Bandar Saham: Cara Kerja,Tugas, dan Orang Dibalik Bandar Saham
bandar saham

Bandar Saham adalah profesional keuangan yang membeli dan menjual sekuritas untuk akun mereka. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, Anda bisa memahaminya melalui artikel berikut. Follow juga Instagram GIC untuk info lainnya!

Apa itu Bandar Saham?

Bandar Saham adalah profesional keuangan yang membeli dan menjual sekuritas untuk akun mereka. Istilah Bandar Saham tidak menggambarkan sembarang orang yang membeli dan menjual sekuritas — Ini hanya berlaku untuk mereka yang melakukannya sebagai bagian dari bisnis mereka. Jika mereka tidak membeli dan menjual sebagai bagian dari bisnis, mereka adalah pedagang.

Tidak seperti profesional lainnya, seperti pialang saham yang membeli dan menjual aset untuk dimasukkan langsung ke rekening klien mereka, Bandar membeli dan menjual aset untuk dimasukkan ke rekening mereka sendiri. Kemudian, mereka menghasilkan uang dengan membalikkan dan menjual sekuritas tersebut kepada orang lain dengan harga yang lebih tinggi.

Bandar adalah Market Maker, yang berarti mereka menyediakan diri untuk membeli sekuritas ketika ada seseorang yang ingin menjual dan menjual sekuritas ketika ada seseorang yang ingin membeli. Ketika broker perlu membeli saham tertentu atas nama klien, mereka sering beralih ke Bandar untuk melakukannya. Banyak perusahaan bertindak sebagai broker-Bandar, yang berarti mereka membeli dan menjual sekuritas baik untuk rekening klien mereka maupun milik mereka sendiri.

Misalkan salah satu merek favorit Anda baru-baru ini go public untuk pertama kalinya. Anda berspekulasi bahwa harga saham perusahaan akan terus naik, sehingga Anda memutuskan untuk membeli beberapa saham. (Ingat: Anda tidak akan pernah bisa memprediksi pergerakan pasar saham atau sekuritas individu; semua investasi membawa risiko.) Anda menghubungi perusahaan pialang Anda dan meminta mereka untuk mewujudkannya. Perusahaan pialang Anda mungkin membeli saham tersebut dari Bandar. Bandar itu membeli saham terakhir kali seseorang menjualnya sehingga ketika seseorang siap membeli, sahamnya akan siap.

Bandarmology: Teknik, Syarat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Siapakah Orang di Balik Bandar Saham?

Orang-orang yang biasa disebut sebagai bandar saham ini bisa jadi hanya satu orang, namun bisa juga sekumpulan orang, atau bahkan sebuah institusi keuangan. Selama mereka memiliki dana besar yang bisa mempengaruhi secara signifikan terhadap harga saham tersebut. Dengan dana yang sangat besar, tentu mereka memiliki potensi untuk membuat harga saham undervalue ataupun overvalue.

Anda sendiri juga bisa menjadi bandar saham itu sendiri.di GIC, Anda bisa menjadikan diri Anda sebagai Market Maker dengan menyediakan likuiditas untuk melengkapi transaksi dari para trader. Untuk lebih mudahnya, GIC merupakan platform sebagai penyedia lapak bagi para Market Maker yang menjual instrumen trading, kemudian Market Maker tersebut menjual instrumen trading tersebut pada para Trader.

Sekuritas Adalah? Ini Pengertian hingga Jenisnya

Apa itu Market Maker?

Market Maker adalah individu atau perusahaan yang bertindak di kedua sisi perdagangan. Market Maker siap untuk membeli atau menjual sekuritas untuk akun mereka sendiri dengan harga yang dikutip. Mereka akan membeli pada harga penawaran dan menjual pada harga permintaan, meningkatkan likuiditas dan efisiensi pasar.

Untuk bertindak sebagai pembeli atau penjual pada saat itu juga, Market Maker harus menyimpan kepemilikan besar dalam sekuritas yang mereka perdagangkan. Ini menghadapkan Market Maker ke tingkat risiko yang tinggi karena keamanan yang mereka pegang bisa kehilangan nilai sebelum Market Maker bisa menjualnya.

Dealer adalah Market Maker dalam sekuritas yang mereka perdagangkan. Dengan menjadi Market Maker di GIC, Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari para trader yang melakukan trading di Market Anda. Market Maker sendiri bersikap sebagai trader pasif dikarenakan Market Maker akan mengambil posisi apabila ada trader yang buka posisi (Trading secara pasif). Karena bersifat pasif ini, maka nasabah tidak perlu memantau chart, tidak perlu alokasikan waktu khusus untuk trading.

Para Trader juga tidak perlu khawatir mengenai Market Maker ini. Dikarenakan dengan adanya Market Maker sendiri, transaksi trading yang dilakukan menjadi sangat transparan. Transparan sendiri artinya transaksi yang dilakukan bersifat terbuka, para nasabah bisa mengetahui kemana arah transaksi yang dilakukan tanpa adanya transaksi yang tersembunyi. Mulai jadikan diri Anda sebagai Market Maker di GIC dan nikmati segala kelebihan dari Market Maker sendiri!

Belajar Cara Transaksi Buy dan Sell di Forex

Apa yang Dilakukan Dealer Saham?

Investor sering bekerja dengan perusahaan pialang atau penasihat keuangan untuk membeli saham dari saham tertentu. Tapi, seperti hal lainnya, Anda hanya bisa membeli sesuatu yang orang lain mau jual. Bagaimana jika Anda ingin membeli saham di perusahaan tertentu, tetapi tidak ada yang menjual sahamnya? Di situlah dealer saham masuk.

Dealer saham bertindak sebagai Market Maker, artinya mereka benar-benar membuat pasar untuk sekuritas tertentu. Mereka berdiri siap untuk membeli saham pada harga pasar. Dengan begitu, ketika orang lain siap membeli saham itu, mereka sudah ada di sana, siap untuk menjual. Mereka memastikan bahwa investor dapat memperoleh saham apa pun yang mereka inginkan pada saat itu juga.

Dealer meningkatkan likuiditas pasar sekuritas dengan berdiri siap untuk membeli dan menjual sekuritas. Jika tidak, bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan pembeli dan penjual untuk terhubung satu sama lain. Pernahkah Anda mencoba menjual salah satu barang Anda di Craigslist atau platform pasar lainnya? Itu tidak instan. Sebaliknya, Anda harus menunggu pembeli siap. Meski begitu, mereka mungkin tidak mau membayar nilai pasar untuk barang tersebut dan Anda mungkin harus menawar sedikit. Seluruh proses bisa memakan waktu berhari-hari atau berminggu-minggu — bahkan mungkin lebih lama. Dealer mencegah lag yang sama terjadi di pasar sekuritas.

Bagaimana Cara Kerja Bandar Saham?

Dealer bekerja dengan bertindak di kedua sisi perdagangan, artinya mereka adalah pembeli dan penjual sekuritas di akun mereka. Ini dikenal sebagai membuat pasar dalam keamanan. Dealer adalah Market Maker dalam berbagai sekuritas, termasuk saham, obligasi, komoditas, dan mata uang.

Tujuan dealer adalah membeli dengan harga lebih rendah daripada menjual sehingga dapat mengantongi selisihnya sebagai keuntungannya. Dengan siap untuk membeli atau menjual sekuritas pada harga yang dikutip, dealer membantu memastikan ada pasar yang aktif dan likuid untuk sekuritas yang mereka perdagangkan.

Investor individu biasanya berinteraksi dengan dealer melalui broker yang membeli dan menjual sekuritas untuk akun orang lain, meskipun beberapa dealer dapat bekerja dengan investor swasta secara langsung. Kebanyakan dealer adalah broker dan dealer, yang dikenal sebagai broker-dealer. Pialang-dealer berdagang untuk akun mereka sendiri dan menciptakan pasar di sekuritas sebagai dealer sementara juga berdagang untuk akun klien mereka.

Mengapa Bandar Saham Tidak Diberantas Tuntas?

bandar saham

Beberapa orang beranggapan bahwa bandar saham ini bukanlah hal yang dipandang gnegatif, setidaknya itulah yang ditulis oleh Ryan Filbert, penulis buku Bandarmology serta inspirator dunia investasi. Menurutnya, bandar juga sangat diperlukan bagi pasar modal karena berperan sebagai market maker. Seperti yang telah disinggung di atas, Anda juga bisa berperan sebagai Market Maker di GIC untuk transaksi yang lebih transparan lagi. Dengan adanya Market Maker, para trader akan diuntungkan dengan mengetahui arah dari transaksi yang mereka lakukan tanpa harus mencurigai dana mereka dialokasikan kemana oleh platform maupun broker.

Dengan adanya keberadaan bandar saham atau market maker ini, volume transaksi sebuah saham bisa menjadi meningkat, sehingga nilai transaksinya tidak akan terbatas. Bagaimana bisa? Kutipan saham disajikan sebagai harga bid dan ask. Bid adalah harga di mana dealer akan membeli, dan ask adalah harga di mana dealer bersedia menjual. Misalnya, dealer mungkin menawarkan penawaran $10,00 hingga $10,02. Ini berarti mereka akan membeli $10 per saham dan menjual $10,02 per saham. Selisih 2 sen dikenal sebagai spread dan mewakili keuntungan yang diharapkan dealer untuk perdagangan. Spread yang lebih kecil menunjukkan pasar yang lebih efisien dan likuid.

Lanjutnya, jika melihat predikat bandar yang dicap sebagai pemilik modal besar serta kepentingan menjaga portofolio investasi, maka menurutnya yang paling cocok disebut sebagai bandar justru Manajer Investasi.

Ini karena dalam pasar modal, manajer investasi berkepentingan menjaga produk-produk reksa dana agar tetap memiliki return yang tinggi. Yang penting adalah bagaimana kita mempelajari pola investasi dari bandar, salah satu cara mempelajarinya adalah membaca yang berjudul Bandarmology.

Anda bisa mencoba untuk menjadi Market Maker bersama dengan GIC. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Market Maker menjadi pihak yang berperan di kedua sisi perdagangan. Hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik trader maupun market maker itu sendiri. Selain itu, GIC juga menyediakan NFT GIC Verse yang mana Anda bisa terdaftar secara otomatis menjadi market maker jika membelinya. Ditambah lagi, Anda akan memiliki NFT dengan tingkat dividen yang tinggi.

Jika Anda tertarik untuk menjadi Market Maker maupun membeli NFT di GIC, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa bertrading dengan modal mulai dari Rp 150.000 Rupiah!

reg

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami