Para Calon Miner Harus Tahu, Bagaimana Cara Ukur Kekuatan Jaringan Blockchain?

Artikel ini terakhir di perbaharui November 11, 2022 by Wachda Mihmii
Para Calon Miner Harus Tahu, Bagaimana Cara Ukur Kekuatan Jaringan Blockchain?
Para Calon Miner Harus Tahu, Cara Ukur Kekuatan Jaringan Blockchain

Hashrate adalah sebuah istilah dalam dunia investasi bitcoin. Kamu investor pemula harus memahami apa maksudnya. Lalu apa itu Hashrate?

Dalam dunia investasi bitcoin, miner harus bersaing menggunakan mesin mereka untuk memecahkan masalah matematika yang sulit. Biasanya investor bitcoin akan menemukan kata Hashrate. Simak penjelasannya berikut ini.

Aset Digital Bitcoin, Teknologi, Harga, dan Cara Kerjanya

Mau Income Puluhan Juta Secara Konsisten? Lakukan Ini! 

Mengenal Hashrate dan Cara Kerjanya

Para Calon Miner Harus Tahu, Cara Ukur Kekuatan Jaringan Blockchain
Para Calon Miner Harus Tahu, Cara Ukur Kekuatan Jaringan Blockchain

“Hashrate” mengacu pada total kekuatan komputasi gabungan yang digunakan untuk menambang dan memproses transaksi pada blockchain Proof-of-Work, seperti Bitcoin dan Ethereum (sebelum peningkatan 2.0). Secara bahasa Indonesianya Hashrate adalah tingkatan Hash.

Dikutip dari Investopedia, tingkatan Hasj atau Hashrate adalah ukuran kekuatan komputasi dalam jaringan cryptocurrency proof-of-work (PoW). Tingkat hash digunakan untuk menentukan kesehatan, keamanan, dan kesulitan mining jaringan blockchain.

Singkatnya, “Hash” adalah kode alfanumerik dengan panjang tetap yang digunakan untuk mewakili kata, pesan, dan data dengan panjang berapa pun. Proyek Crypto menggunakan berbagai algoritma hashing yang berbeda untuk membuat berbagai jenis kode hash.

Bagaimana Mengukur Tingkat Hash? Tingkat hash diukur dengan jumlah hash (atau tebakan) per detik pada jaringan blockchain. Semakin besar jaringan blockchain, semakin tinggi tingkat hash.

Anggap saja kode hash seperti generator kata acak di mana setiap algoritma adalah sistem yang berbeda untuk menghasilkan kata-kata acak. Sebelum data transaksional baru dapat ditambahkan ke blok berikutnya dalam chain, miner harus bersaing menggunakan mesin mereka untuk menebak angka. Lebih khusus lagi, miner mencoba menghasilkan hash yang lebih rendah atau sama dengan nilai numerik dari hash ‘target’ dengan mengubah satu nilai yang disebut ‘nonce’.

Proof of Work adalah : Definisi dan Perbandingan dengan Proof of Stake

Setiap kali nonce diubah, hash yang sama sekali baru dibuat. Ini secara efektif seperti sistem tiket lotre, di mana setiap hash baru adalah tiket unik dengan kumpulan nomornya sendiri.

Karena setiap hash yang dibuat bersifat acak dan tidak mungkin untuk diprediksi, diperlukan jutaan tebakan – atau hash – sebelum target terpenuhi dan seorang miner memenangkan hak untuk mengisi blok berikutnya dan menambahkannya ke blockchain. 

Setiap kali itu terjadi, hadiah blok koin yang baru dicetak diberikan kepada miner yang berhasil bersama dengan pembayaran biaya apapun yang melekat pada transaksi yang mereka simpan di blok baru lalu tambahkan ke blockchain. 

Setiap kali itu terjadi, hadiah blok koin yang baru dicetak diberikan kepada miner yang berhasil bersama dengan pembayaran biaya apapun yang melekat pada transaksi yang mereka simpan di blok baru. Menambahkan blok ke blockchain “mengkonfirmasi” semua transaksi yang disimpan di dalam blok itu.

Setiap kali blok baru ditambahkan di atas blok sebelumnya, transaksi sebelumnya dikonfirmasi ulang lagi dan lagi, menjadi semakin tidak mungkin untuk diubah. Untuk sebagian besar blockchain Proof-of-Work (PoW), hadiah blok – jumlah koin gratis yang telah ditentukan sebelumnya yang diberikan kepada miner setiap kali blok baru ditambang – mengalami separuh terprogram untuk secara bertahap mengurangi total pasokan selama umur mining koin. 

Untuk Bitcoin, hadiah blok dipotong setengahnya setiap 210.000 blok atau kira-kira setiap empat tahun. Pada tahun 2021, miner menerima 6,25 bitcoin setiap kali mereka menambang blok baru. Halving Bitcoin berikutnya diperkirakan akan terjadi pada tahun 2024 dan akan melihat hadiah blok BTC turun menjadi 3,125 bitcoin per blok. 

Dash adalah cryptocurrency lain yang dapat ditambang yang mengurangi hadiah bloknya sebesar 7,14% setiap 210.240 blok, sementara Litecoin membagi dua hadiahnya setiap 840.000 blok.

Bitcoin: Pengertian, Cara Kerja, hingga Manfaat

Apa pentingnya Hashrate? 

Hashrate adalah metrik penting untuk menilai kekuatan jaringan blockchain – lebih khusus lagi, keamanannya. Semakin banyak mesin yang didedikasikan oleh miner jujur ​​untuk menemukan blok berikutnya, semakin tinggi hashrate dan semakin sulit bagi agen jahat untuk mengganggu jaringan. 

Serangan 51%, misalnya, adalah ketika satu individu atau kelompok penyerang membeli atau menyewa peralatan mining yang cukup untuk mengendalikan lebih dari 50% hashrate blockchain. Karena blockchain tidak dapat dipercaya dan mematuhi aturan yang dikenal sebagai “aturan rantai terpanjang”, seseorang atau kelompok yang mengontrol sebagian besar hashrate dapat, secara teori, memblokir atau mengatur ulang transaksi dan bahkan membalikkan pembayaran mereka sendiri. 

Kondisi ini akan menciptakan masalah pembelanjaan ganda yang, pada gilirannya, akan sepenuhnya merusak integritas blockchain yang mendasarinya. Penurunan hashrate, oleh karena itu, berarti pengurangan biaya untuk melakukan serangan 51%, membuat jaringan lebih rentan.

Cara Dapatkan 50 Juta Lebih dalam Satu Bulan, Ikuti Langkah Ini!

Simak Tips, Strategi, dan Cara Trading Bitcoin Agar Profit Maksimal!

Demikian pengertian Hashrate dan pentingnya bagi dunia investasi bitcoin. Semoga bermanfaat untuk kamu yang baru ingin menjadi investasi pemula di dunia bitcoin! Daftarkan dirimu untuk bertrading di GIC dan nikmati keunggulan akun ECN untuk spread terendah! Ikuti juga GIC Gebyar Hadiah untuk mendapatkan mobil hingga liburan tanpa diundi!

reg

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami