Jurnal Trading Crypto : Strategi Untuk Menghindari Kerugian

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2022 by suharyani
Jurnal Trading Crypto : Strategi Untuk Menghindari Kerugian

Disaat trading pasti kita akan meminimalisir suatu kerugian, maka dari itu harus ada strategi khusus untuk meminimalisir kerugian tersebut, salah satu caranya adalah membuat jurnal trading. Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui tentang jurnal trading crypto.

Sebelum itu anda dapat membaca artikel trading di website GIC. anda juga dapat follow instagram dan youtube GIC untuk mendapatkan lebih banyak edukasi tentang trading.

cara membuat jurnal trading crypto

Apa itu Jurnal Trading Crypto?

Jurnal perdagangan merupakan daily book di mana seorang trader mencatat keputusan dan hasil trading mereka. Ini akan disertai dengan analisis, informasi tambahan (seperti grafik dan tren saat ini), dan apa yang membuat mereka melakukan investasi akhir. 

Aspek lainnya adalah seberapa banyak trader memutuskan untuk berinvestasi atau menjual, dan mengapa. Informasi semacam ini, dan hasil trading adalah kunci untuk membantu trader tumbuh dan belajar dari keberhasilan dan kesalahan mereka.

Jurnal perdagangan crypto adalah catatan trading anda sebagai pedagang cryptocurrency, buat dan alasan di baliknya. Alasan di balik menjaga jurnal perdagangan crypto adalah untuk melacak kinerja dan logika di balik semua perdagangan, pada dasarnya, membenarkan setiap gerakan.

Alat vital ini menghilangkan dugaan dan memberi anda template yang membantu mengidentifikasi prinsip trading anda. Tanpa itu, perdagangan cryptocurrency akan mirip dengan perjudian. Sederhananya, jurnal perdagangan kripto menyatukan perencanaan, refleksi, dan konsistensi.

Fungsi Jurnal Trading Cryto

Masih meragukan fungsi jurnal trading dalam meminimalisir kerugian? Coba simak fungsi-fungsi jurnal trading crypto dibawah ini :

Evaluasi Kinerja Perdagangan

Setelah uang Anda ada di pasar, tidak ada putaran uji coba atau simulasi tiruan bagi Anda untuk mengamati dan menilai bagaimana perdagangan anda berjalan di pasar. Sekarang, untuk pemula, tidak ada pengaturan ‘menguji air’ yang sebenarnya. 

Jadi, sebagai permulaan, jurnal perdagangan adalah cara terbaik bagi mereka untuk mengevaluasi kinerja perdagangan mereka dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka.

Evaluasi sederhana tentang kinerja perdagangan Anda dapat dilakukan dengan mengamati jurnal perdagangan Anda tanpa bias. Contoh evaluasi yang dapat Anda lakukan adalah:

  • “Apakah perdagangan ayunan saya gagal lebih dari posisi panjang saya ?”
  • “Apakah perdagangan korslet saya tidak sepadan dengan usaha?”
  • “Apakah saya kehilangan lebih banyak uang dengan HODL daripada memesan keuntungan?”

Menghindari Pembelian Impulsif

Mirip dengan manfaat sebelumnya, memiliki jurnal perdagangan membatasi pedagang untuk keluar dari jalan mereka untuk menghasilkan uang di pasar. Ini biasanya terjadi ketika rencana yang menguntungkan secara konsisten tiba-tiba rusak. Hal ini menyebabkan perdagangan dilakukan dengan cara spontan. Dan ini umumnya merupakan tindakan emosional dan kompensasi untuk kehilangan satu kali.

Dan sebelum kita tahu, reaksi spontan itu lebih berbahaya daripada kebaikan, dan kerugiannya bertambah. Sederhananya, perdagangan impulsif adalah bermain dengan api. Di sini, memiliki jurnal perdagangan membantu pedagang mengeluarkan emosi dari persamaan. Perdagangan spontan dapat dengan mudah dihindari karena menuliskannya di jurnal membuat pedagang lebih sadar dan cenderung tidak menambahkan perdagangan impuls dalam buku yang menguntungkan.

Manajemen Risiko

Ketiga, fungsi membuat jurnal trading adalah untuk melakukan manajemen risiko dengan cara menilai tingkat risiko yang dapat diambil berdasarkan seluruh variabel perdagangan, misalnya area yang harus dihindari, tingkat risiko,  dan lain sebagaiya.

Manajemen risiko adalah menilai tingkat risiko yang dapat kamu ambil berdasarkan semua variabel perdagangan. Dengan mencatat setiap perdagangan di jurnal, kamu mungkin bisa menemukan area yang membutuhkan perbaikan dan pengembangan di kemudian hari.

Cara Membuat Jurnal Trading Crypto

Membuat jurnal trading itu sangat sederhana dan anda juga dapat mencocokan dengan gaya dan tujuan perdagangan yang spesifik. Berikut adalah cara-cara dasar membuat jurnal trading : 

  • Pilih platform atau tools

Anda dapat memilih antara spreadsheet ataupun buku. Sebagai saran lebih baik menggunakan spreadsheet. Karena Google spreadsheet memiliki fungsi analytics bawaannya sendiri.

  • Mengidentifikasi informasi apa saja yang akan dicatat atau direkam. (Contoh : aset dasar, tanggal trading, size position dll.)

Anda dapat mencatat apa saja yang dirasa perlu untuk direkm atau dicatat ke dalam jurnal. Beberapa trader bahkan menambahkan kriteria bagaimana perasaan (Psikologi) mereka secara emosional disaat mereka melakukan trading. Jadi apa pun yang anda rasa jika hall tersebut disara akan membantu anda maka catatlah kedalam jurnal anda.

  • Catatlah trading anda secara live atau langsung 

sesudah saat anda selesai take profit dan meletakkaan stop loss. Biasakan mencatat detail perdagangan langsung setelah perdagangan, saat masih segar. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengingat apa alasan Anda melakukan perdagangan. Pastikan untuk melakukan ini hanya setelah menempatkan stop-loss dan take-profit Anda.

  • Setelah kurun waktu yang sudah ditentukan (harian/bulanan/mingguan) 

Setelah jangka waktu tertentu (minggu atau bulan), namun lebih baik jika dalam hitungan beberapa bulan sehingga anda juga memiliki cukup data untuk dapat mencocokan data dalam jurnal trading yang anda miliki. Kompilasikan lah data yang ada atau  yang anda punya dan coba evaluasi cara-cara trading yang sudah anda lakukan.

Anda dapat melakukan beberapa jenis cara yang berbeda sehingga dapat meningkatkan, mengembangkan dan mengevaluasi trading yang anda lakukan.

Contoh Jurnal Trading Crypto

Untuk mengetahui jurnal trading ebih jelas, simak gambar dibawah ini agar anda lebih dapat tergambarkan :

cara membuat jurnal trading

Berikut artikel tentang jurnal trading crypto, semoga dapat membantu anda dalam melakukan trading selanjutnya !

Mulai trading sekarang hanya di GICTrade, tunjukkan kemampuan tradingmu !

GIC

suharyani
"Writing is easy. All you do is stare at a blank sheet of paper until drops of blood form on your forehead.” – Gene Fowler. Ani is a content and copywriter who really loves her job and very interested in the digital marketing field especially Social Media and SEO.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami