NFT Metaverse: Pengertian, Hubungan, dan Perbedaannya

Artikel ini terakhir di perbaharui July 19, 2022 by Wachda Mihmii
NFT Metaverse: Pengertian, Hubungan, dan Perbedaannya

NFT Metaverse adalah dua hal yang saling berhubungan dalam dunia digital yang akan mencakup kehidupan di dunia nyata. Untuk lebih lengkapnya mengenai NFT Metaverse ini, Anda bisa membaca artikel di bawah ini. Selain itu, baca juga artikel lainnya mengenai NFT yaitu Daftar Platform Trading Crypto Terbaik di Indonesia dan Internasional.

Apa Itu Metaverse?

Sementara istilah tersebut telah beredar selama beberapa tahun terakhir, kata “metaverse” sebenarnya diciptakan oleh penulis Neal Stephenson dalam novel fiksi ilmiahnya tahun 1992, Snow Crash . Dalam bukunya, Stephenson menyebut metaverse sebagai dunia digital yang mencakup semua yang ada paralel dengan dunia nyata. Namun pada tahun 2022, para ahli masih belum yakin apakah metaverse IRL dapat berevolusi menjadi sesuatu yang serupa. 

Banyak ahli melihat NFT Metaverse adalah model 3D dari internet. Pada dasarnya, tempat yang sejajar dengan dunia fisik, di mana Anda menghabiskan kehidupan digital Anda. Tempat di mana Anda dan orang lain memiliki avatar, dan Anda berinteraksi dengan mereka melalui avatar mereka. Beberapa juga berpendapat bahwa metaverse dalam arti sebenarnya dari istilah tersebut sebenarnya belum ada. 

Istilah Metaverse digunakan untuk menggambarkan kombinasi dari realitas virtual dan dunia realitas campuran yang diakses melalui browser atau headset, yang memungkinkan orang untuk memiliki interaksi dan pengalaman waktu nyata melintasi jarak.

“Saat ini, apa yang akan menjadi Metaverse sebenarnya adalah serangkaian metaverse yang terputus, seperti ‘taman bertembok’ dari internet awal [darpa.net, bit.net, atau aol.net] yang akhirnya bersatu membentuk internet sebagai kita tahu hari ini. Kumpulan dunia metaverse saat ini masing-masing memiliki akses, avatar, interaksi, dan mata uangnya sendiri. Fortnite , misalnya, terpisah dari Roblox , yang terpisah dari Decentraland dan lainnya.

“… Peningkatan perhatian pada Metaverse saat ini sebagian didorong oleh kemampuan terbaru untuk sepenuhnya ‘memiliki’ objek, pengalaman, atau tanah virtual. Blockchain , ‘pusat keuangan kripto,’ memungkinkan untuk secara tepat mendefinisikan hal virtual sehingga dapat dibeli dan dijual. Ada seluruh dunia metaverse berdasarkan ekonomi baru ini. Decentraland dan Sandbox, misalnya, keduanya adalah dunia metaverse yang menjual tanah virtual ke bisnis yang membangun gedung virtual. Sotheby’s, rumah lelang yang berusia hampir 300 tahun, memiliki sebuah bangunan di Decentraland sehingga avatar Anda dapat berjalan-jalan dan melihat apa yang sedang dilelang. Republic Realm, sebuah perusahaan yang mengembangkan tanah di Metaverse, baru-baru ini membayar $4,3 juta untuk sebidang tanah virtual di Sandbox dunia metaverse.

“Jika membayar uang sungguhan untuk memiliki tanah virtual terdengar agak gila, ingatlah ketika kebanyakan dari kita berpikir bahwa membeli nama domain itu gila. Tapi kemudian, tiba-tiba, itu tidak gila … [dan banyak] orang menghasilkan banyak uang dengan menjual nama domain yang didambakan.”

Apa Itu NFT dalam Metaverse?

Ada banyak pertanyaan yang dapat kita tanyakan pada diri sendiri ketika kita berbicara tentang penyatuan NFT Metaverse adalah: Akankah NFT membantu mengakses metaverse? Akankah mereka bertanggung jawab untuk menentukan masa depan metaverse? Peran apa yang dimainkan blockchain dalam alam semesta virtual ini?

Seperti yang kami katakan di atas, NFT atau token yang tidak dapat dipertukarkan adalah modalitas baru dari aset digital. Mereka unik, tidak dapat dibagi dan tidak dapat diubah. Peluang perdagangan tak terbatas yang ditawarkan oleh metaverse membuat hubungan mereka dengan NFT menjadi kemajuan yang logis.

NFT dapat membantu mendapatkan akses eksklusif untuk memasuki lokasi tertentu di metaverse, serta tindakan properti virtual. Faktanya, NFT Metaverse adalah salah satu kunci untuk mengubah desain fundamental metaverse, mengubah jaringan sosial konvensional dari interaksi pengguna, transaksi, dan sosialisasi.

Beberapa contohnya NFT Metaverse adalah:

  • Ekonomi yang Adil dan Transparan: Penyatuan keduanya memungkinkan pengguna individu dan bisnis untuk dengan mudah mewakili aset dan solusi dunia nyata mereka dalam lingkungan digital yang terdesentralisasi. Metaverse dapat dibuka untuk lebih banyak aset dunia nyata melalui model baru yang akan didorong oleh NFT. Dan blockchain akan bertanggung jawab untuk memberikan transparansi dan kekekalan, karena metaverse akan didukung oleh ekonomi yang adil dan terbuka ini di mana tidak ada kemungkinan inflasi nilai buatan yang akan ditemukan.
  • Pengalaman Identitas Baru: Dalam proses pembuatan metaverse, pengguna akan dapat menunjukkan dukungan mereka untuk proyek tertentu dengan memegang aset NFT. Hasilnya akan diterjemahkan menjadi pemilik NFT yang berpikiran sama dapat membentuk komunitas untuk berbagi pengalaman dan berkolaborasi dalam pembuatan konten.
  • Pembelian Properti: Metaverses memberi pengguna kesempatan untuk mendapatkan kepemilikan penuh atas ruang virtual di metaverse melalui NFT. Contohnya termasuk menjual tanah virtual untuk mendapatkan keuntungan atau menyewa tanah untuk pendapatan pasif seiring dengan pengembangan struktur, toko, atau acara.
  • Alat Pemasaran: Fungsi lain adalah pada saat meluncurkan produk merek atau hak istimewa khusus untuk pengikut. NFT akan bertanggung jawab untuk memperkenalkan interoperabilitas di luar metaverse dengan infrastruktur yang mendukung fitur partisipasi berbasis lokasi dan augmented reality.
  • Kontrol Akses: Asosiasi identitas nyata dengan avatar digital menghadirkan peluang untuk menentukan akses ke metaverse dengan NFT. Misalnya, tiket untuk mengakses acara dapat didasarkan pada NFT dan akan membatasi akses ke tamu paling eksklusif.

Kemungkinannya tidak terbatas dan masih banyak lagi yang belum ditemukan.

Penyatuan NFT, metaverse, dan blockchain adalah titik balik dan memiliki potensi untuk mengubah masa depan. Kombinasi dunia digital, aset nyata dan virtual, serta makna baru yang mereka berikan pada ekonomi dan pengalaman sosial akan menjadi kunci masa depan interaksi kita.

Apakah NFT Bagian dari Metaverse?

Untuk memahami meningkatnya popularitas NFT Metaverse adalah, orang perlu memahami bagaimana keduanya terkait. Metaverse, ruang virtual bersama, memungkinkan pengguna membuat, menjual, dan memperdagangkan barang dalam bentuk NFT. Perusahaan seperti Meta (Facebook) dan Microsoft membayangkan metaverse mereka sendiri segera. Faktanya, Facebook mengubah namanya menjadi Meta menandakan bahwa perusahaan bertaruh pada konsep tersebut secara besar-besaran.   

Pendukung metaverse membayangkan realitas virtual di mana setiap orang dapat membuat avatar mereka sendiri. Dengan karakter virtual yang unik ini, seseorang dapat menghadiri acara olahraga dan konser, berbelanja, bermain game, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi. Sementara setiap orang yang memiliki akses ke internet akan memiliki akses ke metaverse, elemen metaverse tidak akan sepenuhnya gratis. Misalnya, orang mungkin harus membayar untuk menghadiri konser. Selain itu, membangun semua elemen metaverse yang berbeda, seperti game interaktif, akan membutuhkan biaya.

Bagaimana mungkin untuk melacak pembelian dan transaksi ini, dan siapa yang memiliki apa di metaverse? Bagaimana item yang dijual di metaverse akan diberi nilai? Di sinilah NFT masuk. Meskipun kami terutama melihat NFT digunakan untuk memperdagangkan seni digital, secara teoritis mereka dapat dihubungkan dengan apa pun. Jadi, alih-alih menggunakan uang tradisional untuk memberi nilai pada objek di metaverse, NFT akan digunakan untuk menentukan nilai. NFT berfungsi sebagai kerangka kerja untuk menghubungkan nilai ke objek digital, karena dapat digunakan untuk membuktikan bahwa seseorang adalah pemilik sah dari objek tertentu. Misalnya, NFT dapat membantu memverifikasi bahwa seseorang memiliki sebidang real estat di metaverse atau bahwa mereka memiliki hak untuk menghadiri konser virtual. Selain itu, banyak game di metaverse akan menggunakan NFT sebagai hadiah.

Untuk membeli NFT ini, orang akan menggunakan cryptocurrency yang berbeda. Jadi dari sudut pandang investor, mungkin layak untuk berinvestasi dalam cryptocurrency ini sekarang saat metaverse lepas landas. Cryptocurrency akan berfungsi sebagai uang dari metaverse, dan setiap platform metaverse akan memiliki set tokennya sendiri. Jadi, misalnya, jika Anda ingin berinvestasi dalam metaverse Decentraland, Anda dapat melakukannya dengan MANA, token asli Decentraland.

Bagi investor, disarankan untuk memperhatikan perkembangan metaverse yang berbeda. Dengan cara ini, Anda dapat menilai dengan lebih baik cryptocurrency mana yang harus dibeli dan bagaimana cara menginvestasikannya kembali sebagai NFT.

Apa Perbedaan NFT dan Metaverse?

Berikut terdapat perbedaan antara NFT dan Metaverse. Perbedaan NFT Metaverse adalah bisa dilihat dari:

Faktor Perbandingan NFT

Metaverse

Didirikan pada Konsep NFT didirikan pada teknologi blockchain di mana orang dapat membelinya dengan membelanjakan cryptocurrency. Konsep Metaverse didasarkan pada NFT dari berbagai objek digital yang dijual dan dibeli.
Pendiri Pendiri NFT adalah Kevin McCoy dan Anil Dash. Itu disajikan oleh mereka pada tahun 2014. Neal Stevenson adalah orang di balik Metaverse.
Platform Ada berbagai platform yang terbuka untuk membeli NFT tetapi saat ini OpenSea dianggap sebagai platform terbesar. Metaverse juga memiliki banyak platform untuk diakses yang mencakup Roblox, Boing, Microsoft yang akan datang, dll.
Kesesuaian NFT dikenal sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan karena bentuknya yang unik. Koin Metaverse paling jelas akan menjadi token yang sepadan yang dapat diperdagangkan dan ditukar dengan nilai yang sama.
Keuntungan Keuntungan terbesar yang disajikan oleh NFT adalah menyediakan struktur hak cipta yang solid untuk pembuat konten. Diakui bahwa Metaverse akan meningkatkan prosedur pendidikan dengan menyediakan kelas operasional real-time.

 

Hubungan Antara NFT dengan Metaverse

Banyak orang berpikir bahwa NFT adalah kunci untuk mengakses Metaverse, dan kami ingin menjelaskan detail kepercayaannya kepada Anda.

Pertama, seperti yang Anda ketahui, ada game play-to-earn di dunia NFT, dan pemain bisa mendapatkan uang dan bersenang-senang dengan bantuan game. Untuk ekonomi yang terbuka dan adil di Metaverse, orang dapat memanfaatkan game play-to-earn. Dengan kata lain, individu dapat mentransfer aset dan layanan dunia nyata ke Metaverse dengan menggunakan model game inovatif dengan game blockchain yang dapat dioperasikan. Pemain game ini dapat berpartisipasi dalam game keuangan Metaverse, dan mereka dapat menemukan sistem yang adil di Metaverse karena game play-to-earn memberikan kesempatan untuk mendapatkan kepemilikan penuh atas asetuntuk pemain. Selain itu, pemain harus membeli beberapa tanah dan aset sebagai NFT dalam game play-to-earn, dan Metaverse menyertakan sistem yang terdiri dari tanah, sehingga NFT game play-to-earn dapat digunakan oleh pengguna dan bisnis di Metaverse. Oleh karena itu, Metaverse menyediakan ekonomi yang terbuka dan adil yang didukung oleh sifat-sifat inheren blockchain dari kekekalan dan transparansi, sehingga kita dapat mengatakan bahwa NFT memiliki peran besar dalam Metaverse untuk masalah keuangan.

Kedua, ada aspek sosial NFT di Metaverse. Manusia dapat memanfaatkan NFT untuk menjelaskan identitas mereka dan berkomunikasi dengan orang lain di Metaverse. Seperti yang kami sebutkan di atas, avatar dalam format NFT dapat digunakan di Metaverse untuk mengekspresikan identitas oleh individu. Di Metaverse, avatar NFT dapat menampilkan karakter nyata atau imajiner seseorang, jadi kami dapat mengatakan bahwa NFT dapat mengembangkan sisi sosial Metaverse. Selanjutnya, orang-orang di Metaverse dapat mengakses token untuk masuk dan berpindah di antara lokasi yang berbeda dengan bantuan avatar NFT. Selain itu, NFT, yang membangun identitas virtual di Metaverse, dapat meningkatkan komunitas dan pengalaman sosial serta lingkungan individu melalui pembuatan konten dan peluncuran startup. Jika kita memberikan contoh tentang avatar NFT di Metaverse, kita harus berbicara tentang koleksi Bored Ape Yacht Club dan CryptoPunks yang terdiri dari avatar pembentuk identitas. Dengan memanfaatkan avatar NFT di Metaverse, orang dapat memasuki acara pribadi dan pesta eksklusif.

Ketiga, NFT dapat mengangkut real estat virtual ke Metaverse. Saat ini, orang mulai membeli tanah dan ruang virtual di Metaverse, dan mereka dapat memiliki kepemilikan penuh atas tanah dan ruang virtual mereka dengan bantuan NFT. Sistem Blockchain dapat memberi individu pembuktian kepemilikan aset dan mengembangkan real estat virtual mereka sesuai keinginan. Anda dapat memanfaatkan NFT di Metaverse untuk menjual tanah Anda demi keuntungan, menyewa tanah untuk pendapatan pasif, membangun berbagai struktur, seperti toko online di tanah yang ada, dan menyelenggarakan acara sosial . Untuk situasi real estat virtual, kami dapat menyebutkan Decentraland Itu adalah platform realitas virtual berbasis blockchain. Di Decentraland, pengguna bisa mendapatkan lahan real estat virtual sebagai NFT, jadi ini adalah contoh signifikan dari aspek real estat NFT di Metaverse.

Setelah mengetahui mengenai nft metaverse adalah dua hal yang bisa saling berhubungan, maka Anda sudah bisa mulai menginvestasikan diri pada NFT tersebut. GIC juga memiliki produk NFT yang bernama GIC Verse. GIC Verse sendiri terdapat 3 jenis yaitu Legendary, Epic, dan Rare. Ketiga GIC Verse tersebut bisa Anda dapatkan dengan sistem Gatcha. Kelebihan lainnya pun Anda dapat menjadi Market Maker dengan membeli GIC Verse. Maka tunggu apalagi, beli NFT dan jadilah market maker dengan melakukan registrasi di GIC terlebih dahulu. Follow juga Instagram GIC untuk berita lainnya!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami