Daftar NFT Marketplace Indonesia Terbaik dan Cara Bertransaksinya 

Artikel ini terakhir di perbaharui August 29, 2022 by Akhmad Zico Fadlansyah
Daftar NFT Marketplace Indonesia Terbaik dan Cara Bertransaksinya 

NFT Marketplace Indonesia sudah berkembang sangat pesat. Untuk marketplacenya sendiri pun sudah terdapat banyak pilihan yang bisa dipilih. Untuk itu, kali ini kita akan membahasa mengenai NFT Marketplace Indonesia itu sendiri. 

Apa Itu NFT Marketplace?

Marketplace Non-Fungible Token atau NFT adalah Marketplace yang berfungsi sebagai platform Blockchain publik . Namun, platform ini mendapatkan daya tarik dan mendorong pengembang dan bisnis untuk membangun Marketplace, meskipun dalam tahap baru lahir. 

Marketplace online untuk aset digital adalah pembicaraan baru-baru ini di kota fintech. Namun, tentunya Anda harus membangun marketplace sendiri jika Anda berencana untuk menginjakkan kaki di Marketplace digital. Kata-kata perdagangan cryptocurrency dan teknologi blockchain tidak lagi dikenal, dan banyak orang memperdagangkan barang di beberapa Marketplace.  Jika Anda ingin mempelajari cara membuat aplikasi Marketplace NFT seperti NFTically  atau OpenSea, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dewan Blockchain telah mengumpulkan semua yang penting untuk menyiapkan Marketplace seperti NFTically, hanya untuk Anda. 

Marketplace NFT memungkinkan kolektor digital untuk membeli, menjual, dan membuat token mereka sendiri yang mewakili kepemilikan barang-barang unik, berwujud, dan tidak berwujud.

GICT List In CREX24

Marketplace NFT adalah platform tempat NFT dapat disimpan, ditampilkan, diperdagangkan, dan dalam beberapa kasus dicetak (dibuat). Marketplace ini bagi NFT seperti Amazon atau eBay bagi barang.

Untuk mengakses dan menggunakan jenis Marketplace ini, Anda harus memiliki yang berikut:

  • Dompet kripto : Anda harus memilih dompet yang kompatibel dengan jaringan blockchain yang mendukung NFT yang ingin Anda beli (di bawah). Misalnya, jika Anda berencana untuk membeli atau menjual NFT berdasarkan platform blockchain Ethereum, Anda harus menggunakan dompet Ethereum yang kompatibel seperti MetaMask. Untuk NFT yang dijual di platform Solana, Anda harus menggunakan layanan dompet seperti Sollet.
  • Jumlah koin di dompet : Anda perlu melakukan pra-dana dompet Anda sebelum membeli, mendaftarkan, atau mencetak NFT. Sekali lagi, Anda perlu mencari tahu cryptocurrency mana yang didukung oleh Marketplace yang ingin Anda gunakan.
  • Akun pengguna: Anda perlu membuat akun di Marketplace tertentu tempat Anda ingin membeli NFT.

Perlu dicatat bahwa, sebagian besar, mendaftar dan membuat NFT di platform Marketplace menimbulkan biaya jaringan blockchain. Biayanya bervariasi tergantung pada sistem berbasis blockchain mana yang Anda putuskan untuk digunakan. Misalnya, Ethereum membanggakan ekosistem NFT dapps (aplikasi terdesentralisasi) terbesar. Tetapi memiliki biaya yang paling mahal.

Cara Bertransaksi di NFT Marketplace Indonesia

Untuk mengakses Marketplace NFT, Anda hanya perlu mengunjungi situs webnya, seperti Marketplace online lainnya. Secara keseluruhan, pengalamannya mirip dengan Marketplace online mana pun—dengan beberapa perbedaan utama.

Langkah 1: Siapkan Dompet Crypto

Semua transaksi NFT terjadi di blockchain, jadi mereka mengharuskan Anda membayar harga pembelian dan biaya dalam mata uang kripto yang hidup di blockchain yang sesuai.

Untuk menyimpan cryptocurrency dan aset blockchain lainnya, termasuk NFT, Anda memerlukan dompet crypto. Itu pada dasarnya adalah akun digital yang menyimpan informasi tentang aset blockchain Anda.

Investasi NFT

Anda dapat menggunakan dompet apa pun yang kompatibel dengan Marketplace NFT yang Anda pilih. MetaMask sejauh ini merupakan dompet kripto paling populer untuk kolektor NFT.

MetaMask , ekstensi Google Chrome, adalah “salah satu dompet yang paling sering digunakan, sangat stabil, andal, dan dapat diterima di seluruh platform yang paling sering digunakan,” instruktur Skillshare T. Fajardo Oliveira mengajar di Dasar-Dasar NFT—Beli, Buat, dan Jual NFT .

Langkah 2: Beli ETH atau Cryptocurrency Lain yang Diperlukan

Sebagian besar NFT dibangun di atas blockchain Ethereum, blockchain terpopuler kedua setelah Bitcoin dan yang pertama menyertakan teknologi kontrak pintar yang memungkinkan NFT.

Mata uang asli blockchain, Ether (ETH), adalah yang paling populer untuk transaksi NFT, meskipun Anda dapat menggunakan mata uang lain yang dibuat pada blockchain yang sama selama Marketplace NFT yang Anda pilih menerimanya.

Jika Anda menggunakan dompet MetaMask, Anda dapat menggunakan ekstensi yang sama untuk membeli ETH melalui pertukaran crypto Coinbase. Jika tidak, Anda harus membuat akun di bursa, membeli mata uang yang Anda inginkan, dan menghubungkan dompet Anda ke Marketplace pilihan Anda.

Langkah 3: Hubungkan Dompet Anda ke NFT Marketplace

Kami akan berbicara sebentar tentang bagaimana memilih Marketplace NFT terbaik untuk Anda. Setelah Anda memutuskan ingin membeli, menjual, dan/atau membuat NFT di Marketplace, Anda harus menghubungkan dompet kripto Anda ke Marketplace untuk transaksi.

Sebagian besar Marketplace kompatibel dengan MetaMask dan terhubung secara otomatis jika Anda menginstal ekstensi di browser Anda. 

Cara Minting NFT

Langkah 4: Buat, Beli, atau Jual NFT

Setelah akun Anda diatur dan dompet Anda terhubung ke Marketplace, Anda dapat menggunakan platform.

Tergantung pada tujuan Anda, Anda bisa menjadi pencipta atau kolektor atau keduanya.

  • Membuat NFT melibatkan proses yang disebut “mencetak” karya seni digital Anda. Beberapa platform NFT menyertakan opsi untuk mencetak NFT serta Marketplace untuk membeli dan menjual, dan beberapa hanya Marketplace. Jika Anda seorang kreator, carilah platform yang melakukan keduanya.
  • Menjual NFT di Marketplace adalah pilihan bagi pencipta asli atau siapa saja yang memiliki NFT. Beberapa Marketplace adalah campuran NFT Marketplace Indonesia primer dan sekunder, sementara beberapa hanya Marketplace sekunder.
  • Membeli NFT tersedia untuk siapa saja yang memiliki dompet kripto dan nilai yang tersedia cukup dalam ETH atau mata uang lain yang diperlukan. Marketplace menjual NFT melalui mode termasuk tindakan publik, penjualan pribadi, dan penurunan edisi terbatas.

NFT Marketplace Terbaik

Berikut erdapat NFT Marketplace terbaik yang ada di dunia. Daftar NFT Marketplace terbaik adalah:

OpenSea

Dalam dunia perdagangan NFT, OpenSea adalah nama rumah tangga. Ketenarannya telah dibantu oleh jejaring sosial, start-up, dan industri video game. OpenSea memungkinkan Anda untuk membuat daftar dan menjual NFT Anda sendiri secara gratis. Aset ERC721 dan ERC1155 adalah fokus utama OpenSea. Dalam hal ini, vendor menanggung biaya 2,5% untuk layanan OpenSea.

Rarible

Rarible membebankan biaya penjual 1 persen dan biaya pembeli 1 persen. Rarible memiliki opsi pencetakan gratis di mana penjual juga membayar untuk pencetakan NFT, tetapi Rarible tidak menghasilkan uang dari pencetakan karena biaya tersebut masuk ke penambang kripto.

Cara Membeli NFT

Raible juga memungkinkan Anda membeli beberapa NFT dengan kartu kredit, dan mereka menghasilkan uang dari biaya yang dibebankan oleh perusahaan kartu kredit.

Nifty Gateway

Nifty Gateway adalah Marketplace NFT yang berusaha memberikan kualitas daripada kuantitas . Platform ini secara eksklusif menampilkan seni yang dikuratori dan diverifikasi. Nama-nama yang dilampirkan pada karya-karya seni itu, paling sering, sudah ada di masyarakat. Pada akhirnya, Nifty Gateway terlihat memposisikan dirinya sebagai sesuatu yang mirip dengan dealer seni modern. Proposisi penjualannya yang unik adalah eksklusivitas — berbeda dengan yang gratis untuk semua di beberapa platform, tim Nifty Gateway dengan hati-hati mengkurasi konten yang diizinkan untuk dijual.

NFT Marketplace Indonesia Terbaik

Untuk di Indonesia sendiri juga terdapat marketplace yang terbaik. Berikut NFT marketplace di Indonesia yang terbaik di Indonesia adalah:

TokoMall

TokoMall adalah pelopor NFT marketplace di Indonesia yang memberikan konsep unik dengan menjembatani dunia digital dengan realita.

Tokomall mendukung merek, artis, dan kreator lokal untuk meluncurkan kreasi mereka ke panggung dunia.

Enevti

nevti membayangkan masa depan di mana semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari ruang NFT. Untuk membangun komunitas yang tidak hanya bermanfaat bagi pencipta NFT tetapi juga untuk memperkaya individu dari semua lapisan masyarakat dengan meruntuhkan penghalang bagi orang-orang untuk bergabung dengan ruang crypto sejak awal.

Enevti didirikan oleh sekelompok pemimpin teknologi dan pakar kripto, membuat kami terlibat secara mendalam dengan kebutuhan dan masalah yang ada dalam ruang kripto. Kita semua bekerja sama untuk menciptakan pengalaman terbaik untuk media sosial yang lebih terdesentralisasi yang mempromosikan inklusivitas pembuat konten.

Kolektibel

Kolaktibel menerapkan dua skema model bisnis dalam menjalankan kemitraannya dengan pemilik merek IP, yaitu B2B dan B2C. Untuk B2B, Kolaktibel menyediakan domain khusus merek untuk menampung transaksi jual beli NFT dan domain utama Kolktibel di kolom kategori. 

Cara Membuat NFT

TokoNFT

fitur untuk Menikmati karya seni dan melakukan pameran sendiri seperti berada di Museum menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan akan diluncurkan di situs TokoNFT. Pengunjung dapat menambahkan karya dan melihat karya seni yang ditampilkan secara virtual dengan ruang terbatas.

GIC Verse

Apa itu GIC Verse? ini adalah Marketplace P2P untuk mengoleksi crypto dan NFT. GIC Verse sendiri adalah marketplace NFT yang memperkenalkan NFT GIC, yaitu sebuah produk NFT yang didukung dengan aset yang dapat memberikan hasil dividen tiap bulannya.

Kenapa Harus Menggunakan GIC Verse?

GIC Verse memiliki memiliki satu produk yaitu NFT GIC. Bukan sekedar NFT biasa, karena NFT yang satu ini selain memiliki nilai seni dan estetika, namun hal menarik lainnya itu adalah Anda akan memiliki dividen tiap bulannya karena seperti diawal sudah disampaikan bahwa NFT ini akan dibalut dengan aset Akun Market Maker yang akan menghasilkan potensi keuntungan dari hasil transkasi trader.

Jenis-Jenis NFT dari GIC Verse Berikut Keuntungannya

Perlu diketahui bahwa GIC Verse diawal rilis mengeluarkan 4 tema yaitu:

  1. Garuda
  2. Bull
  3. George
  4. Leak

Dengan tipe NFT mulai dari Bronze, Silver, Gold hingga Diamond yang pastinya dari tipe-tipe yang ada jelas secara dividen berbeda. Satu hal yang paling penting dan harus diketahui bahwa GIC juga memiliki ‘Spesial Hero Verse’ dengan rating mulai dari Rare, Epic hingga Legendary yang pastinya dengan keuntungan berbeda satu sama lainnya. Spesial Hero Verse ini dapat dimiliki dengan cara di-gatcha (undisetiap kali Anda membeli NFT dengan tipe apapun itu.

Tipe NFT GIC

Tipe NFT GIC

Spesial Hero Verse

Spesial Hero Verse

Keuntungan ketika Anda Membeli NFT GIC:

Berikut informasi tentang keuntungan NFT GIC :

  • Pembagian dividen bulanan: 80% dari performa akun
  • Setiap Pemilik NFT berhak atas pembagian dividen berdasarkan Jenis NFT yang dimiliki (Bronze 70%, Silver 72%, Gold 75%, and Diamond 78%)
  • Selisih persentase dividen dari setiap NFT akan otomatis dimasukkan ke Pool Spesial, yang akan dibagikan setiap bulannya ke 3 NFT Spesial (Legendary 45%, Epic 35%, Rare 20%).
  • Dengan membeli NFT GIC, secara otomatis akan menjadi Market Maker di GIC
  • Penghasilan di pool dividen dan pool spesial akan dibagikan setiap bulannya

Keuntungan NFT GIC

Setelah mengetahui mengenai NFT Marketplace Indonesia Terbaik dan Aman, Anda bisa mulai menginvestasikan diri dengan menggunakan aset digital NFT ini melalui marketplace yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas. Untuk bisa melakukan pembelian NFT di GIC, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu sehingga bisa melakukan trading ataupun pembelian itu sendiri.

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami