Komponen Cara Menjadi Trader

Artikel ini terakhir di perbaharui June 2, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Komponen Cara Menjadi Trader

Cara menjadi trader yang professional maka diperlukan beberapa komponen yang biasa di sebut “3M” pilar trading smart/cerdas yaitu:

  • Metode atau Strategi Trading = 20%
  • Money Management = 40%
  • Mindset = 40%

Prosentase diatas hanya menunjukan proporsi kepentingan dari ketiga pilar tersebut. Hal ini untuk menjelaskan bahwa yang beranggapan dengan menguasai satu pilar saja misal “metode/strategi” maka akan menjamin trader pasti untung.

Akan ada perbedaan mencolok antara trader professional berhadapan dengan trader pemula. Kita asumsikan bahwa kedua trader tersebut menggunakan strategi trading dan transaksi di pair (mata uang) yang sama, maka satu pihak akan meraup keuntungan sedangkan pihak lain akan merugi.

Tentunya Anda tidak perlu menyimpulkan pihak  mana yang untung dari kedua trader diatas. Jadi bagaimana seorang trader professional melakukan hal tersebut? Menurut hemat saya jawabannya terletak di “Money Management” dan Psikologi Trading “trading psychology/Mindset”.

Karena kedua komponen tersebut memegang peranan penting yaitu sekitar 80% atau lebih dari tingkat kesuksesan atau keberhasilan seorang trader professional. Akan dibahas lebih detail mengenai 3 komponen tersebut agar tujuan trader profesioanl dapat dicapai. Kuncinya enjoy dan nikmati  saat prosesnya agar hasil manis akan bisa dinikmati.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.