Pelajari Tentang Apa Itu NFT Beserta Cara Jual dan Belinya

Artikel ini terakhir di perbaharui August 10, 2022 by Akhmad Zico Fadlansyah
Pelajari Tentang Apa Itu NFT Beserta Cara Jual dan Belinya
NFT adalah? sumber oleh alidrian via freepick

NFT Adalah? Perlu diketahui, NFT sendiri bukanlah sebuah cryptocurrency namun tetap dibangun berdasarkan teknologi blockchain. Kali ini kita akan mempelajari mengenai apa itu NFT, bagaimana cara jual dan belinya, serta jenis dari NFT tersebut. Untuk lebih lengkapnya, pelajari apa itu NFT dan apa itu NFT GIC Verse melalui artikel berikut. Anda juga bisa mempelajari artikel lainnya di Jurnal GIC!

Apa itu NFT ? NFT Adalah…

Non Fungible Token bukanlah cryptocurrency yang sebenarnya dalam arti yang sama dengan Bitcoin ( CRYPTO:BTC ). Cryptocurrency memanfaatkan blockchain karena kemampuannya untuk melacak transaksi keuangan antar pihak dan dirancang sebagai jenis mata uang digital untuk digunakan di internet dan di dunia digital pertama.

NFT juga dibangun di atas blockchain tetapi digunakan untuk menjamin kepemilikan aset. Anggap saja sebagai sertifikat seperti kepemilikan mobil atau real estat yang menyatakan pemilik sah mobil atau rumah, kecuali NFT adalah bukti kepemilikan dalam bentuk digital. Sebagian besar NFT didasarkan pada jaringan blockchain Ethereum ( CRYPTO:ETH ).

NFT adalah aset digital unik yang tidak dapat diganti secara langsung dengan aset digital lain (dengan demikian disebut “non-fungible”). Banyak aset fisik juga tidak dapat dipertukarkan. Real estat, misalnya, tidak dapat dipertukarkan karena setiap bagian properti unik dari yang lain.

Token “fungible”, sebaliknya, adalah token yang dapat diganti dengan token lain yang identik dengannya. Eter adalah token yang dapat dipertukarkan yang diperdagangkan di jaringan Ethereum, artinya satu Eter identik dengan yang lain. Hal yang sama berlaku untuk Bitcoin. Satu Bitcoin dapat ditukar dengan Bitcoin lainnya karena memiliki nilai yang sama.

Apa itu NFT
Apa itu NFT

Mata uang fisik juga bekerja dengan cara ini. Satu uang dolar fisik sama dengan uang dolar lainnya, dan karenanya masing-masing “fungible”. Tetapi setiap NFT itu unik; tidak ada satu pun yang persis seperti itu di luar sana, jadi mereka tidak dapat dipertukarkan — atau tidak dapat menggantikan yang lain dengan tepat.

Kode ditulis ke dalam token digital ini dan direkam menggunakan jaringan blockchain yang menjadi dasarnya (sekali lagi, biasanya pada Ethereum) untuk membuktikan daftar kepemilikan historis dan pemilik aset digital unik saat ini. NFT dapat mewakili semua kreasi digital — seni, musik, video, tulisan, dll.

Anda dapat menganggap NFT sebagai semacam sertifikat keaslian untuk artefak digital. Mereka saat ini digunakan untuk menjual sejumlah besar koleksi virtual, termasuk:

  • Kartu perdagangan virtual NBA 
  • Klip musik dan video dari bintang EDM seperti Deadmau5
  • Seni video oleh Grimes
  • Meme asli “kucing nyan” 
  • Sebuah tweet oleh pemilik dan pengusaha Dallas Mavericks Mark Cuban 
  • Real estat virtual di tempat bernama Decentraland  

Seiring dengan popularitas Bitcoin dan kripto lainnya yang meningkat pesat selama setahun terakhir, NFT juga melonjak —  tumbuh menjadi sekitar $338 juta pada tahun 2020 . Setiap NFT disimpan di blockchain terbuka (seringkali Ethereum ) dan siapa pun yang tertarik dapat melacaknya saat dibuat, dijual, dan dijual kembali. Karena mereka menggunakan teknologi kontrak pintar, NFT dapat diatur sehingga artis asli terus memperoleh persentase dari semua penjualan berikutnya. 

Sepanjang jalan, NFT telah mengajukan pertanyaan filosofis yang menarik tentang sifat kepemilikan. Bertanya-tanya mengapa artefak digital yang dapat disalin dan ditempel tanpa henti memiliki nilai sama sekali? Para pendukung akan menunjukkan bahwa sebagian besar jenis pengumpulan tidak didasarkan pada nilai bawaan. Buku komik lama diproduksi untuk tinta dan kertas senilai sen. Sepatu kets langka sering dibuat dari bahan yang sama dengan yang tidak berharga. Beberapa lukisan digantung di Louvre, yang lain berakhir di toko barang bekas. 

Seperti yang dicatat oleh kolektor yang menjual karya Beeple senilai $6,6 juta, Anda dapat mengambil gambar Mona Lisa yang bagus, tetapi itu bukan Mona Lisa. “Tidak ada nilainya karena tidak ada asalnya atau sejarah karyanya,” kata penggemar Beeple . “Kenyataannya di sini adalah bahwa ini sangat, sangat berharga karena siapa yang berada di baliknya.”

Perbedaan NFT dengan Aset Kripto Lainnya Adalah?

Baik cryptocurrency dan NFT bergantung pada transaksi blockchain untuk memvalidasi keasliannya dan mencatat kepemilikannya; dalam kebanyakan kasus, Anda memerlukan kripto untuk membeli NFT.

Perbedaan besarnya adalah nilai mata uang kripto murni ekonomis — nilainya berasal dari kegunaannya sebagai mata uang atau investasi. NFT, di sisi lain, memiliki nilai ekonomi dan non-ekonomi. Artis, misalnya, dapat menggunakan NFT untuk mendistribusikan, memonetisasi, dan bahkan memberi tanda tangan pada karya mereka — karya yang kemudian dapat dibeli oleh beberapa investor atau kolektor menggunakan cryptocurrency.

Baik NFT dan cryptocurrency didasarkan pada blockchain, memanfaatkan inovasi serupa dan standar serupa. Karenanya, mereka akan cukup sering menarik pemain serupa. NFT dapat dianggap sebagai bagian dari budaya kripto, dan Anda pada umumnya membutuhkan bentuk uang kriptografi untuk memperdagangkan NFT.

Tetapi perbedaan utama ditunjukkan dalam namanya. Cryptocurrency adalah mata uang. Seperti setiap mata uang lainnya, ia hanya memiliki nilai ekonomi dan dapat dipertukarkan. Artinya, dalam mata uang kripto tertentu, tidak masalah token kripto mana yang Anda miliki; itu memiliki nilai yang sama dengan yang berikutnya, 1 $ETH = 1 $ETH. Tetapi NFT tidak dapat dipertukarkan, dan mereka memiliki nilai yang jauh melampaui ekonomi.

Kenapa NFT Begitu Populer?

NFT atau Non-Fungible Token adalah aset digital berbasis blockchain yang menjadi pusat perhatian di dunia crypto, karena nilainya bisa mencapai puluhan juta dolar AS. Bentuk NFT yang paling populer saat ini adalah karya digital mulai dari foto, video, aset dalam game, hingga lukisan digital. kebanyakan NFT menggunakan eter (ETH).

anyak orang mengatakan mereka tidak berharga, atau mereka akan segera menjadi, sebagai hash yang Anda miliki, meskipun unik, bagaimanapun juga, itu tetap string. Namun, hal tentang NFT adalah Anda dapat mengabaikannya, tetapi Anda tidak dapat menyangkal bahwa mereka menggerakkan jarum baik dalam seni maupun industri fintech.

Yang sedang berkata, mengapa mereka begitu populer?

Bahkan jika sifatnya langka, Non Fungible Token sebagian besar merupakan barang digital yang sudah ada di internet selama beberapa waktu. Ini termasuk hal-hal seperti klip permainan bola basket, video musik, dll. yang telah dibagikan di internet selama beberapa waktu.

Selain itu, bahkan Non Fungible Token yang merupakan barang yang sangat langka dapat dilihat secara online secara gratis. Jadi, apa sebenarnya gunanya menghabiskan ribuan jika bukan jutaan euro untuk sesuatu yang dapat diunduh semua orang dalam waktu kurang dari satu detik atau tangkapan layar dengan mudah?

Jawabannya sederhana: Non Fungible Token memungkinkan pembeli memiliki konten digital asli. Selain gagasan itu, Non Fungible Token mengandung otentikasi berurat yang pada dasarnya merupakan bukti kepemilikan. Kolektor barang-barang khusus atau langka menemukan banyak nilai dalam hal ini.

Pertama-tama, sama seperti barang lain di pasar, mereka memperoleh nilai dari kelangkaannya. Apa yang dilakukan NFT adalah memberi nilai pada sesuatu yang dapat dengan mudah disalin atau dimodifikasi dengan cara apa pun yang memungkinkan. Dengan kata lain, NFT menciptakan kelangkaan.

Fakta bahwa catatan digital unik dapat dibuat untuk mengotentikasi kepemilikan versi tertentu dari karya seni digital adalah apa yang mengubah permainan.

Misalnya, karya seni Everydays: The First 5000 Days yang dibuat oleh Michael J. Winkelmann dijual melalui NFT seharga jutaan dolar. Meskipun siapa pun dapat melihat karya tersebut dan mengunduhnya di ponsel mereka, mereka tidak akan pernah memiliki versi aslinya. Hanya satu orang yang melakukannya: pemilik NFT-nya.

NFT Digunakan untuk Apa Saja?

NFT bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Salah satunya kegunaan nft adalah bisa Anda lihat pada artikel dibawah ini.

1. NFT dalam Industri Karya Seni

Apa itu NFT? NFT adalah aset digital yang sepenuhnya ada di dunia digital—Anda tidak dapat menyentuhnya, tetapi Anda dapat memilikinya. NFT dapat berupa semua jenis file digital: karya seni, artikel, musik, atau bahkan meme seperti “Gadis Bencana”, foto aslinya dijual seharga $500 ribu awal tahun ini.

Munculnya NFT ini, memungkinkan pencipta otoritas untuk menyewakan karya seni digital, menjualnya atau menampilkannya sesuai keinginan. Untuk menjualnya, desainer perlu mendapatkan semacam kepemilikan ‘legal’ atas karya mereka. Jadi, setelah seni NFT dibuat, itu ‘dicetak’ atau diberi token pada layanan cryptocurrency, Blockchain.

2. NFT dalam Konteks Bisnis

Sebagai contoh NFT dalam konteks bisnis yaitu Pasar asuransi yang sedang menderita penipuan setiap hari. Hal-hal seperti klaim hantu memutarbalikkan kebenaran dan merupakan masalah umum bagi perusahaan asuransi. Teknologi NFT perusahaan dapat memberikan catatan akurat tentang peristiwa klaim seperti kecelakaan mobil dan memberikan bukti kepemilikan barang yang diasuransikan.

3. NFT dalam Industri Hobi dan Hiburan

NFT dalam hiburan memiliki potensi untuk sepenuhnya mengubah cara film dibuat, diproduksi, dan didistribusikan, dalam prosesnya mendemokratisasi industri sepihak ini. Untuk memahami ini lebih baik, kita kembali ke proyek Antara Unta Arab. Film epik Hollywood beranggaran besar ini adalah salah satu film pertama yang diproduksi oleh komunitas NFT, yang mendemonstrasikan konsep film NFT.

Apa itu NFT GIC Verse

NFT GIC Verse

NFT GIC Verse merupakan salah satu produk baru dari GIC yang bekerja sama dengan perusahaan blockchain Korea yaitu Sinest sehingga dapat menciptakan ‘dunia yang menyenangkan’ yang terhubung dengan teknologi berbasis blockchain. GIC Verse sendiri akan memperjualbelikan art yang memiliki tiga jenis NFT dengan masing-masing keunggulannya.  Bagi Anda yang membeli NFT pada GIC Verse maka Anda akan secara otomatis mendapatkan akun Market Maker di GIC Social Trade.

Market Maker sendiri merupakan penyedia likuiditas sehingga Anda dapat melengkapi transaksi dari pihak trader. Setelah Anda menjadi Market Maker, maka Anda akan mendapatkan pendapatan pasif dari hal tersebut. GIC sebagai penyedia layanan trading akan mempertemukan para trader dengan para market maker untuk bisa saling mendapatkan keuntungan dari trading itu sendiri sehingga transaksi akan menjadi lebih transparan tanpa adanya biaya yang tidak terlihat. Untuk jenis dari NFTnya, Anda bisa pahami di bawah ini.

Tipe Akun NFT GIC Verse

Bronze

Tipe akun bronze memiliki Equity sebesar 10000 GICT dengan stock sebanyak 400/400. Untuk returnnya sendiri dari tipe akun bronze ini sebesar 70% to pool. Sedangkan untuk harga dari akun bronze ini sebesar 150 GICT.

Silver

Selanjutnya terdapat tipe akun Silver dengan Equity sebesar 5000 GICT dan stock sebanyak 40/40. Untuk returnnya sebesar 72% to pool. Harga dari tipe silver ini sebesar 750 GICT.

Gold

Terdapat juga akun Gold dengan Equity sebesar 5000 GICT juga stock sebanyak 8/8. Sedangkan returnnya sendiri sebesar 75% to pool dengan harga 3500 GICT untuk jenis akun ini.

Diamond

Terakhir tipe diamond dengan Equity sebesar 5000 GICT dan stocknya 4/4. Untuk returnnya sebesar 78% to pool dengan harga 6500 GICT.

Special Reward NFT GIC Verse Adalah?

Special Reward NFT GIC Verse ini terdiri dari 3 3 Special Hero Verse dengan memiliki kelebihannya masing-masing. Sedangkan cara mendapatkannya pun bisa dilakukan melalui sistem Gatcha. Sebelum itu, perlu Anda ketahui harga untuk bisa mendapatkan NFT itu sendiri. Untuk bisa mendapatkan masing-masing NFT dari ketiga special reward di bawah ini, Anda akan memerlukan biaya sebesar:

Details Harga Periode 1 Harga Periode 2 Harga Periode 3 Harga Periode 4
Equity (GICT) 10,000 5,000 5,000 5,000
NFT# 100 10 2 1
COGS (NFT) 100 500 2,500 5,000
Price (NFT) 150 750 3,500 6,500
% Profit Sharing 70% 72% 75% 78%

*Biaya tersebut akan berlaku untuk empat periode penjualan

Anda bisa membeli NFT-NFT tersebut sehingga bisa melakukan gatcha untuk mendapatkan setiap jenis NFT GIC Verse tersebut.

Berikut jenis-jenis dari NFT GIC Verse. 

Rare

Jenis Rare ini menjadi jenis yang akan mendapatkan reward extra dividend sebesar 20% dari selisih % profit sharing Market Maker sehingga menghasilkan 20% atau dari total pool. Untuk nilai jualnya pun tinggi untuk jenis special reward ini.

Epic

Untuk jenis Epic sendiri akan mendapatkan reward sebesar 35% dari selisih % profit sharing Market Maker atau dari total pool. Sedangkan untuk nilai jual dari hero verse ini sangat tinggi.

Legendary

Sedangkan untuk jenis Legendary, menjadi jenis NFT yang paling unggul dari GIC Verse. Keunggulannya Anda akan mendapatkan reward sebesar 45% dari selisih % profit sharing Market Maker atau dari total pool. Nantinya, pada tipe Legendary ini, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun atau biaya Slip Page. Sedangkan untuk nilai jual dari hero verse ini sangat fantastis ketika diperjualbelikan kembali.

Benefit NFT GIC Verse Adalah?

Setelah mengetahui jenisnya, maka kali ini kita akan mencari tahu mengenai apa saja benefit dari NFT GIC Verse tersebut. Jika Anda membeli NFT GIC Verse, maka Anda bisa menikmati benefit sebagai berikut:

  • Ownership: Kepemilikan dari aset digital NFT GIC Verse yg unik dari segi art & utility
  • Fungsional: mendapatkan return dari NFT GIC
  • Design setiap tipe NFT berbeda dan unik
  • Design yang Limited Stock
  • Dapat dimiliki dan diperjualbelikan kembali, NFT dapat diperjualbelikan kembali dengan harga bervariatif dan lebih menguntungkan dari design & art tiap NFT
  • Dengan Anda membeli NFT tersebut, maka Anda secara otomatis akan menjadi Market Maker di GIC
  • Akan mendapatkan return income perbulannya. 

Dimana Saya Bisa Membeli NFT GIC Verse?

NFT GIC Verse dapat dibeli di aplikasi GICTrade dan juga Anda bisa membelinya melalui marketplace Legion Swap.

Bagaimana Cara Membeli NFT GIC Verse?

Produk GIC verse dapat dibeli melalui 2 cara. Pertama, di aplikasi GICTrade (pembelian seperti GIC Bridge). Kedua, pembelian dapat melewati platform luar, yaitu pada Legion Swap. Berikut untuk cara membeli NFT GIC Verse sendiri melalui aplikasi GIC.

  1. Download Aplikasi “GICTrade”
  2. Daftarkan akunmu pada aplikasi GICTrade
  3. Buka menu “GIC Verse”
  4. Pilih NFT sesuai dengan yang Anda inginkan
  5. Klik “Buy Now”
  6. Jika belum mempunyai saldo, maka Anda dapat mengisi dengan klik “Isi Saldo”
  7. Setelah selesai, maka Anda dapat klik “Bayar”
  8. Pembelian Anda telah sukses. Klik “Open Gatcha” untuk mengetahui NFT apa yang didapatkan dari 3 Special Hero Verse.
  9. Klik “Show NFT” untuk melihat Special Hero Verse Anda.
  10. Anda juga bisa melihat koleksi NFT pada menu “My NFT”

Sedangkan untuk pembelian melalui Legion Swap bisa Anda ikuti seperti langkah di bawah ini.

  1. Buka Legion Swap
  2. Connect pada wallet yang ada
  3. Klik “Buy Legion”
  4. Kemudian pilih tipe akun NFT
  5. Klik “Buy Now”

Setelah mengetahui mengenai apa itu NFT, maka Anda sudah bisa memulai diri untuk berinvestasi NFT dan menikmati segala keuntungannya. Anda juga bisa melakukan investasi NFT GICVerse ataupun dengan trading bersama GIC. Untuk itu, registrasikan dirimu dan mulai investasi bersama dengan GIC! Anda juga bisa follow Instagram GICTraders untuk bisa terus mendapat update seputar GIC, trading, investasi, maupun hal lainnya!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami