Cara Buka Rekening BNI Online dengan Mudah

Artikel ini terakhir di perbaharui October 7, 2021 by Rinaldi Syahran
Cara Buka Rekening BNI Online dengan Mudah
sumber oleh kamiphoto via freepick

Kemajuan teknologi terus berkembang, kemudahan dalam menjalankan sebuah aktivitas juga menjadi lebih gampang. Kita banyak melakukan aktivitas kita secara online. Mulai dari mengerjakan tugas sampai memesan makanan.

Ditambah lagi, kita sekarang juga bisa melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan keuangan melalui Smartphone. Salah satunya adalah mendaftar rekening secara Online. Untuk itu, Bank Negara Indonesia atau BNI menciptakan fitur canggih ini.

Pada aplikasi mereka, kamu bahkan bisa melakukan kegiatan apapun melalui fitur-fitur yang ada di aplikasi BNI Mobile Banking. Cara buka rekening BNI ini juga terbilang mudah, kamu tidak perlu repot-repot lagi ke kantor cabang ataupun atm untuk melakukan segala aktivitas bersama bank. Kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara buka rekening secara online maupun offline dari BNI.

Keuntungan Membuka Rekening BNI Online

Sekarang ini kamu bisa menikmati segala jenis fitur dan keuntungan ketika kamu mendaftar rekening BNI secara Online. Misalnya, kamu dapat melakukan hal ini tanpa perlu datang ke kantor cabang dan menghabiskan energi untuk pergi kesana. Hanya perlu melakukannya dari smartphonemu maka kamu sudah mendapatkan rekening barumu. Berbagai keuntungan juga bisa kamu dapatkan setelah membuka rekening baru di BNI. Kamu juga bisa menggunakan BNI Mobile Banking setelah melakukan aktivasi. Berbagai keuntungan ini juga berada pada BNI Mobile Banking, diantaranya kamu bisa mengumpulkan BNI Poin+ yang nantinya bisa kamu tukarkan dengan produk BNI maupun produk lainnya. Selain itu, kamu bisa melakukan transfer tanpa harus keluar rumah melalui mesin atm, juga kamu bisa melakukan top up e-wallet dari smartphonemu secara langsung tanpa harus pergi ke minimarket atau outlet lainnya. Dan lagi, kamu bisa melakukan investasi melalui aplikasi BNI Mobile Banking tersebut. Terlebih lagi, kamu bisa berbuat baik melalui fitur DiKado yang mengarahkan untuk menyumbangkan dana yang kamu miliki untuk sumbangan. Terdapat tiga jenis fitur DiKado yang bisa kamu gunakan yaitu SukaCita, Empati, maupun Hari Besar Keagamaan.

Syarat Buka Rekening Baru dari BNI

Setiap pembuatan rekening baru pasti akan membutuhkan persyaratan yang terkait untuk memenuhi segala keperluan yang diinginkan oleh pihak Bank, maka sebelum kamu mendaftar, kamu bisa melihat dan menyiapkan syarat apa saja yang diperlukan untuk membuka sebuah rekening baru dibawah ini.

Syarat Buka Rekening BNI Taplus

Syarat-syarat yang harus dipenuhi saat kamu ingin mendaftar rekening BNI Taplus adalah:
Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh pihak BNI.
Setoran awal yang harus kamu bayar minimal Rp 500.000 untuk area jabodetabek dan Rp 250.000 di luar jabodetabek.

Selanjutnya, Kartu Tanda Pengenal atau KTP yang harus kamu siapkan
Kemudian lampirkan paspor beserta KIMS/KITAS/KITAP bagi yang berwarga kenegaraan asing.
Adapun biaya administrasi yang akan kamu bayar setiap bulannya.

Syarat Buka Rekening BNI Taplus Bisnis

Untuk yang mendaftar perorangan yang merupakan seorang pengusaha, kamu memerlukan KTP maupun SIM, bisa juga dengan surat keterangan domisili/kerja. Untuk sebuah badan/perusahaan, kamu harus menyiapkan surat kuasa penunjukkan pengelolaan rekening, selanjutnya ada tanda bukti dari pengurus atau bejabat yang berwenang, kemudian diperlukan juga tanda bukti dari pemberi atau penerima kuasa, serta akte pendirian, izin usaha, NPWP, SITU, dan data-data lainnya.

Syarat Buka Rekening BNI Taplus Pegawai/Taplus Anggota

Syarat yang perlu dipenuhi untuk membuka rekening BNI Taplus Pegawai/ Taplus Anggota adalah, tabungan pegawai/ anggota diberikan kepada pegawai perusahaan ataupun organisasi, dan juga perusahaan tersebut dapat melakukan kerja sama kepemilikan BNI Tappa.

Syarat Buka Rekening BNI Taplus Muda

Dokumen yang diperlukan saat kamu ingin mendaftar rekening BNI Taplus Muda adalah mengisi formulir pembukaan rekening yang disediakan oleh pihak BNI, menyiapkan KTP/SIM/Paspor dan juga fotokopinya, serta kamu akan ditujukan untuk mengisi formulir e-statement.

Syarat Buka Rekening BNI Taplus Muda Co-Brand

BNI Taplus Muda Co-Brand ini ditujukan untuk mahasiswa universitas/perguruan tinggi yang bekerja sama dengan BNI. Begitu juga dengan universitas, universitas tersebut dapat melakukan kerjasama kepemilikan BNI Taplus Muda Co-Brand.

Syarat Buka Rekening BNI Taplus Anak

Syarat yang diperlukan untuk membuat rekening BNI Taplus Anak akan melalui dua pihak. Bagi anak, yang diperlukan untuk mendaftar BNI Taplus Anak adalah mengisi formulir data dari nasabah perorangan, kemudian mengisi formulir pembukaan rekening yang ditandatangani anak atau orang tua, dan juga fotokopi dari akte kelahiran, kartu pelajar, paspor, atau kartu keluarga.

Dan bagi orang tua, yang diperlukan adalah mengisi formulir persetujuan pembukaan rekening dan pelaksanaan transaksi yang ditandatangani orang tua, serta fotokopi dari KTP, SIM, ataupun paspor orang tua.

Syarat Buka Rekening BNI Tapenas

Syarat dan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar BNI Tapenas adalah harus berkewarganegaraan Indonesia dengan usia minimal 17 tahun sampai jatuh tempo pada usia 65 tahun. Berkas yang diperlukan bisa berupa KTP, SIM, ataupun paspor. Calon nasabah afiliasi BNI Tapenas Rupiah (IDR) juga harus mempunyai rekening afiliasi sebelumnya yaitu, BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan atau BNI Giro Perorangan. Untuk afiliasi BNI Tapenas Dollar (USD) maka harus memiliki afiliasi BNI Dollar atau BNI Giro USD Perorangan. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas.

Syarat Buka Rekening BNI dengan KTP Luar Kota

Syarat yang diperlukan untuk membuka rekening bank BNI dengan KTP luar kota sama dengan syarat-syarat sebelumnya sesuai dengan jenis rekening BNI yang diinginkan. Namun persyaratan tersebut akan ditambah dengan surat keterangan domisili ataupun surat keterangan bekerja. Setelah itu kamu bisa membuat rekening baru pada luar kota.

Syarat Buka Rekening BNI Prakerja

Rekening BNI Prakerja ini ditujukan bagi seseorang yang telah menerima kartu prakerja dari pemerintah. Untuk syarat yang diperlukan, kamu harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak BNI melalui online, yang perlu dilakukan adalah untuk membuka laman http://bit.ly/eForm-BNIPrakerja ataupun aplikasi BNI Mobile Banking dan memilih fitur untuk Prakerja. Setelah itu, kamu dapat melengkapi formulir yang ada pada laman tersebut. Calon nasabah bisa memilih jadwal kedatangan pembukaan rekening di kantor cabang sesuai domisili. Setelah mengisi semua formulir, kamu diharuskan untuk mencetak atau melakukan printing E-form tersebut agar bisa dibawa ke kantor cabang sesuai dengan waktu kedatangan yang dipilih. Setelah itu kamu bisa melakukan aktivasi kartu debit BNI dan BNI Mobile Banking sekaligus.

Syarat Buka Rekening BNI Syariah

Yang harus disiapkan ketika akan mendaftar rekening BNI Syariah yaitu KTP atau paspor pribadi yang masih berlaku, kartu NPWP bagi yang memiliki, lalu memiliki uang sebanyak Rp 100.000 sebagai setoran awal. Kamu bisa langsung pergi ke cabang BNI sesuai domisi setelah menyiapkan segala dokumen yang diperlukan.

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri untuk membuka rekening BNI Syariah secara Online, maka yang perlu dilakukan adalah mengunjungi situs resmi BNI Syariah https://www.bnisyariah.co.id, kemudian kamu bisa memilih ikon garis tiga di kanan atas dan pilih menu Produk & Layanan > Kartu.

Selanjutnya, kamu bisa memilih salah satu jenis kartu dan mengklik tombol ‘Saya Berminat’. Kemudian isi data diri secara lengkap sehingga kamu bisa mengklik tombol ‘Daftarkan Saya’. Tunggu konfirmasi pendaftaran dari Customer Service BNI Syariah baik melalui email maupun smartphonemu. Dan kamu akan mendapatkan nomor rekening dan keperluan lainnya yang terkait tabungan barumu. Jangan lupa untuk melakukan setoran awal agar tidak terjadinya penghapusan otomatis terhadap rekening barumu.

Cara Membuka Rekening BNI Secara Offline

Bagi kalian yang bingung dan membutuhkan bantuan ketika membuat rekening baru, maka kalian bisa mendatangi kantor cabang BNI terdekatmu. Disana, kamu akan dilayani oleh customer service yang akan memudahkanmu dalam melakukan pendaftaran untuk membuat rekening BNI baru. Terdapat dua cara jika ingin mendaftar secara offline, yaitu via kantor cabang dan via mesin ATM. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk bisa memiliki rekening barumu.

Cara Buka Rekening BNI via Kantor Cabang

Saat datang ke kantor cabang, yang perlu kamu lakukan jika ingin buka rekening BNI baru adalah dengan cara:

  1. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen yang sudah tertera dan telah kamu siapkan untuk dibawa ketika mendaftar ke kantor cabang.
  2. Sampaikan terlebih dahulu kepada petugas yang menanyakan tujuanmu, bahwa kamu ingin membuat rekening baru.
  3. Setelah petugas memeriksa semua dokumen yang telah kamu bawa, kamu akan diberikan nomer untuk mengantre pada customer service dan juga teller.
    Setelah itu kamu dapat mengisi formulir pendaftaran yang nantinya akan diserahkan ke customer service.
  4. Ketika berada di customer service, kamu dapat mengatakan jenis tabungan apa yang akan kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu.
  5. Setelah itu, kamu dapat membayarkan setoran awal kepada petugas Teller untuk mengisi jenis tabungan yang telah kamu pilih.
  6. Setelah kamu menandatangani buku tabungan yang telah didapat, buku tabungan tersebut akan diberikan kepadamu. Kamu juga akan mendapatkan kartu debit/ atm yang akan digunakan untuk menarik uang pada mesin atm. Pada saat di customer service, kamu juga bisa sekalian membuka fasilitas BNI Mobile Banking agar dapat memudahkan transaksi onlinemu kedepannya.

Cara Buka Rekening BNI via Mesin ATM

Saat ini terdapat teknologi baru dari BNI yang bernama Self-service Opening Account atau yang biasa disebut dengan BNI SONIC. Alat ini akan membantu melayanimu untuk membuat rekening tabungan baru secara instan. Kamu hanya memerlukan sebuah data diri berupa KTP untuk rekening barumu bisa digunakan. Kamu bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk bisa menggunakan mesin BNI SONIC ini.

  1. Kamu bisa melihat letak dimana lokasi BNI SONIC melalui website resmi BNI.
  2. Setelah menemukan mesin BNI SONIC, kamu bisa memilih menu buka rekening BNI.
  3. Kemudian kamu bisa menunjukkan KTP milikmu sesuai kota keberadaan mesin BNI SONIC tersebut.
  4. KTP dengan domisili luar kota tidak bisa di daftarkan pada mesin BNI SONIC yang berada pada kota tersebut.
  5. Setelah selesai, kamu bisa mengisi formulir yang telah disediakan dari mesin BNI SONIC ini.
  6. Ikuti seluruh panduan yang telah diberikan mesin BNI SONIC agar kamu bisa mendapatkan kartu atm serta kelengkapan lainnya.

Cara Buka Rekening BNI Secara Online

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan tenaga untuk keluar rumah, maka kamu bisa buka rekening BNI baru dengan cara online. Terdapat cara yang bisa kamu lakukan agar bisa buka rekening BNI secara online yaitu, melalui aplikasi mobile banking. Kamu bisa mengikuti langkah cara buka rekening BNI di bawah ini ketika ingin menggunakan BNI Mobile Banking.

Cara Buka Rekening BNI via Aplikasi Mobile Banking

Yang harus kamu lakukan ketika ingin buka rekening BNI baru adalah dengan cara:

  1. Kamu bisa mendaftar melalui aplikasi BNI Mobile Banking kemudian pilih menu ‘Buka Rekening BNI’.
  2. Setelah itu mulai buka tabungan digital dengan klik ‘Daftar’
  3. Lengkapi formulir yang telah tercantum dalam aplikasi BNI Mobile Banking tersebut.
  4. Kamu akan segera mendapat nomor rekening dan nomor kartu debit virtual. Setelah itu kamu bisa melakukan setoran awal dengan jumlah tertentu sesuai dengan jenis tabungan yang kamu pilih. Perlu diingat untuk langsung melakukan setoran awal dikarenakan jika tidak mengisinya langsung, maka akun yang telah kalian buat akan hilang.

Biaya Setoran Awal Rekening Baru

BNI memiliki jenis tabungan yang berbeda-beda, untuk itu biaya setoran awal yang akan disetorkan juga berbeda pada setiap jenis tabungan. Kamu harus melakukan setoran awal setelah membuat rekening baru secara langsung dikarenakan agar rekening barumu tidak hilang. Berikut daftar biaya awal yang akan kamu bayar dari setiap jenis tabungan yang berada di BNI.

BNI Taplus

BNI Taplus memiliki persyaratan dengan setoran awal sebesar Rp 500.000 untuk wilayah Jabodetabek dan sebesar Rp 250.000 untuk wilayah luar jabodetabek. Jika kamu masih membutuhkan uang tersebut secara cash, maka setelah atm milikmu sudah jadi, kamu bisa menarik uang tersebut dengan menyisakan saldo minimal Rp 150.000 pada tabunganmu.

BNI Taplus Anak

Untuk BNI Taplus Anak, biaya setoran awal sebesar Rp 100.000 dengan setoran selanjutnya sebesar Rp 10.000.

BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda memiliki setoran awal sebesar Rp 100.000 dengan menyisakan saldo minimal Rp 50.000 pada tabunganmu.

BNI Taplus Bisnis

Untuk setoran awal pada BNI Taplus Bisnis sebesar Rp 1.000.000 dengan menyisakan saldo minimal per bulan sebesar Rp 1.000.000.

BNI TabunganKu

Jenis tabungan ini diperuntukkan agar bisa menumbuhkan budaya menabung di Indonesia. Untuk itu setoran awal yang harus disetorkan relatif kecil, yaitu Rp 20.000 dengan saldo minimum yang berada di atm sebesar Rp 20.000 juga.

BNI Tapenas

Untuk BNI Tapenas, besaran setoran bulanan bisa bebas dengan minimal Rp 100.000 sampai dengan Rp 25.000.000 (berlaku kelipatan Rp 50.000) atau USD 20 sampai dengan USD 2500 (berlaku kelipatan USD 10).

BNI Dollar

BNI Dollar memiliki setoran awal minimal USD/SGD/AUD 100 dengan setoran minimal selanjutnya sebesar USD/SGD/AUD 5. Untuk saldo minimal yang harus berada di rekeningmu sebesar USD/SGD/AUD 100.

Cara buka rekening BNI ini akan sangat mudah jika kalian mengikuti semua prosedur yang ada. Kamu pun bisa melakukannya dengan cepat sehingga segera mendapatkan rekening baru. Untuk itu, semoga penjelasan diatas dapat memberikan keterangan yang jelas supaya bisa kalian ikuti dengan baik. Selamat mendapatkan rekening baru!

Demikian pembahasan GIC Indonesia perihal cara buka rekening BNI. Jangan lupa untuk mencari informasi terkait dengan bank, forex, dan keuangan yang lain, seperti “Analisa Saham“, hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga perdalam ilmu forex Anda di GIC Indonesia, via ebook scalping, dan NFP live trading.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.