Jackson Hole Symposium merupakan simposium tahunan yang memungkinkan diskusi terbuka mengenai masalah ekonomi, saham, maupun masalah mata uang yang tengah dihadapi oleh dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Jackson Hole Symposium ini, Anda bisa membaca trivia berikut ini. Pastikan juga untuk Follow Instagram GIC untuk informasi trivia ekonomi lainnya!

Kenalan dengan Jackson Hole Symposium

Jackson Hole Symposium adalah simposium tahunan yang memungkinkan diskusi terbuka tentang masalah ekonomi, saham, dan masalah mata uang yang dihadapi ekonomi dunia. Ini adalah konferensi terkemuka yang menyaksikan kehadiran para bankir, akademisi, menteri keuangan, di antara peserta terkemuka lainnya. Simposium yang disponsori pada tahun 1978 oleh Federal Reserve Bank of Kansas City, Jackson Hole, Wyoming, telah menjadi konvergensi simposium sejak tahun 1981. Menjadi platform untuk diskusi tentang isu-isu kritis yang dihadapi ekonomi dunia, berbagai topik yang menyentuh dunia ekonomi diperhitungkan setiap tahun. Pilihan kebijakan strategis yang dihasilkan dari topik yang dibahas dan implikasinya terpancar dari setiap simposium.

Siapa saja yang berpartisipasi di Jackson Hole Symposium?

Untuk mendorong diskusi terbuka yang dikenal oleh simposium, peserta dipilih berdasarkan topik setiap tahun dengan mempertimbangkan keragaman di wilayah, latar belakang, dan industri. Pada tahun biasa sekitar 120 orang hadir, termasuk gubernur bank sentral, akademisi, peserta pasar keuangan, dan menteri keuangan di seluruh dunia.

Apa saja yang akan dibahas pada saat Jackson Hole Symposium?

Fitur utama dari acara ini adalah diskusi mendalam yang terjadi di antara para peserta. Mengingat peserta dan topik yang dibahas, ada minat besar dalam simposium. Namun, untuk membantu mendorong diskusi terbuka yang selama ini sangat penting bagi keberhasilan simposium, kehadiran pada acara tersebut dibatasi. Demikian pula, meskipun Bank menerima banyak permintaan dari media di seluruh dunia, kehadiran pers juga terbatas pada kelompok yang dipilih untuk memberikan transparansi penting pada simposium, namun tidak membanjiri atau mempengaruhi proses. Semua peserta simposium, termasuk anggota pers, membayar biaya untuk hadir.

Biaya tersebut kemudian digunakan untuk memulihkan biaya acara.
Sampai saat ini, lebih dari 150 penulis telah mempresentasikan makalah tentang topik-topik seperti inflasi, pasar tenaga kerja dan perdagangan internasional. Makalah yang diberikan kepada Bank sebelumnya dan dipresentasikan pada simposium kebijakan ekonomi tahunan akan diposting secara online pada saat dipresentasikan pada acara tersebut.

Makalah lain, seperti komentar pembahas, mungkin tidak diberikan sampai setelah acara tetapi akan diposting saat sudah tersedia. Selain itu, transkrip persidangan diposting di situs web saat tersedia, sebuah proses yang biasanya memakan waktu beberapa bulan. Akhirnya, makalah dan transkrip dikompilasi menjadi buku prosiding yang diposting di situs web dan diterbitkan dalam volume yang tersedia online atau cetak, gratis.

Jackson Hole Symposium beberapa Tahun Terakhir?

Berikut terdapat beberapa pembahasan Jackson Hole Symposium dalam tahun terakhir. Pembahasan tersebut adalah:

Macroeconomic Policy in an Uneven Economy

Tema Jackson Hole Symposium pada 27-28 Agustus adalah Kebijakan Makroekonomi dalam Ekonomi yang Tidak Merata . Mengingat judul topik, kami mengantisipasi bahwa pidato Ketua Fed Powell dapat berfokus pada perjalanan jangka menengah pemulihan pasar tenaga kerja. Powell, dalam kesaksian setengah tahunannya di hadapan Kongres pada 14-15 Juli, berulang kali menyoroti bahwa pemulihan pascapandemi di pasar tenaga kerja tidak merata di seluruh kelompok demografis dan pendapatan dan menekankan pentingnya dan komitmennya untuk memastikan pemulihan pasar tenaga kerja.

Diskusinya kemungkinan akan fokus pada indikator utama pasar tenaga kerja – seperti tingkat partisipasi angkatan kerja dan lapangan kerja terhadap populasi – The Fed mengawasi dengan cermat untuk menilai kemajuan menuju tujuan pekerjaan maksimumnya. Ini akan relevan bagi mereka yang mencari petunjuk tentang bagaimana Fed akan mendekati kenaikan suku bunga.

Navigating the Decade Ahead: Implications for Monetary Policy

Krisis keuangan global dan, sekarang, oleh pandemi COVID-19 menjadi salah satu dasar dari diskusi ini. Suku bunga ekuilibrium yang rendah kemungkinan akan menyebabkan episode yang lebih lama dan lebih sering di mana kebijakan moneter konvensional dibatasi oleh effective lower bound (ELB) pada tingkat nominal.

Memahami mengapa pertumbuhan ekonomi sangat lamban, mengapa suku bunga secara historis rendah, bagaimana bisnis membentuk ekspektasi dan bagaimana perubahan ekspektasi tersebut mempengaruhi aktivitas ekonomi sangat penting bagi para bankir sentral saat mereka mengembangkan strategi untuk mencapai mandat mereka. Perangkat kebijakan moneter yang serbaguna dan jelas komunikasi bank sentral akan sangat penting untuk mencapai dan mempertahankan ekspansi ekonomi, terutama pada saat tekanan keuangan. 


Untuk mengatasi masalah ini, Federal Reserve Bank of Kansas City mensponsori simposium virtual berjudul “Navigating the Decade Ahead: Implications for Monetary Policy” pada 27-28 Agustus 2020. Simposium ini mempertemukan sekelompok pejabat bank sentral dan akademisi, kebijakan dan ekonom bisnis untuk membahas perkembangan ekonomi dekade terakhir dan bagaimana perkembangannya selama dekade mendatang. Setiap hari simposium dimulai dengan pidato utama, diikuti oleh dua makalah dengan pembahas, dan diakhiri dengan diskusi panel.

Sekilas Tentang Jackson Hole Symposium

Challenges for Monetary Policy

Krisis keuangan global menawarkan tonggak alam untuk merenungkan tantangan yang dihadapi bank sentral saat itu. Kecukupan kerangka kebijakan moneter sebelum krisis telah ditantang oleh parahnya resesi dan pemulihan yang tidak merata yang dialami banyak ekonomi. Sifat yang tidak sinkron mengenai pertumbuhan global setelah krisis membuat bank sentral mencatat kursus yang berbeda untuk normalisasi kebijakan moneter berikut dimana sebagian besar bank sentral menggunakan konvensional dan alat kebijakan yang tidak konvensional.

Sementara beberapa bank sentral mendekati pengaturan kebijakan netral, yang lain belum memulai proses menghapus akomodasi kebijakan, yang mengarah pada perbedaan kepentingan dengan implikasi untuk nilai tukar, perdagangan dan kegiatan ekonomi. Di tengah perbedaan baru-baru ini, tren penurunan selama beberapa dekade suku bunga riil dan integrasi global dan keuangan yang lebih besar menciptakan tantangan umum yang dimiliki oleh banyak bank sentral.

Mengingat ini, perkembangan ekonomi global yang muncul dan sedang berlangsung, kebutuhan untuk forum menilai tantangan yang dihadapi bank sentral saat mereka mengejar mandat mereka.
Maka dari itu, Simposium Kebijakan Ekonomi Jackson Hole 2019 berusaha untuk mendorong dialog di antara para bankir sentral dari seluruh dunia. Itu sifat global dari tantangan yang dihadapi ekonomi dunia membutuhkan pertemuan internasional tahunan Federal Reserve Simposium Bank of Kansas City secara unik mampu memfasilitasi.

Changing Market Structures and Implications for Monetary Policy

Pergeseran struktur pasar selama dua dekade terakhir telah berkontribusi pada perubahan produktivitas, pertumbuhan, dan inflasi yang menjadi perhatian bankir sentral. Dalam pasar produk, telah terjadi peningkatan penting dalam kegiatan ekonomi yang terkait dengan perusahaan multinasional besar bersama dengan peningkatan konsentrasi pasar di banyak industri.

Perkembangan ini menunjukkan bahwa perusahaan besar saat ini mungkin memiliki lebih banyak kekuatan pasar daripada di masa lalu, dan pergeseran ini dapat mengakibatkan penurunan persaingan dalam banyak industri. Bankir sentral harus memantau pergeseran ini dengan hati-hati karena mereka kemungkinan memiliki hubungan penting untuk mengamati perubahan struktural dalam ekonomi global, termasuk lebih rendah investasi modal, pangsa tenaga kerja yang menurun, pertumbuhan produktivitas yang lambat, pertumbuhan upah yang lambat dan dinamisme yang menurun. 


Untuk mengatasi masalah ini, Federal Reserve Bank of Kansas City mensponsori simposium berjudul “Changing Market Structures and Implications for Monetary Policy,” 23-25 ‚Äč‚ÄčAgustus 2018, di Jackson Hole, Wyo Peserta termasuk bankir sentral, ekonom akademis dan individu dari seluruh dunia yang terlibat dalam analisis ekonomi dan implikasi dari perubahan struktur pasar. Sejumlah tema muncul selama proses berlangsung. Pertama, munculnya "perusahaan superstar" telah menjadi faktor kunci dalam peningkatan yang diamati dalam konsentrasi pasar di banyak industri.

Kedua, meningkatnya kepentingan perusahaan modal tidak berwujud, seperti: sebagai perangkat lunak, kekayaan intelektual, dan proses bisnis yang inovatif, relatif terhadap modal fisik telah menyebabkan peningkatan produktivitas di industri tertentu, seperti sektor konsumen, dan kekuatan pasar yang lebih kuat di industri. industri lain, seperti perawatan kesehatan. Ketiga, munculnya toko online dan persaingan mereka dengan toko bata-dan-mortir telah menyebabkan perusahaan mengubah keputusan penetapan harga mereka dan telah mengubah dinamika inflasi untuk ekonomi yang lebih luas.

Dan akhirnya, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa sementara ada bukti trade-off antara persaingan dan stabilitas di industri perbankan, pembuat kebijakan dapat memitigasi kekhawatiran makroprudensial jika persaingan yang meningkat disertai dengan desain kebijakan yang baik.
Setelah mengetahui mengenai Jackson Hole Symposium, beserta siapa saja yang berpartisipasi dan beberapa pembahasan pada tahun terakhir, Anda juga bisa mengetahui pembahasan trivia lainnya pada Jurnal GIC. Selain itu, Anda bisa melakukan registrasi untuk dapat melakukan deposit di GIC mulai dari 150.000 rupiah saja!

GIC