Staking Coin: Manfaat, Cara Kerja, Jenis, dan Keuntungannya

Artikel ini terakhir di perbaharui September 1, 2022 by Wachda Mihmii
Staking Coin: Manfaat, Cara Kerja, Jenis, dan Keuntungannya
Sekilas Tentang Staking Coin

Staking Coin merupakan konsep cryptocurrency memverifikasi transaksi mereka, dan ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan hadiah atas kepemilikan mereka. Untuk mengetahui lebih lanjutnya mengenai staking coin, Anda bisa membaca artikel blockchain berikut. Selain itu, Follow Instagram GIC untuk informasi lainnya!

Apa itu Staking Coin?

Dengan semakin populernya cryptocurrency, crypto staking juga menjadi tren yang muncul di dunia crypto. Staking coin kripto adalah penyimpanan dana atau investasi untuk memperoleh keuntungan. Mereka diatur dengan teknik blockchain di mana catatan crypto dan data turunannya diletakkan di blockchain. Tindakan ini mendukung operasi dan keamanan jaringan blockchain.

Staking juga mengotentikasi transaksi di blockchain, yang disebut sebagai proof of stake (POS).

Operasi ini membantu jaringan kripto dalam mencapai validasi. Konsep utama dari staking adalah bahwa pemegang saham menyimpan saham crypto mereka di dompet digital mereka untuk memperoleh keuntungan, sedangkan investor menyimpan data dan memverifikasi dan memvalidasinya. Melalui prosedur staking, rantai Proof of Work memvalidasi dan menghasilkan blok baru.

Manfaat Staking pada Kripto

Berikut terdapat beberapa manfaat dan keuntungan dari kegiatan staking. Manfaat dan keuntungan tersebut adalah:

  • Hadiah Menarik: Pengembalian atau hasil seperti yang disebut dalam crypto staking dikenal menguntungkan.
  • Penghasilan Pasif: Mendapatkan imbalan Staking dianggap sebagai cara yang solid untuk menggunakan crypto yang tidak aktif untuk digunakan dalam jangka panjang. 
  • Semua Orang Bisa Menang: Saat Anda mempertaruhkan kripto, Anda berpartisipasi dalam meningkatkan efisiensi dan keamanan jaringan blockchain.
  • Efisien: PoS jauh lebih ramah lingkungan daripada PoW di mana para penambang menggunakan peralatan elektronik yang mahal untuk membuat blok cryptocurrency baru. 

Cara Kerja Staking Coin

Ada tiga hal yang memungkinkan crypto staking. Pertama adalah kemampuan cryptocurrency untuk memaksa peserta untuk memiliki kulit dalam permainan dengan janji komitmen sebagai imbalan untuk mempertaruhkan hadiah.

Ini berasal dari fakta bahwa ada manfaat untuk memiliki kulit dalam permainan. Ini memastikan bahwa ada keadilan dan integritas. Lebih jauh lagi, imbalan yang dipertaruhkan harus menguntungkan (siapa yang tidak menginginkan lebih banyak uang?).  

Sebagian besar platform memungut jumlah Staking minimum sehingga ada kulit yang cukup dalam permainan. Ethereum, misalnya, mengharuskan Anda untuk mempertaruhkan minimal 32 Eter (~$105.785). 

Yang kedua adalah platform blockchain itu sendiri. Jika proyeknya solid dan blockchain-nya dapat secara efektif menggunakan crypto yang dipertaruhkan, semua orang pulang dengan bahagia. Ini juga membangun kepercayaan dan rasa kebersamaan.

Beberapa platform menawarkan “kolam Staking” sehingga investor dapat bergandengan tangan dan meningkatkan kekuatan Staking mereka. Lebih banyak aset yang dipertaruhkan berarti lebih banyak kekuatan komputasi untuk platform dan lebih banyak hadiah untuk peserta.

Terakhir, tidak setiap cryptocurrency dapat memberi Anda akses ke staking. Hanya mereka yang telah mengadopsi mekanisme “Proof-of-Stake” yang dapat membantu Anda mendapatkan hadiah staking. 

Sekilas Tentang Staking Coin
Sekilas Tentang Staking Coin

Jenis Wallet untuk Staking

Berikut terdapat beberapa jenis wallet untuk melakukan staking. Jenis tersebut bisa Anda perhatikan di bawah ini:

Exodus

Exodus adalah aplikasi wallet kripto gratis dan independen paling populer. Ini mendukung lebih dari 100 mata uang dan tersedia untuk Android, iPhone dan sebagai aplikasi desktop. Staking wallet Exodus tersedia di semua versi wallet ini.

Fokus wallet Exodus adalah pada antarmuka pengguna yang ramping yang membuat fungsi teknologi tinggi dapat diakses oleh semua orang. 

Exodus sudah ada sejak lama. Mereka mendapatkan biaya dari pertukaran instan yang datang dengan wallet Exodus dan yang membuat mereka independen dari industri besar.

Mereka dikenal sebagai pelopor dan mengintegrasikan fitur-fitur baru dengan sangat cepat. Misalnya, mereka meluncurkan galeri NFT grafis untuk blockchain Solana baru-baru ini.

Anda tidak dapat melakukan sesuatu yang terlalu canggih secara teknis dengan Exodus, seperti menandatangani pesan dengan alamat . Tetapi ini adalah pilihan terbaik untuk Anda jika Anda adalah pemegang crypto biasa yang hanya ingin mempertaruhkan crypto dengan harga yang bagus, keamanan yang baik, dan kerumitan minimum.

Ledger

Staking Crypto diaktifkan di aplikasi Ledger Live untuk semua model dompet Ledger – Ledger Nano S, Ledger Nano X dan Ledger Nano S Plus yang baru. Jika Anda akan mendapatkan dompet Ledger untuk melakukan staking lebih dari satu cryptocurrency, dapatkan Ledger Nano X atau Ledger Nano S Plus yang baru. Kedua model ini memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menjalankan beberapa aplikasi dompet secara bersamaan.

Ledger juga bagus untuk holders besar karena mudah untuk menjalankan validator Anda sendiri dari dompet Ledger: Semua orang di bisnis crypto staking akan selalu memberikan panduan pengaturan untuk dompet Ledger, hanya karena sangat populer.

Dan kemudian seluruh aspek keamanan. Keamanan Ledger lebih baik daripada dompet perangkat lunak. Ledger tidak super top tier seperti Coldcard , tetapi berjalan pada chip elemen aman dan dompet diisolasi dari malware apa pun yang mungkin ada di komputer Anda.

Trust Wallet

Trust wallet adalah dompet cryptocurrency yang populer, terpercaya, dan aman. Didukung oleh Binance, dompet mendukung banyak mata uang kripto dan hanya tersedia untuk platform seluler. Trust wallet mendukung Staking beberapa koin termasuk Tezos (XTX), Cosmos (ATOM), VeChain (VET), TRON (TRX), IoTeX (IOTX), dan Algorand (ALGO), Callisto (CLO), dan TomoChain (TOMO). Trust wallet juga dilengkapi dengan pertukaran bawaan sehingga pengguna dapat bertukar cryptos di dalam dompet itu sendiri.

Atomic Wallet

Atomic Wallet adalah salah satu dompet multi-cryptocurrency yang paling aman, terdesentralisasi, dan anonim di mana pengguna dapat menyimpan banyak koin dan token. Ini memungkinkan pengguna untuk membeli cryptocurrency dalam USR, Euro, dan mata uang lokal juga. Atomic Wallet saat ini tersedia untuk platform desktop dan seluler termasuk Windows, macOS, Ubuntu, Debian Fedora, Android, dan iOS. Pengguna dapat mendelegasikan aset kripto mereka ke validator untuk mendapatkan hadiah Staking tanpa biaya. Atomic Wallet dilengkapi dengan pertukaran bawaan untuk menukar cryptocurrency.

Proof of Stake VS Proof of Burn?

Ada beberapa jenis bukti berbeda yang dapat digunakan untuk memverifikasi transaksi di blockchain. Yang paling umum adalah Proof-of-Burn (PoB) dan Proof-of-Stake (PoS).

Proof-of-Burn adalah metode di mana koin baru dibuat dengan membakar sejumlah koin yang ada. Ini dilakukan dengan mengirimkan koin ke alamat khusus yang hanya dapat membakarnya. Setelah koin dibakar, mereka dihancurkan dan tidak dapat digunakan lagi. Koin baru kemudian dibuat dengan mengambil jumlah total koin yang dibakar dan membaginya dengan jumlah total koin yang beredar.

Proof-of-Stake adalah sistem di mana koin baru dibuat dengan memegang sejumlah koin yang ada. Ini dilakukan dengan mengirimkan koin ke alamat khusus yang hanya bisa mempertaruhkannya. Setelah koin dipertaruhkan, mereka dikunci dan tidak dapat digunakan lagi. Koin baru kemudian dibuat dengan mengambil jumlah total koin yang dipertaruhkan dan membaginya dengan jumlah total koin yang beredar.

Solo Staking VS Staking Pool

Solo Staking adalah ketika pengguna mempertaruhkan koin mereka sendiri untuk menerima hadiah blok. Dengan memiliki dompet Staking online, Anda mungkin menerima insentif. 

Keuntungan utama dari solo staking adalah pengguna dapat menyimpan semua hadiah mereka. 

Namun, ada juga beberapa kelemahan dari solo staking. Pertama, menyiapkan dompet Staking mungkin mahal karena pengguna membutuhkan cukup koin untuk dipertaruhkan. 

Kedua, pengguna harus sering online untuk mendapatkan hadiah, yang mungkin sulit bagi sebagian orang. Terakhir, selalu ada risiko bahwa pengguna dapat kehilangan koin mereka jika dompet mereka diretas atau dicuri.

Pool staking adalah cara untuk mempertaruhkan koin Anda dengan menggabungkannya dengan pengguna lain untuk menerima hadiah yang lebih tinggi. Ini dimungkinkan dengan membuat atau bergabung dengan staking pool. 

Saat Anda menggabungkan koin Anda dengan pengguna lain, total ukuran kumpulan bertambah, yang akan memungkinkan memiliki lebih banyak hadiah. Semakin besar kumpulan, semakin banyak hadiah yang diterima setiap peserta.

Keuntungan Sistem Staking

Murah . Jika PoW Anda perlu membeli peralatan mahal dan membayar listrik, PoS membutuhkan daya komputasi yang minimal. Laptop atau dompet ponsel lama biasa di ponsel cerdas Anda sudah cukup untuk dipertaruhkan.

Aman . PoS jauh lebih tahan terhadap serangan 51%, karena Anda perlu membeli 51% koin untuk mengambil alih jaringan, tetapi serangan seperti itu secara ekonomi tidak menguntungkan.

Staking menyiratkan pertumbuhan aset . Memang, akan lebih baik jika Anda mempertaruhkan lebih banyak koin untuk menghasilkan keuntungan besar. Selain keuntungan dari mempertaruhkan, nilai koin itu sendiri kemungkinan akan tumbuh juga.

Ini sederhana. Tidak perlu memiliki pengetahuan khusus. Anda hanya perlu membeli koin di bursa dan mendelegasikan (memasukkan) mereka ke dalam staking di dompet Anda. Kemudian sistem menghitung hadiahnya sendiri.

Setelah mengetahui mengenai staking coin beserta dengan manfaat, cara kerja, jenis, dan keuntungannya, Anda bisa mulai melakukan staking dengan memanfaatkan informasi di atas. Jika Anda ingin melakukan farming, maka Anda bisa melakukannya di GIC Bridge. Dan jika Anda ingin melakukan trading dengan modal kecil mulai dari 150.000 rupiah, Anda bisa meregistrasikan diri terlebih dahulu melalui website resmi GIC dan dapatkan keuntungannya!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami