Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya

Artikel ini terakhir di perbaharui July 5, 2022 by Wachda Mihmii
Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya

Bullish pin bar biasanya akan menunjukkan suatu pembalikan yang tajam dan juga penolakan harga. Kali ini kita akan mempelajari mengenai ciri-ciri, strategi, beserta contoh dari berdagang dengan bullish pin bar sendiri. Untuk lebih memahaminya, kalian bisa membaca artikel di bawah ini. Serta, pastikan untuk membaca artikel lainnya seperti Bullish Reversal: Ciri, Syarat, Contoh, dan Keuntungannya

Apa Itu Bullish Pin Bar

Pinbar bullish menunjukkan penolakan terhadap harga yang lebih rendah. Sumbu yang lebih rendah menunjukkan bearish memegang kendali sebelumnya tetapi akhirnya diatasi oleh bullish.

Pinbar bearish menunjukkan penolakan harga yang lebih tinggi. Sumbu atas menunjukkan bullish memegang kendali sebelumnya tetapi akhirnya diatasi oleh bearish.

Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya

pin bar adalah lilin tunggal dengan ekor yang signifikan, dan tubuh yang sangat pendek atau hampir tidak ada. Agar sesuai dengan definisi, ekor harus menutupi setidaknya lebih dari 70% lilin.

Ini berarti candle dibuka pada harga tertentu, bergerak jauh dari harga tersebut, tetapi kembali mendekati titik pembukaan untuk penutupan. 

Bar ini dapat terbentuk kapan saja, tetapi membentuk pola yang kuat ketika muncul di dekat level support atau resistance. Saat harga menolak level ini, pin bar akan terbentuk dan uang pintar akan mengikuti untuk memulai tren pembalikan baru.

Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya

Psikologi di balik candle pin bar

Mari kita coba memahami apa yang membentuk candle pin bar.

Ketika pasar mendekati tingkat harga yang signifikan (tingkat penawaran atau permintaan), ia dapat melakukan beberapa hal. Pasar dapat menembusnya, dapat berkonsolidasi di dekat level tersebut, dapat menolak level tersebut, atau dapat menolaknya secara AGRESIF.

Ketika pasar menolak level secara agresif, lebih banyak uang akan mengikuti. Ini akan cenderung memulai pergerakan arah baru ke arah candle pin bar.

Inilah alasan mengapa pola pin bar sangat andal, dan mereka menghadirkan peluang bagi Anda untuk bergabung dengan uang pintar dan besar.

Ciri-Ciri Pola Bullish Pin Bar

Berikut merupakan ciri-ciri dari pola bullish pin bar tersebut. Ciri-cirinya adalah:

  1. Pertama Membutuhkan dukungan atau resistensi lama di latar belakang
  2. Harga rally di atas resistance hanya untuk jatuh kembali ke bawah. Harga ditutup di bawah resistance dan pada atau di dekat posisi terendahnya. mundur untuk dukungan
  3. “Sumbu” (atau ekor) harus setidaknya 2 – 3 kali panjang tubuh.
  4. Tubuh harus benar-benar terkandung dalam kisaran hari sebelumnya. Tubuhnya merah atau hitam
  5. Tubuh harus berada di ujung atas atau bawah Pin Bar.
  6. Sumbu harus menonjol jika dibandingkan dengan palang di sekitarnya. Sumbu Pin Bar harus lebih besar dari rentang perdagangan hari sebelumnya
  7. Hari berikutnya perlu konfirmasi
  8. Volume dapat berupa rendah (tidak ada permintaan di atas resistensi) atau tinggi (penawaran mengatasi permintaan di atas resistensi), sebaliknya untuk dukungan

Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya

Contoh Bullish Pin Bar

Sekarang kita melihat untuk menggabungkan semua aturan yang kita bahas di atas untuk membuat metodologi perdagangan yang koheren di sekitar pengaturan pin bar. Sistem perdagangan pin bar kami akan dimulai dengan membuka perdagangan setelah candle ditutup di luar sumbu pola yang lebih kecil. Stop loss akan ditempatkan di luar sumbu pola yang lebih panjang. Kami akan menggunakan teknik aksi harga untuk menentukan waktu yang tepat untuk menutup perdagangan. Lihat gambar di bawah ini:

Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya

Mari kita lihat grafik EUR/USD di atas. Grafik dimulai dengan penurunan harga. Tiba-tiba kita melihat candle pin bar bullish pada grafik. Sumbu candle yang lebih rendah berada di bawah aksi harga umum. Oleh karena itu, kami mengkonfirmasi keaslian polanya.

candle berikutnya yang muncul setelah pin bar ditutup di atas sumbu atas pola. Ini adalah saat yang tepat untuk membuka perdagangan panjang berdasarkan rencana perdagangan pin bar kami . Harganya naik setelahnya. Perhatikan bahwa dalam perjalanan ke atas, EUR/USD menciptakan level support yang jelas (garis biru). Jika harga menembus support ini ke bawah, maka perdagangan harus ditutup berdasarkan aturan aksi harga.

Dukungan berhasil menahan tekanan harga dan EUR/USD membuat pergerakan bullish baru. Pada akhir impuls bullish kedua, kita melihat pola candle Harami Reversal. Formasi ini kemungkinan bisa membalikkan tren bullish yang muncul setelah pola pin bar. Berdasarkan pergerakan harga ini, kami mungkin merasa bahwa ini adalah saat yang tepat untuk menutup.

Cara Berdagang Bullish Pin Bar

Berikut terdapat cara untuk berdagang atau yang biasa dinamakan strategi ketiga berdagang dengan bullish pin bar. Strategi tersebut adalah:

  • Cari candle pin bar bearish di dekat level resistance. (kami merekomendasikan kerangka waktu 1 jam, 4 jam, 1D, 1W).
  • Tempatkan order stop jual di bagian bawah candle pin bar.
  • Tempatkan stop loss Anda di sisi berlawanan dari candle.
  • Tempatkan target awal Anda pada 2x risiko yang diambil.
  • Jangan mengambil risiko lebih dari 1,5% dalam satu perdagangan tunggal.

Mempelajari Bullish Pin Bar Beserta Ciri dan Contohnya

Keuntungan Menggunakan Bullish Pin Bar

Mengetahui cara memperdagangkan pin bar adalah salah satu keterampilan utama yang perlu Anda peroleh sebagai pedagang valas karena itu adalah salah satu pola aksi harga paling umum yang akan Anda lihat di grafik Anda. Untungnya, perdagangan pin bar sendiri tidak terlalu sulit dan hanya mengharuskan Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang mengapa pin bar terbentuk di pasar, yang dapat Anda peroleh dengan mudah dengan membaca artikel saya tentang memahami pin bar.

Mengidentifikasi kelanjutan atau pembalikan tren terlebih dahulu adalah kunci untuk mendapat untung dengan pin bar. Biasanya, pin bar akan menonjol dari aksi harga, dengan sumbu pin setidaknya dua kali panjang badan candle. Anda biasanya dapat mengidentifikasi konteksnya dengan melihat aksi harga sebelumnya di dekat harga pin bar. Jika pin bar mendorong lebih tinggi atau lebih rendah dari aksi harga terbaru atau tidak ada aksi harga baru-baru ini, kemungkinan besar itu adalah pembalikan – pin bar nyata.

Strategi pin bar didasarkan pada asumsi sederhana, namun terbukti bahwa pasangan valas (dan aset lainnya) mengalami resistensi selama reli, namun seringkali mampu menembusnya. Ketika ini terjadi, resistance sebelumnya menjadi support baru. Setelah pasar menemukan support pada resistance sebelumnya, pin bar bullish terbentuk dalam prosesnya. Pengaturan pin bar adalah cara mudah untuk memvisualisasikan pembalikan tren di pasar. Jika digunakan dengan benar, ini mungkin tiket Anda ke perdagangan yang lebih sukses di masa depan.

Ada banyak keuntungan untuk perdagangan pola ini.

  • Pertama , ini adalah pola yang sangat akurat, dan mudah dikenali. Anda tidak akan dipusingkan dengan indikator dan alat yang mewah.
  • Kedua , Anda memiliki titik masuk dan keluar yang terdefinisi dengan sangat baik, sehingga mudah untuk mengukur risiko.
  • Ketiga , ini bekerja pada kerangka waktu apa pun dan pasangan valas apa pun.

Setelah mengetahui mengenai bullish pin bar, maka seperti yang telah dijelaskan mengenai keuntungan-keuntungan yang kalian dapatkan diatas, ketika mempelajari bullish pin bar sendiri maka dapat membantu para trader untuk mengambil keputusan ketika entri. Setelah mempelajarinya, hal selanjutnya adalah melakukan registrasi untuk bisa trading dengan deposit minimal Rp 150.000 bersama dengan GIC!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami