Cara Buka Rekening BCA Online Tanpa Ribet

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2021 by Rinaldi Syahran
Cara Buka Rekening BCA Online Tanpa Ribet
Sumber oleh: user6156200 via freepick

Pada masa pandemi ini, untuk melakukan kegiatan diluar rumah adalah hal yang harus dikurangi sebisa mungkin. Beruntungnya kita hidup di era digital, kita bisa melakukan semuanya secara online. mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari, baju, makanan, ojek online, membayar tagihan, sampai pembukaan rekening secara online. Begitu juga dengan Bank BCA, Bank BCA merupakan sebuah bank di Indonesia yang terpercaya dengan memberikan penawaran-penawaran yang sangat beragam. Untuk itu, Bank BCA juga beradaptasi pada era digital ini dengan cara membuat pelayanan terkait buka rekening secara online.

Nah, di bawah ini, GIC akan membahas terperinci perihal cara buka rekening BCA secara online. Poin-poin yang dibahas di dalamnya mulai dari keuntungan dalam buka rekening BCA online, hingga cara membuka rekening BCA Simpanan Pelajar.

Keuntungan Membuka Rekening BCA Online

Lalu, apa saja keuntungan membuka rekening melalui aplikasi BCA Online? Mari mencoba untuk mencari tahu!

  1. Hanya membutuhkan sebuah smartphone dan juga internet. Hal yang tidak bisa ditinggalkan di era digital ini.
  2. Kedua, yang pasti tidak membutuhkan tenaga untuk keluar dari rumah dan mengantri di bank.
  3. Selanjutnya, kamu bisa tarik tunai tanpa memerlukan kartu. Dengan cara, memanfaatkan fitur tarik tunai pada aplikasi BCA Mobile kemudian kamu bisa mengambil uang di atm yang kamu kunjungi.
  4. Dan yang paling penting, selain kamu bisa membuat rekening secara online,kamu juga bisa menikmati segala jenis fitur yang terdapat di aplikasi BCA Mobile.

Syarat Pembukaan Rekening Baru BCA

Lalu, syarat-syarat apa saja yang akan digunakan untuk membuka rekening bank secara online melalui aplikasi BCA Mobile? Tenang saja, cara ini juga sangat mudah untuk diterapkan. Mari coba untuk mengikuti tahapan ini!

Mendownload Aplikasi BCA Mobile

Hal utama yang perlu disiapkan adalah aplikasi BCA Mobile. Kamu tidak perlu merasa rugi dikarenakan telah mendownload aplikasi ini. Fitur-fitur yang diberikan oleh BCA akan sangat berguna dalam kehidupan keseharianmu. misalnya setelah membuat rekening baru, kamu bisa memulai transfer ke saudara atau temanmu. selain itu, masih banyak fitur-fitur lain yang bisa kamu nikmati pada aplikasi ini.

Menyiapkan KTP atau Kartu Identitas Lainnya

Setelah aplikasi BCA Mobile sudah terinstal pada smartphone kamu, kamu bisa memulainya dengan memilih menu “Buka Rekening Baru” pada aplikasi tersebut dengan menyiapkan KTP atau kartu identitas lain seperti NPWP. Kartu ini harus kepemilikan sendiri karena tidak bisa diwakilkan.

Jenis-Jenis Rekening Tabungan BCA

Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk memilih jenis rekening apa yang ingin kamu gunakan. Terdapat beberapa jenis tabungan yang bisa kamu pilih salah satunya, yaitu jenis tabungan tahapan, Xpresi, serta Gold. Masing-masing memiliki syarat dan keuntungannya tersendiri yang akan dijelaskan melalui menu “Tahapan” yang telah diarahkan dari aplikasi BCA Mobile.

Tabungan Tahapan

Jika memilih menggunakan tabungan ini, maka terdapat tiga pilihan kartu yang memiliki ketentuan dan juga keuntungan masing-masing, yaitu Blue, Gold, dan Platinum yang ketentuannya akan dijelaskan melalui aplikasi BCA Mobile jika Online, dan Customer Service jika Offline.

Tabungan Xpresi

Tabungan ini memiliki kemiripan dengan tabungan Tahapan, namun memiliki perbedaan pada pilihan limit. Tabungan Tahapan memiliki tiga limit, sedangkan Xpresi hanya memiliki satu limit. Tabungan ini lebih ditujukan pada pengguna milenial dikarenakan limit yang lebih kecil serta setoran awal yang minimum. Perlu diketahui, bahwa tabungan Xpresi ini hanya akan diberikan kartu atm. Untuk buku tabungan, akan dikirimkan secara online melalui email pribadimu.

Tahapan Gold

Tabungan ini memiliki jumlah limit dan biaya yang bisa berubah sesuai dengan ketentuan dari Bank BCA. Sesuai dengan kebutuhanmu, Bank BCA telah menyediakan berbagai macam rekening tabungan yang bisa kamu pertimbangkan.

Cara Membuka Rekening Online Melalui Website KlikBCA

Kamu juga bisa membuka rekening secara online melalui website resmi Bank BCA yaitu, KlikBCA dengan beberapa tahapan:

  1. Membuka halaman www.klikbca.com.
  2. Memilih opsi “Aplikasi Online” pada website tersebut.
  3. Kemudian pilih jenis tabungan pada menu “Pembukaan Rekening”.
  4. Langkah selanjutnya, kamu bisa mengkonfirmasi informasi serta persyaratan yang ada
  5. Melengkapi formulir dari Permohonan Pembukaan Rekening Perorangan hingga semuanya telah lengkap.
  6. Setelah semuanya telah selesai, kamu bisa membawa dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran pembukaan rekening baru di Kantor Cabang BCA. Dokumen-dokumen tersebut biasanya terdiri dari bukti nomor referensi formulir yang telah diisi, kartu identitas diri, surat keterangan domisili, juga dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.

Cara Membuka Rekening Melalui Aplikasi BCA Mobile

Memilih Tujuan Pembukaan Rekening

Langkah selanjutnya adalah memilih tujuan pembukaan rekening baru yang terdiri dari transaksi, menabung, keperluan pribadi, atau tujuan lainnya.

Mengkonfirmasi e-KTP

Pada tahap ini, kamu akan diarahkan aplikasi BCA Mobile untuk mengkonfirmasi kartu identitasmu. Kartu identitas yang digunakan tidak bisa diwakilkan karena nantinya kartu identitas ini akan terus digunakan sebagai verifikasi pada akhir pendaftaran via video call melalui Customer Service.

Kode Akses untuk Rekening BCA

Kode akses ini digunakan untuk mengakses akun rekening BCA Mobile yang terdiri dari kombinasi huruf serta angka. Dan juga pembuatan PIN yang akan digunakan.

Melengkapi Data Profil

Bukan hanya KTP sebagai identitas, kamu juga harus melengkapi data diri atau biodata untuk melangsungkan proses pengerjaan pembuatan rekening barumu.

Verifikasi Tanda Tangan

Setelah semuanya telah selesai, kamu akan ditujukan pada pengonfirmasian tanda tangan. Pastikan untuk membuat tanda tanganmu sejelas mungkin serta memiliki pencahayaan yang terang agar tanda tanganmu bisa terlihat jelas ketika melakukan verifikasi.

Melakukan Video Call dengan Customer Service

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan video call dengan Customer Service pada saat waktu yang telah ditentukan. Pada tahap ini, kamu akan melakukan konfirmasi identitas untuk tujuan pembukaan rekening bank BCA.

Cara Membuka Rekening BCA Melalui Bank

Untuk melakukan pembukaan rekening tabungan melalui Bank, maka yang perlu dilakukan adalah

  1. Membawa semua kelengkapan surat yang telah ditentukan, seperti kartu identitas diri berupa KTP maupun NPWP.
  2. Pastikan kamu juga membawa uang sebagai setoran awal pada saat pembuatan tabungan baru.
  3. Mengunjungi Customer Service serta memilih jenis tabungan yang akan digunakan.
  4. Mengisi formulir kelengkapan.
  5. Selanjutnya akan dibuatkan buku tabungan serta kartu ATM.

Cara Membuka Rekening BCA Syariah Secara Online

Bahkan untuk saat ini, Bank BCA juga sudah membuat pembukaan rekening BCA Syariah secara online. BCA Syariah merupakan salah satu produk dari BCA yang berdasarkan pada syariat islam. Bagi kalian yang ingin mempunyai rekening BCA Syariah, maka bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. Cara-cara ini tidak jauh berbeda dengan cara pembukaan rekening melalui website BCA sebelumnya. Namun yang berbeda adalah kamu harus memasuki website www.bcasyariah.co.id untuk registrasi secara online.

Syarat Pembukaan Rekening BCA Syariah Online

  1. Berusia minimal 17 tahun.
  2. Mengisi formulir serta data diri untuk mengajukan pembukaan rekening tabungan BCA Syariah Online.
  3. Menyiapkan kartu identitas yang masih berlaku.

Biaya Setoran Awal BCA Syariah Online

Biaya setoran awal yang harus disiapkan tidaklah dalam jumlah yang besar. Kamu bisa memulai membuka rekening dengan minimal Rp 100.000 sampai Rp 8.000.000 tergantung jenis tabungan yang dipilih sebagai setoran awal, serta biaya setoran selanjutnya minimal Rp 50.000 sampai Rp 5.000.000 tergantung jenis tabungan yang dipilih.

Step by Step Membuka Rekening BCA Syariah Secara Online

Kamu juga bisa membuka rekening secara online melalui website resmi Bank BCA yaitu, KlikBCA dengan beberapa tahapan:

  1. Membuka halaman www.bcasyariah.co.id.
  2. Memilih opsi “Aplikasi Online” pada website tersebut.
  3. Kemudian pilih jenis tabungan pada menu “Pembukaan Rekening”.
  4. Langkah selanjutnya, kamu bisa mengkonfirmasi informasi serta persyaratan yang ada
  5. Melengkapi formulir dari Permohonan Pembukaan Rekening Perorangan hingga semuanya telah lengkap.
  6. Setelah semuanya telah selesai, kamu bisa membawa dokumen-dokumen yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran pembukaan rekening baru di Kantor Cabang BCA. Dokumen-dokumen tersebut biasanya terdiri dari bukti nomor referensi formulir yang telah diisi, kartu identitas diri, surat keterangan domisili, juga dokumen pendukung lainnya yang diperlukan.

Cara Membuka Rekening BCA Bisnis untuk Perusahaan

BCA Bisnis merupakan salah satu produk dari BCA yang lebih mengutamakan tabungan sebuah perusahaan. Bagi yang ingin membuka rekening BCA Bisnis untuk sebuah perusahaan, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Syarat Pembukaan Rekening BCA Bisnis

  1. Pastikan untuk membawa kartu identitas diri saat mengunjungi Bank BCA.
  2. Calon nasabah bisa perorangan maupun yayasan atau perusahaan.
  3. Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening Tahapan Bisnis BCA.

Biaya Setoran Awal BCA Bisnis

Biaya setoran awal dengan minimum Rp 10.000.000 dengan saldo minimum yang akan ditahan sebesar Rp 50.000. Biaya administrasi bulanan akan disesuaikan dengan kartu paspor BCA yang dimiliki.

Langkah-Langkah Membuka Rekening Bisnis BCA

Untuk melakukan pembukaan rekening tabungan Bisnis BCA melalui Bank, maka yang perlu dilakukan adalah

  1. Membawa semua kelengkapan surat yang telah ditentukan, seperti kartu identitas diri berupa KTP maupun NPWP.
  2. Pastikan kamu juga membawa uang sebagai setoran awal pada saat pembuatan tabungan baru.
  3. Mengunjungi Customer Service serta memilih jenis tabungan yang akan digunakan.
  4. Mengisi formulir kelengkapan serta data diri.
  5. Selanjutnya akan dibuatkan buku tabungan serta kartu ATM.

Cara Membuka Rekening BCA Simpanan Pelajar

Simpanan pelajar merupakan salah satu produk dari BCA yang diperuntukkan untuk pelajar dari tingkat PAUD sampai SMA yang berada di bawah usia 17 tahun dan belum memiliki KTP. Dengan adanya tabungan ini, maka anak-anak bisa lebih menerapkan sistem menabung sejak dini.

Syarat untuk Membuka Rekening BCA Simpanan Pelajar

Berikut ini adalah penjabaran syarat untuk membuka rekening BCA Simpanan Pelajar untuk anak berusia di bawah 12 tahun, serta berusia 12 hingga 17 tahun.

Anak Berusia di bawah 12 tahun

Di bawah ini adalah penjabaran perihal syarat untuk membuka rekening BCA Simpanan Pelajar untuk anak berusia di bawah 12 tahun.

  1. Menyiapkan akte kelahiran anak maupun kartu keluarga
  2. KTP orang tua
  3. Kartu pelajar jika memiliki
  4. Mengisi formulir serta data diri

Anak Berusia 12 hingga 17 tahun

Di bawah ini merupakan penjelasan tentang syarat buka rekening BCA Simpanan Pelajar untuk anak yang berusia di bawah 12 tahun.

  1. Surat pernyataan dari orang tua.
  2. kartu pelajar atau surat keterangan dari sekolah.
  3. KTP serta NPWP milik orang tua.
  4. Jika orang tua anak belum memiliki rekening BCA, maka harus mengisi formulir data perorangan.

Biaya Setoran Awal dari Rekening Tabungan BCA Simpanan Pelajar

Untuk calon nasabah dengan rekening ini, maka setoran awal mulai dari Rp 5.000. Untuk nasabah Simpanan Pelajar nantinya akan mendapatkan kartu ATM BCA Silver dengan limit pengambilan sebesar Rp 7.000.000 dan limit transfer sebesar Rp 25.000.000 dalam satu hari.

Tahapan Membuka Rekening BCA Simpanan Pelajar

Ini adalah langkah-langkah yang menjelaskan perihal cara membuka rekening BCA Simpanan Pelajar:

  1. Datang ke sekolah masing-masing.
  2. Bawa dokumen persyaratan yang diperlukan untuk membuka rekening.
  3. Tunggu hingga mendapatkan pelayanan.

Demikian pembahasan mengenai “Cara Buka Rekening BCA Online Tanpa Ribet”. Jangan lupa untuk mencari informasi lainnya seputar keuangan, seperti “Analisa Saham” hanya di Jurnal GIC. Harap perhatikan! Bagi Anda yang menginginkan uang tambahan, bisa mendapatkannya lewat program Affiliate, 100% Deposit Bonus, dan Jumat Barokah dari GIC.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.