Teknik yang digunakan untuk bisa melakukan perdagangan sangatlah beragam. Salah satunya yaitu teknik yang akan kita bahas kali ni, yaitu teknik Heikin Ashi. Teknik ini akan menggunakan data harga rata-rata pada pasar. Raih Komisi Sekarang Heikin Ashi merupakan alat perdagangan yang berbasis candlestick Jepang untuk memvisualkan data harga pada pasar tersebut. Untuk lebih lengkapnya mengenai teknik ini, kalian bisa baca lebih lengkapnya melalui artikel di bawah ini. Namun sebelum itu, check survey kepuasan pengguna milik GIC dan sampaikan saran kalian pada survey tersebut.

Apa Itu Heikin Ashi?

Teknik Heikin-Ashi adalah alat perdagangan teknis berbasis candlestick Jepang yang menggunakan grafik candlestick untuk mewakili dan memvisualisasikan data harga pasar. Ini digunakan untuk mengidentifikasi sinyal tren pasar dan memperkirakan pergerakan harga. Metode Heikin-Ashi menggunakan data harga rata-rata yang membantu menyaring kebisingan pasar. Tidak adanya market noise menghasilkan ilustrasi yang jelas tentang tren dan arah pasar yang membantu menentukan potensi pergerakan harga. Teknik perdagangan membantu pedagang dalam mengidentifikasi kapan mereka harus mempertahankan perdagangan, menghentikan perdagangan, atau mengidentifikasi apakah pembalikan akan terjadi. Trader dapat menyesuaikan posisinya, yaitu menghindari kerugian atau mengunci keuntungan pada posisi yang dipilih. Teknik Heikin Ashi Teknik perdagangan Heikin-Ashi dikembangkan oleh Munehisa Homma pada tahun 1700-an. Teknik ini berbagi beberapa karakteristik dengan grafik kandil tradisional yang digunakan dalam perdagangan tetapi berbeda dalam cara menghitung nilai kandil. Di Jepang, kata Heikin berarti "rata-rata" atau "keseimbangan", dan kata Ashi berarti "batang" atau "kaki". Oleh karena itu, Heikin-Ashi berarti “batang rata-rata,” beresonansi dengan teknik perdagangan, yang menggunakan harga rata-rata sekuritas. Perbedaan utama antara grafik kandil tradisional dan grafik Heikin-Ashi adalah bahwa grafik Heikin-Ashi menggunakan formula yang dimodifikasi berdasarkan rata-rata pergerakan dua periode alih-alih harga pembukaan, tinggi, rendah, dan penutupan. Oleh karena itu, teknik ini menghasilkan grafik yang lebih halus sehingga lebih mudah untuk melihat tren dan pembalikan. Grafik Heikin-Ashi juga mengaburkan celah dan beberapa data harga. Beberapa pedagang menginginkan konfirmasi tambahan dari arah tren. Grafik HA sering digunakan sebagai indikator teknis pada grafik candlestick yang khas. Mereka dapat membantu menyoroti dan memperjelas tren saat ini . Grafik teknik ini terkadang digunakan sendiri, terutama oleh swing trader atau investor. Pedagang harian cenderung menggunakan grafik teknik ini lebih sebagai indikator. Itu karena grafik ini memiliki manfaat tertentu lainnya. Sebelum lanjut pada cara menghitung teknik ini, tes bakat trading dari GIC ini juga perlu kalian ikuti untuk mengetahui kemampuan trading diri sendiri selama ini.

Cara Menghitung Heikin Ashi

Saat menghitung rumus Heikin-Ashi, kami menggunakan data buka-tutup dari periode sebelumnya dan data buka-tinggi-rendah-tutup (OHLC) dari periode saat ini. Nilai OHLC yang dimodifikasi ditampilkan sebagai kandil. Perhitungannya seperti di bawah ini: Teknik Heikin Ashi Teknik Heikin Ashi Teknik Heikin AshiTeknik Heikin Ashi Di mana:
  • HA - Heikin-Ashi
  • -1 – Angka periode sebelumnya
  • 0 – Angka periode saat ini
Data Heikin-Ashi dapat dari kerangka waktu yang berbeda, yaitu intraday, mingguan, atau bulanan, dll. HA Open selalu diatur ke titik tengah tubuh bar sebelumnya, dan HA Close dihitung sebagai harga rata-rata dari bar saat ini. HA High adalah nilai tertinggi di antara high saat ini, HA Open, dan HA Close. HA Low merupakan nilai terendah diantara current low, HA Open dan HA close.

Cara Membaca Heikin Ashi

Warna lilin grafik Heikin-Ashi biasanya merah saat tren turun dan hijau saat tren naik. Namun, varian warna yang berbeda telah diketahui digunakan. Indikasi potensi perubahan tren ditunjukkan oleh perubahan warna candle HA. Kami telah menggunakan data saham untuk entitas yang terdaftar dari Februari 2020 hingga Juni 2020 untuk menghasilkan angka untuk bagan Heikin-Ashi di bawah ini. Teknik Heikin Ashi Grafik Heikin-Ashi memiliki pergerakan arah yang mulus dengan batang yang lebih berurutan dengan warna yang sama yang memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pergerakan harga. Grafik Heikin-Ashi menunjukkan beberapa perbedaan dari grafik candlestick tradisional. Pola grafik candlestick tradisional berubah warna dari hijau menjadi merah dan sebaliknya, sehingga menyulitkan trader untuk menafsirkan dan mengidentifikasi tren. Grafik Heikin-Ashi menghilangkan noise dan menampilkan candle berwarna berurutan, membuatnya lebih mudah untuk menafsirkan dan mengidentifikasi pergerakan harga sebelumnya dan tren saat ini. Karena kandil teknik ini dihitung berdasarkan rata- rata , kandil akan memiliki bayangan (sumbu) yang lebih kecil daripada kandil Jepang biasa. Sama seperti kandil Jepang biasa, dengan kandil teknik ini, semakin kecil (atau lebih pendek) bayangan (atau sumbu), semakin kuat trennya. Candle hijau s tanpa bayangan bawah menandakan UPTREND yang kuat. Lilin merah tanpa bayangan atas menandakan DOWNTREND yang kuat. Teknik Heikin Ashi Grafik teknik ini digunakan oleh pedagang teknis untuk MENGIDENTIFIKASI:
  • ARAH Tren
  • Tren KEKUATAN
Jadi, Jika tujuan Anda adalah untuk menangkap tren dan mengendarainya selama mungkin, Anda mungkin ingin mempelajari cara menggunakan bagan teknik ini.

Cara Membaca Heikin Ashi untuk Mengidentifikasi Arah Tren

Bagan teknik ini menunjukkan arah tren melalui lilin berkode warna. Lilin hijau memberi tahu Anda bahwa tren NAIK. Lilin merah memberi tahu Anda bahwa trennya TURUN. Teknik Heikin Ashi

Cara Membaca Heikin Ashi untuk Mengidentifikasi Kekuatan Tren

Bagan teknik ini menunjukkan kekuatan tren dengan mengamati bayangan (atau sumbu). Teknik Heikin Ashi Anda akan melihat bahwa untuk banyak lilin hijau, tidak ada bayangan atau sumbu yang lebih rendah. Begitu juga sebaliknya untuk candle merah. Sebagian besar tidak memiliki bayangan atau sumbu atas. Candlestick ini tidak menunjukkan bayangan di arah tren yang BERLAWANAN Ketika tidak ada bayangan, ini berarti Anda berada dalam tren yang kuat. Setelah mengetahui cara membaca Heikin Ashi, jika ingin melakukan konsultasi trading bersama GIC, maka kalian bisa mengisi trader assessment bersama dengan tim ahli GIC.

Bagaimana Strategi Heikin Ashi

Di bawah ini adalah beberapa strategi Heikin-Ashi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan para pedagang untuk meningkatkan keuntungan dan margin mereka.

1. Munculnya Tren Bullish atau Bearish yang Kuat

Ini adalah strategi paling umum untuk teknik Heikin-Ashi yaitu mengidentifikasi awal dari tren naik atau turun yang kuat. Indikator sinyal Heikin-Ashi biasanya dianggap sangat andal dan jarang salah. Oleh karena itu, pedagang dapat mengendarai tren secara menguntungkan karena kredibilitas sinyal tren Heikin-Ashi. Dengan munculnya tren bullish, trader dengan posisi short dapat keluar sementara mereka yang memiliki posisi long harus meningkatkan dan mengkonsolidasikan posisinya

2. Identifikasi Candlesticks Tanpa Bayangan

Mengidentifikasi kandil tanpa bayangan adalah sinyal yang sangat kredibel bahwa tren naik yang kuat sedang dimulai. Strategi ini adalah salah satu strategi Heikin-Ashi utama karena rekor kinerja dan tingkat keberhasilannya. Semakin besar urutan kandil tanpa ekor, semakin kuat tren yang diharapkan. Demikian pula, mengidentifikasi kandil tanpa bayangan atas, pedagang harus mengharapkan tren bearish turun baru yang stabil untuk melanjutkan.

3. Candlestick dengan Badan Kecil Menunjukkan Jeda atau Pembalikan Tren

Munculnya candle dengan badan kecil merupakan sinyal yang harus diwaspadai dan diwaspadai trader. Lilin ini digunakan untuk memberi sinyal saat tren akan berhenti atau berbalik arah. Oleh karena itu, ketika pedagang memperhatikan hal ini, mereka pindah untuk membuka posisi baru sebagai respons terhadap tren yang berakhir. Namun, pedagang harus berhati-hati karena tren mungkin berhenti dan belum tentu berbalik. Dalam hal ini, keterampilan diperlukan dari pihak pedagang untuk menentukan apakah itu benar-benar datangnya pembalikan atau hanya jeda tren. Kalian juga bisa menggunakan teknik teknik ini dengan bertrading bersama GIC. Pastikan telah mengunduh aplikasi GICTrade pada App Store atau Play Store!

Cara Menerapkan Heikin Ashi di Metatrader 4 & 5

  1. Pada MT4 atau MT5, cukup buka grafik harga lalu lihat menu “Sisipkan” di bagian atas. Buka menu, lalu Indikator, Kustom, lalu klik Heikin-Ashi:
Sebelum Anda membaca artikel selanjutnya, berlangganan buletin kami untuk menjaga diri Anda selalu di atas, dan tidak melewatkan peluang besar dan sah yang kami ikuti: cara menggunakan pada metatrader
  1. Saya sarankan Anda untuk mengubah warna seperti di bawah ini: cara menggunakan pada metatrader
  2. Klik ikon “Line Chart” di bagian atas untuk mematikan kandil biasa yang masih dapat dilihat di bawah kandil Heikin-Ashi: cara menggunakan pada metatrader
  3. Sekarang Anda harus mengubah warna grafik garis menjadi "Tidak Ada" dengan mengklik kanan pada grafik harga dan mengklik "Properti" atau dengan menekan tombol F8. Anda perlu melakukan ini untuk melihat hanya lilin Heikin-Ashi pada grafik: cara menggunakan pada metatrader
  4. Anda memiliki lilin Heikin-Ashi pada grafik sekarang. Anda dapat melakukan hal lain untuk mempermudah memiliki hal yang sama pada grafik harga saat Anda membuka grafik baru. Anda dapat mengklik kanan pada grafik, klik "Templat" dan kemudian "Simpan Template ...". Anda dapat memberi nama seperti Heikin-Ashi pada template, dan kemudian memuatnya pada grafik harga baru yang Anda buka di platform MT4. Untuk menghemat waktu Anda, saya telah menyimpan file template yang dapat Anda unduh DI SINI dan kemudian diterapkan pada grafik harga. Anda tidak perlu mengunduh indikator Heikin-Ashi untuk MT4 atau MT5 lagi. Anda dapat mengunduh file template saya secara gratis dan menerapkannya pada grafik harga. Jika Anda melakukannya, Anda akan memiliki grafik harga seperti itu di platform MT4 atau MT5: cara menggunakan pada metatrader
Ini adalah proses yang sama di MT5 untuk memiliki lilin Heikin-Ashi di grafik.

Apa Perbedaan Heikin Ashi dan Candlestick

Silakan lihat tangkapan layar di bawah ini. Grafik Heikin-Ashi ada di sebelah kiri dan kandil Jepang biasa ada di sebelah kanan. Keduanya adalah grafik EUR/USD 15 menit. Dapatkah Anda melihat perbedaannya? Jika saya ingin merangkum semua perbedaan dalam satu kalimat, saya dapat mengatakan bahwa sinyal beli/jual atau pengaturan perdagangan muncul dengan satu penundaan candlestick pada grafik Heikin-Ashi. Sebagai contoh, silakan lihat candle 2021.03.12 pada pukul 17:30 di kedua grafik. Pada grafik candlestick biasa, itu adalah candlestick bullish besar yang telah membentuk sinyal beli yang terlalu kuat atau pengaturan perdagangan yang panjang, karena telah membentuk Pola Bullish Engulfing yang kuat, yang merupakan pola candlestick yang terlalu kuat dan favorit saya untuk beli. Oleh karena itu, saya akan melakukan long (beli) pada penutupan candlestick ini. Namun, jika saya ingin berdagang berdasarkan grafik Heikin-Ashi, lilin 17:30 2021.03.12 tidak akan memberi tahu saya untuk membeli karena tidak menunjukkan sinyal apa pun. Itu hanya candlestick dengan tubuh kecil dan bayangan panjang. Meskipun bayangannya panjang, tetap saja tidak bisa disebut sebagai sinyal beli. Itu adalah candle berikutnya, yaitu 2021.03.12 17:45, yang akan memberitahu saya untuk membeli karena ini adalah tubuh bullish yang panjang dan kuat yang telah membentuk Pola Bullish Engulfing yang kuat, yang merupakan sinyal beli yang kuat. Jika saya ingin memasuki pasar pada penutupan kandil ini, maka kandil yang sama pada grafik kandil biasa akan memberi tahu saya bahwa sudah terlambat untuk mengambil posisi beli karena harga telah bergerak naik. Oleh karena itu, untuk trader seperti saya, yang mengetahui sinyal candlestick dengan sangat baik dan suka masuk ke pasar tepat waktu, candle Heikin-Ashi terlalu tertunda, baik untuk masuk maupun keluar. Teknik Heikin Ashi Jadi, kesimpulannya sejauh ini adalah jika Anda mempelajari sinyal dan pola candlestick reguler, Anda dapat memiliki entri dan keluar yang lebih baik dan lebih optimal. Namun, jika Anda sangat baru dalam perdagangan Forex dan Anda belum mengembangkan disiplin untuk mengambil sinyal terbaik dan terkuat, dan Anda masih melakukan overtrade, maka Heikin-Ashi dapat membantu. Namun, saya tidak berpikir itu dapat membantu Anda menjadi trader yang menguntungkan secara konsisten. Heikin-Ashi bukanlah pilihan dan rekomendasi saya untuk trader manapun. Contoh lain dari perbedaan tersebut adalah sebuah gambar bernilai seribu pip jadi mari kita lihat beberapa grafik yang sebenarnya. Pertama, inilah grafik GBP/JPY tradisional Jepang pada jangka waktu harian (1H): Teknik Heikin Ashi Berikut GBP/JPY yang sama yang ditampilkan dengan grafik kandil teknik ini: Teknik Heikin Ashi Mari kita letakkan keduanya berdampingan: Teknik Heikin Ashi Grafik di KIRI adalah grafik candlestick tradisional Jepang, dan grafik di KANAN adalah grafik teknik ini. Seperti yang Anda lihat dari bagan di sebelah kanan, gerakan terarah dihaluskan dengan cara yang tidak ada di bagan kiri. Lilin pada grafik kandil tradisional Jepang sering berubah dari hijau menjadi merah (naik atau turun) yang dapat membuatnya sulit untuk ditafsirkan. Di sisi lain, candle pada grafik teknik ini menampilkan candle berwarna lebih berurutan , membantu pedagang mengidentifikasi pergerakan harga masa lalu dengan lebih mudah. Anda akan melihat bahwa grafik teknik ini memiliki kecenderungan lilinnya tetap hijau selama tren naik dan tetap merah selama tren turun .   Ini berbeda dengan kandil tradisional Jepang yang berganti warna bahkan jika harga bergerak kuat ke satu arah. Anda mungkin tidak menyadari bahwa gambar di atas adalah grafik candlestick. Anda dapat dengan jelas melihat bahwa grafik teknik ini terlihat jauh lebih mulus dalam hal pergerakan harga. Inilah sebabnya mengapa beberapa pedagang valas lebih suka menggunakan lilin teknik ini karena mengurangi kebisingan pada grafik, dan memungkinkan mereka untuk menganalisis tren dengan lebih jelas. Apa yang membuat teknik ini berbeda dari grafik candlestick tradisional Jepang adalah bagaimana harga ditampilkan dalam hal pembukaan dan penutupan. Jika Anda melihat lebih dekat pada grafik teknik ini, Anda akan melihat bahwa setiap kandil teknik ini dimulai dari TENGAH kandil sebelumnya, dan bukan dari level di mana kandil sebelumnya telah ditutup. Teknik Heikin Ashi Kandil teknik ini “bertindak” dengan cara ini karena cara penghitungannya.

Bagaimana Contoh Pola Heikin Ashi

Grafik Hieken-Ashi dapat diterapkan ke pasar mana pun dan sebagian besar platform grafik sekarang menyertakannya sebagai fungsionalitas. Ada lima sinyal utama yang mengidentifikasi tren dan peluang membeli:
  1. Lilin berongga atau hijau tanpa "bayangan" yang lebih rendah menunjukkan tren naik yang kuat: Biarkan keuntungan Anda naik!
  2. Lilin berongga atau hijau menandakan tren naik: Anda mungkin ingin menambah  posisi panjang  dan keluar  dari posisi pendek.
  3. Lilin dengan tubuh kecil yang dikelilingi oleh bayangan atas dan bawah menunjukkan perubahan tren: Pedagang yang menyukai risiko mungkin membeli atau menjual di sini, sementara yang lain akan menunggu konfirmasi sebelum membeli atau menjual.
  4. Lilin yang terisi atau merah menunjukkan tren turun: Anda mungkin ingin menambah posisi pendek dan keluar dari posisi beli.
  5. Lilin yang terisi atau merah tanpa bayangan yang lebih tinggi mengidentifikasi tren turun yang kuat: Tetap pendek sampai ada perubahan tren.
Sinyal ini dapat membuat pencarian tren atau peluang perdagangan lebih mudah dibandingkan dengan kandil tradisional. Tren tidak terganggu oleh  sinyal palsu  sesering mungkin dan dengan demikian lebih mudah terlihat.  Contoh Heikin Ashi Contoh grafik di atas menunjukkan bagaimana grafik Heikin-Ashi dapat digunakan untuk analisis dan pengambilan keputusan perdagangan. Di sebelah kiri, ada lilin merah panjang, dan pada awal penurunan, sumbu bawah cukup kecil. Saat harga terus turun, sumbu bawah menjadi lebih panjang, menunjukkan bahwa harga turun tetapi kemudian didorong kembali ke atas. Tekanan beli mulai meningkat. Ini diikuti oleh pergerakan kuat ke atas.  Pergerakan ke atas kuat dan tidak memberikan indikasi utama pembalikan, sampai ada beberapa lilin kecil berturut-turut, dengan bayangan di kedua sisinya. Ini menunjukkan keragu-raguan. Trader dapat melihat gambaran yang lebih besar untuk membantu menentukan apakah mereka harus melakukan long atau short. Grafik juga dapat digunakan untuk menjaga pedagang dalam perdagangan setelah tren dimulai. Biasanya yang terbaik adalah tetap dalam perdagangan sampai lilin Heikin-Ashi berubah warna. Namun, perubahan warna tidak selalu berarti akhir dari sebuah tren—itu hanya bisa menjadi jeda.

Keuntungan Trading Menggunakan Heikin Ashi

  1. Tidak perlu memikirkan periode seperti yang biasanya terjadi pada sebagian besar indikator. Trader sering menjadi terobsesi dengan parameter mana yang harus dipilih untuk Stochastic, MACD, Moving Averages dan banyak lainnya. Dengan teknik ini Anda dapat mengatur warna lilin saja.
  2. Indikator Heiken Ashi dibandingkan dengan grafik harga reguler memperlambat kecepatan pasar, menghilangkan sinyal palsu yang tidak perlu.
  3. Itu membuat banyak sinyal palsu dan retracement menghilang meninggalkan Anda dengan ajakan bertindak yang kuat.
  4. Mendeteksi tren kuat yang memungkinkan Anda untuk tetap dalam perdagangan tanpa gugup atau melakukan gerakan yang tidak perlu.
  5. Aksesibilitas: Heikin-Ashi adalah salah satu indikator yang paling mudah diakses yang tidak memerlukan instalasi apa pun dan dapat ditemukan di platform perdagangan apa pun.
  6. Keterbacaan grafik tinggi: Mudah ditafsirkan karena setiap pedagang dapat membaca pola kandil. Candlestick Heikin-Ashi diuraikan lebih baik daripada grafik candlestick tradisional sehingga lebih mudah untuk mengidentifikasi tren dan pergerakan pasar.
  7. Keandalan: Heikin-Ashi adalah indikator yang sangat andal, memberikan hasil yang akurat. Ini menggunakan data historis, yang juga cukup dapat diandalkan.
  8. Penyaringan kebisingan pasar: Indikator menyaring kebisingan pasar dan mengurangi koreksi kecil membuat sinyal lebih transparan. Efek smoothing memudahkan identifikasi tren. Pasar penuh dengan kebisingan saat ini; karenanya, dengan bantuan pengurangan kebisingan, teknik Heikin-Ashi membantu pedagang merencanakan titik masuk dan keluar mereka dengan lebih efisien.
  9. Kemampuan untuk digabungkan dengan indikator lain: Indikator Heikin-Ashi dapat dikombinasikan dengan indikator teknis lainnya untuk memberikan sinyal yang lebih kuat pada pergerakan pasar.
  10. Toleransi kerangka waktu: Teknik ini dapat digunakan pada kerangka waktu apa pun mulai dari per jam, harian, bulanan, dll. Namun, kerangka waktu yang lebih besar lebih dapat diandalkan.
Keuntungan-keuntungan tersebut bisa kalian dapatkan ketika paham mengenai teknik Heikin Ashi itu sendiri. Setelah mengetahui teknik Heikin Ashi tersebut, jangan lupa untuk mendaftarkan diri menjadi seorang Affiliate IB pada GIC atau mengajak teman dan mendapatkan income dari kegiatan tersebut.