Right Issue Adalah : Definisi, Cara Kerja dan Kelebihan

Artikel ini terakhir di perbaharui September 22, 2022 by suharyani
Right Issue Adalah : Definisi, Cara Kerja dan Kelebihan

Right Issue adalah penawaran sebuah hak untuk para pemegang saham di suatu perusahaan. Lebih lanjut lagi tentang right issue dapat anda temukan pada artikel dibawah ini !

Sebelum itu anda dapat menyaksikan video edukasi trading hanya di youtube GIC dan dapatkan informasi kelas trading gratis di Instagram GIC.

Belajar Saham untuk Pemula, Mulailah dari Nol!

Apa itu Right Issue

Right issue adalah sebuah anjuran atau penawaran hak kepada para pemegang saham di perusahaan. Perusahaan tersebut memberikan mereka suatu kesempatan untuk dapat membeli saham tambahan yang berasal langsung dari sebuah perusahaan, dengan harga potongan atau diskon daripada membeli pada pasar sekunder. Jumlah dari saham tambahan yang dibeli bergantung pada hak yang ada dari pemilik saham.

Rights issue mungkin sangat berguna untuk semua perusahaan publik dibandingkan dengan opsi pembiayaan lain yang lebih dilutif. Karena masalah ekuitas umumnya lebih disukai daripada masalah hutang dari sudut pandang perusahaan, perusahaan biasanya memilih untuk menerbitkan hak untuk meminimalkan dilusi dan memaksimalkan masa manfaat kerugian pajak yang dapat dikompensasi. 

Karena dalam penawaran hak tidak ada perubahan kendali dan “no-sale theory” berlaku, perusahaan dapat mempertahankan kerugian pajak yang dibawa ke depan dengan lebih baik daripada melalui penawaran lanjutan atau pembiayaan lain yang lebih dilutif. Itu salah satu jenis modus penerbitan surat berharga baik di perusahaan publik maupun swasta.

Right issue adalah salah satu mode penggalangan dana yang populer di perusahaan India. Melalui right issue perusahaan melakukan penawaran kepada pemegang saham yang ada untuk membeli saham tambahan di perusahaan dengan harga diskon dalam jangka waktu yang ditentukan. 

Tidak seperti IPO Right Issue tidak ditawarkan kepada masyarakat umum tetapi hany akepada pemegang saham yang ada dalam proporsi kepemilikan mereka yang ada. Para pemegang saham yang memenuhi syarat dapat melakukan Right Issue sebagian atau seluruhnya, atau dapat membiarkan penawaran tersebut berakhir dengan tidak memilih untuk menggunakan haknya untuk membeli saham tambahan tersebut, atau dapat juga mengalihkan hak-haknya kepada orang lain. 

right issue adalah

Cara Kerja Right Issue Saham

Right issue didistribusikan secara langsung sebagai dividen bebas pajak kepada seluruh pemegang saham yang tertulis atau lewat pialang yang tercatat dan dapat diwujudkan secara penuh atau sebagian saja. Hak berlangganan dapat pindah kepemilikkan, memungkinkan para pemegang hak berlangganan hendak menjualnya pada atau di pasar terbuka. 

Penerbitan hak kepada pemegang saham umumnya dilakukan sebagai dividen bebas pajak berdasarkan rasio (misalnya dividen tiga hak berlangganan untuk dua lembar saham biasa yang diterbitkan dan beredar). Karena perusahaan menerima uang pemegang saham sebagai imbalan atas saham, rights issue adalah sumber modal .

6 Perbedaan Mendasar Saham dan Obligasi untuk Investasi

Mengapa Perusahaan Menawarkan Right Issue?

Sebuah perusahaan akan menawarkan rights issue untuk meningkatkan modal. Jika pemegang saham saat ini memang memilih untuk membeli saham tambahan, perusahaan dapat menggunakan dana tersebut untuk melunasi kewajiban utangnya, memperoleh aset, atau memfasilitasi ekspansi tanpa harus mengambil pinjaman dari bank.

Alasan Dalam Melakukan Right Issue

Alasan untuk melakukan right issue adalah ketika suatu perusahaan merancang ekspansi operasinya, kemungkinan memerlukan sejumlah besar modal. Rupa-rupanya memutuskan utang, mereka mungkin ingin mencari ekuitas untuk menyingkir dari pelunasan bunga tetap yang hendak menumbukan modal ekuitas. Rights issue barangkali merupakan sebuah cara yang lebih tangkas untuk mencapai hajat tersebut.

Sebuah proyek di mana pemodalan utang atau pinjaman kemungkinan tidak cocok atau tersedia atau juga mahal dan biasanya membuat perusahaan menambah dana melalui rights issue. Perusahaan yang hendak memajukan rasio utang mengenai ekuitas mereka atau hendak membeli perusahaan baru dapat memastikan pemodalan melalui rute yang seragam. Ada kalanya perusahaan yang bertentangan dapat melahirkan saham untuk membayar hutang guna memajukan transparansi keuangan mereka.

Mengapa Suatu Perusahaan Melakukan Right Issue?

Sebuah perusahaan akan menawarkan pemegang saham yang ada hak untuk membeli saham baru di perusahaan untuk meningkatkan modal. 

Banyak perusahaan sering melakukan penempatan ekuitas yang melemahkan semua pemegang saham tetapi rights issue melindungi pemegang saham yang ada dengan memungkinkan mereka untuk mengambil atau menjual hak mereka. Ini berbeda dengan penawaran terbuka di mana jika pemegang saham tidak mengambil haknya, mereka tidak menerima pengembalian uang tunai.

Ketahui Unsur-Unsur Serta Jenis-Jenis dari Equity!

Fitur Dari Right Issue 

Perusahaan melaksanakan Rights Issue pada waktu perusahaan tersebut memerlukan dana kontan untuk berbagai maksud. Prosedur ini memungkinkan perusahaan hendak menghimpun dana tanpa menumbuhkan biaya penjaminan emisi.

Right issue membagikan perlakuan spesial kepada pemegang saham yang ada, di mana mereka bagikan hak (bukan kewajiban) untuk membeli saham dengan nilai harga yang lebih rendah pada atau sebelum tanggal yang sudah ditentukan.

Pemegang saham yang ada turut merasakan hak untuk berniaga dengan pelaku pasar lain yang tertarik sampai tanggal di mana saham baru dapat dibeli. Hak tersebut diperdagangkan dengan cara yang sama seperti saham ekuitas biasa.

Jumlah dari saham yang menjadi tambahan dapat dibeli oleh para pemegang saham umumnya sebanding dengan kepunyaan saham yang ada. Pemegang saham yang ada juga dapat memutuskan untuk mengabaikan hak, namun juga jika mereka tidak membeli saham tambahan, maka kepemilikan saham mereka yang ada akan terdilusi setelah penerbitan saham tambahan.

Cara Membaca Bullish Saham dan Bagaimana Ciri-Cirinya

Bagaimana Right Issue Mempengaruhi Harga Saham

Right issue mempengaruhi harga saham karena ada saham baru yang menambah jumlah saham yang diterbitkan. Saham baru yang diterbitkan ini telah dijual dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar sebelumnya. Ini tergantung pada jumlah hak yang ditawarkan perusahaan kepada pemegang saham yang ada.

Rights issue biasanya dilakukan ketika perusahaan membutuhkan lebih banyak modal. Oleh karena itu, ini merupakan tanda bahwa perusahaan mungkin dalam masalah, dan ini dapat berdampak negatif pada harga saham . 

Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa keuntungan perusahaan sedang dalam kesulitan.

right issue saham

 

Pro Kontra Dari Right Issue 

Right issue juga memiliki pro kontra atau kelebihan dan kekurangannya tersendiri, pahami dibawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan tersebut : 

Kelebihan Dari Right Issue

Right issue adalah kesempatan bagi pemegang saham saat ini untuk meningkatkan kepemilikan mereka di sebuah perusahaan, dengan biaya yang lebih rendah. Dalam melakukannya, mereka meningkatkan eksposur mereka ke saham perusahaan yang bisa baik atau buruk, tergantung pada laporan laba rugi perusahaan.

Jumlah saham baru yang dapat dibeli investor bergantung pada kepemilikan mereka saat ini, tetapi biasanya proporsional dengan pemegang saham yang lebih besar dapat membeli lebih banyak saham daripada pemegang saham yang lebih kecil.

Right issue juga merupakan kesempatan bagi individu untuk melindungi investasi mereka dari dilusi yang akan datang ketika perusahaan menerbitkan lebih banyak saham. Dilusi dapat terjadi jika pemegang saham saat ini menjual saham baru mereka ke pedagang lain meskipun hal ini tidak selalu dijamin selama rights issue.

 

Kontra Dari Masalah Hak

Jika saham yang diterbitkan dijual di pasar terbuka, nilainya dapat terdilusi relatif terhadap peningkatan pasokan pasar.

Rights issue juga bisa menjadi risiko karena pemegang saham saat ini mungkin tidak ingin membeli saham lagi di perusahaan jika mengalami pertumbuhan yang lebih lambat. Pasar mungkin menginterpretasikan rights issue sebagai tanda peringatan bahwa sebuah perusahaan mungkin sedang berjuang. Ini bahkan mungkin menyebabkan investor menjual saham mereka, yang akan menurunkan harga. Dengan peningkatan pasokan saham yang tersedia setelah rights issue, ini bisa menjadi berita yang sangat buruk bagi nilai pasar perusahaan.

Berikut untuk penjelasan Right Issue, anda dapat mulai mempertimbangkan untuk mempunyai aset digital mulai sekarang. Jangan lupa untuk registrasi trading di GIC untuk mencoba mulai memiliki aset digital.

GIC

suharyani
"Writing is easy. All you do is stare at a blank sheet of paper until drops of blood form on your forehead.” – Gene Fowler. Ani is a content and copywriter who really loves her job and very interested in the digital marketing field especially Social Media and SEO.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami