Pengertian Cross Rate


Kurs silang atau Cross rate adalah kutipan pasar valas antara dua mata uang (tidak melibatkan dolar AS) dan keduanya dinilai sebagai mata uang ketiga. Jika digunakan sebagai mata uang dasar, maka dolar AS dianggap bernilai satu. 


Perdagangan mata uang sebenarnya telah berkembang selama bertahun-tahun menyusul pecahnya standar harga emas, sehingga USD menjadi mata uang cadangan utama. Seiring berjalannya waktu, USD menjadi mata uang paling fleksibel yang menjadi dasar bagi semua pasangan mata uang asing.


EUR, JYP, GBP, AUD, CAD dan CHF merupakan mata uang yang diperdagangkan terhadap USD. Persilangan mata uang utama seperti EUR/JYP atau EUR/GBP memberi trader likuiditas perdagangan yang kuat. 

cross rate adalah
Kurs Silang 


Memahami Pairing Cross Rate Adalah Sebagai Berikut : 


Untuk memahami cara perhitungan kurs silang, hal yang paling pertama adalah mengetahui pasangan tarif kurs silang yang umum digunakan. Ketika kedua mata uang asing dinilai terhadap satu sama lain, mereka merupakan pasangan lintas tingkat. Pasangan mata uang tersebut lalu dibandingkan dengan mata uang dasar (misalnya dolar AS).


Berikut dibawah ini kurs silang yang populer digunakan tanpa menggunakan USD : 


  • EUR/JPY 

  • EUR/GBP 

  • AUD/NZD 

  • EUR/SEK

Cara Menghitung Cross Rate


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cross rate melibatkan harga pasar pertukaran yang dimuat dalam dua mata uang asing yang kemudian dinilai ke mata uang ketiga. Proses ini, dua transaksi sedang dihitung.


Yang pertama adalah individu yang memperdagangkan satu mata uang yang spesifik seperti GBP, JYP, EUR untuk dinilai setara yang sama dalam dolar AS. Setelah dolar diterima, kemudian pertukaran terjadi lagi saat dolar AS diperdagangkan untuk mata uang asing spesifik yang kedua. 


Pada dasarnya, saat kamu memperdagangkan pasangan mata uang, berarti kamu menjual satu mata uang untuk dolar AS dan menggunakannya untuk membeli mata uang asing yang lain, sehingga kamu secara efektif melakukan dua transaksi. 


Hal ini akan membentuk dasar dari persamaan yang akan digunakan, sehingga membantu kamu untuk paham mengapa pasangan mata uang harus berada dalam urutan tertentu agar persamaan dapat bekerja. 


Untuk menentukan cross rate, kamu harus terlebih dahulu memiliki harga penawaran untuk kedua mata uang yang terlibat saat dipasangkan dengan dolar AS. Ini akan memudahkan ketika USD merupakan mata uang dasar bagi pasangan mata uang lainnya. Seperti dalam kasus saat menghitung mata uang GBP/CHF yang memerlukan harga penawaran untuk GBP/USD dan USD/CHF. Yang perlu kamu lakukan adalah mengalikan kedua harga untuk mendapatkan cross rate seperti yang tertera pada contoh dibawah ini : 


GBP (poundsterling) / USD (dolar AS) = 1.5700

USD (dolar AS) / CHF (Swiss) = 0.9300 


Kemudian keduanya dikalikan menjadi GBP (poundsterling) / USD (dolar AS) (1.5700) x USD (Dolar AS) / CHF (Swiss) (0.9300) = 1,4601 untuk hasil dari GBP/CHF. 


Indirect Quotation (Kutipan Tak Langsung)


Kutipan Tak langsung merupakan kutipan mata uang yang digunakan untuk menyatakan banyaknya mata uang dasar yang dibutuhkan untuk membeli sebuah mata uang yang dikutip. Ini juga digunakan untuk menghitung tarif lintas.


Sebagai contoh, katakanlah dua pasangan valuta asing yang digunakan adalah USD/EUR dan USD/JPY, dan kami ingin menghitung kurs silang EUR/JPY.


Direct Quotations (Kutipan Langsung)


Kutipan langsung adalah kutipan mata uang yang digunakan untuk menyatakan banyaknya nominal mata uang yang dikutip dibutuhkan untuk membeli sebuah mata uang dasar. Misalnya, mirip dengan contoh terakhir, kita memerlukan dua pasangan valuta asing dan valuasi bid/offer masing-masing untuk melakukan perhitungan. Dalam hal ini, kita akan menggunakan NZD/USD (0,7253-0,7256) dan AUD/USD (0,7701-0,7719) untuk menentukan kurs silang NZD/AUD. Dalam hal ini, NZD adalah mata uang dasar, jadi harus ada di pembilangnya.

Diatas merupakan informasi harian mengenai harga emas 11 Januari 2023. Update terus informasi terbaru lainnya melalui jurnal GIC yang akan diumumkan setiap harinya. Anda juga tentunya bisa melakukan trading di aplikasi GICTrade dengan fitur terbarunya, akun ECN, nikmati keunggulan fitur terbaru dengan spread terendah dimulai dari 0!