dengan cara sistem online.

Temukan Ide Bisnis

Tidak berbeda dari cara pada saat melakukan bisnis secara offline, menerapkan bisnis online juga dimulai dari menemukan ide dari bisnis itu sendiri. Menemukan ide bisnis ini harus dibarengi dengan ide tentang bagaimana produk kalian memiliki sebuah keunikan yang dapat menarik minat dari para konsumen. Selain itu, kalian juga harus mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal ini juga bisa kalian barengi dengan menerapkan hobi pada bisnis yang kalian pilih. Selanjutnya kalian bisa menerapkan bagaimana keadaan pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang kalian jual.

Pikir dengan Matang Produk yang Dijual Online

Hal ini juga harus dipertimbangkan tentang hal apa yang kalian jual dengan sistem online. Sebagai contoh, jika menjual makanan yang bisa basi, maka kalian harus mempertimbangkan berapa lama pengiriman makanan tersebut akan dilakukan. Jika memungkinkan, maka kalian bisa menjual makanan tersebut tanpa menyebabkan kerugian yang ada. Selain itu, kalian harus memberi tahu para pembeli kalian tentang seberapa lama produk kalian akan sampai kepada tangan mereka. Karena berjualan online juga membutuhkan rasa saling percaya antar sesama pembeli dan juga penjual.

Pahami Kondisi Pasar dan Segmentasinya

Setelah memikirkan dengan matang tentang produk yang akan kalian jual secara online, maka sudah saatnya kalian melangkah ke tahap selanjutnya yaitu, memahami kondisi pasar beserta segmentasinya. Memahami kondisi pasar ini bisa kalian mulai dari apakah pasar tersebut sedang tren di kalangan segmentasi yang telah kalian tentukan. Sedangkan segmentasi, kalian bisa memulainya dari target pasar seperti yang telah dibahas di atas yaitu, target umur dari penjualan produk milik kalian. Sebagai contoh, jika kalian menjual sebuah produk kecantikan, maka terdapat suatu bahan yang akan berbahaya bagi sebagian orang. Dengan adanya target pasar ini, kalian bisa menjual produk milik kalian hanya pada orang yang sesuai dan cocok terhadap produk itu.

Riset Harga Pasaran Produk

Dikarenakan kalian bukanlah seorang pedagang tunggal yang menjual bisnis tersebut, maka langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah meriset harga pasaran produk dari setiap produk yang sejenis dari produk kalian. Hal ini perlu dilakukan karena bisa menyetarakan harga yang akan kalian jual agar tidak menjadi harga yang terlalu rendah ataupun harga yang lebih tinggi. Kalian juga perlu memperhatikan tentang bagaimana orang tersebut dapat memasang harga mahal pada produk yang mereka jual, apa kelebihan produk mereka atau yang lainnya. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari bagaimana strategi yang dijalankan oleh kompetitor tersebut.

Pilih Platform atau Media Jualan yang Tepat

Untuk melakukan penjualan secara online, tentu saja diperlukan platform dan juga media yang akan digunakan untuk menjual barang atau jasa tersebut. Pada tahap ini kalian bisa memilih platform dan media apa yang akan kalian gunakan. Penjualanmu bisa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, Twitter, maupun media sosial lainnya. Ditambah lagi, sekarang sudah terdapat platform yang memang dikhususkan untuk orang-orang yang ingin menjual barang mereka secara online seperti, Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, atau platform lainnya.

Perlu diketahui juga ketika memasarkan sebuah produk, pastikan bahwa terdapat konten yang telah kalian buat terkait dengan produk atau jasa yang akan kalian jual. Pastikan juga bahwa konten yang telah kalian buat bisa terlihat oleh setiap orang sehingga produk kalian bisa memiliki brand yang ternama.

Buat Promosi yang Menarik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dengan membuat promosi yang menarik menjadikan produk kalian menjadi produk yang ternama. Membuat promosi yang menarik ini bisa kalian lakukan dengan segala cara, misalnya membuat story telling terkait produk yang kalian jual. Atau kalian juga bisa melakukan cara dengan rutin memposting terkait produk kalian dengan berbagai macam tampilan yang menarik. Para pembeli juga akan suka dengan berbagai macam promosi yang akan kalian tawarkan nantinya. Untuk melakukan promosi ini, kalian bisa mempelajarinya pada setiap buku maupun platform lainnya seperti internet, youtube, dan lainnya.

Konsisten

Semua hal ini bisa berhasil jika kalian barengi dengan konsistensi. Dengan membuat promosi secara konsisten, brand yang kalian kembangkan akan naik secara perlahan. Rutin memposting juga merupakan bentuk dari konsistensi tersebut. Konsisten ini bisa membangun citra produk supaya dikenal lebih luas dan juga dapat menjangkau pasar yang lebih besar.

Evaluasi Produk

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, pastinya nanti akan terdapat berbagai macam kesulitan yang akan kalian hadapi. Dengan adanya evaluasi produk ini, kalian bisa mengetahui masalah apa saja yang telah dihadapi. Berbagai macam testimoni dari pembeli juga sangat diperlukan untuk kemajuan dari produk kalian. Catat setiap evaluasi yang ada, kemudian kalian bisa memperbaiki kesalahan produk dari evaluasi tersebut.

Cara memulai bisnis untuk pemula di atas bisa kalian terapkan kapan saja ketika kalian ingin memulai sebuah bisnis. Atau bagi kalian yang telah memulai dan menjalankan bisnis, cara tersebut juga tetap bisa kalian lakukan dalam melakukan pengembangan sebuah produk.

Demikian pembahasan dari GIC Indonesia mengenai cara memulai bisnis untuk pemula. Jangan lupa untuk tetap mencari tahu informasi terkait dengan bank, forex, dan keuangan yang lain, seperti “Pasar Modal Adalah? Pengertian, Fungsi, dan Instrumennya“, hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga kamu memperdalam ilmu forex di GIC Indonesia, via ebook scalping, dan juga NFP live trading.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.