Ketahui Pengenaan Pajak Crypto di Beberapa Negara dan Indonesia!

Artikel ini terakhir di perbaharui October 5, 2022 by Wachda Mihmii
Ketahui Pengenaan Pajak Crypto di Beberapa Negara dan Indonesia!
Pajak crypto

Pajak Crypto saat ini sudah ditetapkan pada beberapa negara, terutama di Indonesia. Untuk mengetahui lebih selengkapnya, Anda bisa membaca artikel berikut ini. Pastikan juga untuk mengetahui segala produk dan kelebihan GIC melalui website resmi GIC!

Status Cryptocurrency di Indonesia

Cryptocurrency disahkan pada September 2018, ketika Kementerian Perdagangan menyetujui perdagangan Bitcoin ( BTC ) dan aset crypto sebagai komoditas. Badan Pengawas Bursa Berjangka (Bappebti) membidangi regulasi cryptocurrency dan blockchain di dalam negeri. 

Pada tahun 2020, persyaratan pendaftaran bursa kripto mulai berlaku di Indonesia, mengikuti kerangka hukum Bappebti untuk aset kripto yang telah dirintis pada tahun sebelumnya. Badan tersebut membenarkan tindakan tersebut dengan mengutip perlunya melindungi pedagang Indonesia dari platform penipuan. 

Meskipun cryptocurrency legal di Indonesia, masih ada rintangan besar bagi organisasi crypto dan komunitas crypto lokal. Bank sentral Indonesia tidak mengakui cryptocurrency sebagai alat pembayaran, yang menghadirkan masalah besar untuk adopsi crypto yang meluas. Selain itu, banyak bank yang enggan membuka rekening terkait perdagangan kripto dan masih banyak beredar informasi yang salah mengenai sifat mata uang kripto. 

Terlepas dari masalah ini, ada kemajuan penting yang dibuat untuk membangun kerangka hukum yang komprehensif yang akan memastikan industri kripto berkembang di Indonesia. 

Pajak Forex : Cara Menghitung dan UU perpajakan

Transaksi Crypto Hanya Boleh Dilakukan di Bappebti

Terdapat Peraturan Utama Cryptocurrency yang ada di Indonesia, yaitu:

Peraturan Bappebti No. 7 (2020): Bappebti menerbitkan daftar 229 aset kripto yang dapat diperdagangkan secara legal di bursa. 

Peraturan Bappebti No. 5 (2019): Bappebti mendefinisikan cryptocurrency sebagai komoditas dan memberikan kejelasan mengenai persyaratan peraturan untuk pertukaran cryptocurrency di Indonesia. 

Pengenaan Pajak Cryptocurrency

Terdapat pengenaan pajak untuk melakukan transaksi cryptocurrency pada beberapa negara yang menggunakan cryptocurrency sebagai alat transaksi secara aktif. Pengenaan pajak ini akan berbeda pada setiap negara tergantung dari peraturan yang telah diterapkan pada masing-masing negara tersebut.

Pengenaan pajak crypto di dunia

Berikut akan kami jelaskan beberapa pengenaan pajak cryptocurrency yang ada di seluruh dunia. Pajak tersebut adalah:

Jepang

Investor korporat dan individu di Jepang saat ini dikenakan pajak atas keuntungan cryptocurrency yang direalisasikan dan yang belum direalisasi. Kepemilikan crypto perusahaan dikenakan pajak tetap 30% untuk semua keuntungan aset digital, tetapi investor individu dikenakan tarif pajak maksimum 55%, Cryptoslate mencatat.

Di Jepang, jumlah pajak yang Anda bayarkan untuk keuntungan kripto tergantung pada kelompok Pajak Penghasilan pribadi Anda. 

Investor crypto Jepang dapat membayar pajak maksimum 55% untuk crypto di bawah Pajak Penghasilan. Sebaliknya, laba yang diperoleh dari saham berada di bawah kategori pajak yang berbeda dan dikenai pajak dengan tarif tetap sebesar 20%. Jika Anda menghasilkan lebih dari 200.000 JPY dari kripto – Anda harus membayar Pajak Penghasilan. Jika Anda berencana untuk mengajukan pajak untuk pengurangan biaya pengobatan atau pengurangan pajak kota asal, Anda juga harus mengajukan keuntungan dari aset kripto meskipun jumlahnya 200.000 JPY atau kurang.

  • Tunjangan:  Jika Anda memperoleh kurang dari 200.000 JPY dari investasi seperti kripto dan tidak mengajukan pengurangan pajak, Anda tidak perlu memasukkan keuntungan kripto Anda sebagai bagian dari pengembalian Pajak Penghasilan tahunan Anda.
  • Tarif pajak: Mulai dari 5% dengan maksimum 45%.
  • Pajak kota: 10% harus ditambahkan pada tingkat berapa pun, yang pada akhirnya mengarah pada tarif pajak maksimum 55%.
  • Kerugian: Kerugian kripto tidak dapat dikurangkan dari pendapatan atau aset lainnya. Sampai sekarang, hanya kerugian dari real estat, bisnis, transfer aset, dan pendapatan kehutanan yang dapat dikurangkan dari pendapatan, dan cryptocurrency tidak diklasifikasikan sebagai salah satu dari kategori ini.

Mengenal Apa itu Cryptocurrency, Kelebihan & Cara kerjanya

Hong Kong

Hong Kong’s Money Authority (HKMA) mendefinisikan cryptocurrency sebagai “komoditas virtual”, bukan sebagai alat pembayaran yang sah (mata uang yang diakui secara resmi).

Sementara di AS dan Australia kita telah melihat crypto yang sebagian besar dikenai pajak capital gain, ini tidak terjadi di Hong Kong. Di Hong Kong, tidak ada pajak capital gain . Investor yang membeli dan menjual investasi keuangan dengan untung tidak perlu membayar pajak atas penjualan ini.

Namun, perdagangan kripto yang sering dilakukan sebagai “bisnis normal” diperlakukan sebagai pendapatan, sehingga dikenakan pajak penghasilan yang juga dikenal sebagai pajak keuntungan di Hong Kong (batas 16,5%).

Departemen Pendapatan Dalam Negeri (IRD), yang bertanggung jawab atas pengumpulan pajak di Hong Kong, mencatat kelas aset kripto sebagai:

  • Token pembayaran,
  • Token keamanan, atau
  • Token utilitas

Perpajakan yang terkait dengan Initial Coin Offerings (ICOs) tergantung pada apakah ICO dipandang sebagai penawaran sekuritas atau lebih merupakan kontrak berjangka atau pertukaran layanan/barang.

Trading Kripto: Pengertian, Cara Trading, dan Aplikasi Trading Crypto

China

Dalam hal membayar pajak atas penghasilan yang berasal dari perdagangan mata uang kripto, Jawaban Resmi Administrasi Perpajakan Negara atas Masalah Retribusi Pajak Penghasilan Perorangan atas Penghasilan Perorangan yang Diperoleh oleh Perorangan dari Perdagangan Mata Uang Virtual melalui Internet (“Balasan Resmi”) membahas yang relevan persyaratan.

Menurut Balasan Resmi, penghasilan yang diperoleh orang pribadi dengan membeli mata uang virtual dari pemain game dan kemudian menjualnya kepada orang lain dengan mark-up adalah penghasilan kena pajak untuk pajak penghasilan orang pribadi, yang dihitung dan dibayar berdasarkan butir “ pendapatan transfer properti”.

Harga asli mata uang virtual yang dijual oleh individu harus sama dengan harga pembelian mata uang virtual tersebut melalui Internet ditambah pajak dan biaya yang relevan.

Jika seseorang gagal memberikan bukti harga asli, otoritas pajak yang berwenang akan menentukan harga asli mata uang virtual.

Pajak crypto

Amerika Serikat

Di AS, hampir setiap transaksi cryptocurrency dapat dikenakan pajak dan harus dilaporkan.

Berdasarkan keputusan IRS 2014, ditentukan bahwa cryptocurrency harus diperlakukan sebagai aset modal, seperti saham atau obligasi, bukan mata uang.

Aset modal dikenakan pajak setiap kali mereka dijual dengan untung (bukan saat dijual dengan rugi). Apa yang membuat masalah menjadi lebih rumit adalah ketika Anda membeli sesuatu dengan crypto dan jumlah crypto itu telah bertambah nilainya sejak Anda mendapatkannya, Anda harus membayar pajak capital gain untuk pengeluaran ini.

Di sisi lain, jika Anda dibayar dalam cryptocurrency, itu akan diperlakukan sebagai penghasilan kena pajak.

Inggris

Pajak penghasilan biasanya diterapkan pada mereka yang membeli, menjual, atau menerima cryptocurrency melalui perdagangan. 

‘Pedagang harian’ mungkin adalah contoh yang paling jelas – seseorang yang secara aktif membeli dan menjual aset kripto untuk menciptakan keuntungan jangka pendek.

Namun, individu tidak mungkin memenuhi deskripsi ‘pedagang’ untuk tujuan pajak penghasilan jika berdagang di akun mereka sendiri, yang berarti mereka kemungkinan akan dipertimbangkan di bawah rezim pajak capital gain. 

Untuk masuk ke dalam definisi ‘perdagangan’, Anda perlu membeli dan menjual aset kripto dengan maksud, kecanggihan, frekuensi, dan tingkat atau organisasi sedemikian rupa sehingga aktivitas tersebut setara dengan perdagangan finansial.

Jika Anda memenuhi ambang perdagangan, laba bersih akan dikenakan pajak penghasilan sebesar 20%, 40% dan 45% (berdasarkan golongan pajak penghasilan Anda) dan asuransi nasional sebesar 12% dan 2%. 

Setiap uang yang dihasilkan dari kripto sebagai pendapatan akan diperhitungkan dalam pajak penghasilan Anda: 0% hingga 45% tergantung pada pita pajak Anda di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara, atau jika Anda berada di Skotlandia – yang memiliki dua pita lagi – 19% tingkat pemula dan tingkat menengah 21%, 

Dalam kebanyakan kasus, siapa pun yang membeli, memegang, dan menjual cryptocurrency di akun mereka sendiri dianggap melakukan aktivitas investasi dan dikenai pajak capital gain. 

Pelepasan aset kripto akan mengakibatkan peristiwa kena pajak, dengan nilai dari setiap hasil pelepasan dicocokkan dengan pembelian dalam urutan tertentu: 

  1. Aset Crypto diperoleh pada hari yang sama 
  1. Aset Crypto diperoleh dalam 30 hari berikutnya 
  1. Biaya rata-rata dari setiap aset kripto yang tak tertandingi (‘kolam’) 

Individu membayar pajak capital gain atas total keuntungan mereka di atas tunjangan bebas pajak tahunan sebesar £12.300. Setiap keuntungan di atas tunjangan ini akan dikenakan pajak sebesar 10% hingga tarif pajak dasar (jika tersedia) dan 20% atas keuntungan dengan tarif pajak yang lebih tinggi dan tambahan.  

Bagaimana Cara Trading Crypto di GIC? Simak Langkah-Langkahnya!

India

Poin Utama Pajak Crypto India:

  • Keuntungan dari penjualan, pertukaran, atau pembelanjaan aset kripto apa pun dikenai pajak dengan tarif 30% (ditambah biaya tambahan sebagaimana berlaku dan 4% cess).
  • Keuntungan dikenakan pajak berdasarkan pasal 115BBH.
  • Pajak yang lebih rendah untuk keuntungan modal jangka panjang tidak tersedia.
  • Tidak ada pengurangan , kecuali biaya perolehan, yang diperbolehkan.
  • TDS sebesar 1% akan dibebankan pada transfer VDA.
  • Tarif pajak 30% berlaku mulai 1 April 2022 dan TDS 1% berlaku mulai 1 Juli 2022 

Daftar Platform Trading Crypto Terbaik di Indonesia dan Internasional

Pengenaan pajak crypto di Indonesia

Tidak ada pajak di Indonesia untuk mereka yang memperdagangkan cryptocurrency; untuk saat ini, hanya bisnis terkait kripto, seperti bursa, yang membayar pajak sesuai dengan peraturan saat ini. Namun, Indonesia sekarang sedang mempertimbangkan rencana untuk memperkenalkan pajak kripto, karena popularitasnya yang semakin meningkat.  

Tidak ada pajak di Indonesia untuk mereka yang memperdagangkan cryptocurrency; untuk saat ini, hanya bisnis terkait kripto, seperti bursa, yang membayar pajak sesuai dengan peraturan saat ini. Namun, Indonesia sekarang sedang mempertimbangkan rencana untuk memperkenalkan pajak kripto, karena popularitasnya yang semakin meningkat.  

Direktur Jenderal Pajak dan pemerintah Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengenakan pajak atas perdagangan kripto di Indonesia. Tentu saja, ini karena masuknya pengguna kripto dan investor di negara tersebut. Subjek masih dalam tahap diskusi dengan asosiasi dan bursa industri. Saat ini ada pajak 0,1% untuk perdagangan saham. Mereka ingin mengusulkan pajak 0,05% pada perdagangan crypto dan sedang mendiskusikan pajak penghasilan untuk investor sebesar 0,03%.

Platform Transaksi Crypto yang Aman

Dengan mengetahui pajak apa saja ynag harus dibayarkan ketika melakukan investasi kripto di berbagai negara terutama Indonesia, berarti Anda sudah siap untuk melakukan investasi crypto ini. Anda bisa memulainya dengan berinvestasi crypto bersama dengan GIC, yang mana platform GIC memang diperuntukkan bagi para pemula sampai dengan profesional. 

Selain itu, Anda bisa mempelajari cara untuk melakukan transaksi itu sendiri melalui GIC Academy maupun Jurnal GIC. Untuk bisa memulainya, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa melakukan trading dengan modal mulai dari 150.000 Rupiah!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami