Rug Pull: Contoh Kasus dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Artikel ini terakhir di perbaharui August 26, 2022 by Wachda Mihmii
Rug Pull: Contoh Kasus dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Rug Pull adalah jenis penipuan kripto yang terjadi pada investor dengan cara memberi aset yang tidak berharga. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Rug Pull ini, Anda bisa membaca artikel seputar blockchain ini. Selain itu, jangan lupa untuk follow Instagram GIC untuk mengetahui perkembangan kripto yang sedang terjadi.

Apa Itu Rug Pull?

Rug Pull adalah jenis penipuan kripto yang terjadi ketika sebuah tim pumps token dari proyek mereka sebelum menghilang dengan dana, meninggalkan investor mereka dengan aset yang tidak berharga. 

Rug Pull terjadi ketika pengembang curang membuat token kripto baru, menaikkan harga dan kemudian menarik sebanyak mungkin nilai dari mereka sebelum meninggalkannya karena harganya turun ke nol. Rug Pull adalah  type of exit scam dan eksploitasi decentralized finance (DeFi).

Jenis penipuan baru telah muncul di dunia cryptocurrency yang dipenuhi sensasi: “Rug Pull.”

Penipuan, yang mendapatkan namanya dari ungkapan “Pulling the Rug Out,” melibatkan pengembang yang menarik investor ke proyek cryptocurrency baru, lalu menarik diri sebelum proyek dibangun, meninggalkan investor dengan mata uang yang tidak berharga. Ini adalah bagian dari sejarah panjang skema investasi.

“Ini bukan fenomena kripto saja. Ini adalah fenomena orang. Crypto hanyalah cara terbaru untuk melakukannya, ”kata Adam Blumberg, perencana keuangan bersertifikat yang berbasis di Houston yang berspesialisasi dalam aset digital. Tetapi cryptocurrency memiliki risiko khusus karena peraturan yang longgar untuk penggalangan dana dan penekanannya pada desentralisasi.

Proyek Cryptocurrency sering menggunakan “Smart Contract,” perjanjian yang diatur oleh perangkat lunak komputer, bukan sistem hukum. Pengaturan ini dapat bermanfaat ketika mengurangi biaya transaksi, tetapi juga menyisakan sedikit jalan keluar jika hal-hal tidak berhasil.

Rug Pull sangat umum di proyek keuangan terdesentralisasi, atau DeFi, yang bertujuan untuk mengganggu layanan seperti perbankan dan asuransi. NFT, atau token yang tidak dapat dipertukarkan, yang memberikan kepemilikan digital atas seni dan konten lainnya, juga terlibat dalam Rug Pull.

Investor dapat melindungi diri mereka sendiri dengan memilih proyek cryptocurrency yang sudah mapan, memastikan kode dari setiap proyek baru telah ditinjau dan memverifikasi identitas pengembang.

Contoh Kasus Rug Pull

Berikut terdapat beberapa contoh kasus dari Rug Pull tersebut. Contohnya adalah:

Token Squid Game

Setelah nilai token turun ke nol, penyelidikan dimulai. Binance telah mengindikasikan bahwa mereka secara aktif  bekerja sama dengan penegak hukum  untuk mencari tahu siapa penipu itu dan mungkin memulihkan sejumlah dana yang dicuri. 

“Ini adalah  skema pump-and-dump, atau “rug pull” klasik , dan terasa agak terlibat karena mengembangkan blockchain yang digunakan oleh DEX PancakeSwap, yaitu Binance Smart Chain, di mana token dikeluarkan dan diperdagangkan”. – Klaim Binance

Faktanya adalah  siapa pun dapat membuat token di Binance Smart Chain dan mencantumkannya di PancakeSwap , jadi risiko menemukan token yang dibuat dengan tujuan kriminal di DEX sama sekali tidak ada. 

Sebaliknya, menurut juru bicara Binance, jenis proyek penipuan ini telah menjadi terlalu umum di industri DeFi. 

Pengembang token SQUID  selalu berhasil untuk tetap anonim , dan bahkan dari akun Twitter dan situs web mereka, tampaknya mereka tidak dapat dilacak. Melacak mereka bisa sangat rumit, bahkan jika pergerakan token dapat dilacak. 

Thodex

Thodex, sebuah perusahaan crypto yang berbasis di Turki, mengumumkan April lalu bahwa platformnya telah “ditutup sementara” untuk mengatasi “fluktuasi abnormal dalam akun perusahaan,” sementara pendiri dan CEO Faruk Fatih Ozer, terbang ke Albania dengan lebih dari $2 miliar. dana investor dengan dia.

Pada saat yang sama, pengguna bursa mengeluh bahwa mereka tidak dapat menarik cryptocurrency senilai ratusan juta dolar, dengan Ozer menghilang dan menolak untuk berbicara dengan siapa pun. Pada saat pengaduan pidana awal diajukan, Thodex menjadi tuan rumah bagi lebih dari 400.000 pengguna, di mana 390.000 di antaranya aktif.

Seperti yang terjadi saat ini, otoritas Turki masih memiliki surat perintah internasional yang aktif untuk mencari penangkapan Ozer, di mana Interpol telah mengeluarkan surat perintah red notice untuk penangkapannya. Selain itu, saudara kandung Ozer telah ditahan karena hubungan dan partisipasi mereka dengan Thodex, sementara polisi juga telah menangkap lebih dari 62 orang di delapan kota, termasuk Istanbul.

Compounder Finance (CP3R)

Penipuan keluar yang diduga dilakukan oleh pengembang Compounder Finance DeFi telah Compounder Finance menyebut dirinya sebagai platform “smarter farming” dan klon Harvest/Yearn Finance.

Bahkan situs web proyek, Twitter, Medium, dan halaman Discord tampaknya telah dihapus. 

Menurut versi cache dari posting blog Medium yang menjelaskan proyek tersebut, tertanggal 8 November, Compounder Finance mengklaim sebagai sistem pertanian otomatis yang menawarkan bunga majemuk pada aset digital sambil juga mendapatkan token CP3R asli sebagai “hadiah.”

Compounder Finance, yang baru diluncurkan bulan lalu, berjanji kepada investor bahwa proyek keuangan terdesentralisasi (DeFi) berbasis Ethereum menerapkan penguncian waktu 24 jam pada semua kontrak pintar yang diberlakukan untuk kepentingan keamanan, tetapi yang tidak diketahui adalah bahwa pengembang diduga termasuk pintu belakang tersembunyi ke dalam sistem. 

Amplyfi.money

TurtleDEX mengumumkan masuknya ke dalam Binance Smart Chain pada 15 Maret, mengklaim bahwa ia akan menawarkan penyimpanan online yang aman kepada pelanggan. 

Pertukaran terdesentralisasi mampu menghasilkan $ 2,4 juta dalam dua jam selama pra-penjualannya. Permadani pencipta platform menarik investor hanya dalam lima hari setelah diluncurkan.

Semua likuiditas di kumpulan platform di ApeSwap dan PancakeSwap dikosongkan, menurut dokumen. 

Dana di kolam likuiditas dikosongkan dan ditukar ke Ethereum sebelum ditransfer ke daftar dompet Binance, menurut data Etherscan. Menyusul insiden tersebut, pembuat konten menghapus akun Twitter dan Telegram mereka sebelum menutup situs mereka.

Sekilas Tentang Rug Pull

Cara Menghindari Kasus Rug Pull

Namun, meskipun ini mungkin terdengar menakutkan, ada beberapa tanda menarik yang dapat membantu investor menghindari penipuan jenis ini. Di bawah ini, kami telah menyusun daftar periksa untuk dipertimbangkan investor sebelum melakukan investasi dalam proyek baru.

Waspadalah terhadap kenaikan harga yang cepat

Jika harga koin atau token meroket dalam waktu yang sangat singkat (seperti kenaikan 50 kali lipat selama beberapa jam atau hari, misalnya), ini adalah alasan untuk berhati-hati.

Teliti sejarah proyek

Apakah proyek muncul dalam semalam? Jika demikian, mungkin saja itu penipuan.

Periksa likuiditas di kumpulan token

Likuiditas rendah berarti sulit untuk mengubah token menjadi uang tunai dan memungkinkan pengembang untuk memanipulasi harganya. Anda dapat memeriksa likuiditas proyek dengan melihat volume perdagangan 24 jamnya.

Apakah likuiditas terkunci?

Anda ingin berinvestasi dalam proyek di mana sebagian besar likuiditas terkunci, artinya pengembang tidak dapat menghapus likuiditas dari kumpulan secara sewenang-wenang.

Uji kemampuan Anda untuk menjual

Beberapa proyek, seperti Squid Game, mencegah investor untuk dapat menjual token mereka. Cobalah untuk menginvestasikan sejumlah kecil terlebih dahulu dan kemudian menjualnya untuk memastikan Anda memiliki kendali atas aset Anda.

Periksa distribusi token

Jika sebagian besar dana terkonsentrasi di tangan beberapa orang saja, ini bisa menjadi tanda bahaya. Anda dapat menggunakan pemindai blockchain seperti Etherscan (untuk Ethereum) atau BscScan (untuk Binance Smart Chain) untuk memeriksa ini.

Teliti tim di balik proyek

Cari tahu tentang tim pengembangan dengan melihat profil LinkedIn mereka dan melakukan riset online. Jika tim tetap anonim, itu bisa menimbulkan kekhawatiran.

Periksa media sosial dan obrolan Telegram

Jika komunitas itu asli, Anda akan melihat keanggotaan yang luas dan berkembang, dan percakapan tentang berbagai topik, bukan hanya harga token. Cobalah bergabung dengan komunitas dan ajukan pertanyaan sulit dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda dihapus, dibisukan, atau dilarang tanpa alasan yang jelas, Anda harus berhati-hati.

Apakah proyek telah diaudit oleh pihak ketiga yang andal?

Jika proyek belum diaudit, ada risiko bug dalam kode yang dapat membuat Anda terkena penipuan. Inilah yang terjadi dengan AnubisDAO. Jika ada audit yang tersedia, ada baiknya untuk membacanya. Hanya karena ada audit tidak berarti proyek tersebut telah disetujui sebagai aman. Ada beberapa situs web audit independen, seperti RugDoc , Token Sniffer dan Bsccheck.eu di mana Anda dapat memverifikasi ini.

Mengikuti semua langkah ini akan sangat mengurangi risiko terkena aktivitas jahat. DeFi adalah pengembangan yang sangat menarik yang bertujuan untuk mendemokratisasi keuangan dan menghadirkan peluang paling menguntungkan bagi semua orang, di mana saja tanpa hambatan. Namun, ini membuatnya secara alami terbuka untuk skema penipuan. Menjaga mata Anda tetap terbuka dan tetap waspada dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman yang aman dan menguntungkan. Ingat: jika tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu.

Setelah mengetahui cara menghindari Rug Pull, Anda bisa melakukan registrasi di GIC untuk melakukan pembelian coin GICT. Anda juga bisa membeli coin GICT melalui platform Indodax, Primadax, maupun Coin Gecko.

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami