Ketahui Mata Uang Kripto GICT dan Berbagai Macam Jenis Lainnya!
sekilas tentang mata uang kripto

Mata Uang Kripto adalah jenis mata uang digital yang dimaksudkan untuk bertindak sebagai alat tukar dalam bentuk digital. Untuk mengetahui lebih lengkpanya mengenai mata uang kripto, Anda bisa membaca artikel berikut ini. Jangan lupa juga untuk follow Instagram GIC untuk informasi seputar GICT.

Apa itu Mata Uang Kripto?

Mata Uang Kripto adalah jenis mata uang digital yang dimaksudkan untuk bertindak sebagai alat tukar. Mata Uang Kripto telah menjadi populer dalam dekade terakhir, khususnya, dengan Bitcoin menjadi mata uang alternatif yang paling banyak dilacak. Biasanya, Mata Uang Kripto hanya elektronik dan tidak memiliki bentuk fisik – grafik di bagian atas halaman hanyalah visi seniman tentang mata uang digital.

Mata Uang Kripto menarik bagi banyak orang karena kemampuannya untuk dikelola tanpa bank sentral dan karena itu kekhawatiran seputar kerahasiaan dan akal-akalan. Ini menarik karena kemampuannya untuk menahan nilai dan tidak digelembungkan oleh bank sentral yang ingin mencetak uang. Ini juga sangat sulit untuk dipalsukan karena sistem buku besar blockchain yang mengelola mata uang.

Mata Uang Kripto telah mendapatkan popularitas di dunia investasi karena apresiasi signifikan yang terlihat oleh beberapa koin sejak pertama kali diperkenalkan. Baru-baru ini, Mata Uang Kripto telah mengalami penurunan yang signifikan karena Federal Reserve menaikkan suku bunga , yang telah berdampak pada investasi yang paling spekulatif. Bitcoin dan Ethereum, dua koin paling populer, masing-masing turun lebih dari 70 persen dari level tertinggi sepanjang masa pada Juni 2022.

Berbagai Jenis Mata Uang Kripto

Harga cryptocurrency terus berubah — setiap saat setiap hari. Pasar crypto global terbuka untuk perdagangan 24/7. Dengan demikian, data seperti ini sudah usang saat dipublikasikan. CoinMarketCap menerbitkan perubahan harga cryptocurrency secara real time setiap hari. Berikut terdapat beberapa jenis mata uang kripto yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melakukan investasi.

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama di dunia, dengan asal-usulnya berasal dari kertas putih yang diterbitkan pada tahun 2008, dan tetap menjadi jenis crypto yang paling terkenal. Ini berfungsi pada blockchainnya sendiri, dengan transaksi yang diverifikasi (dan Bitcoin baru dibuat, hingga batas tetap) oleh pasukan penambang terdesentralisasi. Pada Januari 2022, Bitcoin adalah mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, dengan nilai US$896 miliar.

2. Dogecoin

Dogecoin (DOGE) dibuat sebagai alternatif ringan untuk cryptocurrency tradisional seperti Bitcoin pada tahun 2013. Nama dan logo Shiba Inu didasarkan pada meme. Tidak seperti Bitcoin, yang dirancang untuk menjadi langka, Dogecoin sengaja berlimpah — dengan 10.000 koin baru ditambang setiap menit dan tidak ada pasokan maksimum.

3. Ethereum (ETH)

Ethereum adalah perangkat lunak berbasis blockchain terdesentralisasi yang memiliki fungsi kontrak pintar. Ethereum adalah open source dan digunakan terutama untuk mendukung cryptocurrency terbesar kedua di dunia yang dikenal sebagai Ether. Ethereum memungkinkan kontrak pintar dan aplikasi yang dibangun di blockchain untuk berjalan dengan lancar tanpa penipuan, waktu henti, kontrol, atau campur tangan pihak ketiga.

Ethereum juga merupakan bahasa pemrograman yang membantu pengembang untuk membuat aplikasi terdistribusi. Salah satu proyek besar dengan Ethereum adalah kemitraan Microsoft dengan ConsenSys yang menawarkan Ethereum Blockchain sebagai Layanan di Microsoft Azure untuk memungkinkan pengembang dan klien perusahaan memiliki lingkungan pengembang blockchain satu klik yang berbasis cloud.

4. Litecoin

Dibuat oleh mantan insinyur Google Charlie Lee, Litecoin adalah salah satu “altcoin” pertama—nama yang diberikan untuk cryptocurrency selain Bitcoin (dan terkadang selain Ethereum).

Tujuan peluncuran Litecoin adalah untuk meningkatkan Bitcoin dalam beberapa cara berbeda. Pertama, Lee mengembangkan algoritma hashing baru untuk Litecoin yang disebut Scrypt (diucapkan S-crypt). Algoritme yang lebih sederhana mendukung kecepatan transaksi Litecoin yang lebih cepat. Bitcoin memiliki kecepatan pemrosesan transaksi yang lambat sekitar lima transaksi per detik. Menghasilkan blok baru di blockchain Bitcoin dapat memakan waktu sekitar 10 menit.

5. Binance (BNB)

Binance Coin berasal dari Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia pada tahun 2021. Biaya transaksi untuk pertukaran ini dikurangi untuk pengguna yang memilih untuk membayar di BNB. Ini telah mendorong adopsi Binance Coin, menjadikannya salah satu cryptocoin terbesar di pasar. Untuk memastikan nilainya tetap stabil, Binance menghancurkan atau “membakar” persentase tetap dari koin yang beredar.

6. Solana (SOL)

SOL adalah koin asli dari platform Solana, yang berfungsi pada sistem blockchain, seperti Ethereum dan Bitcoin. Jaringan Solana dapat melakukan 50.000 transaksi per detik, membuat platform ini sangat menarik bagi investor yang ingin berdagang dengan cepat. 

7. Tether (USDT)

Tether adalah jenis stablecoin , yang dirancang untuk memiliki harga yang tidak terlalu fluktuatif dengan dikaitkan ke aset eksternal. Dalam hal ini, setiap koin didukung oleh jumlah dolar AS yang setara, yang mencegahnya mengalami volatilitas harga yang sama seperti yang dihadapi mata uang kripto lainnya. Namun ada beberapa perdebatan tentang apakah itu benar-benar didukung sepenuhnya oleh dolar.

8. Polkadot (DOT)

Polkadot, seperti banyak cryptocurrency pasca-Bitcoin, adalah token yang dapat dibeli atau dijual melalui bursa seperti Coinbase dan protokol terdesentralisasi .

Protokol Polkadot dirancang untuk memungkinkan blockchain yang tidak terkait untuk berbicara satu sama lain dengan aman, sehingga nilai atau data dapat mengalir di antara, katakanlah, blockchain Ethereum dan Bitcoin tanpa perantara. Ini juga dirancang untuk menjadi cepat dan terukur, melalui penggunaan banyak blockchain paralel (atau “parachains”) yang mengambil banyak permintaan pemrosesan dari blockchain utama.   

9. XRP (XRP)

XRP, yang berjalan di jaringan Ripple, telah digambarkan sebagai “mata uang kripto untuk bank” karena dibuat khusus untuk melayani kebutuhan industri jasa keuangan. Dipahami sebagai cara untuk memfasilitasi pembayaran internasional, XRP bertindak sebagai jembatan antara dua mata uang yang berbeda untuk menawarkan transfer global yang lebih murah dan lebih cepat.

10. GICT

GICT merupakan coin yang berasal dari fork teknologi BTC yang dirancang untuk digunakan di dalam ekosistem platform GIC. Mata uang kripto ini digunakan sebagai Utility Coin di dalam ekosistem platform GIC. GICT ada untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan produk GIC.

sekilas tentang mata uang kripto

FAQ

Berikut terdapat beberapa pertanyaan terkait mata uang kripto. Pertanyaan yang sering diajukan tersebut bisa Anda simak di bawah ini.

1. Apakah uang kripto bisa di rupiahkan?

Mata uang kripto bisa dirupiahkan. Untuk bisa menukarnya Anda bisa menuju ke website yang menyediakan kalkulator converter seperti Coinbase dan Forbes.

2. Berapa harga 1 keping koin crypto GICT Coin (GICT) konversi ke rupiah?

Untuk harga 1 coin GICT akan setara dengan 1 USD, yang artinya 1 coin GICT jika dirupiahkan akan sekitar Rp 14.000 tergantung dari keadaan pasar pada saat ini.

3. Apakah aset kripto halal?

Dari perspektif aturan kontrak Islam, harus ada unsur pertimbangan ketika menjawab pertanyaan kripto halal – harus ada Mal. Mal mengacu pada kepemilikan dan penyimpanan yang efektif, dan cryptocurrency memenuhi kriteria yang diperlukan karena dapat dimiliki dan disimpan dan memiliki nilai komersial (Mutaqawwam).

Crypto adalah aset digital yang nyata dan layak, nilai dan nilainya terletak pada apa yang dibayar untuk itu, dan mampu dimiliki dan diperdagangkan secara komersial sehingga persyaratan Syariah terpenuhi dan pertanyaan apakah kripto halal dapat dijawab.

Setelah mengetahui mengenai mata uang kripto beserta dengan berbagai jenisnya, Anda bisa mencoba untuk mulai berinvestasi di kripto. GIC menyediakan kripto GICT yang bisa Anda pilih dengan kelebihan-kelebihannya. Anda bisa memulai investasi kripto GICT melalui aplikasi GIC maupun melalui Indodax.

Selain mata uang kripto, Anda juga bisa bertrading di GIC dengan cara registrasi untuk bisa trading dengan modal mulai dari Rp 150.000.

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami