Lite Paper: Cara Menulis, Memformat, Bagian, dan Perbedaannya dengan White Paper

Artikel ini terakhir di perbaharui October 3, 2022 by Wachda Mihmii
Lite Paper: Cara Menulis, Memformat, Bagian, dan Perbedaannya dengan White Paper
Sekilas-Tentang-lite-paper

Lite Paper adalah versi whitepaper yang lebih singkat dan lebih ringkas dan berfungsi untuk menarik minat pengguna dan investor yang ingin tahu. Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai lite paper ini, Anda bisa membaca artikel berikut ini. Kunjungi juga website resmi GIC untuk bisa mengetahui daftar produk-produk yang ada di GIC!

Apa itu Lite Paper dalam Crypto?

Singkatnya, litepaper dapat dianggap sebagai versi teaser dari whitepaper. Ini adalah versi whitepaper yang lebih singkat dan lebih ringkas dan berfungsi untuk menarik minat pengguna dan investor yang ingin tahu.

Anda mungkin lebih akrab dengan whitepaper, yang merupakan persyaratan saat meluncurkan proyek blockchain di dunia crypto. Mungkin whitepaper paling terkenal sejauh ini dalam sejarah crypto adalah “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System” dari Satoshi Nakamoto, yang diterbitkan pada tanggal 31 Oktober 2008. 

Hari ini, whitepaper terus menjadi sumber informasi yang berharga mengenai proyek crypto. Namun, mengingat rentang perhatian orang-orang di era digital yang cepat berlalu, membaca dokumen setebal enam puluh halaman untuk melihat apakah suatu proyek menarik bagi Anda terdengar tidak praktis. 

Whitepaper juga cenderung mengabaikan aspek teknis suatu proyek. Sebagian besar penggemar crypto mungkin meluangkan waktu untuk membaca makalah yang sangat teknis yang menarik minat mereka. Namun, itu masih tidak untuk semua orang, terutama jika Anda mencari investor. Mungkin terlalu membosankan, atau mereka mungkin tidak punya waktu, terlepas dari minat atau kapasitas mereka untuk berinvestasi dalam sebuah proyek.

Masukkan litepaper, yang, sesuai dengan namanya, bertujuan untuk menjadi versi yang lebih ringan dari whitepaper yang lebih komprehensif. Jadi, secara teknis, apa perbedaan antara whitepaper dan litepaper?

Sebuah whitepaper panjang, menyeluruh dan teknis. Sama seperti makalah akademis, whitepaper Anda adalah catatan yang terdokumentasi dengan baik tentang semua detail yang ingin diketahui investor Anda tentang proyek tersebut.

Sementara itu, tujuan litepaper adalah untuk memberikan semua detail mendasar tentang proyek sambil menjaga hal-hal “ringan”, sehingga untuk berbicara. Ini dirancang untuk menarik minat bahkan mereka yang mungkin tidak memiliki waktu atau keinginan untuk membaca makalah yang sangat teknis.

White Paper Crypto dan Contoh-Contohnya

Bagaimana cara menulis litepaper?

Setelah Anda siap dengan produk Anda dan yakin tentang hal itu, langkah selanjutnya ketika memulai initial coin offering (ICO) adalah menulis litepaper yang sangat bagus. Meskipun mungkin tergoda (dan lebih mudah) untuk memperlakukan litepaper Anda seperti versi whitepaper yang “dipreteli” atau “direbus” hanya dengan mengangkat bagian darinya, itu bukan sesuatu yang ingin Anda lakukan.

Sebaliknya, menulis litepaper Anda harus diperlakukan sebagai langkah pertama yang penting dalam perjalanan ICO Anda — itu benar-benar dapat membuat atau menghancurkan keberhasilan proyek Anda. Ini sering kali dapat menjadi pertemuan pertama calon investor dengan ide-ide di balik proyek Anda, cara kerja bagian dalam, aplikasi, dan banyak lagi. 

Sekarang, bayangkan jika Anda menuliskan versi kertas putih Anda yang encer? Tentu saja, tidak semuanya bermuara pada litepaper Anda, Anda juga harus meningkatkan upaya pemasaran dan promosi. Tapi, mari kita menjadi nyata: Tidak semua orang akan membaca seluruh litepaper Anda. Terutama di ruang di mana transaksi berlangsung sangat cepat, orang juga tidak ingin membuang waktu mereka untuk membaca berbagai halaman tentang sesuatu yang mungkin tidak mereka investasikan. 

Litepaper Anda tentang proyek cryptocurrency harus mengartikulasikan apa yang ingin dilakukan produk Anda, bagaimana teknologi blockchain akan diterapkan dalam proyek dan bagaimana ekonomi token dapat mendukungnya. Itu juga harus berisi informasi tentang tim Anda saat ini, produk, nomor awal, kasus penggunaan dan aplikasi, serta dana dan pengeluaran yang diproyeksikan. 

Sebisa mungkin, cobalah untuk menjaga litepaper dan whitepaper Anda konsisten dalam hal gaya penulisan, bahasa, dan nada. Tujuannya adalah untuk memiliki aliran alami bagi pembaca dari litepaper Anda ke whitepaper Anda. Oleh karena itu, tim atau orang yang sama yang menulis whitepaper Anda idealnya juga bertanggung jawab atas litepaper. 

Sekilas-Tentang-lite-paper

Bagaimana cara memformat litepaper?

Dalam hal panjang, sebuah litepaper idealnya harus sesingkat mungkin, membungkus semua ide kunci dalam tujuh sampai delapan halaman. Sama seperti yang dikatakan Einstein, “Jika Anda tidak dapat menjelaskannya secara sederhana, Anda tidak memahaminya dengan cukup baik,” litepaper yang baik harus singkat, namun menarik dan informatif. Jadi, jika Anda bisa melakukannya dalam lima sampai enam halaman, itu lebih baik.

Batas atas panjang litepaper adalah sepuluh hingga dua belas halaman. Meskipun Anda mungkin ingin memasukkan detail sebanyak mungkin pada kertas kecil, Anda harus ingat bahwa tujuannya bukan untuk mengungkapkan semuanya sekaligus. Anda ingin membuat “percikan” pada orang-orang yang akan menarik mereka untuk mengetahui lebih banyak tentang proyek dan mendorong mereka untuk membaca whitepaper. 

Di bagian berikutnya, Anda akan melihat garis besar dan penjelasan rinci tentang komponen yang idealnya Anda miliki di litepaper Anda.

Bagian-Bagian Lite Paper

litepaper tidak memiliki detail sebanyak white paper lengkap, tetapi harus memiliki informasi yang cukup untuk membuat seseorang tertarik — dan cepat. Jadi apa yang harus ada di litepaper?

Introduksi atau Pengantar

Pendahuluan adalah beberapa kalimat yang meringkas apa yang Anda lakukan, dengan kata-kata sesederhana mungkin. Ini seperti elevator pitch yang dibuat dengan sangat baik, yang tujuannya adalah untuk menarik pembaca untuk menelusuri bagian selanjutnya dari dokumen dan mudah-mudahan ke penjualan token Anda (jika Anda meluncurkannya).

Garis Besar Masalah

Litepaper harus dengan jelas dan ringkas menguraikan masalah atau masalah yang ingin ditangani oleh proyek. Bagian ini harus mampu mengomunikasikan masalah melalui situasi yang berhubungan dengan pembaca; ini dapat dicapai dengan mengutip contoh situasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan harus memberikan petunjuk tentang seberapa besar pasar.

Solusi atau Pemecahan Masalah

Di sinilah Anda menjelaskan secara ringkas bagaimana Anda berniat untuk memecahkan masalah yang baru saja Anda nyatakan. Bagaimana cara kerja solusi Anda, dan apa kelebihannya; bagian ini harus memberikan gambaran kepada pembaca tentang seberapa besar pasar dan seberapa besar yang bisa didapat.

Statistik Pasar

Angka konkret — karena petunjuk saja tidak cukup. Litepaper harus memiliki statistik relevan yang mendukung mengapa Anda berpikir — dan mengapa semua orang harus berpikir — bahwa solusi Anda adalah solusi yang layak.

Detail Token

Jangan lupa untuk menyertakan detail token yang Anda jual, seperti cara penggunaannya di sistem, batas persediaan, dan tanggal penting penjualan token.

Anggota Tim

Salah satu hal utama yang dilihat investor saat memeriksa start-up adalah tim di belakang proyek. Terlepas dari campuran spesialisasi yang sehat, setiap pendiri harus seseorang yang memiliki kehadiran online yang mapan. Kurangnya riwayat dan latar belakang online yang dapat diverifikasi sudah cukup untuk membuat orang berpikir dua kali tentang legitimasi proyek Anda. Dan Anda tidak dapat menyalahkan mereka — saat ini, sangat mudah bagi penipu untuk memasang situs web, mengumpulkan uang penjualan token, dan menghilang dari muka web.

Sertakan road map yang menguraikan apa rencana ekspansi masa depan Anda. Penting untuk menulis masa depan proyek Anda dalam jangka panjang untuk mendapatkan minat dari investor.

Situs web dan detail kontak

Pastikan, orang tahu bahwa tim Anda dapat diakses tidak hanya melalui situs web Anda, tetapi juga melalui saluran media sosial. Lebih baik menyematkan tautan, sehingga pemirsa tidak perlu menyalin dan menempelkan teks atau mengetiknya secara manual.

Komunitas adalah bagian penting dari setiap perusahaan blockchain. Pastikan untuk menautkan ke semua saluran Anda yang tersedia seperti Telegram, Slack, Discord, Reddit, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Perangkat Lunak dan Unduhan, jika ada

Jika proyek Anda mengharuskan pengguna untuk mengunduh aplikasi, dompet, atau klien lain, pastikan untuk menautkannya juga. Mereka yang menemukan litepaper Anda mungkin ingin mengujinya, jadi akan berguna untuk memiliki detail tentang perangkat lunak itu di sana. Menautkan juga membantu mencegah pengguna mengunduh perangkat lunak yang salah secara tidak sengaja — yang dapat berbahaya jika mereka mendapatkan perangkat lunak yang berbahaya.

Panduan Cara Analisa Cryptocurrency dan Data Harga untuk Pemula!

Perbedaan White Paper vs Lite Paper

Berikut adalah beberapa perbedaan antara lite paper dan white paper:

  1. lite paper seringkali lebih pendek dan kurang detail daripada white paper.
  2. lite paper lebih fokus pada pemasaran, sedangkan white paper lebih bersifat teknis.
  3. lite paper umumnya memiliki nada yang lebih kasual, sedangkan white paper biasanya lebih formal.
  4. lite paper mungkin menggunakan lebih banyak grafik dan visual, sedangkan white paper lebih mengandalkan teks.

Pada akhirnya, keputusan jenis paper yang akan digunakan tergantung pada tujuan dan pembaca dokumen. Jika Anda perlu mengomunikasikan informasi yang kompleks secara mendetail, white paper mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Jika Anda ingin membangkitkan minat atau menciptakan kesadaran seputar suatu topik, makalah ringan mungkin lebih efektif.

Untuk bisa mengetahui whitepaper milik GIC sendiri, Anda bisa secara langsung melihatnya melalui website resmi GIC. Dengan mengetahui whitepaper milik GIC, maka Anda akan mengetahui segala produk dan solusi yang diberikan oleh GIC bagi para pengguna platform GIC.

Dan jika Anda telah tertarik untuk melakukan trading di GIC, Anda bisa melakukan registrasi melalui website resmi GIC untuk bisa trading dengan modal mulai dari 150.000 Rupiah!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami