Bullish Marubozu: Jenis, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh

Artikel ini terakhir di perbaharui July 6, 2022 by Wachda Mihmii
Bullish Marubozu: Jenis, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh

Bullish Marubozu akan menunjukkan suatu pola pembalikan atau kelanjutan. Marubozu sendiri terdapat dua jenis. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membaca artikel di bawah ini. Kalian juga bisa memahami artikel sebelumnya seperti Candlestick Pattern: Penjelasan Lengkap, Single, Dual, hingga Triple.

Apa Itu Bullish Marubozu

Berasal dari kata Jepang ‘Marubozu’, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi ‘botak’, pola Marubozu dibentuk dengan satu candle. Menurut trader, Marubozu yang sempurna adalah candle yang tidak memiliki shadow – atas atau bawah, tidak seperti kebanyakan pola candlestick lainnya. Pola candle ini biasanya memiliki, apa yang dianggap sebagai ‘tubuh nyata’ dan dikategorikan ke dalam dua jenis – candle Marubozu bullish dan candle Marubozu bearish. Pola candle ini sangat menunjukkan pembalikan atau kelanjutan tren, tergantung pada penampilannya di grafik perdagangan.

Marubozu mengirimkan pesan yang kuat – pasar sedang tren ke satu arah. Jika Anda memecah candle, Anda dapat melihat bahwa harga aset diperdagangkan dalam satu arah sepanjang sesi.

Karakteristik ini berlaku untuk candle buka dan tutup Marubozu meskipun sumbu kecil ke salah satu sisi karena minat beli atau jual begitu kuat sehingga membanjiri sisi lain pasar.

Untuk candle Marubozu bearish, pola tersebut menandakan bahwa penjual memegang kendali penuh karena mereka mendominasi sesi ke arah yang diinginkan, dan sebaliknya untuk candle Marubozu yang bullish. Marubozu sangat penting jika candle muncul di dekat level resistance atau support, karena dapat dibuka di satu sisi dan ditutup di sisi lain, dan selanjutnya menambah tren saat ini.

Jenis Bullish Marubozu

Candlestick Jepang umumnya memiliki dua bagian untuk pembentukannya: tubuh dan sumbu, juga disebut shadow.

Bullish Marubozu: Jenis, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh

Tubuh adalah bagian berwarna dari candle. Kebanyakan paket charting menggunakan warna merah atau hijau, meskipun terkadang biru/merah dan hitam/putih adalah kombinasi populer lainnya.

Menonjol dari kedua ujung tubuh adalah tongkat kecil yang disebut sumbu atau shadow.

Bullish Marubozu: Jenis, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh

Apa yang membuat formasi Marubozu unik adalah tidak adanya shadow, atau sumbu. Ini memberikan pola tampilan blok persegi panjang yang besar.

Warna Marubozu adalah satu-satunya pembeda antara bullish dan bearish.

Berdasarkan warna candle yang tercermin pada grafik perdagangan, itu berarti pembeli atau penjual telah menguasai pasar sepenuhnya. Gaya trading juga berbeda berdasarkan jenis candle Marubozu. Yang mengatakan, terlepas dari apakah itu Marubozu bearish atau bullish, sangat penting bahwa Anda menunggu candle konfirmasi lain sebelum Anda masuk ke dalam perdagangan. Mari kita pahami Marubozu yang bullish dan bearish secara detail.

Syarat Bullish Marubozu

Cukup mudah untuk mengidentifikasi pola marubozu karena ini adalah candle tunggal yang memiliki tubuh nyata tanpa shadow apa pun. Biasanya, saat bullish, warnanya putih atau hijau di grafik saham dan saat bearish, warnanya merah atau hitam. Dalam marubozu bearish, harga pembukaan sama dengan harga tinggi dan harga penutupan sama dengan harga rendah. Untuk marubozu bullish, harga pembukaan sama dengan harga rendah dan harga penutupan sama dengan harga tinggi.

Tanda identifikasi untuk spinning top yang ideal adalah:

  • Tubuh asli yang besar
  • Tidak akan ada shadow di kedua sisi candle
  • Warna candle akan memiliki arti yang signifikan

Dalam kondisi pasar yang sebenarnya, marubozu yang sempurna jarang terjadi. Oleh karena itu, terkadang ada perbedaan kecil – biasanya kurang dari 0,01 persen dari kisaran candle, antara harga buka/tutup dengan harga tinggi/rendah diabaikan saat mengidentifikasi marubozu.

Bullish Marubozu: Jenis, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh

Cara Membaca Bullish Marubozu

Ada empat hal yang perlu Anda ketahui tentang trading dengan candle Bullish Marubozu. Mereka adalah seperti di bawah ini:

  1. Dalam Marubozu yang bullish, tidak adanya shadow atas dan bawah menunjukkan bahwa harga rendah sama dengan harga pembukaan, sedangkan harga tinggi setara dengan harga rendah.
  2. Marubozu Bullish menunjukkan minat beli yang meningkat pada aset tertentu di antara para pedagang, sedemikian rupa sehingga para pedagang bersedia membeli aset tersebut, terlepas dari titik harganya selama satu sesi. Hal ini menyebabkan harga aset ditutup mendekati titik tertingginya selama sesi tersebut.
  3. Candle Marubozu Bullish yang muncul dalam tren naik sangat mengindikasikan kelanjutan tren. Namun, ketika mereka muncul dalam tren turun, itu menyiratkan pembalikan tren. Situasi seperti itu menandakan perubahan sentimen pasar, menunjukkan bahwa saham atau aset yang diperdagangkan sekarang bullish.
  4. Dengan perubahan sentimen yang tajam, para pedagang memperkirakan akan melihat lonjakan bullish, mengantisipasinya untuk berlanjut selama beberapa sesi perdagangan mendatang. Dalam hal ini, pedagang harus mencari peluang beli baru setelah Marubozu yang bullish

Bullish Marubozu: Jenis, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh

Tidak adanya shadow bawah dan atas dalam marubozu bullish menunjukkan bahwa harga rendah sama dengan harga pembukaan dan harga tinggi sama dengan harga penutupan. Oleh karena itu, ketika Anda melihat candle dengan open=low dan close=high, itu disebut bullish marubozu.

Candlestick semacam ini menunjukkan bahwa ada begitu banyak minat beli pada saham atau pelaku pasar bersedia membeli saham dengan harga berapa pun selama sesi perdagangan itu. Oleh karena itu, harga saham ditutup mendekati titik tertinggi untuk sesi tersebut. Jika marubozu bullish ditampilkan pada tren naik, ini sangat menyiratkan kelanjutan tren . Namun ketika muncul dalam tren turun, itu menunjukkan pembalikan tren, bahwa sentimen pasar telah berubah dan saham sekarang bullish. 

Diharapkan ketika perubahan tajam ini terjadi, akan ada lonjakan pola bullish yang kemungkinan akan bertahan selama sesi perdagangan berikutnya. Oleh karena itu, seorang trader harus mencari peluang beli setelah terjadinya marubozu bullish. Disarankan bahwa harga beli sedikit di atas harga penutupan marubozu bullish.

Contoh Bullish Marubozu

Ambil grafik apa pun pada hari tertentu dan Anda akan dapat melihat pola candle Marubozu di salah satu bentuknya.

Pada grafik di bawah ini, kami memiliki grafik USD/CAD, di mana Anda dapat melihat candlestick terbuka Marubozu yang bullish.

Bullish Marubozu: Jenis, Syarat, Cara Membaca, dan Contoh

Setelah tren turun, aksi harga berkonsolidasi dengan perdagangan menyamping. Pada satu titik, sapi jantan mengambil alih dengan mendorong aksi harga lebih tinggi, akhirnya menciptakan candle di mana pembukaan dan rendah berada pada harga yang sama, tetapi penutupan dan tinggi jauh di depan.

Pasar memberi tahu kita bahwa tren sekarang bullish karena pembeli mengendalikan aksi harga dari pembukaan hingga akhir sesi. Tren kemudian berlanjut lebih tinggi untuk akhirnya menciptakan tinggi jangka pendek yang baru.

Trading Marubozu, dalam konteks entri, take profit, dan stop loss , lebih sulit daripada, misalnya, memperdagangkan hammer. Pola ini biasanya menghasilkan candle satu sisi yang kuat yang mudah dikenali dan ditafsirkan, tetapi elemen perdagangannya tidak begitu jelas.

Pola hammer memberi Anda clean low, yang digunakan untuk menentukan stop loss, sementara Marubozu lebih bergantung pada indikator teknis lainnya.

Dalam kasus khusus ini, Anda dapat memasuki perdagangan panjang setelah pembukaan Marubozu yang bullish dibuat, karena ini menandakan bahwa tren kemungkinan akan berlanjut, tetapi Anda harus menggunakan alat dan indikator lain untuk menentukan pesanan ambil untung dan hentikan kerugian.

Contoh ini menunjukkan kepada kita bagaimana pola candlestick Marubozu bekerja. Ini menghasilkan sinyal bahwa sentimen pasar cukup sepihak saat ini karena, dalam hal ini, pembeli mengambil tindakan harga lebih tinggi tanpa banyak perlawanan dari bearish.

Keuntungan Menggunakan Bullish Marubozu

Terdapat keuntungan dari menggunakan bullish Marubozu tersebut. Keuntungannya adalah:

  • Ini membantu Anda untuk memahami sentimen di pasar: Pola marubozu sangat bagus dalam menunjukkan sentimen pasar. Pedagang dapat menggunakan pola untuk mengetahui siapa yang telah mendominasi pasar dan dapat menggunakan candle tindak lanjut untuk mengukur kelelahan dan pengambilan keuntungan.
  • Ini mungkin memberi tahu Anda arah untuk berdagang : Meskipun Anda mungkin tidak pernah berdagang ke arah yang sama dengan candle marubozu itu sendiri, ia dapat memberi tahu Anda kapan harus berdagang melawannya. Tetapi Anda harus berhati-hati; Anda akan memerlukan faktor lain untuk menyelaraskan ke arah yang ingin Anda perdagangkan sehingga Anda memiliki pengaturan probabilitas tinggi.

Satu hal yang jelas ketika pola candle Marubozu terlihat adalah bahwa tren yang kuat telah mendorong harga ke titik tertinggi atau terendah pada periode waktu tersebut. Umumnya, jenis aksi harga ini menyiratkan kelanjutan dari sebuah tren.

Namun, aksi harga ini melihat ke belakang, dan lokasi Marubozu dalam tren yang lebih besar sangat penting untuk potensi imbalannya. Misalnya, jika Marubozu muncul menjelang akhir tren dalam ledakan, itu sebenarnya menetapkan panggung untuk pembalikan tren, bukan kelanjutan.

Jika Marubozu muncul di tengah tren, peluang trading memang ada. Namun, kesempatan itu tidak akan seberuntung Marubozu yang muncul di awal tren baru.

Jadi, lokasi Marubozu dalam konteks tren yang lebih besar penting untuk menghasilkan sinyal positif. Jauhi formasi Marubozu menjelang akhir tren matang — kecuali jika Anda waspada terhadap munculnya pembalikan.

Setelah mengetahui mengenai bullish marubozu tersebut, maka kalian bisa menerapkan bagaimana strategi dari cara berdagang dengan bullish marubozu tersebut. Selain itu, lakukan registrasi untuk bisa bertrading bersama GIC!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami